1

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

ahhh senangnya anak gadis udah bisa jadi temen jalan2 ya, mbak wid ;)
Sebelum ramadhan saya, suami dan Jani (waktu itu 8mo) mudik dari bandung-purworejo, pakai kereta, pergi kereta malam, pulang kereta pagi, tantangannya sama2 aja :( yang tadinya mikir kereta malam bakal bikin Jani pules, eh, di kereta bocahnya malah asik lambai2 nyapa penumpang sebelah :D tidurnya pas ngantuk berat, selebihnya enen-main-disuapin makan-main-enen.

Clodi yg lebih banyak ku bawa ketimbang baju, karena clodi tertentu (kayak soaker grovia) emang butuh waktu 2 hari buat kering. Karena Jani mpasi, aku bawa takahi (pas pula si 0.7 ini munyil). Selama di kereta: nasi lembek kepal, telur puyuh rebus, pisang, air putih pake sedotan.

Nah mudik Idul Fitri InsyaAllah ke Bangka, agak PR juga nih, soalnya dari bandung-bandara soetta pake travel, takut aja, travel kan ngebut ya, dan penumpangnya padet, takut ada yg keganggu sama suara tangisan, mudah2an bisa mulus tanpa ada tambahan bekson tangisan Jani..Amiin

ikut nyemangatin juga buat mama-mama yg mudik! :) Semoga perjalanan lancar buat silaturahim bersama keluarga di kampung halaman

2

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

Yeay.... mudik tahun ini depok -yogya perdana naik mobil, bawa todd 3y ma baby 7m. Fuiiiih... degdegserr...
Mau baca2 postingan didepan dulu deh :)

3

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

Btw, car seat wajib bawa ya, buat anak 7m. Biz aku mikir kayaknya enakan ga pake carseat biar kursi baris no 2 lapang, jadi anaknya bisa ditidur kan di jok dan lebih mudah ganti diaper. Hm... gimana ya mamas? Biz yg paling kepikiran itu ttg gimana posisi baby nya bobo, ganti diaper, dan makan.... biz... perjalanan paling cepat 10jam. Entah kalo macet....
Kl anak pertama 3y, rencananya dia duduk di depan samping papanya. Selama ini dia udah ga pake carseat lagi biz lebih bebas kl langsung duduk dikursi mobil.
Kalo 2-2nya dianjurkan pake carseat, mau berburu sewaan dulu deh, hehehe

4

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

waaah tahun ini kayaknya ada beberapa yang akan jadi mudik pertama bersama baby yaaa :) semoga lancar segalanya...

setuju banget untuk yg mudik pake mobil, pake car seat is a must deh.

semangat yaa mama2... dgn bawaan yang pasti seru :D

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

DeviZ
haha.. iya... serunya kalau mudik bawa toddler yang sudah bisa berkomunikasi itu bisa jadi teman perjalanan. Tricknya sih setiap melakukan perjalanan kemana saja, kita membuat bahasanya "Yuk, kita berpetualang.." Meskipun kadang cuma ke taman kota saja. Dimana saja asal menemukan hal baru, itu kita namakan petualangan. ini efek banyak baca buku-buku petualangan anak-anak.
Jadi kalau ada perjalanan ke luar kota seperti mudik, akan selalu menjadi hal yang menarik buat anak-anak. Karena perjalanannya jauh dan banyak hal yang bisa ditemui selama perjalanan. Sambil mengatasi rasa bosan juga sih.
Selama perjalanan pun gak melulu diam, atau bermain di dalam kendaraan. Tapi kita melihat apa saja selama perjalanan dan bercerita.

Oh iya, untuk yang bawa bayi, setujuuu banget sama mama-mama diatas, car seat is a must! karena pernah bawa 2 bayi dan kena macet waktu naik travel, mangkunya capeeekk.. dan lagi sepertinya bayi lebih nyaman duduk di carseat daripada di pangku. Carseat kan memang sudah diset sedemikian rupa untuk kenyamanan bayi yaa..

Semoga perjalanan mudik tahun ini lancar ya mama... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

Mommas.... Hari ini, akhirnya hari kami mudik... bertiga kembali.
Mike 7,5 bulan nih mom... dan kami mudik rencananya berangkat jam 7 malem... semoga jalanan masih bersahabat ya mom. Deg2an banget seperti waktu CNY februari yang lalu, tapi jauh2 hari suami udah nenangin saya, jadi agak lumayan.
Persiapannya :
KArena mudik menggunakan kendaraan pribadi, sudah tentu kondisi mobil harus di persiapkan dengan maksimal.
Car seat, terpasang di kurs tengah belakang suami. Tapi di belakang, saya bawa bantal cinta 2 biji, dengan maksud, seandainya nanti Mike pengen tiduran, saya mau lepas carseat, dan sela2 kursi itu mau saya tambal pake 2 bantal cinta. alasin selimut tebal dan bantal, sehingga Mike bisa tiduran.
Awal berangkat seperti biasa, Mike saya pangku dulu, sampe dia nyaman.
Mpasi : saya siapin heinz puree bbrp kaleng ( stock buat PP selama di jalan), dan heinz bubur instan 2 box.
Termos air panas saya bawa 2 pcs, yang 0,5 dan yang 0,35.
Baju Mike, baju saya dan baju suami di kemas terpisah dan semua ada di belakang.
Tas diapers saya isi dengan 2 alas ganti popok, 5 pcs diapers, 1 pcs baju tidur, 1 pcs baju main. Tissue kering, tissue basah, minyak telon dan cologne. Kemarin saya juga beli tissue basah yang bentuknya kayak washlap, yang bisa digunakan untuk lap Mike pagi2 saat kami masih dalam perjalanan.
Gendongan saya bawa cukin 2 pcs dan si ergo.
Kostum mike saat berangkat : legging dan jumper tangan panjang, jaket. Untuk tutup kepala, saya pake selimut yang ada tutup kepalanya aja jadi praktis.
Susu, saya bawa 2 kaleng 900 gram, diapers bawa 1 pak besar. Tissue kering 1 pak juga. Plastik kecil2 buat diapers kotor.
Untuk bapaknya : cemilan, permen dan minuman energi yang sehat (produk bapaknya sendiri). Bapaknya cukup pake kaos dan celana pendek yang nyaman.
Untuk saya : saya pake celana panjang yang nyaman, juga baju kaos panjang yang nyaman dan cukup hangat mengingat perjalanan februari kemarin, jalan malam2 lumayan dingin mom.
Untuk persiapan umum, suami udah sibuk browsing dan cari informasi situasi jalan. Menurut berita, hari ini belum padat dan semoga benar demikian adanya.
Kami mudik dari Sentul - Yogya, lewat jalur selatan. Normal perjalanan 12-13 jam. Tapi waktu saya mudik tahun lalu ( masih hamil 5 bulan ) itu sampai 19 jam. Semoga kali ini tidak demikian...
Perlengkapan Mike selama di jalan : saya bawa teethernya, boneka yang bisa bunyi, mainan tolo yang suka dia gigit2, bantal dan guling yang suka dia pegang2 sebelum tidur, dan mainan setir2an yang bisa ditempel di jendela, sehingga posisinya seperti dia sedang ikut menyetir.
Oh iya, saya nggak bisa bawain buah buat cemilan Mike, karena Mike nggak suka apel dan pear yang saya coba kasih belakangan ini. Semuanya di lepehin. Tapi kalo Heinz puree yang buah2an kok dia lahap bener yak ? bingung saya...
Persiapan selama di jalan : mudik sebelumnya, saya dan Mike kan duduknya di bangku tengah. Mike di carseat. Jadi pastikan tas diapers, perlengkapan susu, dan makanan Mike selalu dekat dengan saya.
Waktu saya harus mengganti diapers mike di dalam mobil, saya melakukannya sedemikian rupa (setengah akrobat karena spacenya terbatas). Mike saya baringkan di kursi yang tadinya saya duduki, karena carseat masih terpasang. saya setengah berdiri membungkuk. Lumayan pegal, tapi berjalan dengan baik.
Oh satu lagi, suami kan menyetir, segala cemilan dan minuman, saya letakkan di kursi penumpang di sebelahnya. Supaya dia bisa dengan mudah meraihnya, terutama jika mengantuk.
Menyetir semalaman godaannya adalah mengantuk, jadi biasanya saya akan menemani suami ngobrol supaya nggak ngantuk.

Itu dulu ya moms, nanti saya update lagi, live report deh... ^^

7

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

calalilyrose
Selamat mudik!! Semoga perjalanannya lancar dan menyenangkan. Membaca persiapannya seruuu sekaliii... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

8

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

calalilyrose Persiapannya lengkaapp!
semoga perjalanannya lancar yaa,dan Mike juga happy selama perjalanan :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

9

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

calalilyrose
gimana mudiknya mom? lancar jaya kah? mike anteng gak selama perjalanan?
o ya, td saya baca report diatas, mudik pertamanya waktu hamil 5 bulan dg perjalanan selama 19 jam ya.. gimana mom rasanya mudik dalam kondisi hamil dan perjalanan darat yang panjang? cape ga.. saya rencana mau mudik juga ini.. bawa si kecil dengan adeknya yg masih dalam perut.. was2 aja takut cape dll..hikkzz...
ada tips kah untuk mudik dalam kondisi hamil begini??

10

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

Moms, baru kasih report sekarang. Hihihihi...
Puji Tuhan deh, perjalanan kami lancar. 11 jam kami udah sampe di rumah mamer tercinta.
Kami kena macet sedikit pas di tol cikunir smp cikarang. Selebihnya lancar. Efek tol cipali, jadi jalur selatan lancar jaya.
Selama perjalanan, tepat banget saya milih berangkat malem. mike bobo selama perjalanan. Bangun cm 1x habis itu dia tidur lagi. Dan sekitar pukul 1 pagi, saya pindahkan dia ke carseat. Jam 7 pagi dia bangun dan bobo lg dipangkuan saya.
Mike makan 1x heinz puree. Sisanya minum susu botol, sekitar 6 botol @120ml.
Kami rencana kembali ke sentul tgl 17 malam. Semoga perjalanan lancar lg ya mom..
Mom MJsMommy : karena waktu itu saya cuma berdua suami, dan duduk manis juga, gak capek sih. Beberapa kali berhenti di spbu karena kebelet pipis. Sisanya kami berhenti buat makan aja. O iya, karena posisi kita duduk terus, kaki pasti agak bengkak mom. Jadi saya kasih bantal buat injakan kaki supaya kaki tidak terlalu menggantung.
Banyak minum harus mom, karena kita duduk cukup lama. O iya, tissue basah buat cebok jangan sampe lupa krn kondisi toilet spbu selama mudik biasanya kurang terjaga kebersihannya. Cemilan juga banyak karena saya harus nemenin suami melek. Kurang lebih gitu sih mom.

11

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

calalilyrose
yeaayy... alhamdulillah sudah sampai dengan selamat dan lancar. Terima kasih laporannya. haha.. Jadi tenang mudiknya kalau persiapannya matang yaa.. Semoga nanti baliknya juga lancar yaa.. Hari ini lihat di televisi, tol cipali sudah mulai macet. Gak tanggung-tanggung, antriannya bisa sampai 14km. Mama-mama yang lain ada yang lewat tol cipali pas puncak arus mudik juga gak ya?

Kalau mudik jalur darat pas waktu hari puncak arus mudik, sebaiknya persiapkan bekal lebih ya. Karena kalau macet, gak bisa kemana-mana, bakalan menghabiskan tenaga juga. Jadi musti sedia bekal lebih, dan sering istirahat agar stamina terjaga.

Semoga mudik dan baliknya lancar ya mama-mama :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

calalilyrose wrote:

Mom MJsMommy : karena waktu itu saya cuma berdua suami, dan duduk manis juga, gak capek sih. Beberapa kali berhenti di spbu karena kebelet pipis. Sisanya kami berhenti buat makan aja. O iya, karena posisi kita duduk terus, kaki pasti agak bengkak mom. Jadi saya kasih bantal buat injakan kaki supaya kaki tidak terlalu menggantung.
Banyak minum harus mom, karena kita duduk cukup lama. O iya, tissue basah buat cebok jangan sampe lupa krn kondisi toilet spbu selama mudik biasanya kurang terjaga kebersihannya. Cemilan juga banyak karena saya harus nemenin suami melek. Kurang lebih gitu sih mom.


makasih mom sarannya..hihihi...

13

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

haii mak emak.. mau share mudik 2015 kemarin nih.

Yang super duper rempong karena baby masih masa MPASI (8 bulan, masih mam bubur). Berawal dari kami bertiga (mama, papa, megumi) mau mudik ke rumah uti di jawa timur (ponorogo tepatnya KM 780 from jakardah). Malam H-1 mudik, udah nyiapin perlengkapan baju, pampers, handuk, sabun, dan tak kalah adalah termos air panas (buat mandi) karena di prediksi perjalanan ditempuh dalam > 24 jam. Dan tak kalah rempong adalah makanan bayik. mulai dari bubur lembek, gravy ayam, buah melon diiris kecil2, agar2 pepaya, pisang, biskuit. semua dimasukkan di cooler bag plus ice gel. Pada 24 jam pertama, masih aman, karena persediaan makan masih kondisi OK untuk disantap. Namun setelah masuk ke > 24 jam, kami belum tiba di tempat tujuan. Oh iya, kami mudik dengan jalur darat dengan mobil pribadi lewat jalur pantura, Jakarta - bekasi - cikampek - tol cipali - tol pejagan - tegal - pekalongan - semarang - surakarta - ponorogo.

Pada hours+24, mulai gundah gulana dengan makanan bayi. secara bayi saya tidak suka makanan instan macam bubur susu miln*, su* dll, Tapi puji Tuhan, banyak orang baik yang membantu kami. Saat sarapan di sebuah restoran di semarang, tiba2 pemilik restoran menawarkan untuk memasak menu buat bayi, yakni oatmeal banana. Dan beliau juga mengijinkan bayi kami untuk mandi di restorannya, yah mungkin karena si pemilik pernah mengalami apa yang kami alami. Dan bener apa yang diinfo si pemilik resto, setelah makan oatmeal plus mandi, megumi bisa tidur nyenyak dan ga rewel, meskipun tidur di jok mobil.

14

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

Kira Kara wrote:
calalilyrose
yeaayy... alhamdulillah sudah sampai dengan selamat dan lancar. Terima kasih laporannya. haha.. Jadi tenang mudiknya kalau persiapannya matang yaa.. Semoga nanti baliknya juga lancar yaa.. Hari ini lihat di televisi, tol cipali sudah mulai macet. Gak tanggung-tanggung, antriannya bisa sampai 14km. Mama-mama yang lain ada yang lewat tol cipali pas puncak arus mudik juga gak ya?

Kalau mudik jalur darat pas waktu hari puncak arus mudik, sebaiknya persiapkan bekal lebih ya. Karena kalau macet, gak bisa kemana-mana, bakalan menghabiskan tenaga juga. Jadi musti sedia bekal lebih, dan sering istirahat agar stamina terjaga.

Semoga mudik dan baliknya lancar ya mama-mama :)


Arus mudik tol cipali H-2 luar binasa. Macet hingga 10 KM. dengan Bocil dimobil, untung maenan, plus makanan masih komplit. jadi baby kenyang, mama riang, papa senang nyetirnya.

15

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

calalilyrose wrote:
Moms, baru kasih report sekarang. Hihihihi...
Puji Tuhan deh, perjalanan kami lancar. 11 jam kami udah sampe di rumah mamer tercinta.
Kami kena macet sedikit pas di tol cikunir smp cikarang. Selebihnya lancar. Efek tol cipali, jadi jalur selatan lancar jaya.
Selama perjalanan, tepat banget saya milih berangkat malem. mike bobo selama perjalanan. Bangun cm 1x habis itu dia tidur lagi. Dan sekitar pukul 1 pagi, saya pindahkan dia ke carseat. Jam 7 pagi dia bangun dan bobo lg dipangkuan saya.
Mike makan 1x heinz puree. Sisanya minum susu botol, sekitar 6 botol @120ml.
Kami rencana kembali ke sentul tgl 17 malam. Semoga perjalanan lancar lg ya mom..
Mom MJsMommy : karena waktu itu saya cuma berdua suami, dan duduk manis juga, gak capek sih. Beberapa kali berhenti di spbu karena kebelet pipis. Sisanya kami berhenti buat makan aja. O iya, karena posisi kita duduk terus, kaki pasti agak bengkak mom. Jadi saya kasih bantal buat injakan kaki supaya kaki tidak terlalu menggantung.
Banyak minum harus mom, karena kita duduk cukup lama. O iya, tissue basah buat cebok jangan sampe lupa krn kondisi toilet spbu selama mudik biasanya kurang terjaga kebersihannya. Cemilan juga banyak karena saya harus nemenin suami melek. Kurang lebih gitu sih mom.


Puji Tuhan ya. mudik lancar. Kalau saya karena jarak tempuh 33 jam, berbagai pose pun sudah dijalani. Mulai duduk didepan, ndeprok di depan karena jok dipake bayik pencilak'an, tidur di jok tengah, jatuh saat kelon ama bayik karena dia nenen dan mak ketiduran. hahaha

16

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

dektite
woooww... 33 jam!! Astagaaa... serius? Beruntung sekali semua lancar yaa.. Dan banyak pertolongan di jalan. Sampai kembali di rumah dengan selamat dan aman. Semoga pengalamannya bisa menjadi rekomendasi persiapan mudik mama-mama selanjutnya. Setelah ini masih ada liburan akhir tahun. Yang mau Mudik Natal, bisa mulai dipersiapkan juga :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

mudik natal, sepertinya aku harus persiapan lagi nih.. *tangan ngacung*

semoga nggak separah mudik lebaran ya jalur lalu lintasnya. Apalagi pas Natal Mike sudah 1 tahun 1 bulan... semoga dia lebih betah di jalan deh...

Tumben banget soalnya Engkongnya Mike minta kami mudik lagi pas Natalan...

dektite mungkin efek karena kami mudik di H-7 dan kembali di hari H, makanya jalanan masih lancar jaya... Dulu sih pernah paling lama 19 jam...
Haduh, ga bisa bayangin dirimu sampe 33 jam...

18

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

Kira Kara iyaa mba. Jakarta - Ponorogo (Jawa timur) 700 km an, ditempuh dengan 33 jam. bener2 ngerasain arus mudik yang sebenernya. hahaha

19

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

ramadhan udah di depan mata. mama-mama ada rencana mudik ngga? atau justru ngga mudik?

yuk! berbagi persiapan mudiknya. pada mau mudik ke mana?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

Teh Ninit aku kayaknya ga mudik lagi deh tahun ini :(
Padahal anak-anak udah ngajakin ke depok terus sih,heheh..

Tapi setelah baca artikel dari Teh Aini pagi ini,aku jadi pengen ajak anak2 buat jalan-jalan rada jauh walau ga mudik :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

21

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

cindy,
yaaah kapan dong cin mudiknya? udah lama nih kita ngga ketemuan juga :)

baca artikel aini hari ini seru yaaa. bikin ketawa juga :D hahaha bisa jadi lebih horror dari conjuring 2. *belum nontonnn*.

http://theurbanmama.com/articles/perjalanan-mudik-menyenangkan-bersama-anak.html

eh pernah ngalamin insiden apa ngga pas mudik?

aku karena mudiknya deket, ngga pernah dapet yang ajaib sih. biasa aja. itu yang alma pup sebelum take off kebayang bikin panik! :D

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

dektite wrote:
Kira Kara iyaa mba. Jakarta - Ponorogo (Jawa timur) 700 km an, ditempuh dengan 33 jam. bener2 ngerasain arus mudik yang sebenernya. hahaha



Hikz aku tahun 2014 mudik jakarta-jogja 3 hari 2 malam. Nyampe pas orang dah pulang solat
:v

happy to be a wife and mommy
http://www.echaimutenan.com

23

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

Teh Ninit kalo aku sih pengalaman ga enak pas mudik udah beberapa tahun lalu,di cikampek itu stuck 5 jam udah kzl banget,mana AC mobil tiba2 mati posisi siang hari dan yah,jauh dari pom bensin! hihihi..
Gara-gara itu,udah males deh mudik mepet lebaran :D

mba echa seriusaaan? Aku kayaknya terlama itu ga sampe 29 jam dijalan dan udah boring banget.

Kalo sekarang enak nih,jalan tol baru udah dibuka,jadi lebih cepat kalo mudik ke JaTeng,JaTim sama Yogya.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

24

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

Ya ampyuuun mudik 33jam di jalan??? 3hari 2malem???

Gw ke bandung kena 5-6jam aja udah sutrisss...

Kl gw mau bawa anak2 mudik
*pas mo pergi itu pas banget setelah makan (jd anak kenyang gak minta brenti makan)
*persediaan makan berat, cemilan, minum, susu cukup.
*balita aku pakein diaper supaya gak harus berhenti. Rest area soalnya biasanya penuh, kotor, pesing, antri luarbiasa. Untuk kk yg udah 7th aku sediain botol kosong atau diaper aja kl mau pipis.
*selimut, jaket, minyak kayu putih, wet wipes sama kresek hrs siap sedia. Pernah soalnya anak2 masuk angin n muntah2 di mobil.
*buku, alat gambar, boneka, dan gadget dgn batre penuh.
Sisa nya bismillah & sabar menghibur anak2 juga mijetin bahu bapake selama perjalanan hehehehe

Bussy life...happy life...

25

Topic: Tips & Tricks Mudik Hari Raya

echa,
ya ampuuun chaaa... :( lama bangeeet!!! duh gak kebayang.
trus setelah itu mudiknya gimana cha? tahun selanjutnya? lancar-lancar aja kan ga selama 2014.

cindy,
oh nooo... ac mati pas siang hari. duhhh kebayang itu ngga enak banget cinnn... :(

dewi amel,
ih samaaa! aku pun kalo ke bandung udah kena 5-6 jam udah kesel banget deh. ga ada apa-apanya yaaa sama pengalaman echa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita