1

Topic: Hamil Kembar

Halo semua...
Wah aku senang sekali bs menemukan forum ini.
Dapat banyak ilmu jg disini.. Hihi.
Salam kenal ya para mom, saya lulu :) saat ini saya sedang hamil kembar 27w 2d (keduanya perempuan).
Tapi berat badan G1&G2 masih slg kejar nih mom's..

Mom, share dong kalau mulas-mulas seperti sedang haid saat hamil seperti ini apa artinya, saya khawatir krn sdh 2hr ini mulas aja rasanya. Pinggang belakang sampai ke depan linu.. Udah gt sesak nafasnya semakin menjadi dan buat saya kesulitan cari posisi untuk istirahat..
Apa yg harus saya lakukan ya moms.. :(
Mohon bimbingannya..

Salam.

2

Topic: Hamil Kembar

Hai mom Lulu salam kenal, selamat atas kehamilan kembarnya, masalah berat badan bayi yang saya alami malah yang satu masih lebih besar dari yang lain, sekarang usia kehamilan saya 24 w 2 d. Tapi kata dokter masih batas normal. Kalau untuk keluhan mulas saya belum pernah ngalamin sampai sekarang, nah kalau sesak nafas sudah mulai terasa terutama pas posisi tidurnya nggak nyaman, apalagi sekarang disertai batuk.
Sekedar sharing, sudah sekitar 5 hari ini saya batuk, dan sekitar 3 hari bagian otot sekitar tulang rusuk kiri rasanya sakit, gerak dikit aja sakit. Saya sudah konsul ke dokter, diberi pengencer dahak saja, tapi tidak dikasi resep untuk sakit ototnya, katanya ibu hamil lebih baik jangan pakai balsem2 pereda rasa sakit apalagi di deket daerah perut, jadi disaranin pijat dengan baby oil. Mudah2an kita semua sehat selalu begitu juga dengan bayi2 kembar kita...

3

Topic: Hamil Kembar

haaai twin mommies...i'm back :)

ternyata seru yah ngurus twinnies..seru2 rempong hahahha
walaupun twins tapi kebiasaan mereka ternyata beda yah ...
sekarang twinsku dah 2.5 bulan, dah mulai ditinggal ngantor dari minggu lalu.
BB mereka gak sama, dewan 5 kg, detu 4.5 kg .

eh yang hamil twins gabung yuk di grup wa biar bisa share pengalaman " senasib sependeritaan" ;p

sehat2 yah mommies n twinnies :)

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

4

Topic: Hamil Kembar

wah seru ya hamil kembar :)

Dulu aku kepengen punya anak kembar karena di keluarga juga ada gen kembar tapi ternyata enggak dikasi :D

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

5

Topic: Hamil Kembar

Hi mom Lulu_
Aku masih juniormu sih baru 17w. Kemarin sempet konsul ke obgyn masalah kram perut bagian bawah. Diagnosis beliau kontraksi, karena saat sakitnya kerasa perut mengeras, dan itu normal saja apalagi kita hamil bayi kembar, jadi bakal lebih intens drpd singleton. Yang harus kita waspadai adalah kalo kontraksinya teratur. Coba kurangin aktivitas, istirahat, mungkin kamu kecapean. Kalo masih cemas cek ke obgyn saja. Semoga the girlsnya sehat terus ya mom...

6

Topic: Hamil Kembar

Hallo Bunda cantik.. Semoga sehat semua ya. Aku juga lagi hamil kembar nih.. Trus disarankan ikat mulut rahim krn mulut rahimku pendek.. Ada yg punya pengalaman mirip kah? Trims..

7

Topic: Hamil Kembar

cicipoenya,

nanya dong apa fungsinya kah ikat mulut rahim itu ? rahimku juga pendek tp obgynku gak pernah menyinggung soal ikat mulut rahim ini

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

8

Topic: Hamil Kembar

dina noermadi prastyawan wrote:
cicipoenya,

nanya dong apa fungsinya kah ikat mulut rahim itu ? rahimku juga pendek tp obgynku gak pernah menyinggung soal ikat mulut rahim ini


@dina.. Itu karena cervicsku pendek dan ada riwayat melahirkan premature.jadi menghindari itu mulut rahim dijahit. Aku dengar memang kalo utk kehamilan kembar efektifitasnya diragukan kalo kelahiran kembar tp banyak juga blog blog ibu ibu di barat yg katanya bilang bermanfaat. Cuma aku belum pernah tahu pengalaman ibu ibu di Indonesia gimana ya..

9

Topic: Hamil Kembar

cicipoenya
Selamat ya untuk kehamilannya.. semoga lahir sehat selamat semua.

dina noermadi prastyawan
seperti yang dibilang mama cici, sependek pengetahuanku, ikat mulut rahim ini untuk ibu hamil yang leher rahimnya pendek dan memiliki riwayat kelemahan struktur mulut rahim. Untuk mengurangi resiko prematur dan keguguran, biasanya dilakukan ikat mulut rahim. Untuk menjaga janin cukup bulan dan matang semaksimal mungkin.

