1

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

sdh bbrp bulan ini aku brenti mandi bareng nisa. karena kata mertua & ipar klo anak sdh seusia nisa (1,9 th) sdh ga boleh mandi bareng ama kita. padahal aku sering kerepotan, klo sore nisa kutinggal mandi nangis kejer. di rumah ga ada orang selain kita berdua, karena ayahnya nisa pulang kerja nya malam. alhasil aku sering mandi nya malem karena nunggu nisa tidur dulu. sebenarnya usia berapa seh anak stop mandi bareng ama kita?

2

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

noeniq..kayanya ngga ada batasan yang pasti deh, senyamannya kita aja sebagai orangtua. Tapi kalo gw pribadi, di atas empat tahun gw udah ngga mandi bareng lagi dengan anak yang beda jenis kelamin, tapi sesekali, dengan anak yang cewe gw masih mandi bareng kalo lagi buru2 atau dia minta dimandiin.

Nah, sekarang dengan anak yang ke tiga, cowo, lucu banget. dia hampir dua tahun dan dia menyebut kelaminnya dengan 'yoyo' dari bahasa Menado 'Lolo'. Trus pas dia liat kakak ceweknya yang umur 8 tahun pipis, dia langsung teriak2 nunjuk V kakaknya "yoyo kakak..yoyo kakak", katanya. Kami sih ketawa-ketawa aja, tapi nanti mungkin setahun lagi, dia akan gw ajarin ttg kelamin cewe cowo dan akan dilarang juga ngliatin kakaknya pipis gitu :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

3

Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

Anak Pertama saya berjenis kelamin Perempuan, sampai sekarang kadang-kadang masih mandi bareng saya, tapi kalau sama Bapaknya tidak pernah sama sekali.
Pertimbangannya mandi bareng sama anak
[list=1]

  • Lebih praktis dan cepat[/*]
  • Mangajarkan bagaimana cara mandi (menyabun, sikat, keramas, dll)[/*]
  • Mengenalkan bentuk kelamin wanita[/*]

    itu sich pertimbangannya

    Anak ke-2 saya laki-laki, kemungkinan saya tidak akan mandi bareng sama anak laki-laki saya sekalipun masih toddler.
    Biar mandi sama Bapaknya kalau diperlukan

    Oh ya 1 hal lagi, ini kan masa liburan ya, masanya anak-anak kumpul bareng keluarga yang lain, biasanya biar praktis tu Toddlers dimandiin bareng ya...
    Bagi saya batasan Toddler (saudara) yang berbeda kelamin mandi bareng itu umur 6 tahun.
    Oh ya Toddler sampai umur 6 tahun atau berapa sich (maaf OOT)

  • 4

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    Sejauh ini saya masih mandi sama anak-anak. Kebetulan dua-duanya perempuan (4y dan 1y) Jadi kita mandi bertiga deh. Seringkali mereka mandi sambil mengikuti saya. Jadi dari pakai sabun, sikat gigi sampai keramas mengikuti saya. Lumayan sering karena kita bertigaan aja di rumah jadi ya bareng-bareng deh.

    Kalau sama papanya sekarang udah jaraaang banget mandi bareng. Dulu pernah, tapi selama mandi itu, papanya masih pakai boxer. Jadi kalau sudah selesai mandi, anak keluar baru deh papanya selesain mandinya. Dari awal sampai terakhir mandi bareng papanya, tidak pernah papanya dalam keadaan tanpa busana. Selalu pakai boxer.

    Kalau batasan sih, sampai sekarang masih ok mandi bertiga. Mungkin akan stop ketika dia sudah tidak mau lagi. Karena kan tiap anak nanti akan ada masa ketika mereka memiliki self awareness untuk badannya dan tidak mau mandi bersama lagi. Kalau untuk anak saya, tampaknya di usia 5 thn mungkin dia sudah tidak mau mandi sama-sama lagi. Karena dia sudah mulai punya self awareness yang kalau mau ganti baju harus di kamar, dalam keadaan pintu tertutup, dsb. Jadi saya rasa, soon dia juga akan mulai merasa "jengah" untuk mandi sama-sama.

    .. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

    Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

    5

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    masuk 3,5 tahun udah mulai dibedain..
    *skrg anaknya baru mau 4 tahun

    tapi mungkin 3,5 tahun udah agak telat juga ya soalnya anak kita yang gede udah penasaran kenapa sekarang jadi ngga mandi rame-rame lagi.. or at least kenapa Ayahnya jadi ngga ikutan mandi bareng lagi,, (karena kalo sama adeknya -cowok- sih ya masih sering nyampur, praktis buat bunda nya mandi'innya..)

    nah yang bingung itu waktu kasih alasan si Kay -anak kita yang gede- waktu dia kritis nanya kenapa adeknya yang cowo mandinya sama Ayah aja, (kayaknya) kita waktu itu sekelebatan jawabnya:
    "cowo sama anak cowok, cewek sama anak cewek.."
    :o
    dan meskipun sebenernya udah kita timpal2i lagi dengan:
    "Ayah kan cowo, jadi mandinya sama adek Kenzie cowok juga.. nah kakak Kay sama bunda ya jadi cewe sama anak cewe"


    ..tapi sejak itu yg jadi udah terpatri di kepala Kay adalah:

    "kan cowo sama cowo, cewe sama cewe"

    dan bahan ini sering banget sama dia diulang2 sendiri padahal bukan lagi bahas mandi bareng.. takutnya jargon tsb terus kebawa ke bawah alam sadar dalam konteks yang pukulrata :/

    nah jadi gimana dong?
    mesti cuek aja apayah? balik mandi bareng lagi?
    kepikirnya sih mungkin mestinya:

    1. gak usah campur dari umur kecil sekalipun
    + saves trouble of explanations
    + ortu jadi mesti disiplin
    - sering gak praktis apalagi klo lagi kurang tenaga dirumah

    atau

    2. "kalo keluarga boleh mandi bareng, kalo orang lain enggak boleh"
    + bisa ngajarin yang mana keluarga yang mana bukan
    - mbak dianggap keluarga? (pdhl sering gonta-ganti)
    + stop mandi barengnya nanti dateng sendiri dari anak ketika dia mulai mengenal malu

    atau

    3. liat panduan dari agama, gimana contohnya? terapkan



    NB: maab, sekalinya balik visit tum langsung jadi panjang gini postnya.. :D

    6

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    Nemu thread ini. Maaf tdk menjawav pertanyaan dityodwi. Saya mau share pengalaman aja.
    saya mandi bareng anak-anak sejak mereka bayi. Tara 2thn 4 bln dan Gili 1 thn sejauh ini tdk menunjukan permasalahan dgn aktivitas mandi bareng.
    alasan saya dan suami untuk mandi bareng berempat krn praktis dan kami tidak kehilangan waktu utk bermain dgn anak. Papinya anak2 kl mandi pakai clana dalam dan baru bersih2 stlh anak2 kluar dgn saya.
    Menurut saya benar sih kata mama sebelumnya bahwa mgkn mandi bersama ini kebiasaan turunan dr ortu. Ortu saya jg sering mandi bareng dl wkt masih kecil. Sy dan kakak yg juga perempuan juga masih sering mandi bareng kl ada kesempatan. Dan memang pelajaran area genital saat mandi bareng jg mst terus dilakukan. Jd bukan hanya efisiensi waktu aja.
    Mandi bareng juga sarana kami menjaga kedekatan dgn anak2. Bisa main bareng bikin bubbles dan minta tolong gosokin punggung.
    kapan musti berhenti? Nggak tahu. Senyamannya aja.

    Mom of Nusantara and Gilimantra

    7

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    Kalo saya ngeliatnya dari sisi agama saya, untuk anak yg sudah bisa "membedakan" dan "menceritakan", gk boleh melihat aurat orang tuanya kecuali yg memang biasa tampak aja. Kl untuk menumbuhkan kedekatan saya bisa main air sambil mandiin mereka tanpa sayanya harus buka baju.

    8

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    Pengalaman saya hampir sama dengan Mommy Nusantara. Karena dulu waktu kecil saya terbiasa mandi bareng mama saya. Saya 3 bersaudara, cewek semua. Dulu selalu mandi bareng mama. Kadang2 langsung berempat. Dan itu berlangsung sampai saat ini. Apalagi kalo mau datang ke acara yg butuh waktu buru2, pasti lgsg mandi barengan.

    Anak saya 2 cewek semua. Juga sudah terbiasa mandi dengan saya sejak kecil sampai saat ini. Sekarang yg gede 8th, yg kecil masih 5th. Pertanyaan2 yg muncul wajar seperti dulu waktu saya masih kecil. Kenapa nenen gede, miss v berbulu. Penjelasan saya hanyalah seperti inilah bentuk tubuh wanita dewasa. Nanti kalau sudah besar juga pasti begini. Sama seperti dulu mama saya menjelaskan ke saya. O iya papanya gak pernah ikutan mandi bareng.

    Sampai kapan akan berhenti, mungkin sampai ada yg risih. Tapi kenyataannya pun saya sendiri masih sering mandi bareng mama / kakak2 saya sampai sekarang.

    9

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    bener banget, kalo aku pribadi sampe sekarang kadang2 masih suka mandi bareng anak2 demi efisiensi waktu, tapi itu jg paling sminggu 1-2 kali. rencananya sih kalo mereka udah sekolah TK mgkn umur 4-5 tahun aku ga bakalan mandi brg lg, krn mereka sudah "berakal" dan bisa "menceritakan" kali ya pertimbangannya, selain tentunya ajaran agama juga melarangnya.

    10

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    Ijin share ya mama dan papa, salam kenal juga sekalian dr pendatang. ^_^

    Sejak awal saya dan istri saya tidak mandi bareng dengan Ammara, alasan kami adalah kami mengajarkan kepada anak kami ttg rasa malu terhadap bagian2 private pada tubuhnya yg harus dijaga, even ke orang tuanya sendri. Dr awal kami membangun pola pikir bahwa bagian2 pribadinya adalah hanya untuk konsumsi pribadinya dia saja, kecuali saat dia mandi, pipis dan pup. Uminya boleh bantu membersihkan. Namun kami selalu menjelaskan juga, nnti ketika Ammara sudah bisa sendiri maka umi tidak bantu lagi, kami kasih contoh sebagaiaman abi dan uminya pun mandi, pipis dan pup sendiri.

    Alhamdulillah dia mengerti, hingga suatu ketika, dia sedang pipis. Oiya ammara sudah bisa pup dan pipis sendiri ketika usia 1 tahun 7 bulan. Tp masih harus dibersihkan oleh uminya. Balik ke cerita, suatu ketika dia sedang pipis di kamar mandi sendiri, pintu kamar mandi terbuka, nah karena ammara ribut manggil2 uminya untuk dibersihkan, akhirnya teriakannya mengundang perhatian anak tk yg sedang bermain (rumah kami juga jd tk, soalnya istri bikin tk di lingkungan rumah, hanya ruangan rumah bebeda dg ruangan TK :D) yg kebetulan lg waktu istirahat dan pintu rumah sedang terbuka, saat si anak tk ini melihat ammara lg pipis di kamar mandi, ammara teriak "jangan dilihaaaat, malu tau!" Kejadiannya belum lama ini saat usianya 2 th 3 bln

    Pembelajaran ttg bagian2 tubuh, kita lakukan secara terpisah, melalui buku dan media pendidikan lainnya. Mungkin ini pengalaman dr saya, semoga bisa bermanfaat ya mama dan pala urban :)

    11

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    Dulu pernah mandi bareng #kid2 waktu masih dibawah 2y,karena ga ada yg awasin. biasanya aku suruh baca buku madep ke tembok sambil duduk dikursi,hihi.. tapi begitu 2th lewat langsung di stop,soalnya kan anak cowo yaa,biar belajar malu,dan berhasil.

    Kalo sekarang masih suka mandi sama #kid3 umurnya udah 3y kemarin,itu ngga selalu sih,cuma kalo pas ga ada yg jagain aja dia ikut masuk. karena anak cewek,jadi lebih nyantai :| gapapa ga sih?

    Love my kids

    twitter & IG : @ndiievania
    blog : https://ndiievania.wordpress.com/

    12

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    aku masih mandi sama Kara, tapi bapake gak pernah hehe

    Twitter & Instagram : @anastashaa
    Blog : https://heywabbit.wordpress.com/

    13

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    Aku waktu kecil sering mandi bertiga sama mama dan adik perempuan sampe besar. Biasa aja sih. Ga ada aneh aneh. Mngkin krn sama sama cewek kali yah.

    Cm sekarang anakku laki2 umur 3 thn. Kadang aku lagi mandi, suka digedor2 mau ikutan mandi. Kadang sama bapaknya jg suka ikitan mandi.
    Tp sambil mandi kita menjelaskan ttg nama dan fungsi anggota tubuh. Tapi karena laki,aku mulai merasa risih.kalo dia ikut mandi. Kira kira berhentiin kebiasaan gmn ya

    14

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    diradiradira Ma,dulu aku juga punya masalah yg sama,anak kedua hobi banget ikutan mama mandi. kayak yg aku bilang di atas,dia suka ikut ke kamar mandi(kalau udah mandi) dan duduk di kursi madep tembok. Nah untuk yg mandi bareng biasanya pagi doang.

    Tapi begitu udah mau 2y aku stop,awalnya susah,tapi ya dibilangin kalo malu. Karena mas laki-laki dan mama perempuan. untungnya ga nanya lebih lanjut dan jadinya sukses. Tapi waktu misah gitu,aku jadwal mandinya jadi mundur terus :lol: karena nunggu anak-anak ada yg jagain.


    Kalo sekarang kadang masih suka mandi sama anak #3 itu juga gara-gara kalo aku butuh mandi cepet dan si anak masih betah berendem. Aku sendiri sih udah mulai risih,padahal sama2 perempuan. hihihi

    Love my kids

    twitter & IG : @ndiievania
    blog : https://ndiievania.wordpress.com/

    15

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    wah baru tau nih ada forum bahas ini.. imo, sebenernya tergantung cara masing2 ortu memberikan batasan sih ya.. mulai dari umur berapa udah nggak bisa mandi bareng kita (untuk anak yg berbeda jenis kelamin)

    16

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    kalau bisa sih udah ngga mandi sama anak-anak lagi as soon as possible. tapi kalau anak mandi, kita nemenin aja sekalian ngawasin cara mandi anak supaya ngga ada bagian yang terlewat saat mandi. biasanya ada sabun yang ngga kebilas dll.

    aku kalo di rumah, anak-anak kalo abis mandi harus cepet-cepet dibaju. menerapkan budaya malu kalau kelihatan bagian privatnya.

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    17

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    sama seperti teh ninit, Lana biasanya udah mandi sendiri, kalau Yoona (3 tahun) kadang masih mandi bareng sama saya, sekalian mandiin.

    18

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    aku ga pernah mandi bareng sama anak-anak. ga ngerasa nyaman aja :)

    ... a counselor, a role model and often a friend to her children
    Twitter & Instagram: @honeyjt

    www.honey-scrapbook.blogspot.com

    19

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    honey, tapi kayanya iya sih kalau ibu mandi sama anak laki-laki agak risih ya, meski sama anak sendiri juga.

    20

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    ipeh iya mungkin karena anakku semuanya cowok ya... tapi mandi bareng bisa menghemat waktu ya kayaknya.

    ... a counselor, a role model and often a friend to her children
    Twitter & Instagram: @honeyjt

    www.honey-scrapbook.blogspot.com

    21

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    ku masih mandi bareng sama aina (3y), apalagi kl lagi ga kerja. Pagi sore dah ditungguin mandi bareng sama dia.

    @honey
    kl anak2ku cowok, pasti ngerasa ga nyaman juga.

    ainasofia & aisyavira's mommy

    22

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    Akuuuuuu! Masih mandi bareng Affan kadang-kadang hahaha. Pelan-pelan udah mulai aku kurangin sih nih, tapi kadang kalo lagi buru-buru banget ga bs terhindar lagi deh -_-

    thedytaputri.blogspot.com

    23

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    dyta putri,
    nah iya dyt... coba deh pelan-pelan dikurangi. iyaa ngerti banget kalo susah... tapi lama2 bisa kok :)

    aku juga punya "peraturan" di rumah kalo anak2 mau masuk kamar harusss ketuk pintu dulu. "soalnya kan mama suka malu, jadi harus diketuk dulu pintunya." soalnya kadang pas lagi ganti baju, eh! si kecil masuk.

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    24

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    Aku tim NO mandi sama anak siy...dan emang sama sekali belum pernah mandi bareng sama Alka & Albi.. dari awal aku ajarin kalo bubu cewek, abang n dedek cowok ga boleh mandi bareng..
    kalau ke toilet di mall jg Alka sekarang udah otomatis balik badan ke pintu ga liat pas aku buang air..begitu jg kalau lagi ganti baju langsung balik badan dia..katanya malu bubu ga pake baju.. :D

    wife for baba...bubu for Alka-Albi...but still Daddy's little princess...

    25

    Topic: Mandi Bersama Anak, Yes or No?

    kadek,
    waaa kadek keren! sama sekali belum pernah. hebat kadek. bagus bangeeet! memang harus dilatih malu dari sejak kecil yah.

    duhhh alkaaa ganteng. kamu keren banget deh. :)

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita