1

Topic: Usia Masuk SD

Mom, mau sharing nih, anakku kelahiran Juli, cewek...skrg masih paud, lg galau nih tahun ini bakal paud lagi atau dinaikkan ke tk, soalnya bingung jg masuk sd nya ntar umur 6 pas atau 7 pas yaaaa...takutnya kalo umur 6 masih kekecilan, kalo umur 7 ketuaan...share pengalamannya ya moms

2

Topic: Usia Masuk SD

samaa lg galau juga..

anakku miko , september ini baru 6 tahun...

3

Topic: Usia Masuk SD

Halo bunda aray, salam kenal..
Kalau dari sisi psikolog sih anak cewe gapapa masuk di 6 thn karena biasanya anak perempuan lebih cepet adaptasi, tapi ya balk lagi ke masing2 anak ya..
mungkin bisa dikonsultasikan sama calon sekolahnya.
Aku juga dulu gitu tapi bedanya anakku laki-laki jadi baru tahun ini dia masuk SD 6,5 yo

Nov ~ Kalau anak cowok lebih baik di pas-in umurnya jangan terlalu cepet.
anakku kelahiran oktober jadi dari awal aku masukinnya ngikutin umur dia biar ga usah ngulang dua kali TK Besar atau sejenisnya.

karena berdasarkan pengalaman, anka yg kurang umur mungkin secara fisik kliatan sama tapi pas akademi... misal amiba kasus belamra menulis yaaa
anak2 yang cutup umur bisa mengikuti arahan guru tapi yang kurang lebih mudah mengeluh capek tangannya, aku mau udah aja, dll dll sejenis itu.
semoga bisa ngasih gambaran yah :)

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

4

Topic: Usia Masuk SD

hai mb siska..

miko itu cewe siy..berarti gpp ya aku masukin cepet aja..

tapi dia belum bisa baca

kalo berhitung mgkn sdh lumayan..cuma untuk membaca agak kesulitan..

aku siy maunya dia ngulang lg tk besar tp takut kelamaan jg dan dia jd jenuh..

eniwei thank u sharingnya :)

5

Topic: Usia Masuk SD

mama Nov ~ oh sorry ya mama :* kirain dari namanya cowok hihi
nah urusan ngulang TK pun ga semua anak bisa, ada yg oke aja ada yg malah ngambek. contohnya anak temenku akhirnya dia mutusin sekolah anaknya cuti setahun (ini tentu dari hasil "baca anaknya juga untuk ngobrol ke psikolog ya ma) daripada ngulang TK b, jadi dia selama setahun itu dipake les-les aja trus ada tambahan les fisik berenang juga.

Hmm tapi lagi lagi tiap anak kan beda2 yah mamanov, ga bisa langsung disamain, jadi coba aja di bawa ke calon sekolah untuk tes apakah mikko udah siap apa blm. :)

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

6

Topic: Usia Masuk SD

hi mama,
kalo aku anak cowok dua-duanya lahir agustus. yang bungsu kelahiran 2009 udah masuk kelas 1 SD tahun lalu.
tergantung sekolah dan kesiapan anaknya ya. masing-masing orangtua punya pertimbangan sendiri. kalau aku lihat anak dua-duanya udah siap... dan aku bukan tipe yang lebih muda umur lebih baik. yang penting anaknya siap aja.

chika,
bagus juga ya itu temen chika, 1 tahun les ini itu jadi berasa TK juga sebenernya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Usia Masuk SD

Moms semua...aku lebih prefer kalo anak laki umurnya dilebihin. Anakku semuanya 6,5 tahun masuk SD. Ini juga hasil konsultasi sama Kepala Sekolah TK-nya. Dia kasih contoh anaknya sendiri yang dimasukin SD 5,5 tahun. Awal-awal nggak masalah tetapi setelah kelas 3-4 itu kelihatan banget anaknya mulai mogok. Akhirnya dipindahin sekolah dan turun kelas sama ibunya (Kepala Sekolah TK anakkku tersebut).
Dan aku lihat sendiri 2 keponakanku yang cowok masuk SD lebih muda, kok ya lebih banyak mogoknya. Dan kesulitan ngikutin pelajaran sekolahnya.Kasihan banget ngelihatnya.
Tapi ada keponakanku lainnya yang kelahiran bulan Juli, jadi pas umurnya masuk SD 6 tahun, so far sih lancar jaya aja sekolahnya.

Just share aja ya moms

My World is My Family

8

Topic: Usia Masuk SD

Nah,pas banget nih,soalnya aku juga lagi galau mau nentuin besok Maghma(3.5) SD umur berapa,soalnya kan cewek yaa. Katanya bisa lebih cepet adaptasinya,lagipula kalo dilihat sih emang udah siap banget sekolah. Karena suka ikutan mas-masnya belajar,jadi lebih cepet ngerti.

Kalo Wilson tahun ini masuk SD dan umurnya pas 7th lebih 3 bln. Adeknya besok 6.5th lah kayak Migunya Mommy Chika kan sama-sama oktober :)

Bedanya dari anak cowok dua itu yang kakak baru siap pas mendekati masuk SD,sementara adeknya itu "akademiknya" diatas kakak. Jadi memang pas masuk TK,si adek ga di barengin,takut kalo kakaknya ketinggalan.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

9

Topic: Usia Masuk SD

Setuju sama mama izoel, ortuku sendiri untuk akademik menganut prinsip 'lebih cepat lebih baik' jadi aja 3 anaknya semua masuk SD usia 5 tahun, aku sama kakakku yang perempuan sih fine dan mulus-mulus aja, lulus S1 di usia 21th, yang agak lama adikku yang cowok, kuliahnya lammaa umur 25 belum lulus hahah, padahal pinter anaknya.

Yah banyak faktor penyebab sih, tapi menurutku mungkin salah satunya karena masuk SD kecepetan itu, adikku lebih ngga bisa diem dan rebel dibanding kakak-kakaknya hehe...

Anakku cowok nanti nggak akan aku paksain lebih cepet masuk sekolah, liat kesiapan juga sih intinya, kalo emang harus lebih tua dikit gapapa deh.

10

Topic: Usia Masuk SD

kalo pendapatku zaman dulu sm zaman sekarang beda ya, kalo dulu aku sm adek2 juga masuk sd nya cepet 5.5 thn, tp tuntutannya beda bgt kan sm sekarang..sekarang ada ujian nasional, trus era globalisasi juga..jd standar nya jg lebih tinggi..
aku siy prefer masuk sd nya saat usianya siap..
mungkin spt usulan mba siska..ga usah ngulang tk b tapi ditambahin les les penunjang..

tp emang beda2 siy tiap anak..kalo di kelasnya anakku di tk nya yg cowo2 nya malah tingkat dewasanya lebih tinggi..hehehe..ga bs dipukul rata juga ya cewe or cowo itu...

cmiiw yaa

11

Topic: Usia Masuk SD

bundaaray wrote:
Mom, mau sharing nih, anakku kelahiran Juli, cewek...skrg masih paud, lg galau nih tahun ini bakal paud lagi atau dinaikkan ke tk, soalnya bingung jg masuk sd nya ntar umur 6 pas atau 7 pas yaaaa...takutnya kalo umur 6 masih kekecilan, kalo umur 7 ketuaan...share pengalamannya ya moms


Ini dia pengalaman aku, tahun 2015 kemarin, anak pertamaku lulus TK pada usia 6 tahun kurang. Tapi oleh guru-gurunya disupport bisa masuk SD. Bener juga, tesnya lulus. Tapi setelah masuk beberapa hari, anaknya entah kenapa, berangkat sekolah menurut dan mau menata buku-buku yang akan dipakai. Tapi sewaktu sampai ke sekolah, kok malah diem dan nangis.

Akhirnya, saya tarik dari sekolah. Tahun ini, saya daftarkan lagi ke SD pilihan dia sendiri. Sewaktu tes masuk SD, dia sangat Percaya Diri sekali. Semoga di usianya yang hampir 7, dia sudah matang.

12

Topic: Usia Masuk SD

Mom.astinastanti...anaknya.cewek apa cowok mom?

13

Topic: Usia Masuk SD

bener banget ya mama-mama. intinya sih yang penting anaknya siap. mau laki-laki atau perempuan, meskiii biasanya anak perempuan lebih siap dibanding anak laki-laki. soalnya kalo memaksakan, kasian nanti kalo di tengah "mogok".

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

14

Topic: Usia Masuk SD

mau nanya nih.. anakku kemarin pas masuk semester 2 (skrg kls 1 sd), tiba2 malas ke sekolah. tiap pagi ada aja alasannya.
knpa yah ? apa ada bunda2 yg pernanh ngalamin mslh sindrom anak malas sekolah ? trus dibuat apa ?

15

Topic: Usia Masuk SD

wincha mungkin dia merasa gak nyaman dengan sekolahnya. Coba saja ditanya pelan-pelan kenapa dia malas ke sekolah. Apakah ada yang mengganggu, apakah gurunya galak, atau pelajaran terlalu sulit....

Kalau saya, putra sulung baru mulai mogok kelas 2. Saya cuma mengingatkan kalau dia rajin sekolah akan ada reward berupa jalan-jalan ke hotel yang ada bath tub-nya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

16

Topic: Usia Masuk SD

Honey Josep wkt sem 1 malah dia senang ke sekolah, pas masuk sem 2 ini kok aneh. semua dijadiin alasan. saya sama suami sampe bolak balik ke sklh menhadap guru BP krn kita juga mau cari tau penyebab knpa dia jadi spti itu.
sampe kita dah pindahin tempat duduk nya dll, tapi tetap aja byk alasan.
aku juga awalnya jadi curiga jgn2 jadi apa2 ma anakku di sklh sampe dia ngak mau ke sklh, dan hal itu kita bicarakan dgn guru kelas, kpla sekolah dan guru BP nya.
tapi utk smntra sih aku ma suami intropeksi diri juga sih, apa mungkin kita menuntut dia terlalu tinggi utk prestasi di sklh makanya anakku jadinya bosan deh ke sklh

17

Topic: Usia Masuk SD

Berdasarkan pengalaman memasukkan anak ke SD pada usia enam tahun pas (anak cowok, kelahiran juli), awalnya memang tidak ada masalah, hanya saja memang butuh effort lebih dibandingkan dengan anak-anak yang sudah lebih matang usianya. Masalah baru timbul saat kelas 2 SD dan kalau bisa memutar balik waktu, saya lebih baik menunggu sampai usia 7 tahun dulu, baru masuk SD.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

18

Topic: Usia Masuk SD

ella - memang al ada masalah sama temen atau gurunya?
kadang anak2 kan suka semangat atau mogok karena salah satu temen atau salah satu guru juga.

iya yang penting di garis bawahi adalah kesiapan anak.
sesekali anakku yang gede aja aku longgarin telat ke sekolahnya, yg penting dia tetep mau dan happy ke sekolah.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

19

Topic: Usia Masuk SD

Moms, setau saya, skrg peraturan masuk SD, usia nya harus 7 tahun pada bulan Juli.

Karena anak tetangga saya, selesai TK, lalu mau daftar SD, ditolak karena usianya belum pas 7 tahun (umurnya 6 tahun sekian bulan).

Tp ini SD negeri yaa, mungkin klo SD swasta peraturannya lebih longgar.

CMIIW :)

*Bless Mom of Chelsea Almahyra Syach*

20

Topic: Usia Masuk SD

ella,
la... share dong kenapa?
arza agustus nanti 7 tahun... udah masuk kelas 2 sih. so far belajarnya biasa aja tapi emang belum ada keinginan sendiri. kalo bikin PR semangat. kalo ulangan disuruh belajar, bilangnya... capek! :D

alde, kakaknya, mulai keliatan mandiri dan tau belajar itu penting pas kelas 3. bedaaa banget sama dia kelas 1 & 2.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

21

Topic: Usia Masuk SD

hmmm, klo masuk SD ny umur 7 tahun masuk TK ny umur brp ya? maap klo OOT

22

Topic: Usia Masuk SD

Ninit penyebabnya kompleks sih, mulai dari motorik halus yg kurang terasah, metode belajar yg kurang menarik buat dia (banyak mencatat dan menyalin), sampai situasi kelas dengan murid banyak (40 anak) dan guru yang cuek. Selain itu ternyata juga ada gangguan konsentrasi. Kepikiran kalau saat itu TK B misalnya setahun lagi, kemungkinan motoriknya sdh lbh matang, mainnya juga sudah lebih puas, dan tidak terjadi hal spt sekarang ini: mogok menulis pekerjaan sekolah.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

23

Topic: Usia Masuk SD

MJs Mommy
Kalo aku rencanain Abid tahun depan TK (5 tahun 4bulan), Jadi masuk SDnya nanti 7tahun lebih.

Kalo dilihat dari sisi emosional, fase dimana secara psikologis belum siap menerima materi2 berat seperti saat ini. Umur 7tahun lebih mandiri, sudah lebih mudah untuk konsentrasi.
Selain itu, sambungan otak anak dibawah 7 tahun belum sempurna. Gerakan motorik dan kemampuan otak kanan dan kirinya juga sudah lebih matang.

Hehehe cmiiw yaa

-Diva
IG&Twitter: @divadivavid
GarASI-KiTa BreastFriend, Mom of duo ARP

24

Topic: Usia Masuk SD

ella,
ohhh gitu yah la. semoga di sekolah yang baru, albert lebih baik lagi yaa... makin semangat dan ngga mogok lagi dengan pekerjaan sekolah.
nanti update yah la gimana albert di sekolah yang baru.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

25

Topic: Usia Masuk SD

Hmm ... anak saya cowok ... kelahiran 31 juli ...
tahun depan umur 6 tahun ...
saya juga sudah dapat informasi dari TK kalau usia pas masuk SD itu umur 7 tahun.
dari yang saya baca, banyak yang mending masuk SD umur 7 tahun ya ?
jadi TK B nya 2 tahun ?

Stallion's mommy