1

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Tos dulu Teh! Hehe..
Sekarang pasti makin langka anak2 yg bilingual Indonesia-Sunda/bahasa daerah ya..

Aku juga mikir begituh..karena anaknya tampak oke2 aja, jadi bahasa inggris mulai dikenalin. Apalagi bahasa Ingris sangat penting, terutama kalo nanti kami pulang ke Indonesia (Selain bhs Indonesia). Jadi inget perjuangan saya ketika baru mulai belajar inggris di SD kelas 4 dan belajar Jerman di umur 20-an..Haha (niatnya mau meringankan beban anak dengan ngenalin bahasa asing lebih cepat, mumpung kemampuan penyerapannya masih maksimal).

Semoga kapan-kapan bisa ketemu Teh, Saya juga mau ketemu. ;)
*baca novel Teh Ninit dan Suami sejak jaman jadul

2

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

tatats,
yuk tats! kabari kalo mudik yaaa... kita bertemu :) dan pastinya ngobrol harus pake bahasa sunda yaa.

iya nih makin ke sini makin jarang kayaknya yaaa yang pake bahasa daerah terutama sunda. mengakui diri sendiri juga. suami soalnya waktu kecil ngga berbahasa sunda.

ini juga mulai menyelipkan bahasa sunda ke anak2 tats :) bagaimana pun mereka harus kenal.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Tatats, wah Alif skrg di TK-nya native bahasa jerman ya? Bakal seru lho mengikuti perkembangan dia berbahasa nanti, amazing deh :D

Sedikit share ya, mungkin kondisinya mirip sama anakku, skrg sudah 3 tahun di TK yg bahasa pengantarnya norsk (bahasa Norwegia). Waktu umur 3 tahun masuk TK di sini, setelah 7 bulan kemampuan bahasa Norwegianya biasa2 aja. Masih yang belum nyerocos banyak. Kata guru TKnya, ini wajar pada anak yang multilingual. Dan gurunya juga bilang, gw ga usah pusing/takut kalau dia lama bicara dan gak usah kuatir soal bahasa norsk. Biasakan aja terus berbahasa ibu (Indonesia) di rumah, utk urusan bahasa norsk anaknya bakal bisa belajar dari lingkungan sekolahnya.

Lucunya, tahun berikutnya kami pindah ke US dan di sana hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan Alma udah fasih berbahasa Inggris. Perkembangannya pesat banget. Guru TKnya yang di Amerika aja mengakui ini. Gak heran juga sih, soalnya baik di rumah & di sekolah 'digempur' bahasa Inggris terus. Trus saya juga hobi membacakan buku2 cerita dalam bahasa Inggris.

Begitu balik lagi ke Norwegia, dengan bekal cukup bisa berbahasa Inggris ini, enam bulan kemudian Alma sudah mulai fasih bahasa norsk. Terbantunya karena Alma sudah menguasai bahasa Inggris, dan gurunya yang tadinya nggak nyambung2 amat dg Alma karena sebelumnya Alma cuma bisa berbahasa Indonesia, setelah Alma bisa bahasa Inggris justru 'masuknya' cepat utk bisa bahasa norsk.

Sekarang anaknya sudah umur 6 tahun & santai aja switch dari bahasa Inggris & Indonesia di rumah ke bahasa norsk di sekolah. Justru sekarang PR kami adalah membiasakan dia berbahasa Indonesia karena tahun depan ada rencana buat pulang ke Indo xD (plus bapak ibunya gak fasih norsk juga nih hahahaa)

4

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Teh @ninit

Sipp...siap..pake bahasa Sunda beneran ya! :D
Nanti kalo udah SD mau mulai infiltrasi Sundanya..hehe..berhubung bapaknya tampak ga minat ngajarin bhs Jawa..

@rainiw
Keren banget Alma..udah otomatis ya switch bahasanya :) Semoga nanti si Alif juga begitu. Plus kalo nanti balik ke Indonesia, pengen tetap maintain bahasa jermannya juga. Sayang kalo kemampuan bahasanya hilang. Nanti bahasa Norsk nya Alma mau dimaintain juga kah?

5

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

aini,
duhhh alma keren banget deh. seneng yaa kalau anak ada pengalaman ikut ortu ke luar negeri itu manfaatnya bisa berbahasa asing. semoga terus dijaga yah ai biar ga ilang bahasa norsk-nya.

eh eh bentar... bentar. tahun depan back for good apa gimana ai?

jd inget dulu di afrika, bahasa prancis udah lumayan lah... balik lagi ke jkt karena ngga dipake, jadi ilang deh. cuma inget oui sama non aja.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita