1

Topic: Breastfeeding

ia sih mungkin krn makanan ibunya kali yahh.. krn setauku kan asi yg terbaik buat anak.
aku si berharap paling kurang tuh anakku hrs asi sampe 1,5thn. mudah2a bisa ngak ada mslh apa2 deh yah

2

Topic: Breastfeeding

wincha penasaran dengan 'gak mampet', sebelumnya anak temannya mungkin ada masalah sembelit? Berapa hari sekali gitu bab-nya? Setuju sama mama-mama di atas, mungkin juga di saat yang hampir bersamaan dengan sapihnya itu juga ada perubahan pola makan baik anak maupun ibunya, atau bahkan perubahan aktivitas sehari-hari juga setahuku bisa aja ngaruh ke pola bab. Aamiin semoga lancar yaa :).

intanyaniar waktu bulan-bulan pertama biasanya masih rajin akunya yang pindah-pindah posisi buat ganti pd yang dikasihin dalam semalam. Trus lama-lama bisa kasih pd sebelahnya tanpa akunya pindah tempat (harus hati-hati memang, waktu masih 6 bulanan ke bawah gak berani apalagi kalau lagi ngantuk). Yang penting diusahain banget tetap gak 'dianggurin' kelamaan salah satu pd, khawatir bengkak dan/atau produksi ASI-nya terhambat.

3

Topic: Breastfeeding

eL-eL
gini deh aku coba ceritain lagi spti yg dicrtain temenku.

wkt msh asi exlusive sampe 6 bln bab anaknya tuh normal2 aja, ngak keras ato ngak lembek trus kuantiti juga normal tiap hari.
nah mulai mpasi tiba2 jadi keras, bab bisa bsr spti bab org dewasa dan keliatan banget anaknya ngeden berusaha utk bab.
dia nya dah bolak balik ke dsa, dah pindah2 dsa krn mslh pencernaan anaknya ini, intinya utk makanan anaknya dah dikasih spti saran semua dsa, tapi katanya hasilnya sama aja, malah sampe ada yg nyuruh operasi klo keadaan anaknya spti itu terus.

ke dsa trakhir yg katanya ahli pencernaan, di suruh stop asi. temenku ngak jelasn lebih sih knpa disuruh stop asi nya, disuruh gnti sufor (lupa aku sufor merk apa dibilangin yah) tapi nurutnya sejak saat itu pencernaan anaknya lancar, ngak gede lagi dan ngak keras.
tapi krn sejak suka bab keras dari bayi krn itu anaknya dah ada ambein lho.
aku juga terus terang bingung yah, krn nurutku asi tuh yg terbaik, apalagi saat itu anaknya disuruh stop asi pas usia 14 bln

4

Topic: Breastfeeding

mpeb23
Imho, mungkin baby A lebih nyaman dengan posisi duduk ketika menyusui. Untuk mengatasi pegelnya bisa pake bantal menyusui yang sekarang keren-keren motifnya dan jangan lupa juga posisi mama pas menyusui harus nyaman supaya sama-sama happy :)
Aku juga butuh waktu cukup lama sampai menemukan posisi menyusui yang sama-sama enak untuk aku dan bayiku. Di bawah umur 6 bulan aku coba dengan posisi tiduran gitu emang jadinya pegel banget ya karena bayi juga belum bisa menyangga badannya sendiri dan masih ringkih.
Semangat terus maaa :)

5

Topic: Breastfeeding

Agatha Prasanti
Iya kali ya..klo duduk tuh tangannya pegel bgt, udh gt klo pk bantal menyusui kok kliatannya babynya malah kurang nyaman.
Klo posisi tiduran emang kudu persiapan dl klo aku, bantal buat nyangga kepala baby, guling buat nahan punggungnya, blum lg atur posisi haha ribet yak..salut sm mama2 yg udh nyusuin posisi tiduran dr babynya msh newborn.

6

Topic: Breastfeeding

mpeb23
Ritualnya panjang ya untuk nyusuin dengan posisi tiduran...hahaha...belum lagi abis itu masih harus digendong untuk disendawakan, gak berapa lama minta nyusu lagi...huaaahhh begitu terus siklusnya ya ma...


Mama-mama disini boleh share pengalamannya menyusui anak yang sudah tumbuh gigi? Aku sekarang lagi pada tahap puting digigit sama bayiku ketika menyusui, umur 9 bulan giginya udah ada 4. Rasanya nyeriii banget tapi gak berani teriak juga karena katanya bisa bikin bayi kaget dan gak mau nyusu lagi ya. Dan itu cuma terjadi ketika dia nyusu di PD yang sebelah kiri *meringis* Jadinya setiap kali nyusu aku selalu bisikin ke Arkha supaya nyusu dengan pintar...hehehe...

7

Topic: Breastfeeding

agatha,
menyusui anak yang udah bergigi itu... hmm nikmat pada awalnya :D karena beberapa kali pasti kena gigit deh.
coba aja diajak "ngobrol" kasih tau kalo payudara mama sakit kalo adik gigit.

aku dulu sempet jerit, anakku kaget... berdua sama2 nangis deh :D.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Breastfeeding

agatha
ga bergigi aja lumayan ya klo ngegigit.. apalagi klo uda bergigi.. salah satu sensasinya nyusuin tuh..

klo dulu ak jerit tu anak malah tambah kenceng gigitnya.. jd ya didiemin dulu sambil nahan jeritan dan berusaha ngelepas gigitannya.. abis itu baru diomongin ke anaknya klo tadi itu sakit loo (dan si anak sukses bengong)..

9

Topic: Breastfeeding

Hai athaaa.. diriku sudah menjalani menyusui bayi bergigi selama 6 bulan nih skrg, secara si kaitlynn udah tumbuh gigi di umur 3 bulan..hihi..

Waktu awal2 kaget pas digigit, akunya teriak si kaitlynn malah tambah gemes. Sekarang krn udah terbiasa dan udah ngerasai luka krn digigit jg kayanya jd lebih kebel..haha.. aku sih ngakalinnya lebih ke nyusuin dia kalo bener2 mau nyusu aja. Krn kadang dia cm mau main2 aja alias ngempeng, nah pas lg kaya gini nih rentan digigit. Krn sebenernya dia jg ak liat gak niat gigit tp krn posisi mulutnya yg cm main2 jadi kegigit gitu. Kalo udah kena gigit tambah di mainin deh sama dia *sigh* jadu ak pencet idungnya supaya dilepas. So far kalo dia lagi lapar dia gak gigit kok :)

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

10

Topic: Breastfeeding

teh ninit
Iya teh nikmatnya tak terkatakan :D Semalam aku udah ajak Arkha "ngobrol" dibisikin pas mau tidur supaya makin meresap dan tersugesti positif...hehehe...mudah2an kalo dibiasin gitu terus lama-lama dia ngerti, walaupun akan makan waktu lama pastinya ya. Setelah beberapa kali kena gigit juga aku akhirnya nangis, nyerinya gak tahan :D

MJs Mommy
Bener banget, puting lecet kayak pas bayi baru lahir yang belum ada giginya sekarang terulang kembali. Pas aku jerit juga dia malah makin kenceng nyusunya trus liatin aku, bengong sebentar, trus lanjut nyusu lagi *meringis*

Chamarsha89
Chaaa...iyaaa kamu udah duluan ya di fase ini, skrg si Arkha lagi gemes2nya sama gigi dia sendiri jadi pas nemu sesuatu yang bisa digigit ya makin gemes lah dia. Boleh juga deh nih dicoba tipsnya untuk pencet idungnya :D

11

Topic: Breastfeeding

Chamarsha89
waah dulu si Lin ga mempan pake teknik pencet idung ini.. tetep aja digigit kenceng2 sama tu anak.. *mengenang masa itu*
jd ya pake teknik lain deh, masukin jari ke mulutnya.. tapi ini agak tricky juga.. krn tangan mesti bersih, padahal tangan kan ga selalu bersih pas lagi nenenin baby..

12

Topic: Breastfeeding

Hai moms ... Udah punya anak kedua tapi baru kali ini breastfeed. Rasanya sesuatuh ... Takjub, baby blm punya gigi tapi kalo digigit pake gusi ya lumayan juga rasanya. Mau tanya soal nipple cream nih ... Itu aplikasinya saat apa ya ?

Stallion's mommy

13

Topic: Breastfeeding

hai piouslady
kalo aku sih waktu itu sempet pake nipple cream biasanya aku pake setelah menyusui menjelang mandi, jadi abis menyusui aku pake, diemin sebentar baru setelah itu mandi. krn walaupun dibilangnya aman tanpa harus dibersihkan untuk diminum baby entah kenapa akunya parnoan, jadi pasti selalu aku bersihin dulu sebelum nyusuin lagi. tapi karena memang bawaannya aku orangnya agak males, cuma pake 1 mingguan aku udah gak pake lagi nipple cream nya..

soal puting lecet saat menyusui, bahkan sampe luka kemarin itu akhirnya aku lebih nyaman olesin asi aja di area yang luka, simple praktis ga perlu bilas-bilas..hehe

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

14

Topic: Breastfeeding

Dear mama`s semua, :) mau tanya dong, sebelumnya maaf kalau sudah pernah dibahas sebelumnya,
mengenai menyusui selama puasa, Alhamdulillah saya masih bisa puasa sembari menyusui (anak kedua, usia 3 bulan) dan pumping di kantor. Awalnya diniati kalau nanti tiba2 kliyengan maka sementara gak puasa dulu, eeeh sampai sekarang ternyata gak kliyengan. Tapi sudah dua hari terakhir hasil pumpingan saya agak berkurang :( . biasanya sekali pumping bisa 300-350 cc, sekarang turun jadi 200-250cc/sekali pumping. Setiap hari saya pumping jam 3 pagi (sebelum sahur), jam 8 pagi, jam 12 siang dan jam setengah3 sore.

mohon saran nih mom, apa memang puasa ngaruh ke produksi asi ya? padahal porsi dan asupan makan saya sama hanya saja digeser waktunya (sahur, buka dan makan besar lagi setelah taraweh, plus kalau malam banyakin ngemil).

Apa baiknya saya gak puasa dulu sampai dengan volume pumping normal lagi ya?
mohon sarannya mama-mama...

Makasih banyaak.... :)

15

Topic: Breastfeeding

afirahma,
coba cek ini deh http://theurbanmama.com/articles/puasa-dan-menyusui.html.

Apa pun keputusan yang diambil, tetap semangat yaaa :). Maaf nggak punya pengalaman puasa waktu bayi masih ASI eksklusif, jatuhnya selama ini selalu udah lebih dari 6 bulan.

16

Topic: Breastfeeding

Chamarsha89

Nipple creamnya cuman saya pake pas awal2 keluar rs aja, stlh itu engga. Dan saya baca2, pelembab alami puting adalah asi itu sendiri, jadi sblm dan sesudah menyusui, olesin asi di puting. Alhasil skrh tiap habis pumping, saya colek sisa asi yg ketinggalan di silicone corong, trus oles di puting. Tapi baru bbrp hari ini sih, soalnya blm (jangan sampe) kejadian lecet.

Btw saya mau nanya, pas pumping payudara sblh, sblhnya LDR, sebaiknya dibiarin keluar netes (ditampung) atau dipump ya ? Atau ngga ngefek, dibiarin netes sendiri / dipump langsung ?

Stallion's mommy

17

Topic: Breastfeeding

piouslady,
Kalau bisa dipompa juga aja sih, biar dapatnya lebih banyak. LDR itu kan pengiriman 'kilat khusus' dari bagian dalam ke luar payudara ya, kalau gak dateng-dateng aja biasanya yang rutin pumping bakal pancing supaya segera LDR, biar lebih efektif waktu pumpingnya dan payudara lebih cepat 'dikosongkan' jadi produksi ASI juga terpacu. Ditampung juga lumayan lah daripada kebuang, misal masih latihan double pump atau lagi kurang memungkinkan situasinya.

18

Topic: Breastfeeding

piouslady
Sama banget mba! Aku pake nipple cream juga pas awal-awal aja, karena gak tahan banget sama lecetnya dan karena udah beli dengan harga yang bisa dibilang gak murah *korban babyshop* :D Tapi lama-lama berasa lebih praktis ya kalo olesin asi langsung dan gak perlu khawatir kalo langsung keminum bayinya.

Untuk LDR yang keluar saat pumping, sekarang ada yang namanya Milk Saver. Bisa dipasang di payudara yang sedang tidak di pumping, nempel kayak breastpad ada lubangnya untuk menampung asi yang netes itu. Keren sih tapi langsung mundur cantik (gak pake maju lagi) karena harganya termasuk mihil. Kalo saya pakai double pump jadi lumayan bisa ketampung di botol yang sebelah.

19

Topic: Breastfeeding

eL-eL wrote:
afirahma,
coba cek ini deh http://theurbanmama.com/articles/puasa-dan-menyusui.html.

Apa pun keputusan yang diambil, tetap semangat yaaa :). Maaf nggak punya pengalaman puasa waktu bayi masih ASI eksklusif, jatuhnya selama ini selalu udah lebih dari 6 bulan.


Terima kasih infonya mama El, akhirnya hari ini saya mulai bolong puasa, sepakat sama suami setelah diskusi, saya puasanya selang seling saja. karena kmrn sepulang kerja saya nya migrain dan kecapekan. Semoga proses dan hasil pumpingan kembali normal.

Salam ASi! hehehehe :)

20

Topic: Breastfeeding

eL-eL
Agatha Prasanti

biasa saya kalo pump, buka bra ... jadi sebelah dipump, sblhnya yg lagi LDR, saya tampung pake botol ...
jadi better yg LDR itu di pump ya ... jangan ditungguin netes sendiri ?

Iya tertarik ama milk saver, tapi harganya mihil banget. trus mesti disisipin di bra ya ?

Stallion's mommy

21

Topic: Breastfeeding

Mungkin buat alternatif nampung yang nggak harus dipegangin yang lebih ekonomis dibandingkan milk saver bisa pakai breast shell ya (Avent atau Medela) walaupun daya tampungnya lebih sedikit (Milkies kan bisa dipasangin kantong juga jadi muat banyak). Tapi pengalaman sih harus hati-hati lepasnya, khawatir tumpah. Iya, milk saver maupun breast shell mesti diselipin di bra (atau ya dipegangin hehehe).

22

Topic: Breastfeeding

Mommies ketjeh, mastitis ada forumnya sendiri nggak ya? Atau boleh tanya2 disini? Duhh setelah hampir 2 tahun menyusui baru ngerasain yg namanya mastitis.. Nggak enak bgt, sampai demam 3hari.. Jadi ceritanya saya kan tandem nursing kakak baru mau 23bulan, adiknya bbrp hari lagi 12 bulan.. Karena kakak udh hampir 2 tahun mulai dikurangi nenennya, saya pikirnya toh masih ada adiknya yg menyusu.. Ternyata waktu kakak jarang nyusu adik lebih memilih asip lewat botol ketimbang nenen langsung, walaupun ttp dipompa seperti masih kurang aja yg dikeluarin.. Trus sekarang sakit bgt.. Huhu.. Udh di kompres, tp blm minum antibiotik, karena puasa juga..

23

Topic: Breastfeeding

nopai wrote:
Gue masih ASI (full) + MPASI tentunya after 6mos, sampe sekarang Maika 16 bulan.
Dari awal ngelahirin, gue tau kalo gue mau ASI. Tapi gue ga ngotot karena kurang pengetahuan. Pas di RS, walo tag-nya ASI, tetep tuh dikasih susu formula. Alesannya anak gue kuning, gue he eh aja.
Sampe rumah, gue kasih ASI. Tapi ada 1 hari abis nyusu, ngamuk nangis.. digendong, ditimang-timang, dipeluk, semua ga berhasil, tetep nangis jejeritan. Cuman berdua ama suami, bingung mo diapain, akhirnya coba bikin susu formula (dibekelin pulang dr RS), eh ga mau juga! *pinter!* Sampe akhirnya nangisnya berenti sendiri..

Keterusan kasih ASI, tanpa beban. Asli gue gak pernah mikir ASI gue cukup gak ya? Pokonya lempeng aja susuin. Awal emang lecet-lecet, tapi masih ketahan lah walo sambil meringis2. Pernah coba kasih ASIP buat Maika, gak mau! Berhubung gue FTM, ya udah susuin terus.
Sampe sempet jadi donor ASI dan membuang ASIP bbrp liter. Soalnya gue mompa bukan buat Maika, tp supaya gak bengkak, dan ya simpen2 aja buat ada emergency *amit-amit*

Pernah mampet 2x ampe panas dingin, tapi asal massage, kompres, sembuh sih. Walo pas mijit sampe nangis2. huhuhu.. sakit banget. Oh ya, sampe sekarang gue masih pake breastpad! Soalnya masih suka bocor..

Pas Maika setahun, gue coba kasih UHT. Gagal total.. Gak mau sama sekali nih ampe sekarang! Any tips?
Benernya gak masalah sih gue susuin terus, kayaknya ASI gue juga masih berproduksi dengan baik. Cuman pengen pelan-pelan membuat Maika bisa mik susu lain pas siang. Susan ternyata, Maika kecanduan "neneh" :D

Oh iya Maika juga baru tumbuh gigi atas pas 13 bulan. Sejak 14 bulan mulai deh Maika suka 'nongkrongin' giginya pas lagi nyusu ketiduran. Maika gak pernah gigit gue dari awal tumbuh gigi, dia ngerti gak bole. Problemnya abis giginya banyak, kalo ketiduran pas nyusu, gak sadar Maika suka neken giginya gitu... Duh jadinya lecet2 lageeee... Bingung bilanginnya gimana? Jadinya gue sekarang pake lansinoh lagi, lumayan sih gak terlalu sakit lecetnya..


Bener moms kalo kuning kasi sufor dl supaya turun meconiumnya. Tp jgn klamaan sufornya . Kasih d mlm aja sufor.sisanya pagi nenen terus.

Kalo anakku dl jg gigit terus aku celotehin dia sambil nunjuk2 kaya lg marah. Jgn gigit ya sakit.tar kalo gigit ga bole nenen lg.anakku u tungnya ngerti sih
Dikasi pengertian aja n dicelotehin terus moms hehe
Slamat berjuang

24

Topic: Breastfeeding

pcpece wrote:
Mommies ketjeh, mastitis ada forumnya sendiri nggak ya? Atau boleh tanya2 disini? Duhh setelah hampir 2 tahun menyusui baru ngerasain yg namanya mastitis.. Nggak enak bgt, sampai demam 3hari.. Jadi ceritanya saya kan tandem nursing kakak baru mau 23bulan, adiknya bbrp hari lagi 12 bulan.. Karena kakak udh hampir 2 tahun mulai dikurangi nenennya, saya pikirnya toh masih ada adiknya yg menyusu.. Ternyata waktu kakak jarang nyusu adik lebih memilih asip lewat botol ketimbang nenen langsung, walaupun ttp dipompa seperti masih kurang aja yg dikeluarin.. Trus sekarang sakit bgt.. Huhu.. Udh di kompres, tp blm minum antibiotik, karena puasa juga..


Dipompa aja mom.tar sakitnya ilang kok. Sambil dipijit2
Kalo ga bs pangil tukang urut lahiran atau ke klinik laktasi.
Sy jg penah ngalamin. Dikompres air anget jg helps

25

Topic: Breastfeeding

Mama Venny,
maksudnya biar turun bilirubinnya mungkin, ya :). Kalau meconium kan kotoran bayi baru lahir. Sepertinya lihat juga penyebab kuningnya ya, kasus per kasus, nggak semua harus pakai sufor kok.