1

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

vini,
setuju deh sama sri hartuti, zata & wiwit.
kalau memang bisa pindah, lebih baik pindah. dan karena kondisinya blm memungkinkan untuk pindah skrg2 ini, bisa ikut jadi "orang tua" yg lebih baik dan fun untuk ponakan.

setauku sih, anak kecil itu sensitif, kalau sama orang yg disukai bisa sweet banget sikapnya, tapi kalo sama org yg gak disukai bisa jadi ngeselin banget :D
percaya deh, kalo kita deket sama ponakan, hati suami & kk ipar juga bisa jadi melunak dan malah jadi lebih perhatian sama kita. dan si ponakan ini juga jadi lebih "nurut" sama kita dibanding sama org tuanya, jadi lebih mudah kita ajak kerja sama. dan kadang ponakan ini bisa jadi agen marketingnya kita lho, suka bangga2in kita ke org tuanya :D

mungkin dari pada bete, vini bisa lebih fokus sama kehamilan dan mempersiapkan kebutuhan untuk melahirkan/ pasca melahirkan nanti. apalagi vini kerja kantoran juga, waktu tuh gak kerasa deh cepat berlalu. kalau vini udah pny plan yg jelas, bisa dikomunikasikan sama suami. misalnya weekend ini mau survey RS bersalin/ tempat senam hamil, dll. dan kalo suami mau bawa ponakan juga gpp sih, bawa santai aja. sekalian meringankan beban mama mertua biar ga terlalu capek ngerawat si ponakan. bikin perjanjian/ strategi aja sama suami, misalnya kalo anaknya mau ke toilet hrs bilang, bawa pakaian ganti, dianter ke toilet sama siapa dll. atau sblm pergi makannya hrs habis dulu,atau hrs pipis dulu dari rumah, atau hrs tidur siang dulu, dll. krn kadang anak jadi rewel dan manja krn perutnya kosong, atau kebanyakan makan/ gula, atau kurang tidur atau krn blm pup/pipis.

tentang omongan jelek dari ipar ttg vini & suami, terima sebagai masukan aja, lalu diskusikan sama suami, sekalian kita juga introspeksi. kalau memang untuk kebaikan kita, kita juga berusaha berubah jadi lbh baik. tapi kalau dirasa memang gak bener, bisa minta tolong suami utk bicara dgn ipar, krn gimanapun suami kan yg paling tau watak saudara2nya. kalau gak ngaruh, ya cuek aja lah, ga usah dimasukin ke hati. kan kita juga gak punya banyak waktu utk sakit hati krn omongan org lain yg gak bener ttg kita yaa.. msh banyak hal2 lain yg lbh penting yg hrs dipikirin.

tentang cuci piring, hihihi..toss vini..akupun hobinya cuci piring. sama nih, di rumah juga pada seneng makan. aku sih mikirnya mungkin krn masakanku enak, jadi org2 pada seneng makan melulu jadi cucian piring banyak :D

aku sih ngakalinnya, sehari cuma boleh pake 1 gelas,jadi msg2 orang punya gelas dan tutup gelas sendiri.
aku bilang bhw aku cuci piring setelah semua org selesai makan. kalo capek, berhenti..istirahat atau nonton2 tv dulu aja.
sebelum cuci piring, rapikan dulu piring2nya. jadi gak stress, dan campuran air sabun & sponsnya, pake air hangat, enak deh rasanya :)

hahaha tips apa ini.. tapi aku sih happy cuci piring. memang sukanya main air sih...dan kalo gunting kuku setelah cuci piring itu enak deh, kukunya lembut2 gimanaa gitu..

maaf ya vini, ini tipsnya walaupun agak2 gak jelas tapi semoga membantu yaaa :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

2

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

hi Vini, memang ketika tinggal dengan mertua atau ipar yg sifatnya kurang sreg dengan kita ya harus banyak legowo ( lapang dada )..karena beda kepala, beda pemikiran..sabar aja atau ya pisah rumah..terkadang kita ngga bisa expect too much dari orang lain ( dengan suami pun begitu, kompromi itu penting bgt dlm berumah tangga )..
saya doakan semoga Vini bisa cepat menemukan solusi yah, entah itu ttp stay dirumah mertua dengan kondisi yg lebih baik atau pindah rumah..yg penting sekarang fokus ke baby, jgn terlalu stress..nanti setelah baby lahir, Vini juga akan sibuk sendiri mengurus baby jadi urusan lain termasuk cuci piring dll yg bikin jenuh bisa di-skip dulu kali yaaa..