LUlu
Hai mama, seperti yang disarankan mama Luheka, kemungkinan itu brixton hicks atau kontraksi palsu. Kontraksi palsu jamak terjadi pada kehamilan yang beresiko tinggi seperti kehamilan kembar. Kontraksi palsu yang terlalu sering terjadi bisa mengakibatkan janin lahir prematur. Untuk menguranginya biasanya disarankan untuk mengurangi aktifitas fisik, termasuk jalan dan pekerjaan rumah. Bahkan saya dulu disarankan untuk bedrest di week ke 30.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

10

Topic: Hamil Kembar

Halooo Mommies,,
Alhamdulillah November lalu ak udh lahirab twinboys dg BB 2,5kg dan 2,040kg dgn SC, skg mereka uda 2,5bln dan BB nya trs sama selisih 0,5kg. Waahh superr amajingg ya ngurus babytwins buat new mom kyk ak, jd semuanya baru buat ak dan suami, rasanya kyk nano nano deh gbs diungkapkan dg kata2 serunya hebohnya bahagianya. Ak jga msh ASIX smga ttp istiqomah smp 6bln even 2thn..
Buat momies yg lg hamil, enjoy ur pregnancy journey, bcos when u deliver u'll be miss that moment.. Oia klo ada grup WA mau join dong, no hp nya brp? Bnyk yg mau ditnya dan share nih sbg newmom..

11

Topic: Hamil Kembar

Hai semua,, masi newbie nih.. setelah jadi silent reader bbrpa bulan ini, pengen ikutan nimbrung juga..
Salam kenal ya buat semua.. saya ayu. Hamil kembar 21w.. tapi badan saya kecill.. udah makan bnyak ttp aja kecil.. BB awal sblm hamil 42 kg smpet turun jadi 39an. Terus skrg 47kg an aja di usia kehamilan 21w. Emang normal g sih. Apa kenaikan BB itu signifikannya d TM 3 aja apa gimana. Spog yg biasa aq periksa pelit omong.. ada spog yg enak d kota.. jauuhh..
Untuk berat badan janin juga g d jelasin detil. Cuma dikasih tau skitar 290gr. Pdahal d dr spog yg saya kontrol d kota d jelasin yg satu 227 gr yg satu 167gr wktu usia kehamilan 16w6d.. jadi khawatir berat dede yg satu sama yg lain beda nya jauh

Ayuirnawati

12

Topic: Hamil Kembar

Hi mom ayuirnawati
Salam kenal yaaaa.... usia janin kita mirip nih. Aku juga 21w sekarang langsing, tapi tinggi. BB aku normal 49 sekarang 54-55. Untuk bb ibu, aku ga panikers lagi soalnya tiap kontrol selalu konfirm berat debaysnya normal

Utk masalah ke obgyn, usg di print ga? Atau ada buku kesehatan gitu ga? Di situ biasanya ada berat janinnya. Aku juga pernah ke obgyn terkenal di kota kecil tmpku kerja. Beliau senior, udah dikasih tau dedenya kembar tapi maunya cuma ukur satu janin aja. Katanya kalo belom 20w udah cukup. Ga penting juga tau berat badan bayi karena masih relatif sama. Pdh kalo ke dokter jakarta diukur dua2nya komplit, udah dikhawatirin aja sm dokternya risiko ttts. Ya beda2 sih ya cara periksa masing2 dokter.

Kamu ganti dokter aja sih mom kalo ngerasa ga sreg.

13

Topic: Hamil Kembar

Iya, pengenya ganti dokter. Tapi males k kotanya.. maceett.. jauhh hhee..
Wuahhh senengnyaa ada yg samaan juga..
Hmmm.. cuma brharap dede nya baik baik ya..
Aku rencananya kontrol tiap bulan ttp d spog yg deket aja.. nnti klo udh deket lahiran, baru cek lagi ke dr yg d kota ituu.. soalnya hamil yg skrg g kuat jalan jalan jauhh..
Btw,udh usg prkiraan JK nya belum..
Kalo aku kemaren si kt spog nya dua2nya cowo..

Ayuirnawati

14

Topic: Hamil Kembar

ayuirnawati
Idem mom, baby boys jugaaa, hehehe...
Besok kontrol paksa aja ke spognya confirm, beratnya dua2nya normal kan (walaupun cuma dikasih tau berat kisarannya). Sehat2 ya mom, anak2 kita sebayaan nih, hihihi...

15

Topic: Hamil Kembar

Iya mom vnastiti..
Mudah2an lancar lanacar ya smuanya..

Ayuirnawati

16

Topic: Hamil Kembar

hi mrsramadhana, aku ada nih grup wa twins mom, kalo mau ikutan pm no hp yah

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

17

Topic: Hamil Kembar

Aku juga mau ikutan yaa grup WA nya :D

Ayuirnawati

18

Topic: Hamil Kembar

Hai moms,,,
Pengen sekedar share nih, sekarang usia kehamilan saya sudah 29 weeks. Tgl 5 Feb 2016 kemaren saya udah periksa ke SpOG yang baru. Ini dokter penjelasannya memuaskan banget deh. Berat bayi 1yaitu 1084gr, bayi 2 yaitu 1122 gr, baru di dokter ini ketahuan kalau jenis kembarnya adalah DCMA ( Dichorionic Monoamniotic ) yang artinya kurang lebih adalah kondisi hamil kembar dengan dua kantung bayi dan satu plasenta. Syukurlah,, kata dokter mereka berdua dalam kondisi normal. Jenis kelamin cowok2, dan dipastikan mereka kembar identik.
Dari pengalaman gonta ganti dokter saya jadi tau, kalau kita ga sreg sama satu dokter ga ada salahnya ganti ke yang lain asal situasi dan kondisi mendukung. ( Just info selama hamil kembar ini saya udah ke 4 orang SpOG yang berbeda :D ).
Haduhhh sharingnya kok jadi panjang nih,, hehehe
Semoga kita dan bayi2 kita sehat2 ya moms.. Ketjup satoe satoe..

19

Topic: Hamil Kembar

Hi Mom Luheka selamat y atas kehamilan twinboys nya, sama banget sm aku, ak jg kembar identik 2 kantung 1 plasenta baby boy.. Dan slama kehamilan ud 3 kali ganti DSOG, dan berakhir dg DSOG spesialis fetomaternal. Fetomaternal memang khusus menangani kehamilan beresiko tinggi sprt hamil kembar salah satunya. Jd bener2 dokter memperbaiki nutrisi ibu hamil dan janinnya. Jd wkt itu ak sempat di infus utk penambah calc + vit D, dmna bumil kembar byk yg kekurangan vit D. Dan setiap USG jg lengkap dan detail beda sm dsog sblmnya.. Berat bayi slalu dipantau tdk boleh selisih lebih dr 20% wlpn BB di usg hnya prediksi bs meleset, nyatanya pas lahir bb bayiku selisih ckp byk 500gr. Namun smp saat ini babies sehat alhamdulillah daya tahan tubuhnya baik meskipun lahir kecil skg smakin gembil.. To all bumils sehat2 trs yaa, yg sdh masuk trimester 3 semaaangat mom perut smkin besar kyk mau meletus pst engap dan mulai susah buat jalan..

Mom Dina ak ud PM no ku ya, dtunggu invite grup nya. Thank youu :)

20

Topic: Hamil Kembar

Salam kenal mrsramadhana
Wahhhh.. ternyata kita mengalami kondisi yang sama, seneng deh ketemu di sini. DSOG saya yang terakhir ini juga Konsultan Fetomaternal, emang bener cocok deh. Oh iya para moms di sini mulai kontrol rutin 2 minggu sekali sejak kehamilan usia berapa ya kalau boleh tau?? Cek k dokter kemaren saya lupa nanya, sama dokter sih diresepin obat utk satu bulan.

21

Topic: Hamil Kembar

Terima kasih, twins mommies semua...
Skrg kandunganku usia 32weeks 3days nih, moms..
Kaki skrg udh bengkak2 gt.. Waktu istirahat pun berkurang bgt bgt... Tp aku happy bgt kalau mereka aktif. Jd ga sabar.. Hihihi...

Kita saling mendoakan ya, semoga baby twins kita semua sehat selalu dan yg pasti mommy2 nya juga.. Aamiin..


Boleh dong, sharing2 via bbm, line atau whatsapp, moms..
Ohya, mom dina.. Aku udh pm juga no ku ya.. Heheee


Anyways,salam kenal ya semuanya..
God bless us.

22

Topic: Hamil Kembar

Hallo semua...
Ikutan doong di cemplungin ke grup...
Aku 25 weeks sekarang, kembar juga.
Kadang suka bingung kalo mau tanya dll.
Kebanyakan nanya sama dokter entar di pikir bawel

23

Topic: Hamil Kembar

Haloooo moms,,, twins audah lahir dg selanat tgl 24 maret 2016. Anak pertama : Rama, bb : 1620 gr, anak kedua : krishna, bb : 2090 gr. Lahir saat usia kehamilan 35 minggu. Salam dari rama dan krishna

24

Topic: Hamil Kembar

luheka wah selamat ya atas kelahiran si kembar, sehat sehat ya semuanya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

25

Topic: Hamil Kembar

luheka,
ya ampunnn baru ngintip lagi ke thread iniii!
selamattt luhekaaa! duhh namanya lucu banget sihhh rama & khrisna. sekarang kayak apa yaaa... pasti tambah besar yaa. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita