1

Topic: Pindah Rumah

Gak sih... soalnya dalam 6 tahun ini udah 4 apa 5 kali pindahan gitu, hahaha. Hardcorenya karena kerasa lumayan stressful aja.

Beberapa tipsnya sama kayak yang Fiang tulis sebelumnya di thread ini sih. Yang baju2 dibawa masih nyantol sama gantungannya itu bener banget! Kalau pindahannya cuma antar kota pakai jalan darat, mendingan gitu. Biasanya baju2 cuma gw lipat masuk koper kalau pas pindahan jauh yang musti naik pesawat.

Tapi kalo boleh share, beberapa tipsnya nih:

-punya barang secukupnya. Hihi, iya, ini susah. Soalnya kita mama2 pasti pengennya kan ngisi rumah dengan segala pernak pernik lucu yah. Tapi ternyata bisa kok punya pernah-pernik yang gak cuma jadi pemanis rumah, tapi juga fungsional. Lagipula punya barang secukupnya = di rumah gak kebanyakan barang = packing lebih mudah = gak panik pas harus pindahan :P

-Saat packing buat pindahan, kardusnya ditulisi dengan nama tempat ruangan di mana barang tersebut mau ditaro.
Misalnya: kardus isi piring alat makan atau alat2 masak, tulisin 'DAPUR'.
Kardus baju2 dan selimut, ditulisi 'KAMAR TIDUR'.
Kardus isi pajangan pecah belah, ditulisi 'RUANG TENGAH'.
Biasanya kalo nanti pas pindah2an pake sewa jasa pindahan (atau jasa bantuan teman2), tinggal bilangin kardusnya ditaro di tempat sesuai yang ditulis di kardus.
Jadi iya, sedari waktu ngepak pindah2an, kita udah planning dari awal, barang tsb mau ditaro di mana. Jadi ntar beresinnya tinggal unpack per ruangan.

-speaking of jasa teman, biasanya sebulan sebelum pindahan, gue udah mulai misahin barang mana yang mau dibuang, mana yang mau dipack & mana yang mau dilungsurin. Nah seminggu atau bbrp hari sebelum pindahan, gw undang teman2 dan nawarin barang lungsuran buat mereka terlebih dahulu. Biasanya ini buku2, electrical appliance, alat masak (banyak loh yang rebutan pengen punya cobek ulekan) atau baju & coat yang masih bagus.
Atau bisa juga bikin yard sale.
Waktu pindahan dua tahun lalu, kami ngelego barang2 di forum jual beli di kampus. barang2nya langsung laku cepaaattt. Saking cepatnya laku sampai seminggu sebelum pindahan, gw tidurnya di yoga mat karena kasurnya udah laku :lol:

-buat ngabisin bahan makanan di kulkas, gue masakin aja buat teman2 yang pada datang ke rumah buat bantu pindahan/pas mereka pilih barang2 yang dimau. Biasanya semua gw olah seminggu sebelumnya, dimasak dalam wadah alu-foil sekali pakai lalu disimpan di freezer untuk kemudian dipanasin pas teman2 datang bantuin pindahan. Optional sih ini, bisa aja kalau mau pindahan jangan belanja2 dulu atau makanan yang tersisa dibuang aja. Tapi gw suka sayang buang2 makanan :P

-Punya box container plastik seperti go-box. Box plastik ini biasanya gw utamakan buat bawa barang2 yang perlu bersih saat dipakai dan perlu untuk segera dipakai setibanya di rumah baru, seperti baju2, alat mandi, selimut-handuk-seprei, bantal-guling, alat makan, dsb. Box kardus hanya gw peruntukkan buat barang2 seperti sepatu, pajangan, alat masak, electrical appliance, buku, dsb.

-Pas pindahan, biasanya gw selalu nyangklong satu tas ransel khusus yang isinya benda2 penting seperti surat2/dokumen penting dkk dan charger/powerbank. Tapi ini kondisinya karena pindahan antar negara/antar kota ya. Kalau pindahannya masih dalam satu kota sih mending sewa safety deposit box buat nyimpen surat2 penting dan perhiasan.

-Kalau pindahannya antar negara, biasanya seminggu atau min.tiga hari sebelum kami keluar rumah, semua kardus sudah dikirim. Sama dg kalau pindahannya antar kota, jedanya bisa disesuaikan ya. Beberapa hari berikutnya sampai tanggal keberangkatan, kami hidup dengan barang secukupnya yang ada dalam koper. Yang penting mainan favorit anak nggak ikut kebawa dalam kardus yang udah di kirim hihi...bisa berabe itu.

-Tips satu lagi: banyak2 berdoa. Serius, hihi. Ngurus2 pindahan itu bikin pusing lho. Banyak2 berdoa minta kemudahan sama Tuhan, biar pindahannya berjalan lancar mulus selamat.

Hmmmm... apa lagi ya? Kalau keinget lagi, nanti aku tambahin lagi. Atau teman2 ada yang mau nambahin? :D

2

Topic: Pindah Rumah

aini,
whoaaa oke banget ai tipsnya!
bener banget semuanyaaa! :D udah sering pindahan jadi makin ahli yaa ai. ;)

nah speaking of barang2 yang seperlunya aja... gw pun mengusahakan banget buat seperti itu. at least sebulan sekali beres2 rumah, liat mana yang bisa dikasih atau yang harus dibuang. ngga disimpen di rumah biar rumah juga "ringan".

karena sempet packing2 pindahan. dulu sih enak tinggal mover yg beres2 karena masih dibayarin kantor :D pas dari spore ke jakarta, bayar sendiri... jadi sama banget kayak aini. barang2 langsung dihibahkan.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Pindah Rumah

rainiw tips dari Teh Aini lengkap banget deh!
Udah biasa pindahan kemana-mana sih ya Teh :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

4

Topic: Pindah Rumah

Setuju sama teh rainiw. keluargaku dah pindahan 4x dalam kurun sekitar 6 tahun, tapi masih di Indonesia aja koq. Packing sendiri emang bikin stressss...tp kl pk jasa mover juga kudu diawasi, bisa2 over quota krn mreka membungkus barang kita tebal2 pdhl ngga perlu juga (maklum jatah valume pindahan dari kantor sesuai jumlah anggota keluarga).

Pindahan pertama dari Jakarta ke Jogja diurus sendiri. Wkt di Jkt masih keluarga muda yang ngontrak rumah jadi barang ngga terlalu banyak. Pindahannya sewa truk di PT POS, murah, aman, ngga pake ada biaya tambahan. Jadi malam barang diangkut, besok paginya kita ke Jogja pk pesawat, sore barang dah nyampe rumah.

Pindahan berikutnya pake jasa mover yg diurusin kantor. Packing dan unpacking oleh petugas mover, dalam keadaan sesuai yg mereka packing (kalo yg sdh aku masukin box ya ga dibongkar ma mreka). Yg ga penting ga dibawa, biar ga melebihi jatah :D

Dinikmati saja proses pindahannya itu ;)

5

Topic: Pindah Rumah

aiii, itu mah dijadiin artikel aja, lengkap banget euyyy..

dulu aku pindahan dari brunei ke Indo maksain bawa beberapa bed cover kesayangan sama dvd2 aja, sisanya ditinggal karena gak dibayarin kantor kalo mau pindahan, huhuhu..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

6

Topic: Pindah Rumah

yuhuuu mama,
ada rencana buat mindahin dua tempat tidur single anak-anak ke bandung nih. jadi mau ganti pake bunk bed aja biar ringkes di satu kamar. kayaknya better pake raj*pindah yaaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Pindah Rumah

update nih mama-mama.
ternyata sama raja pindah di quote 6jt buat 2 tempat tidur single. mahal yaaa. trus disaranin temen pake go-box! ih kirain ke bandung ga bisa. ternyata bisa! trus aku coba ternyata di quote 1.6jt.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Pindah Rumah

6jt mah mending buat beli 1 lg ya teh hahahaha

Itu kl pake go-box si mamang2nya sendiri yg angkut2 atau kita hrs nyediain tukang sendiri y buat loading nya??

Bussy life...happy life...

9

Topic: Pindah Rumah

dewi,
makanyaaa! :D
better buat hire 1 mamang wi buat bantu2. cuma emang buat packing harus sendiri yaaa... kayak si kasur ini jadi gue harus plastikin kasurnya sendiri lah yaa. demi penghematan rela deh daripada 6jt :D

temen ada yang belanja di IKEA, trus langsung kirim ke bandung pake go-box. hepi gitu dia dapet harga kirim yang oke banget dengan belanjaan segambreng.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Pindah Rumah

Teh Ninit waks! 6 jeti mah mending diberesin sendiri teh, sayang banget. Hahaha..
Go box bisa yaa ternyata yg rada jauh gitu.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

11

Topic: Pindah Rumah

Baru liat thread ini, *idiiiih kemana ajaaa*

Bener deh Aini kalau sering nomaden, mending punya barang sedikit. Berasa banget pas pindahan renovasi ini. Pengen aku declutter lagi nih barang di rumah tapi waktunyaaaa huhuhuhuhuhu. Andai ada jasa declutter yaaa seperti ada jasa mover yang amat sangat membantu :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

12

Topic: Pindah Rumah

Aini - Ai bener semua deh itu tipsnya dan yang jhuarak adalah tidur di yoga mat seminggu :D kocak banget!
Tapi jadi kebiasaan gue yah kalo bebersih besar (wa;aupun ga pindahan) selalu ada barang yang di lungsurin, jual, atau buang. biar ga numpuk sama barang bekas.. karena lama2 juga bakal rusak di simpen, dari pada rusak di simpen mendingan rusak/ ga bisa karena di pakai.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

13

Topic: Pindah Rumah

mama-mama,
akhirnya kemarin dua tempat tidur single... dikirim pake Go Box. servicenya oke :) nyampe dengan selamat. aku kasih tips lagi sih ke drivernya supaya nyimpen kayu-kayunya dengan gentle, takut lecet... secara packing sendiri jadi cuma di wrap pake plastik meteran, ngga pake bubble wrap. baru bisa nyari hari minggu yaaa pada tutup lah yaaa. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

14

Topic: Pindah Rumah

Malam.moms..
Aku mau pindahan Surabaya bekasi. Ada rekomen gak ya. Barang dikit. Semua udah packing dus sendiri. Cuma.bingung bawa kulkas Dan tv. Yg lain lain enggak d bawa. Tapi budget minim. Makasih ya moms...




cips,
Malam mom's..baru baca yg ini..sesuai nig denga. Kebutuhan aku. Masih Ada kontaknya kah mom's. Terima kasih.

15

Topic: Pindah Rumah

Nieke wrote:
Udah ada yang pernah pake jasa Asian Tigers Lane Movers, ma? Kebetulan di sini aku tinggal di rumah dinas, dan katanya perusahaan di sini kerja samanya dengan Asian Tigers Lane untuk ngurusin pegawai yg pindah-pindah distrik atau pun pindah karena pensiun / resign. Dulu pernah nyobain jasa mereka, rapih dan apik banget dalam pengepakannya. Kalau harganya sih kurang tau :)




Hehehe.. ya again Mahal ya mom. Karena dia movers international. 

16

Topic: Pindah Rumah

Cibs wrote:
bulan lalu baru aja pindahan dari surabaya ke bekasi. door-to-door. Barangnya CUMA 25 kardus + 2 lemari kabinet dari plastik2 gitu. Dapet deh 1 mobil pickup hehe..

Diputuskan untuk pake TCE (Trivia Cargo Express). Murah banget soalnya. 5 kilo pertama 35000, sisanya 1500/kg. Totalnya kmrn pindahan ada 800kilo-an dan ada beberapa item elektronik yang dipacking kayu, Jatuhnya cuma Rp. 1.250.000

Dan karena barang gue agak banyak, jadinya dikirim 1 mobil. Sabtu dikirim, senin malem ud sampe bekasi. mayan kan??? :D

Ini barang2 gue yaahh :
https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc1/603914_4694957127281_589187884_n.jpg




Malam mom's..baru baca yg ini..sesuai nig denga. Kebutuhan aku. Masih Ada kontaknya kah mom's. Terima kasih.