3

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Makasih ya semuanyaaa ...
Aku sekarang lagi jalanin saran moms untuk lebih 'berdamai' sama situasi di rumah mertua. Aku sih gak bisa yang ekstreme bgt. Lagi belajar sedikit2 lebih sabar aja ngadepin ponakan, kalo si ponakan dah ngamuk-ngamuk biasanya aku gak ambil pusing, kalo udah capek banget sama kerjaan biasanya dicuekin aja langsung tidur.

kalau memang gak bisa diperbaiki kayaknya aku bakal buru2 pindah buat menghindari banyak konflik. thanks buat semua sarannya yaa .. semoga bisa bikin aku tmbah dewasa juga sebagai istri, menantu, adik ipar dan juga tante :)

4

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

udh 7th nikah sm anaknya,aku blm jg 100% diterima,alesannya mslh kesukuan.kluarga bsar suami gak trima pndaftaran org sebrang
heheheh,aku sich woles azza.aku ttp hormat ma mereka,krn ma alm.ibu diajarin kyk gt.yg trpenting mreka sayang sm anak2ku.yakin jg sbnrnya mreka nyadar klo pnilaiannya salah,cm gengsi aja ngakuinnya.

5

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

ahahaha eka, hobby sih cuci piring ;p

Vini Hujan, sama kayak sapta, cuma bias mendoakan semoga keadaan lekas membaik ya vin..

ghaniya althaf, setuju, dengan berjalannya waktu sebenarnya mungkin mereka sudah bias menerima, tapi mungkin belum terlalu kelihatan aja perubahan perilakunya :) sabar ya mom..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

6

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Makin berasa hopeless ketika baru lahiran masih tinggal dengan mertua dan ipar terus sempet ngerasa kena baby blues juga .. hikssss *nangis kejer-kejer

Aamiin .. Thanks bangeeeet ya ZataLigouw .. ;)

7

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Nyari-nyari topic mengenai living with Mother in law ternyata nemu juga.. hehe.

mau sharing, bener kata mom Vini Hujan, kalau baru lahiran tinggal sama mertua & ipar jadi bikin baby blues. dulu aku di kamar mandi suka nangis kejer sendirian, secara suami kerja. Jadi kangen nyokap sendiri dan rasanya mau kabur aja dari rumah bawa bayi #drama

Apalagi ada ipar cewek yang umurnya sama kaya aku. Duh gusti, kudu ditahan2in banget. Aku baru 1 tahunan nikah jadi kayanya perjalanan masih panjang nih.

A mother who loves morning breeze

8

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

kayaknya aku termasuk yang beruntung. MIL aku cukup open minded, urusan cucunya diserahkan sepenuhnya sama aku dan suami. Iparku juga baik-baik. Semua sudah menikah dan gak tinggal sama mertuaku. Pertimbangan tinggal dengan mama mertua karena papa mertua sudah meninggal sebelum kami menikah jadi suamiku sebagai anak lelaki pertama mengambil tanggung jawab untuk "jagain" MIL.

*toss sama Eka * akupun suka main air pas cuci piring. Kalau soal memasak kuserahkan sepenuhnya ke MIL, apa pun yg beliau masak pasti aku makan karena selera kami berbeda. Beliau gak suka asin sedangkan aku suka, daripada masakan aku gak dimakan jadi mendingan beliau aja yg masak, aku makan apa adanya :)

andariann coba deh sekali-sekali ajak mertua atau ipar ikutan nemenin acara TUM, banyak informasi yang bisa bikin mereka "melek" soal pola pengasuhan masa kini. Semoga "badai" segera berlalu ya, semangat!

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

9

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar


andariann coba deh sekali-sekali ajak mertua atau ipar ikutan nemenin acara TUM, banyak informasi yang bisa bikin mereka "melek" soal pola pengasuhan masa kini. Semoga "badai" segera berlalu ya, semangat!
wrote:


Hi Mom Honey Josep. sebetulnya MIL open minded, dan baik banget. ga pernah ikut campur juga masalah pengasuhan anak. cuma karena beda kultur dan habit keluarga, suka agak-agak gemez juga sama ipar hehe. Soalnya dulu aku pisah pas awal2 nikah, dan gabung lagi sama mertua karena punya baby. Jadi suka agak kaget aja :) Wah mudah2an next event TUM aku bias join yah! asik..

A mother who loves morning breeze

10

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

andariann, bener banget, beda kultur itu ngaruh banget ya. Dulu waktu awal nikah aku juga shock bgt krn beda banget cara MIL bantu ngerawat baby sama nyokapku, tapi karena emang pada dasarnya tujuannya baik, alhamdulillah bisa beradaptasi semuanya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/