1

Topic: TBC pada Bayi

mommyaira *bigtighthugs* sabar, ya, mom. alhamdulillah ternyata aira gak kenapa2. emg bener tiap anak itu ada bawaannya sendiri. selama gizi cukup dan milestones oke, nothing to worry about.
betul banget second opinion is A MUST!!! itu hak sebagai pasien.
salam buat aira, ya, mom

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

2

Topic: TBC pada Bayi

mummyhilya thank youuuuu *hugs, colek pipi hilya (bnr kan ya ini nama baby mu hehehe) dulu...mbem bangeettt!!!

coffee is one of my best friend...

3

Topic: TBC pada Bayi

mommyaira, gak tau mau bilang apa :( , sedih ya .. tapi diriku jadi belajar deh dari sharingnya. emang gak bisa sembarangan ngejudge ni anak TB, hanya gara2 berat badannya rendah. *curcol :P

btw, gastroenterologi yg dimaksud apakah di RS Hara*** K*** ? padahal sedang mempertimbangkan bawa asa kesana buat nanyain reflux

sulfi, *hugs , maaf gak bisa bantu banyak soalnya memang gak tahu apa2 soal ini. gimana klo kirim pertanyaan ke resident expert TUM aja ?

less ego, more heart

4

Topic: TBC pada Bayi

Sidta Iya yang di sana....mungkinkalo emang masalahnya pencernaan ya gpp di bawa ke sana mom...cuma kalo udah nanti diagnosisnya nyerempet2 ke yang lain, mis: ni Asa menurut dia kok BB nya kurang...n mo di tes macem2 ...mending langsung ke yang emang spesialisasinya beda lagi...soale emang heran banget deh...banyak DSA sekarang tu gampang bgt ngevonis TB...dan aku inget banget...tes darah Aira waktu itu cuma tes darah rutin dan yg di atas normal cuma leukosit...itu pun gk xtrem...padahal bukannya kalo tes darah untuk TB tuh macem2 ya komponen darah yang diperiksa...??? hrrrrr...>.<

coffee is one of my best friend...

5

Topic: TBC pada Bayi

mommyaira - TFS. Baru tau nih gue yang soal BCG-nya.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

6

Topic: TBC pada Bayi

mommyaira mnrt adek saya yg dokter, emg TB itu suka jadi vonis keranjang sampah.. Kl dulu vonisnya paru2 basah atau bronkhitis, gitu.. Dan emg penderita tb skrg bnykkkk bgt gak pandang kalangan dan usia.
Yak, betchul.. Hilya is my baby, dan emg chubby.. Just like her mama haha

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

7

Topic: TBC pada Bayi

wah..serem bgt yah TBC pada bayi..
aku sihgak kebayang klo pada bayi, jd ikutan sedih denger crita2nya..

aku cuma mau share, dulu suamiku sempet kena TBC pas awal2 kita nikah, dan pengobatannya itu ya bner gak boleh putus selama 6 bulan. dan obatnya itu gratis dari pemerintah, obatnya berwarna merah,besar2 pula (gak kbayang klo yg buat bayi bagaimana)
berobat ke JRC aja deh (Jakarta Respiratory Center) di arteri pondok indah..selain ke DSA, sepertinya mommy perlu second opinion dari dokter pulmonology..dan di JRC ini memang pusatnya utnk penyakit2 pernafasan..

rekomen aku sih dokter suamiku waktu itu dr.Achmad Hudoyo..beliau jg praktek di RSPI dan RS Mitra..
dan selain penderitanya, aku sebagai istri, jg diobservasi dan diangkat mnjadi orang pengawas penferita TB..untungnya suamiku menderita TB extra paru, yaitu TB yg tidak menular..

kalo makanan yg tiap hari aku kasih suamiku saat itu sih yoghurt+buah pisang, itu bagus buat penderita TB..tapi lagi2 krena ini penderitanya adalah anak bayi, aku juga gak tau pasti apakah terapi yoghurt+pisang ini berpenaruh apa gak..
sering2 berjemur dan berenang..krn kuman TB akan mati jika terkena sinar matahari langsung..

maaf yah aku gak bisa bantu banyak, krena belum tau klo kasus TB ini mengenai pada bayi dan anak2 bagaimana..tapi mudah2an infoku yg sedikit skali bisa membantu juga..

semoga lekas sembuuh :)

8

Topic: TBC pada Bayi

mamas....mau cerita ne...

september kmaren zahwa(21bln) kena batpil dah 5hr bru di bawa k dsa,pilekx sembuh seh hbs minum obat tp batuk berdahak ga sembuh2 jg.trs d bw dsa kata dsa ini cmn batuk berdahak biasa jd di beri obat antibiotik+obat batuk aja, sampe obat habis ttp jg ga sembuh batuk2x...trs tgl 4 nov kmren cb k dsa lain,d sana zahwa d suruh rongent+test darah+mantoux test,tgl 8 nov kami balik lg k dsa untuk mengetahui hasil ternyata laju edap darah,lekosit dan lymposit zahwa di atas rata2 normal balita,hasil rontgent jg memperlihatkan ada sedikit flek pada paru2 zahwa.dsa bilang kalo zahwa positif TB dan harus minum obat selama 9bln.menurut mamas perlu ga seh cri opini yg ke-3?slx 2 dsa yg saya datangin beda pendapatx.

9

Topic: TBC pada Bayi

ummy_zahwa..kalau soal TB, dsa mmg suka beda pendapat. Dl aja waktu anakku negatif TB (yg lebih dari normal cuma LED) dan dokter pertama nyuruh ttp minum obat, akhirnya aku konsul ttg TB ke 5 dsa, Hasilnya 2 dokter pro obat dan 3 dokter tidak pro minum obat.

10

Topic: TBC pada Bayi

Dear mamas...
Setelah membaca thread ini saya hanya ingin membagi pengetahuan saja...tb itu sesuatu yg sangat serius...jika terdeteksi harus diobati dengan benar, kalau ga yakin sama 1 dsa, langsung saja minta second opinion ke dsa lain (prefer ke yang subspesialisnya pulmonologi/respirologi). Penyakit ini bisa sembuh jika diobati dengan benar...kalau merasa di keluarga ga ada orang dewasa yg tb coba pastikan lagi dengan diperiksa...(jangan lupa pengasuh dan art yg ada di rumah juga diperiksa)
Jika tidak diobati dengan benar tb bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan lo...
Semoga semuanya sehat selalu yaaa...?

11

Topic: TBC pada Bayi

mom, mau tanya dong ada saran pulmonologi anak mana yang bagus di jakarta? soalnya anak aq (kaisaa) 7mo diduga tbc hanya karena naiknya cuman 100gr dari umur 6mo sampai 7mo sebelumnya naiknya selalu lumayan ko, sekarang berat kaisaa cuman 5.7gr lahir beratnya 2.4gr. tetapi tidak ada tanda2 lain yang menunjukkan tbc. kemarin langsung disuruh tes darah dan rontgen, hasilnya minggu ini. saya mau cari second opinion dulu.

kaisaa juga disuruh campur sufor merk neuron sama dsanya karena katanya asi saya kurang kualitasnya. padahal asi saya banyak dan makanan saya juga saya jaga cuman memang perawakan bawaan saya kecil. dsanya juga bilang makanan boost bb percuma klo gak di top up sama susu formula.

tolong mommy sarannya, masa hanya karena itu aja anak aq didiiagnosa tbc dan harus minum sufor dan mengurangi makan. makasih ya

Cherry Riandiana

12

Topic: TBC pada Bayi

baca kisah mommy aira, nangis T_T
bener ya second opinion, bahkan third opinion is a must untu7k kasus serius seperti TB ini.
makasih mamas semua...

blog saya
instagram 2
-Bahagia itu sejajar dengan rasa syukur-
-One day (minimal) one activity for toddles-

13

Topic: TBC pada Bayi

mamas cerita doongg...
aku beneran bingung dan cemas.
ceritanya maret kemaren anakku fakhril periksa ke bidan karena dia ada benjolan di belakang kepala dekat leher,pas di cek sama bidannya di kanan kiri lehernya juga ada benjolan,nyuruhlah bidan ini untuk ke RS tempat dia bekerja untuk lebih jelasnya.
pas aku bawa ke DSA fakhril di rongsen dan dari hasilnya terdapat flek,dokter langsung memvonis kena tb.yang jadi pertanyaanku apa hasil rongsen bisa di jadikan alasan utama anak kena tb tanpa melakukan tes yang lain..??sementara anakku jarang sekali batuk,pilek,demam,anaknya aktif luar biasa,badannya juga ga terlalu kurus mesti terbilang susah naik.
fakhril udah jalanin pengobatan 3x.mamas toloong aku mesti gimana..???
dan yang jadi tambahan kekhawatiran ku fakhril sampai sekarang belom bisa ngomong sepatahpun padahal usianya udah 16 bulan.dia hanya bisa uh eh ah nyanya tanpa kata.
mamassss kasih solusi doong,

14

Topic: TBC pada Bayi

mamas cerita doongg...
aku beneran bingung dan cemas.
ceritanya maret kemaren anakku fakhril periksa ke bidan karena dia ada benjolan di belakang kepala dekat leher,pas di cek sama bidannya di kanan kiri lehernya juga ada benjolan,nyuruhlah bidan ini untuk ke RS tempat dia bekerja untuk lebih jelasnya.
pas aku bawa ke DSA fakhril di rongsen dan dari hasilnya terdapat flek,dokter langsung memvonis kena tb.yang jadi pertanyaanku apa hasil rongsen bisa di jadikan alasan utama anak kena tb tanpa melakukan tes yang lain..??
fakhril udah jalanin pengobatan 3x.mamas toloong aku mesti gimana..???
dan yang jadi tambahan kekhawatiran ku fakhril sampai sekarang belom bisa ngomong sepatahpun padahal usianya udah 16 bulan.dia hanya bisa uh eh ah nyanya tanpa kata.
mamassss kasih solusi doong

15

Topic: TBC pada Bayi

ekawathie, kebayang cemasnya kamu deh. Sabar ya, semoga Fakhril ngga apa2 dan kalau pun sakit bisa segera membaik.

Kalo saran dari aku, coba deh cari second opinion. Cek lagi ke dokter lain, ke RS lain, untuk benar2 memastikan bahwa dia memang kena TB. 2nd opinion itu perlu banget, bahkan kalau belum puas, cari lagi 3rd opinion, dst.

Sekedar cerita, keponakanku umur 4 thn, tahun lalu divonis ada cairan di tulang belakang dan harus di operasi, adikku panik dan takut dng resikonya karena kalo ada apa2 dng tulang belakang kemungkinan besar bisa lumpuh krn memang dia udah mulai susah jalan. Akhirnya cek lagi ke bbrp dokter di Medan dan Jkt. Setelah ke dokter yg ke empat (profesor di RSCM, lupa namanya), ternyata bukan cairan melainkan virus dan nggak perlu operasi, cuma memang obatnya mahal banget. Kebayangkan kalo tulang blakangnya terlanjur di operasi krn ngikutin dokter yg pertama padahal di tlg blkgnya ngga ada cairan?

Untuk masalah blm bisa bicara, apa sudah dikonsultasikan ke dokter?. Sebaiknya tanya langsung juga agar ngga panik ya Ka..

Kalo menurut aku pribadi, tiap anak beda2 perkembangannya, ada yang lambat ngomong tapi jalannya cepet, atau sebaliknya. Tapi utk pastinya, ya sebaiknya konsultasi ke DSA ya biar kamu tenang.. duhh, aku bisa ngerasain paniknya kamu. Semoga cepet ada jalan keluar yang baik ya ekawathie...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: TBC pada Bayi

happyme-lia wrote:
dear mamas...

maaf ya mam, ga tau de topik ini sudah dibahas atau belum. Klo sudah silahkan di closed ya mamod...

Anakku galih, bentar lagi masuk 1 tahun. Dan beratnya masih.....6 kg!!! Padahal anaknya aktif bgt, makannya jg banyak. Cuma susunya aja yg blas ga mau *mamanya hamil lg, jadi ASInya da ga kluar* dan setelah konsul DSAnya, dibolein nyolong start pake susu UHT, dan sehari biasanya abis 3-4 kotak @125ml.

Setelah konsul k DSA bag. Syaraf, dokternya cm ngasi enzim ''pankreon'' dan vit. Untuk selera makan *padahal kan makannya udah banyak, cm poopnya sampe 4-5 kali*
Perubahannya yaaa.... Ga ada, selain poopnya berkuran jd 1-2x sehari.

Atas saran keluargaku, dicoba lg de konsul k DSA bag. Tumbuh kembang anak. Disana dengan berat hati, galih ditest macem2, test mantoux, darah dan rontgen.

besok lusanya, sang dokter tanpa basa basi dan tanpa bahasa yg agak menenangkan, langsung nembak kami dengan statementnya...'' yak, anak ibu positif TBC''
ya, kata kata ''TBC'' ini bikin kami shock. Karna ga pernah ada tanda2 klo galih kna TBC. Tujuan kami kesana cm pengen konsul masalah gizi.

Bekas test mantouxnya si emang bentol, tp ga gede. dan pas wkt rontgen, galih masi batuk flu.

Kemudian kami cari 2nd opinion dari DSA syaraf kami,
Beliau ga begitu yakin, dan menyarankan untuk test mantoux lg bulan depan, sambil ngasi obat buat terapi tuberkolosisnya.

Sampai sekarang, saya skeluarga ga yakin klo galih kna TBC, dan kami masi nyari2 info ttg alternatif pengobatan selain obat dokter. Karna saya bukanlah ''medicine minded'', atkutnya ngaruh ke hati si anak. Saya baru nyoba pake me**a propolis.

Mama yg lai punya kasus yg sama ga...?? Mohon sharing ya. Trims

17

Topic: TBC pada Bayi

happyme-lia wrote:
dear mamas...

maaf ya mam, ga tau de topik ini sudah dibahas atau belum. Klo sudah silahkan di closed ya mamod...

Anakku galih, bentar lagi masuk 1 tahun. Dan beratnya masih.....6 kg!!! Padahal anaknya aktif bgt, makannya jg banyak. Cuma susunya aja yg blas ga mau *mamanya hamil lg, jadi ASInya da ga kluar* dan setelah konsul DSAnya, dibolein nyolong start pake susu UHT, dan sehari biasanya abis 3-4 kotak @125ml.

Setelah konsul k DSA bag. Syaraf, dokternya cm ngasi enzim ''pankreon'' dan vit. Untuk selera makan *padahal kan makannya udah banyak, cm poopnya sampe 4-5 kali*
Perubahannya yaaa.... Ga ada, selain poopnya berkuran jd 1-2x sehari.

Atas saran keluargaku, dicoba lg de konsul k DSA bag. Tumbuh kembang anak. Disana dengan berat hati, galih ditest macem2, test mantoux, darah dan rontgen.

besok lusanya, sang dokter tanpa basa basi dan tanpa bahasa yg agak menenangkan, langsung nembak kami dengan statementnya...'' yak, anak ibu positif TBC''
ya, kata kata ''TBC'' ini bikin kami shock. Karna ga pernah ada tanda2 klo galih kna TBC. Tujuan kami kesana cm pengen konsul masalah gizi.

Bekas test mantouxnya si emang bentol, tp ga gede. dan pas wkt rontgen, galih masi batuk flu.

Kemudian kami cari 2nd opinion dari DSA syaraf kami,
Beliau ga begitu yakin, dan menyarankan untuk test mantoux lg bulan depan, sambil ngasi obat buat terapi tuberkolosisnya.

Sampai sekarang, saya skeluarga ga yakin klo galih kna TBC, dan kami masi nyari2 info ttg alternatif pengobatan selain obat dokter. Karna saya bukanlah ''medicine minded'', atkutnya ngaruh ke hati si anak. Saya baru nyoba pake me**a propolis.

Mama yg lai punya kasus yg sama ga...?? Mohon sharing ya. Trims

18

Topic: TBC pada Bayi

Assalamu'alaikum. ijin bertanya... Anak saya usia 6 bulan di vonis tb, setelah melalui serangkaian tes yakni tes darah, LED, Ppd dan rontxen.. bb anak hanya 5,4 kg.. anak mencret.. demam sudah masuk minggu ketiga, demamnya naik turun... Sekarang di iringi dengan kejang.. pdahal sy rajin ngecek suhu bdannya, dan jika memang tinggi langsung sy kasih obat anti kejang dr dokter... Namun kejang tetap saja terjadi... Durasinya kurleb 1 menitan..
Yg jd pertanyaan sy:
-bagaimana cara menghindarkan anak dr kejang
-apakah kejang demam yg sering ini berbahaya bagi saraf?
Terimakasih atas jawabannya.

19

Topic: TBC pada Bayi

gimana kondisi si kecil mom? iya penting banget memang cari 2nd sama 3rd opinion buat bener-benar memastikan diagnosa.