1

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Mau sharing tentang renang juga, Ka Daf anak yang pertama sejak dulu memang suka berenang, renang bermain aja sebagai perkenalan.
Sama seperti Naila teh Yanti *halow teteh, pendak di dieu* dengan membiarkan anak memilih pakaian berenang, kaca mata dan capnya sangat membantu kepercayaan diri si anak untuk nyebur. Ka Daf tuh ngak bisa lebih dari se jam kalo berenang, cepet banget kedinginan dan menggigil akibat lemaknya yang kurang dr tubuhnya hehehe. Akhirnya masalah waktu ini bisa dikendalikan dengan saya ikut nyebur juga sehingga lupa waktu.

Akhirnya les berenang di umur 6 tahun tujuh bulan. Menurut pak guru renangnya, sebaiknya jika ingin les renang serius alias belajar suatu gaya tertentu baiknya saat udah masuk SD, alasannya karena saat usia masuk SD, anak sudah bisa mendengarkan instruksi dan bisa mengaplikasikannya. Ngak nyangka juga, di pertemuan ke empat ka daf sudah bisa gaya kupu2 dan makin ke sini makin lancar dan di pertemuan ke tujuh sudah belajar gaya bebas.

Seperti kata Mba Eka, penampakan guru renang juga ngaruh banget, ka daf milih sendiri guru renangnya sesuai kriterianya. Jadi sebelom mulai les renang, kami datang ke kolam renang dan menyeleksi guru ranang yang ada di kolam itu hihihihi. Memang banyak tipenya ya dan pilihan guru renang ka daf adalah guru yang santai, humoris dan bisa di tawar, maksudnya bisa dinegosiasi sama ka daf kali ya, sebagai contoh kalo anak di minta 10 lap sama pak guru, anak minta 9 lap di kasih 9 lap *hadeuh*.

2

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

mau share juga..

anak pertama gue, naia, udah berenang sejak dari masih sebelom setahun. tapi ya berenang sama mama & papa. kebetulan gue mayanlah kemampuan renangnya, jadi gue pengen ngajarin naia berenang sendiri. trus pas umur 2thn, entah kenapa dia jadi super takut. masuk ke air aja takuuutt banget, takut dilepas. karena gue gemes dia maunya pake pelampung yang gede2 mulu, gue kasih ban tangan dia gak mau karena ttp ngerasa dia mau tenggelam. pas gue lepas, padahal dia bisa ngapung, tapi ga PD. akibatnya gara2 gue lepas dia jadi ketakutan banget dan jadi ga mau berenang beberapa bulan.

pas umur 3thn, bener2 gak ada kemajuan. berenang hanya mau kalo pake pelampung, gak mau dilepas sama sekali. no fun deh jadinya!

4thn, pelan2 akhirnya berani berenang lagi. pelampung gede mulai ditinggalin dan ternyata dia baru tau kalo pake ban tangan, dia tetep bisa float. jadi udah mulai rada PD. trus sama papanya, dikasih board, dan ternyata juga dia udah bisa, jadi cukup pake board aja dia udah berani berenang ke kolam yang dalem sendirian.

naia sebentar lagi mau 5thn, dan sejak 2bln yang lalu akhirnya kita les-in aja. kebetulan di apartment building kita, tiap weekend itu ada guru les renang yang datang. tapi dia hanya nerima murid min yang udah 5th. makanya sebelom2nya naia belom bisa ikut les. nah karena bulan april besok naia udah mau 5th, akhirnya dia terima naia ikut les seminggu sekali.

amazingly, baru 1x aja.. naia langsung bisa ngapung, bisa dengan PD nenggelamin kepalanya ke air. by 3rd lesson, udah bisa full gaya kodok, walaupun masih belom PD dan gak berani ambil napas di tengah2. tapi udah jauuh banget improvementnya.

ternyata emang harus di-lesin yaa? karena kalo sama ibu bapaknya, banyakan protesnya, yang ujung2nya jadi gak efektif deh belajarnya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

nah ini perlu di simak. blm bisa anak gw sualnya. wkwkwwk.

Freelance Photographer | 3D Architecture Impressionist

4

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

setuju mba sLesTa, untuk anakku so far sih sukaaa banget sama berenang, krn mmg sering kita ajakin berenang, tapi pertama2 itu membiasakan anak untuk main air tanpa takut tenggelam itu susah2 gampang ya.. kita mulai nya sih dari ember, trus ke kolam yang di pompa.. trus baru ke kolam yang gede, sampe ke waterboom hehehe.. dan sekarang udah bisa berenang sendiri walopun dengan gaya freestyle nya dia..hehehe kyknya tetep perlu les ni..

5

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Meski di TK anakku berenang adalah matpel tiap 2 minggu sekali, tapi mereka belum bisa sesuai dengan gaya berenang yang baik dan benar hehehe...
tapi plusnya adalah mereka tidak takut air, sukanya lompat dari pinggir kolam (seperti gaya anak2 kampung air yg lompat dari ketinggian gitu deh) yang ada emaknya deg2an.
suka nyelem lama2 nahan nafas di dalam air.

cuma emang ga bisa ngandelin dari guru sekolahnya, harus private deh.

menurutku yang penting anak dikenalkan di air dulu, biar ga phobia. selebihnya aku lebih suka serahkan ke ahlinya :p (emaknya cuma bisa 1 gaya doang :p)

6

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Baru sadar ada thread ini,baca2 dari depan bikin semangat buat ajarin krucils berenang lagi. Udah lamaa bangeet absen "berenang".
Mudah-mudahan lancar :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

7

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Pas libur sekolah kemarin Al sempat les renang di dekat rumah. Sebetulnya lumayan baru empat kali udah mulai berani lepas pelampung. Tapi pas udah mulai sekolah terpaksa stop dulu lesnya krn kalo hari sekolah dia capek dan kalo weekend susah cari waktunya.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

8

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Mau sharing lagi tentang progressnya Enzo & Dante.
Setelah aku resign dan ngga kerja kantoran, jadi sering ajak Enzo Dante berenang. Ya main air di kolam renang sih, bukan berenang yang gaya lumba2.

Kebetulan sekarang rumahnya deket kolam, dan di sana banyak instruktur yang ready. Awalnya, daftarin Enzo Dante untuk ikut les renang biar akunya bisa serius berenang, sementara anak2 dipegang sama instruktur, jadi akunya juga tenang hanya perlu sesekali ngecek. lagi pula kalo aku ikut nyemplung di kolam, anaknya seneng.

Jadi memang ga ada ekspektasi apa2, hanya ingin anaknya ga takut air, terutama air dingin.

Saran instrukturnya:
1. Usia di bawah 5 tahun sebaiknya berenang sama orangtua, bermain air bersama, pake bola2, main2.
2. Di rumah, mandi air dingin, diguyur dari atas pake gayung. Kalau udah biasa spt itu, anak jadi tau cara bernapas yang cocok untuk dia saat ketemu air di kolam.
3. Ada teman. Kalau bisa jumlahnya 3-5 orang. Anak akan termotivasi kalo belajar bersama teman2 seusianya dan yang kemampuannya sama.
4. Sebelum memutuskan untuk ikut les renang, sebelumnya beberapa kali berenang di kolam yg nantinya akan jadi tempat lesnya, jadi wkt les renang mulai, anak udah ga asing lagi sama air, kolam dan suasananya.
5. Beberapa instruktur hanya mau menerima murid yang usianya kelas 3 SD ke atas. Kira2 di atas 8 tahun. Karena anak seusia tsb memang sudah siap dan biasanya akan lebih efektif les renangnya, lebih cepat bisa.

Sekarang Enzo Dante sudah betah banget main2 di kolam renang, apalagi kolam yang banyak permainannya semacam waterboom gitu. Kalau berenangnya sendiri, masih dalam tahap meluncur2 dan terjun2 mengapung aja sih. Untuk gaya2, belum terarah, masih suka2 dia aja yg sok gaya2 yang penting maju :D

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

9

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Teh eka wih,Enzo Dante udah jago dong yaaa..
seting liat fotonya kalo pas lagi pada berenang.

Kalo disini,anak2 belum nemu guru renang,jadi masih tahap main2 air aja nih.
diajarin ortunya ngga mempan gini,hahaha

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

10

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Eka, boleh tahu biasanya setelah berapa lama (kali) les anak-anak jadi bisa berenang? minimal satu gaya, misalnya gaya dada atau gaya bebas.

ini Lana udah 6x ikut les renang tapi kok masih gitu-gitu aja ya. belum bisa ngambang, belum berani ke kolam yang agak dalam.

11

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Tante Ipeh ini Dudu jawab:

Aku dulu belajar berenang juga lama. Seminggu sekali bisa 1-2 jam. Tapi cuma aku dan 1 guru saja, tidak ada anak lainnya. Waktu itu aku juga masih kecil, masih kelas 1 SD. Belajarnya 1-1. Gaya katak lalu gaya bebas. Yang penting tidak tenggelam. Setelah bisa, aku jadi berhenti les.

Ruth Nina (Mama Dudu)
Pekerja Kantoran
Penulis Cerita di http://andrewandme.blogspot.com/
Pengumpul info lomba anak di https://www.facebook.com/PfenixLombaAnak

12

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Duduuu pinter banget sih udah bantu jawabin forum mamanya hihihih

Ipeh - gue juga ikutan ekskul berenang buat abang di sekolah ada kemajuan walaupun dia blm berani lepas papan renang kalau di kolam dalam. yang penting sih ga takut dulu dan fun tiap jadwal ekskul berenang dia yang semangat.


btw mama disini ada yang les-in anaknya di anak air pondok indah ga?
ada temen diana yang les-in anaknya skr udah Plancar bgt berenangnya. satu anak satu guru dan indoor.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

13

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Dudu pinteer banget! ikutan bantu jawab di forum :D

Jadi intinya anak-anak biar enjoy dulu ya di air,baru belajar satu gaya pelan-pelan.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

14

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

cindy - yes cin, bener.. yang penting nyaman dulu..
tips mama eka udah mayan lengkap tuh.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

15

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

aku mau ngasih les ma anakku yg paling tua, tapi sampe skrg nyari tempat les renang blm dpt. maklum blm lama pindah juga di daerah sini.
ada yg tau ngak tempat les renang anak di surabaya timur ?

16

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Dudu, kamu pintar banget, terima kasih ya sudah membantu jawab. Iya benar ya yang penting belajar supaya tidak tenggelam dulu ya. Terima kasih kaka Dudu.

17

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

ya ampun baru mampir ke thread ini... dan baru lihat kalo Dudu jawab. ya ampuuun Dudu... kangen deh! kamu gemesin dan pinter! :)

pengin banget nyari les berenang buat anak2. tapi belum2 aja nihhh... kalo sekarang udah tanggung ya mau puasa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

ninit, iya tanggung sih mau puasa teh, mendingan habis lebaran aja mulainya.

19

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Albert baru mulai lagi les renangnya dan yg kali ini lumayan cepat bisa, sekarang sdh lepas pelampung danmulai bisa gaya bebas. Juni-Juli ini mau dimaksimalin les renangnya, krn kalau sdh gak libur sekolah lagi repot atur waktunya.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

20

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Waaa asik banget yang udah pada bisa renang.

Anak-anak disini belum bisa2 nih,soalnya emang belom nemu tempat dan guru les yg cocok.

Niatnya mau diajarin mama aja,tapi susah ya ternyata bikin 1 anak konsen sementara yg 2 lagi kecipak-kecipuk di pinggiran :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

21

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Hallo, salam kenal...
Anak saya umur 6.5thn, rencananya baru mau disuruh ikut les renang di kompleks. Yg jd masalah... Belum apa2 dia ud gak suka sama gurunya...

-explore, explore! semua gara gara Mia! -

22

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Lagi pengen cari guru renang yg perempuan di daerah Lebak Bulus Jaksel..

Soalnya kalau sama saya berenangnya gak ada serius2nya... Cuma maen2 lompat2 melulu.. Kapan bisa berenang dan napasnya dong...

-explore, explore! semua gara gara Mia! -

23

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

rini,
kalo ga salah di area pondok indah itu ada anak air deh. dari lebak bulus oke kan kalo ke situ? tinggal lurus. gimana?

aku pengin juga nih nyari guru renang yang bisa ke rumah. kalo ada info2 kabari yaaa...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

Anak air biayanya berapa ya sebulan? Apa ada yg ikutan disini?
Saya sbetulnya pengen bs di kompleks supaya sekalian bs cari teman main baru.
Kayanya kalau ada temannya lebih seru ya belajar berenang.

-explore, explore! semua gara gara Mia! -

25

Topic: Tips Belajar Berenang/Swimming

rini,
iya mama rini... idealnya begitu ya :) lebih enak dan seru. aku juga pengin banget.

aku kurang tau nih kalo anak air. tapi ada websitenya jadi bisa kontak kalau perlu info.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita