1

Topic: Breastfeeding

Dear Bunda

Sharing donk... Ada yang pernah ngalamin kasus begini ga ya? Saya sudah berhenti breastfeeding sejak babyku usia 18bulan. Pas itu saya diopname satu minggu dan sejak pulang baby sudah tidak mau menyusui dari payudara. Sekarang my baby 22 bulan. Saya sesekali suka memencet payudara saat mandi. Awalnya memang masih keluar asi berwarna susu. Tetapi akhir2 ini saya pencet yang keluar koq malah cairan berminyak berwarna putih bening persis seperti baby oil ya? Apakah ini normal? Saat berhenti menyusui saya tidak meminum obat yang konon katanya untuk menghentikan produksi asi. Advise please...

2

Topic: Breastfeeding

Mom ViviY

Itu kok spt waktu aku awal awal hamil, asi jd bening dan lengket... Jangan jangan hamil lagi, henehe

The greatest gift from God....my Randi

3

Topic: Breastfeeding

misi sista sista disni, mau tanya mungkin ada yang punya pengalaman yang sama kyak aku, knapa ya kalo siang asi nya itu sedikit sampe kadang kadang anakku sampe ngamuk dan ga bisa tidur. jadi kalo tidur harus digendong terus, kalo ditaruh pasti nangis, tapi kalo misalnya aku peres asinya trus taroh di botol lansung 80 ml gitu pasti dia lansung tidur. huhu. mungkin ada yang pnya pengalaman yang sama kayak aku dan bisa share :) thankyou

4

Topic: Breastfeeding

Ada yg punya pgalaman sama gak?
Klo di pumping salah satu PD g kluar, yg satunya deres. Tp masih sakit n terasa penuh. Pas di susuin ke bebi baru bs kempes PDnya. Dan tlihat lebih bsar sblh dibanding PD satunya. Tp pas dipompa msi banyakan yg lbih kcil.

Nb: PD yg skit sblh kiri, dan BP yg dipke unimom allegro.

5

Topic: Breastfeeding

haaiii mamas...

mau tanya dong..untuk perbanyak ASI gimana ya?bayi ku 9bulan, dia lagi senang2nya nyusu langsung di PD,kalo mau tidur walaupun udh ga ada susunya,sama dia selalu dipentilin. Btw, aku working mom tp dikantor selalu mompa.
beberapa hari ini ASI ku kurang, aku sedih banget kalo pulang kerja bawa stok ASI nya sedikit :'(

6

Topic: Breastfeeding

ViviY normal koq itu. tapi bener kata randi jangan jangan hamil lagi...

fannytjio sepertinya si bayi bingung puting karena seharusnya menyusui langsung justru membuat bayi nyaman, tenang karena ada dalam hangat dekapan ibunya. Coba saja dikonsultasikan ke konselor laktasi atau dokter anak.

anggiabunga bisa saja kapasitas payudara masing masing berbeda. Terasa penuh berarti pompa belum bisa mengeluarkan ASI secara sempurna, mungkin perlu dibantu dengan dipijat tangan saat memompa.

poetri nia coba untuk Power Pumping agar produksi ASI meningkat kembali , caranya bisa dibaca di sini ya http://theurbanmama.com/?s=power+pumping

Semangat Busui!

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

7

Topic: Breastfeeding

Honey Josep
Iyaa mom, akhirnya aku terapin HOP n dselingi dgn netekin si bebi lgsg smpe bner2 PD ku trsa ksong
Hsil pumping mkin lama mkin byk sih dgn HOP ini..
Jdi mkin smgt, hee

8

Topic: Breastfeeding

anggiabunga yeay! senang deh dengarnya :)

Selamat menyusui si kecil ya! :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

9

Topic: Breastfeeding

Halo para Mamas.,. perkenankan kami dari Mums and Babes Indonesia yang pertama hadir di Indonesia ikut serta share di forum para Mama., have a great day and Joy with Our Little Babies

10

Topic: Breastfeeding

@mom putri, makan yg banyak bisa bikin asi banyak..
Sm istirahat yg cukup , kalo bisa pijet lahiran jg membantu perbanyak asi soale bs relaks.
Kalo kurang coba minum vitamin moloco jg bisa

11

Topic: Breastfeeding

@fanny, sama mom aku jg kalo pompa 80 cc lebih lamaa jadwal mintah jatah asinya. Soalnya bayi aku kalo nete kadang kesedek bs ngambek ga mau nete lg. Terus ketiduran jg jd dia cuman nyedot dikit makanya minta nete aering2.

12

Topic: Breastfeeding

Halooo mau ikutan sharing ahh.

Anak pertama Abid berhasil WWL di 2y7m pas aku hamil kedua sampe usía kehamilan 4bln pas masih mabok-maboknya,lemes-selemesnya. Padahal aku 2x dirawat pas hamil ke2. Sempet kepikiran susah WWL karena kok makin gede makin susah lepas yah, hahaha. Ternyata berhasil WWLnya gegara aku hamil lagi.
Anak ke2, Alina 14mos masih nenen,and still counting. Cheersss

-Diva
IG&Twitter: @divadivavid
GarASI-KiTa BreastFriend, Mom of duo ARP

13

Topic: Breastfeeding

Kalo aku malah kebalikannya mom fannytjio..

Kalo lg nyusuin lgs kyknya banyak asinya, tapi kalo pumping so far baru bisa dpt 40ml. Babyku masih umur 2mgg sih dan tiap 2 jam pasti nyusuin jadi aku emang jarang pumping, kadang udah keburu cape dan pgn istirahat. Tapi alhamdulillah selama ini asinya cukup buat si baby diliat dr frekuensi pipis dan pup nya.

14

Topic: Breastfeeding

Hai para moms, mau tanya dong

Aku ada masalah sama proses menyusui di PD kiri ( puting tidak terlalu keluar ), karena anakku lebih suka sama PD kanan, karna jarang banget disusui akhirnya PD kiri asinya lebih sedikit dan ukurannya lebih kecil drpd PD kanan, aku sudah coba memposisikan menyusui seolah2 anakku menyusu di kanan padahal pake PD kiri, tapi tetep nolak, Gimana yah caranya supaya anakku jadi mau menyusu di PD kiri ? apa kalo rajin pumping PD kiri jadi asi bisa banyak lagi ?

Mohon pencerahan ya para moms :)




IG&Twitter : Vegantaresa

15

Topic: Breastfeeding

vega antaresa berarti PD kiri-nya inverted nipple. Bisa ditarik pakai nipple puller. Kalau masih sulit juga menyusui dari PD kiri, dipompa bisa, harus konsisten di jam dan frekuensi yang sama. Semoga ASI di PD kiri melimpah lagi ya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

16

Topic: Breastfeeding

Mom. selama menyusui saat malam hari saya selalu menggunakna 1 posisi. jadi baby alan (4m) terbiasa berguling ke kiri. gentian mmg menyusuinya payudara kanan dan kiri. tp lebih sering payudara kiri.
Boleh share kebiasaan moms saat menyusui di malam hari?
Terima kasih

17

Topic: Breastfeeding

intanyaniar Kalau dulu waktu menyusui anak-anak sih biasanya selalu tiduran dan anaknya pindah posisi kanan dan kiri. Kecuali kalo pas mewek maunya nyusu sambil duduk ya mamanya terpaksa melek.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

18

Topic: Breastfeeding

sebenarnya sampe umur brp sih bayi bisa di asi terus? soalnya pengalaman temenku, malah disuruh brenti asi ma dokter pas usia anaknya 14 bln krn alasannya asi bikin pencernaan baby nya agak susah. tapi mmg pas abis brenti asi pencernaan baby nya jadi ngak mampet.

19

Topic: Breastfeeding

Wincha Kalau aku sih menyusui paling lama itu 2,5 tahun. Sodara ada yang sampai umur 6 tahun malah,berhenti karena mau SD.

Hmm,kok bisa ya malah pencernaan bayinya susah? mungkin gak dari makanan yang ortunya makan? Siapa tau babynya ada yang gak kuat sama makanan itu?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

20

Topic: Breastfeeding

Mom ad yg pny problem kyk aku gak?

PD ku yg kiri cepet bgt refill nya, kr2 sejam aja dibiarin lgsg penuh.
Kliatan jauh lbih besar dri yg kanan. Yg kanan udh diusahain disusui lbih dulu. Tp mau gmn, yg kiri itu udh keburu refill lagi dan sakit. Sehingga mau g mau aku susui lg yg kiri, supaya kempes. 2 atau 3x disusui yg kiri bru agak berkurg bengkaknya, sdgkn yg kanan msi blm tlalu bengkak. Jadi gbs tuker2 secara imbang antara kiri n kanan nya.

Gak PD pas liat ny jd besar sblh gni, dlu sblm hamil g bgni soalny. Adakah yg spti itu? Dan stlh disapih apakah jd back to normal lg ukuran nya?

21

Topic: Breastfeeding

intanyaniar
Baby ku (2m) malah suka miring ke kanan, lebih pules tidurny, sehingga PD kiri lebih sring untuk malam hari. Yg kiri dipakai klo dy terbangun mom.

22

Topic: Breastfeeding

Moms..ada yg punya pengalaman sama ga? Aku kalo nyusuin posisi tiduran kok jdnya lama bgt ya babynya nyusunya bisa ampe sejam ga brenti2 gt. Klo pun brenti, begitu dilepas dia pasti nangis dan minta nyusuin lg. Sempet kepikir apa posisinya salah trus jd ga keluar asinya, tp kalo aku pijet kluar sih asinya. Jd dr yg tdnya enak tiduran ampe pegel krn ga brenti2 dan ga tidur2 baby nya.

23

Topic: Breastfeeding

intanyaniar
Waktu awal2 abis melahirkan sampai kira2 usia bayiku 4 bulan aku selalu nyusuin dengan posisi dipangku karena bayiku tidur di baby box. Kehilangan waktu tidur banget karena bayi cowok minumnya banyak, hampir tiap 2-3 jam kebangun minta nenen. Pas udah co-sleeping kira2 di umur 5 bulan, kalo malem ya tinggal buka kancing daster trus disusuin sambil tidur deh :)
Aku perhatiin sejak dari lahir, bayiku ini lebih gampang pules kalo nenen dari PD kanan. Jadilah tiap malem dia miring ke kiri dan ini sukses bikin tidur agak lebih panjang. Sekarang usianya 9 bulan, paling sering kebangun jam setengah satu atau setengah dua malam nyari nenen. Aku dan suamiku suka senyum2 kalo liat dia sekarang udah bisa ndusel2 datengin nenen ibunya :D

anggiabunga
Aku hampir sama nih mom, cuma kalo aku berasa lebih besar dan cepet penuhnya di PD yang kanan. Waktu masih ASIX itu aku sering banget terus2an nyusuin pake PD yang kanan supaya gak terlalu bengkak, sedangkan PD kiri adem ayem aja lama banget penuhnya. Sampe sekarang jg masih gitu mom, kalo aku pumping di kantor PD kanan bisa dapet 150 ml, PD kiri dikit banget sekitar 50 ml, paling banyak 80 ml. Kemarin pas ke kantor iseng cobain pake koleksi baju sebelum hamil, cukup sih tapi bagian dada ketat banget trus kerasa banget bagian PD kanan lebih besar jadi lebih sempit gitu. Langsung gak jadi pake trus tuker lagi pake baju menyusui aja yang longgar di bagian dadanya :D
Aku juga gak kebayang nanti kalo udah gak menyusui apa iya PD ini akan kembali seperti sedia kala?

mpeb23
Sama mom. Pengalamanku bayiku di usia 9 bulan ini lagi seneng2nya nyusu langsung dari PD. Dan menyusui sambil tidur ini ya jadi salah satu andalan paripurna untuk bikin dia tidur. Kalo disusuin sambil duduk yang ada malah gak merem2, mainin tangan, cubit2 muka ibunya, gak jadi tidur deh ujung2nya :D
Yang pasti kalo nyusuin dengan posisi tidur gini bisa lama sih karena tau2 udah pules aja tidurnya, baik si bayi maupun aku. Tau2 udah lepas sendiri pas dia udah posisi telentang tidurnya.

24

Topic: Breastfeeding

Agatha Prasanti
Nah ini aku ampe ketiduran dan bangun lagi ttp sama mom..klo pun babynya ketiduran tp kalo akunya brubah posisi dia lgs bgn dan lgs minta nyusuin lg sambil nangis.

Baby A umur baru 3 mgg, tp nyusuinnya kenceng bgt dan akhir2 ini bisa sejam sekali nyusuin. Kalo nyusuin posisi duduk malah cepet, paling lama sejam itu udah PD kanan-kiri cm pegel banget makanya sesekali aku nyusuin tiduran, maksud biar dianya jg tidur, eh malah jd ga lepas2 nih nyusuin terus.

25

Topic: Breastfeeding

wincha bener kata cindy bisa sampai 2 tahun lebih.

seharusnya sih ASI gak bikin perncernaan susah karena mudah diserap tubuh. mungkin ada makanan si ibu yang bikin bayinya alergi.

Contohnya, saya kalau minum dan makan produk susu, Dre yang masih ASI akan muncul bunyi grok grok dari tenggorokannya. Dre alergi produk dari susu sapi ternyata.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com