1

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Seru topiknya! Ikut sharing ya

Aku dari SMP (bandel) uda bawa mobil manual, baru pas jaman kerja nyobain matic, akhirnya balik lagi ke manual krn kasian sama kaki kiri yang nganggur hahaha, tetep sukanya sama manual krn bisa pelajarin teknik baru, bisa manuver dan buat aku lebih lincah aja. Nerjang banjir ga takut, mogok bisa diakallin, gitu2 deh.

Kl untuk safetynya bawa mobil sih kayanya sama2 aja sama yang lain ya:

1. Cek kondisi ban, cek air dan aki

2. Atur settingan tempat duduk, setir, dan spion sesuai tinggi, kondisi dan kebiasaan kita, jangan baru atur pas uda jalan

3. Always buckle your seatbelt

4. Awas dan waspada saat berkendara. Jaga jarak aman. Kl ramai lancar 20-40km/jam, saya biasanya kasih jarak 3-5m sama mobil depan. Kl di tol, of course, berapa pun kecepatannya aku selalu jaga jarak minimal 100m, kl pas macet, selalu kasih jeda sama mobil depan, jangan merapat abis, in case mereka mundur, especially di tanjakan

5. Untuk macet di tanjakan, ini ga disaranin sih, tp perlu tau juga, selain pake rem tangan, untuk bisa setengah kopling, setengah gas, dan setengah rem. Nah loh, emang kaki ada 3?
Hehehe, ngga sih, kopling pake kaki kiri, gas pake jari kelingking dan telapak atas kaki kanan, rem pake jempol. Buat aku, kl cm merambat aja, cape kl bolak balik narik rem tangan.

6. Lampu sein itu penting, bener kata mummyhilya, minimal 6 kali kedip

7. Ama motor mah ngalah aja deeehhhh... Biar dia yang salah, galakan dia soalnya

8. Ini pendapat saya loh ya, jangan kasih uang utk pengemis, pengamen, dll. Kasih tanda "maaf' aja dengan sopan. Kenapa? Soalnya suami pernah mau ngasih justru ditodong kapak merah, saya pernah ngasih pengamen Rp 500 (cuma recehan itu yg adanya mobil), trus pengamennya ngamuk, pukul kaca mobil pake gitar, manggil temen2nya utk ngepung mobil. Untung lampunya ijo, buru2 deh tancap gas.

9. Selalu parkir mobil di tempat terang yang ramai

10. Parkir paralel, parkir mundur / L, butuh latihan

11. Kl terpaksa parkir di tempat sepi, begitu masuk mobil, langsung kunci semua pintu. buka jendela kecil aja, <2cm saat mempersiapkan diri nyetir.

12. Kalo ada yang kasih kode, ban atau kap atau tangki bensin kita kenapa2, jangan langsung panik, pelan-pelan aja ambil kiri dan baru menepi di jalan yang ramai untuk periksa.

13. Telat? Ngga perlu ngebut. Berangkat pagian :)

14. Ganti ban mobil ya? Hihihi. Penting juga tu.
Cari tempat yang rata
Cek, ban cuma kurang angin atau kempes beneran
Kalo cuma kurang angin, tinggal isi angin di pom bensin (gratis)/ tukang tambal terdekat, biayanya cm 2000rupiah. Isi anginnya sesuai ketentuan mobil ya mom. Jangan mau diatur sama tukangnya. Jangan terlalu keras, krn semua gerindilan akan terasa, jangan juga terlalu lembek krn ngerusak ban
Kl ban uda pasti kempes, kendorkan murnya dengan kunci roda.
Cek bagian kolong mobil yang terkuat biasanya di tengah mobil / samping ban bagian dalam, utk lebih jelasnya tanya suami/montir krn ga semua mobil sama. Taruh dongkrak di spotnya dan genjot dongkraknya, sampai ban terangkat kira2 10 cm dr tanah. Dongkrak buaya ini ga berat koq untuk dipake.
Keluarkan ban serep dr bagasi
Lalu lepas mur di ban yang kempes.
Angkat ban yang kempes (ban itu berat loh, jd do it slowly aja)
Pasang ban serep dan pasang mur
Turunkan dongkrak, cuma diputer aja koq tuasnya, mobil turun sndr pelan2.
Lalu kencangkan mur, kalo perlu naik ke atas kunci roda utk mastiin kencangnya
Jangan lupa ban kempesnya dimasukan lagi ke bagasi ya untuk ditambal, hehehe..
Beberapa kali ganti ban, kadang ada aja a good samaritan, atau bahkan pak polisi yang menepi dan nawarin bantuan. Apalagi kl di tempat ramai :)

15. Kalau mau meninggalkan mobil dalam waktu lama, lepas akinya

Waduh, panjang aja postingannya. Tp semoga berguna ya mom.
Drive safely!

Chika
- istrinya pak silvester, maminya makayla

2

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

chikachuba mantep tipsnya! No. 14 adalah pe-er terbesar buatku :D Belum pernah belajar sekalipun ganti ban.
Aku pernah pengalaman ada orang ngasih tau ban kempes sambil nunjuk2 gitu. Emang sih kerasa gliyut2 gitu jalannya tapi bodo ah, aku lanjutin aja perjalanan nyari bengkel resmi aja daripada berenti di tukang tambal takutnya ntar malah dikerjain, either sama orang di jalanan yang niat jahat atau abang tukang tambalnya sendiri (maaf, parnoan :P). Dan ternyata bener, sampe di bengkel memang kempes tuh ban kiri depan. Sampe situ ternyata cek buku servis udah mendekati waktunya servis berkala. Lanjut deh servis sampe terpaksa ngabisin waktu setengah hari di bengkel dan baru nyampe kantor jam 11. Dari yang awalnya pengen tambal ban doang, karena merembet jadi servis mobil, akhirnya kena charge 1,2 juta. Tambal ban termahal di dunia :D

3

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

makasih tips2nya chikachuba, lengakap dan berguna bangett..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

4

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Suamiku juga selalu bilang, perempuan harus bisa ganti ban sendiri, just in case. Berkali-kali diajarin tapi karena gak pernah dipraktekin (gak pernah dalam keadaan harus diganti secepatnya, jadi praktis ke tukang tambal ban) jadinya berkali-kali lupa deh.
Lalu di bekalin juga sama suami kompresor portable. Buat jaga2 untuk isi angin, seandainya ban kempis dan blm ketemu tukang isi angin. Belinya di ace hardware. Tinggal di colok ke colokan aki di mobil lalu di isi deh anginnya. Praktis dan mudah digunakan

5

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Satu lagi , kalo sedang ada razia apalagi malam..jangan pernah mau membukakan pintu atau jendela belakang walaupun diminta. Cukup jendela samping kana kita. Banyak kejadian dimana petugas yang nakal yang malah menyelipkan pil / narkoba dimobil bagian belakang/bagasi ketika (katanya) memeriksa mibil. lalu malah kita yang digiring ke kantor polisi. Panjang urusannya. Mereka tidak berhak melakukan itu & kita tidak wajib melakukan apa yang mereka minta (membuka jendela/kendaraan diman kita susah menjangkaunya)

"I love my Bintang & Matahari!"

6

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

aku masang sticker pregnant women in car di kaca mobil belakang warna kuning neon (beli di daiso) jadi klo belakang aku rese klakson2 pas polisi tidur ato jalan jelek makin aku pelan2in mobilnya, biar dia baca tanda itu.HAHAHAH

7

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Soal nyetir, knp sampai skrg gw masih susah ya ngilangin kebiasaan nyeker...Huhuhu.. Sampai ujung jempol keras2 ...

Boundiz waahh patut di coba tuh. *ngacir cari sticker nya... Hehehe

8

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Chikachuba : Keren tipsnya!!! Like it!

"I love my Bintang & Matahari!"

9

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

gw baru aktif nyetir 1 tahun belakangan, tadinya selalu minta bokap utk nganterin tapi lama2 ya kasian juga sama :D

kalo tips dr gw
1. Jangan lupa cek air wiper setiap mau berangkat, apalagi di musim ujan kaya sekarang.

2. Cek Air aki secara berkala

3. jangan naro bb/hp di selorokan depan, gw prefer taro di pintu sopir

4. Taroh tas di kiri bawah, kalo sekiranya perjalnan jauh better taro di bwh karpet mobil. gw selalu parno kalo naro tas di bangku belakang.

5. Siapin duit buat tol

6. Pastikan punya nomor telp asuransi atau bengkel langganan dan pastikan pulsa hp selalu ada. Ini kejadian di gw (waktu itu lagi hamil 8 bulan) yg tiba2 mobil mogok blass,mogok di parkiran,padahal pas brngkat lancar jaya.pas mau pulang mobil kaga bisa dinyalain, manggil satpam buat dorong tp abis itu mati lagi. akhirnya gw nelpon asuransi dan dtnglah montirnya, ternyata AKI soak -__-"

7. taro kunci stir di tempat yg mudah terjangkau tangan,ini sebenernya buat defense kalo *amit-amit* terjadi sesuatu yang mengancam sama kita

Untuk ganti ban sendiri gw nyerah, mending telpon asuransi atau nelpon siapa gitu yg punya otot krn gw gak yakin bisa..secara dongkrak yg di mobil adalah dongkrak manual yg kudu di rangkai :(
waktu itu suami pernah kena besi bannya,dan itu kejadian pertama buat doi, krn gak tau gimana cara buka ban akhirnya doi BUKA YOUTUBE buat nonton cara ganti ban mobil..ZZZzzzzzZZ

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

10

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Saya udah mulai nyetir dr SMP.. belasan tahun pake mobil manual, tapi Jakarta traffic nya makin gilaaa, pdhl saya ngga nyetir pas jam berangkat or pulang kerja lho.. tapi cuma kadang suka kejebak macet konyol.. haduh ngga sanggup deh pake manual, hhh I'm getting old.

Dulu suka nyetir ngebut (tapi tetep hati2 yaaa).. Pas punya anak berubah jadi pelan dan lebih hati2. Sblm berangkat mesti mastiin anak nyaman di carseatnya dan semua keperluannya (mainan, minum, camilan) gampang dia jangkau. Gak pernah lagi nyetir di atas 80km/jam, meski jalanan/tol kosong sekalipun. Trus usaha bgt eco driving biar bensin irit. Defensive driving pula, silakan deh mobil/motor/dll yg grasa-grusu mo nyalip, saya ngalah. Bener2 kayak nenek2 nyetirnya, haha.

Saya selalu usahakan semua mobil diasuransikan. Kebetulan asuransi saya tipe yg bisa datang menolong kalo kami kenapa2 di jalan. Pernah 1x aki abis di kantor, jreng jreng datanglah pihak asuransi dgn mobil dereknya yg segede tank. Pernah juga mogok di rumah (yg ternyata fuel pump bermasalah), tinggal telp mereka langsung datang dan bawain ke bengkel resmi. Bahkan mereka juga mau nolong utk kasus konyol seperti kunci ketinggalan di mobil.

Asuransi saya juga cover ganti rugi dgn pihak ketiga. Misalnya saya nabrak mobil atau motor, trus mereka minta ganti rugi dr saya.. Saya transfer aja via ATM ke rekening org yg saya tabrak itu, trus telp asuransi deh utk lapor. Nanti setelah cek, mereka akan ganti uang kita.

maminya little Felicia

11

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

tips nya cihui semua, tfs deh... :)
ternyata bnyak temenya, nyupir nyeker :D

12

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Ngacung tinggitinggi

Member nyupir nyeker, hihi

13

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Wahh...keren banget topik ini. Kebetulan skrg aku lagi kursus nyetir. Tinggal 1x pertemuan lagi,yaitu belajar parkir. Mobilku jg matic. Suami ku blg di bandung dikit2 macet jd lbh praktis. Padahal kursus nya pakai mobil manual. Klo soal tertantang memang yg manual lbh seru (tp aku blm kena jatah macet dgn mobil manual sih,katanya pegeel ya klo manual,hihi), jadii..aku ngikut suami aja deh.
Mommy2 yg berpengalaman, share tips belajar parkir donk. Kebetulan garasi mobil dirumah sempitttt. Aku jd blm pede keluarin mobil sendiri. Kebetulan suami ku jg blm mahir2 amat,jd blm bs jd guru ku,hikss

14

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Ni quen
Mom kebetulan ada ngomongin soal asuransi mobil, ada bahasan khusus asuransi mobil ga? mau nanya donk. Gimana sih memilih asuransi mobil? takut nya proses klaim asuransi nya susah. Klo ada threadnya,plis info ya. Makasiii

15

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Waahh...ini tips nya.komplit banget,trutama.di poin no 14. Mau nanya donk, gimana sih bedakan ban kempes beneran dgn yg hanya kurang angin? (pertanyaan polos, harap maklum yaa mam,baru di dunia mobil) :D

16

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Hi..mommy tobi,sama nih newbie urusan nyetir mobil haha.. Saya baru selesej kursus sept-okt 2015 kmrn sih, abis gtu ngelancarin lagi sama sopir, awalnya jadi kagok lagi krn ternyata beda ya kopling di mobil kursus sama mobil sendiri, jadi sering mati deh..
Tapi lama-lama saya nyetir tanpa tujuan akhirnya malah ke majalaya-rancaekek yang jalannya berbelok dan banyak truk dan offroad,akhirnya masuk tol deh. Sempet deg2an tapi alhamdulillah lancar jaya

Saya off nyetir lagi dari kejadian nyetir majalaya itu,karena capek bok

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

17

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Kok kepotong ya?

Lanjutannya : mau tanya sama mama2 disini, saya tuh kadang suka parno duluan kalo mau nyetir,bayangin jalannya. Padahal kalo udah di jalan sih biasa aja..

Sama mau belajar parkir nih, karena masih suka bingung puter setir ke arah mana hha. Akhirnya suami ngajarib pake mobil2an dulu

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

18

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Bundaliffa,
Err..itu ngajarin pake mobil2an gimana ceritanya? Hahaha


Aku nyetir dari sma kelas 1. Nyetir pake manual. Jadi sampe sekarang kalo nyetir ya enaknya pake yg manual. Dari dulu ya keahlian nyetirnya ya gitu2 aja, kayaknya makin kesini makin ga selincah dulu. Sekarang nyetir banyak berhati2 karena bawa anak2. Sejak hamil kalo nyetir jadi hati2 banget, beda sama dulu waktu masih single. Nyetir ya nyetir aja, mau parkir miring kek, ngebut atau empot2an ga dipikirin krn sendirian:D

So far sih aman2 aja nyetir, krn hati2 itu. Jangan males bunyiin klakson, kalo ragu2 ya pelan2, kalo perlu berhenti ya berhenti, jangan malu untuk buka kaca dan nongolin kepala untuk lihat ada lubang atau got atau sekadar minta tolong tukang parkir/ polisi cepek yg di perempatan jalan. Kalau jalan sempit dan tikungan tajam ya hati, pelanin jalannya.
Aku sih ya gitu aja dengan hati2 dan pelan2 jadi lebih konsentrasi dan aman.

Jangan takut untuk parkir di tempat sempit2 kayak di sekolahan anak. Minta bantuan tukang parkir aja lama2 kita jadi tau sendiri cara yg paling pas.

Urus juga mobilnya, cuci, bersihkan, kalau lagi diservice kita lihat2. Jadi tau catanya kalo ada apa2.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

19

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Bundaliffa,wahh..ada tmn sekelas yg baru sama2 kursus nyetir hihi..

Kemaren aku nyetir dr gedebage ke ciwalk dan gedebage-pvj. Sukses! Dan itu bikin poin percaya diri nyetir jd bertambah.
Spt nya soal suka parno duluan,mungkin pengaruh jam terbang mok. Semakin sering nyetir spt nya lama2 hilang rasa parno nya.

Kalo aku yg membuat hati ga tenang, si baby ku. Krn perjalanan sllu menempuh waktu 1jam minimal ( lampu merah si kiara condong lamaaaa bangeet).kalo uda lbh dr 1jam bayiku pst nangis, ga betah dan minta nyusu. Ini nih yg sampe skrg blm nemu solusi nya,hikss.
Hayooo bersemangat Bundaliffa smoga kita segra bs mengalahkan smua rasa yg ada di kala nyetir,hahaha

20

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Eka pake mobil2a buat kasih contoh,kalo posisi mobil begini,pas parkir setirnya ke arah sini jadi mundurnya kayak begini haha.. Setidaknya udah kebayang jadinya....meski belom dipraktekan :)

Nah itu dia,kayaknya aku masih malu deh ka soal minta tlg begitu hahaha... Ntar deh dipraktekan biar aman sentosa ya..



Mommytoby wih canggih udah ke pvj aja haha.. Parkirnya gimana ? Pvj kan yang bikin males tuh parkirnya apalagi kalo harus naik naik..
Gedebage-pvj ckckckc...lampu soekarno hatta lampu terpanjang terlama sepanjang masa si ya itu... Jadi kalo babynya nangis minggir dulu apa dibiarin dulu aja mom? Atau disetel video aja di mobilnya biar anteng hehe..


Thank.you semangatnyaa teman seperjuangan haha.. U can,i can lah... Hiii

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

21

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

aku kalo nyetir mundur udah pro deh :D ahaha... tapi kalo paralel masih pelan-pelan.

yang penting kalau nyetir itu... no distraction! hp harus disingkirkan. pernah liat video kecelakaan yang disebabkan karena distraksi hp ini serem banget deh liatnya.

buat mama-mama yang baru bisa nyetir... jam nyetir bertambah, makin pede deh nyetirnya :) yang penting tenang, jangan panik, saat nyetir.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

Oh ia ga kpikiran ya pas darurat gtu (mogok tiba2 jauh dr rumah,dsb) ga kbyg deh ,alhamdulillah slama ini nd prnh. kalo nd punya asuransi gmn ya? Kalo shop n drive bisa gag ya.. tips sdrhnku sih jgn lupa weser tiap mau mndhului klo cowokmah jrg bgd yah weser2 iniih,,hahha

Deevahawk | triosagittarian

23

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

tari,
weser apa sih mama tari?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

setuju sama mama eka dan teh ninit ~ kalo jam trebang eh jam nyetir makin banyak nanti lama2 ketauan kok celah yang nyaman buat nyetir.

iya baru aja mau nana yang sama, weser tuh apa ya?

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

25

Topic: Tips Menyetir Aman untuk Wanita

aduh,keknya weser bhs dr sulsel aja ya..hihi,muup. jadi googling, ternyata bhs indonya lampu sein (baru tau), lampu untuk belok ke kanan/ kiri.

Deevahawk | triosagittarian