1

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Setuju dengan mama soezzie, dokter juga ngaruh. Buktinya pas Lana pertama kali cabut gigi dokternya cantik, ramah, suka ngobrol dengan Lana sepanjang proses injeksi sampai dicabut, anaknya suka. Sampai dia bilang sendiri aku suka sama dokternya, dokternya baik.
Malam ini kembali ke dokter gigi anak buat cabut gigi kedua, krn masih belum goyang sementara gigi belakang udah tumbuh terpaksa disuntik lagi. Kali ini dokternya beda, tidak seramah yg pertama dan sudah lebih tua. Pas keluar dari ruang dokter, Lana ngomong "aku sukanya sama dokter yg dulu. Kalau disuntik gak sakit trus gak pahit, kalau tadi pahit banget". Padahal obat injeksinya sama :)

2

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

moms mau sharing juga pengalaman bawa anak ke dokter gigi, udah pernah ditulis sih di blog ku, aku udah pernah coba bawa anakku ke dokter gigi dan ke dokter gigi khusus anak (pedodontist), dua2 nya ramah, tp entah kenapa pedo ku ini bisa banget handle anakku. anakku nagis kejer setiap ke dokgi (anakku 26 bulan dan rutin aku ajak ke dokgi setiap 4 bulan sekali atas rekomendasi dokgi nya, semenjak gigi pertamanya tumbuh). sedangkan dokgi umumnya sabar sih, tapi ttp aja gak bisa handle anakku, sepertinya dia ragu2 krn anakku nangis kejer.sampe sekarang pun anakku tiap di sikat giginya sama aku ttp nangis, ini aku loh bukan orang lain hehe..tp ya ttp aku paksa, krn diusia segini makanannya udah macem2 kan, udah aku kasih sweet treats juga once in a while

3

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Sama Peh, anak2 gw juga ngaruh sama perawakan dokternya, kalo sama yang judes baisanya suka gak mau balik lagi ;p

tacang, si bungsu gw nih yang masih susah diajak ke dokter gigi. Kalo kakak2nya kan udah bisa dikasih pengertian, kalo yg kecil ampun deh, sampe umur 4 tahun ini ke dokter gigi paling baru dua kali :( untung giginya bagus2 aja dan karena dia takut ke dokter gigi, dia memang disiplin sikat gigi, sih..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

4

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Tacang,
Kalo aku bawa anak ke dokter gigiku di dental clinic. Jadi bentuknya sih kayak rumah biasa, cuma di kamar2nya ruang periksa gigi. Jd ngga kayak rumah sakit gitu suasananya nyaman aja kyk di rumah.

Dulu pernah bawa ke dokter gigi anak di rumah sakit, tapi mungkin krn auranya aura rumah sakit ya, jd anaknya nangis kejer, dan mungkin juga krn dari awal liat wajah dokternya udah pake masker. Jadi ngga liat wajah aslinya. Dan wkt itu kan umurnya juga masih kecil jd komunikasinya juga blm lancar.


Kalo di dental clinic ini, anak2 udah sering nganterin aku atau papanya periksa. Mereka ikut ke dalam, nonton tv sambil sesekali ngeliatin wkt gigiku diperiksa. Jadi wkt giliran mereka yg harus periksa, udah ga kaget lagi. Udah kenal sama dokyernya kali ya. Dan kita sekeluarga biasanya percayain cuma satu dokter itu aja kalo urusan cabut/ penyakit gigi. Jadi selama periksa ya santai aja sih sambil ngobrol. Kalo utk bersihin karang gigi doang sih pake dokter yang lain gpp.

Dan peralatan dokter gigi skrg kan canggih ya, tambal dan cabut juga cepet banget ga kerasa sakit. Paling beberapa hari sesudahnya aga2 sariawan dikit krn luka bekas suntikannya kadang2 kerasa sakit. Kadang enzo dan dante malah seneng kalo mau periksa gigi, krn sebelumnya gigi mrk difoto gitu kan di komputer trus dilihatin gigi mana aja yg harus dicabut, trus dokternya jelasin cara nyikat gigi dan cara rawat giginya. Kenapa harus mengunyah, kalo habis makan permen cara bersihin giginya gimana. Jadinya seru gitu mereka kalo yg ngasih tau dokter giginya jadi nurut.

Dan iya sih setuju sama mama2 yg lain, utk dokternya cocok2an ya. Kadang dokternya ngga ngapa2in aja cuma gara2 pale masker aja anaknya udah ngerasa ga sreg.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Teh Eka dental clinicnya Enzo Dante dimanaa? kayaknya asik banget dokternya.

Kalau anak-anak termasuk yang gampang-gampang susah sih kalo diajak ke dentist,masih belum mulus,mungkin karena belum dapet dokter yang cocok handle anak-anak.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

6

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Namanya Dental Clinic Cibubur ndi,
Ya deket2 rumah lah seputaran cibubur ahahaha kesian ya aku beredarnya di situ2 aja.

Awalnya sih mereka cuma nganterin aku atau papanya periksa, tapi karena udah sering nganter jadinya yaudah biasa aja ga tegang. Pas giginya udah mulai pada goyang mereka sendiri yg minta dibawa ke dokter giginya papa mama. Ya mungkin krn udah kenal jadi biasa aja. Dan di situ kan pasiennya harus janjian ketemu dokternya, jadi pas kita datang juga ga ketemu pasien lain ya paling papasan sama yg baru pulang. Jadi memang ga rame tempatnya..sepi2 aja.kalo di rumah sakit kan kadang ngantri aja udah panjang dan lama..jadi keburu stress.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Teh Eka asik ya jadinya. Ditambah udah biasa kesitu antar mama-papa jadi ngga asing lagi.
Tempatnya juga homey gitu lagi. *habis cek ig*

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

8

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

mau share moms, pengalaman pertama Fayza waktu itu 26 bulan ke dokter gigi.

ga ada preferensi dokter gigi anak sebelumnya, pokoknya yang buka hari sabtu dan praktek di deket rumah
akhirnya kami ke pedodontis di RS Hermina Grand Wisata.
as always, let's expect for the unexpected, karena pengalaman pertama ke dokter gigi. duluuu, waktu awal-awal diajak periksa ke dokter anak aja, dokternya sukses ditendang dan dipukul sama fay *maaf ya budokter*

antrinya lumayan lama, 1.5 jam , tapi masih wajar ya, namanya juga dokter gigi, cuma fay udah hampir nyaris bete aja.

pas uda giliran masuk ke ruang praktek, fay aga gamang, sempet minta keluar lagi, tapi dokternya aseli ramah dan keibuan banged kayak ibu peri hahaha, soalnya belum pernah liat fay senurut ini sama orang yg baru pertama kenal

kursi periksa nya dilengkapi sama tivi, yg kebetulan disetelin disney jr, channel favorit si bocah, sambil kupangku fay anteng selama gigi dan mulutnya diobok-obok

dari hasil pemeriksaan dokter, tidak ada lubang/karies, tapi ada indikasi enamel hypoplasia, hiks
karena masih gigi susu, dokternya ngasi saran buat diolesin pasta gigi yang mengandung fluor sesaat sebelum tidur, jika dan hanya jika fay tidak akan menjilat dan menelan pasta gigi itu. masih PR banged yang ini euy
abis praktek, fay dikasi sticker gambar binatang-binatang, suka banged diya, sampe pake acara salim dulu sama dokternya

akhir kata, mesti lebih semangat lagi ni emaknya dalam meperhatikan kesehatan gigi dan mulut si bocah

9

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

nilasari wah Fay hebat loh udah mau anteng di dokter gigi :) berarti dapat dokter yang cocok ya buat Fay.
'
Yuk ah,rajin2 jaga kesehatan gigi anak :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

10

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Wah jadi ingat nih sudah harus ajak Al ke dokter gigi lagi karena dia mesti cek tiga bulan sekali. Agak khawatir karena udah umur tujuh begini gigi susunya belum ada yang tanggal, masih rapi sekali. Jadi dokter gigi menyarankan kontrol tiga bulan sekali.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

11

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

kak gabby wah,Albert belum ada yang tanggal ya giginya? kalau gitu kenapa? karena bagus dan sehat kah?

aku juga mau menjadwalkan Wilson ke dr gigi nih,bagian dalam ternyata bolong beberapa,dan tadi pagi ngeluh sakit,ternyata gusi bengkak merah. masih ga tau itu sariawan atau bukan.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

12

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

ya ampunn, ngomongin soal dokter gigi aku sekeluarga tergolong jarang ke sana, karena emaknya yang penakut, anak2nya jadi ketularan, hadeuhhh..., harus segera diubah nih...

resepnya dong la, cin, biar anak2 gak malas ke dokter gigi...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

13

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

kak zata akupun ngga rutin ke drg,duh kayaknya karena dari kecil dulu juga ga diajak rutin sama ortu,jadinya kebawa pas gede.
ke drg kalo udah pas giginya bermasalah. salah banget :(

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

14

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

zata kalo gw takut ditambal dan dibor2 gitu, jadi rutin minimal setahun sekali. Sambil taruhan sama suami, yang giginya ada lubang mesti traktir... haha... jadi kita biasanya ke dokter gigi barengan gitu. Efektif kok, jadinya setahun sekali tapi paling cuma cek2 rutin dan bersihkan karang gigi. Al ya akhirnya niru mama papanya lah.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

15

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Nindy pertama kali dibawa ke Sp.KGA pas dy umur 3,5th karna ada lubang.. 2 kali pertemuan gak sukses, pdahal dokternya baik n sabar bgt sampe ngedongengin segala

malahan Nindy akhirnya mau ditambel giginya sm dokter gigiku yg notabene spesialis ortho, bapak2 paruh baya, ceplas ceplos, baik sih tp bukan tipe yg sweet gt, kalo temenku yg kebetulan mahasiswanya dy malah galak.. Selama ini sih kalo ketemu nindy pasti ya negor, nanya2, ngajak ngobrol nindy, becanda2 jg

Gatau kenapa si nindy malah mau sm dokterku, mungkin karna sering ketemu atau karna dokterku tipe yg to the point, gak pake acara bujuk2, langsung kerjain aja.
Pas pertama kali nindy mau ditambel aja dy bilang "yuk langsung buka mulutnya, dokter masih ada janji nih"(nindy kebetulan pasien terakhir) langsung mangap aja gitu si nindy nya, dan bagusnya si dokter nambelnya pake tambelan biasa dulu (bukan sinar) jd cepet selesainya dan ninggalin kesan positif buat nindy

udah 2 kali nindy ditambel sm dokterku ini yg terakhir tambel sinar, sekalian ganti tambelan dy yg sebelumnya cuma tambelan biasa itu, dan semua berjalan lancar

Jd mungkin dokter jg cocok2an kali ya sm karakter anaknya, soalnya anakku ini tipe yg kalo makan misalnya gak usah dikasih tau makanannya apa udah lsg suapin aja. Nah kalo dokter gigi anak yg dulu itu mungkin terlalu ngebujuk ini itu, disuruh megang kaca biar liat lubang n giginya mau diapain, liatin alatnya, malah nindy nya jd gak nyaman.. nah kalo dokterku kan gak pake ini itu kerjain aja malah seneng anaknya katanya cepet. Sampeanakku sempet bilang mau jadi dokter gigi kayak dokterku n sampe skrg kalo urusan gigi cuma mau sm dokterku itu

16

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Halo mama2 keceh,

Pls advice, usia berapa baiknya bisa ajak anak ke dentist, Rey giginya hampir keluar semua di usia 22mo, khawatir cepet gangguan krn cuma mau sikat gigi malam aja.

terimakasih

Rgds,

Mie-mommy

17

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Halo moms
Dulu Arkan diajak ke dokter gigi untuk periksa rasanya sejak umur 1thn, ke dokter gigi RS langganan krn hanya cek doang dan ga ada masalah. Nah pas mulai boleh makan manis dan susunya dah gak mau yg plain lagi, ditambah anaknya udah gedean 2thnan lah dia mulai suka nolak sikat gigi habis makan, alhasil maunya sikat gigi malam aj. Mulai saat itu giginya mulai berlubang, akirnya diajak ke klinik dental khusus anak-anak supaya selama nanti diperiksa n perlu ditambal anaknya anteng. Tapi bener karena aura kliniknya children friendly, trus dokter giginya ramah n pinter mengambil hati anak, jadi bocil anteng deh. Slama diperiksa dan ditambal pun anteng krn didalamnya disetelin video (milih sendiri judul filmya) trus milih sendiri rasa odolnya.

Sampai sekarang 4thn sudah beberapa kali ditambal, tapi sekarang di dokter gigi biasa deket rumah yg kebetulan mamanya temen sekolahnya. Tentu jauh lebih murah dibanding klinik dental khusus itu he2...Jadi sampai sekarang setiap ga enak giginya justru bocil yang ngajak ke dokter gigi....

18

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Terimakasih mama Arkan,

Bolehkah share Klinik yg friendly itu dimana yaa?
Tertarik mau bawa Rey ke dentist, spy Mamanya lbh tertarik lg
Barangkali tarifnya kantong mama friendly jg

Rgds,

Mie-mommy

19

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Hai mamas,
Jo pertama kali ikut ke dokter gigi pas umur sekitar 1,5 thn.. Pas itu ngga diapa2in, cm diliat aja giginya (ga duduk di kursi pasien). Trus ikut lagi pas 2 thn, yg pertama waktu aku pembersihan karang gigi, yang kedua waktu aku tambal gigi. Dicek aja sih giginya waktu itu, tapi udah duduk di kursi pasien. Anaknya sih santai aja, mungkin krn udah bbrp kali liat mamanya. Klo kata dokter sih mmg lebih baik dia ikut ortu nya dulu bbrp kali, baru diperiksa. Biar ngga takut, gitu :)

20

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

jody tipsnya bisa dicoba nih buat anak kedua. Kalau anak pertama saya udah okeh ke dokter gigi walaupun awalnya suka drama :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

21

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Kalau si kakak dari umur 2 tahun mulai dikenalin ke dokter gigi.
awalnya takut, tapi the next 6 months saat harus kontrol berikutnya.
dia udah ga takut lagi. malah happy banget, karena saat duduk di kursi periksa,
boleh sambil nonton cars kesukaannya *doeng* heheh
biasanya kami ke the smile centre, dentisnya baik2 dan setelah selesai periksa dikasih mainan.. si kaka jadi double happy ^^

22

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

miemommy
coba deh ke the smile centre di tebet, emang buat anak2, nyaman tempatnya, kalau anakku disana sama drg.alya, cuma kalau daftar mesti jauh2 hari

23

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

netta,
ah ini banyak banget deh yang merekomendasikan dr alya the smile centre tebet :) salah satu anaknya teman juga ke tempat yang sama.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

ih ngomongin dentist dan lg IG walking, nemu @omdc_offici**.
Penasaran bgt deh, soalnya reviewnya bagus. Dah ada yg pernah kesana blm? Review dong.

Ku blm pernah ajak duoai ke dentist nih. Ada tips sblm ajak anak2 ke dentist? Sounding2 dl kali ya...

ainasofia & aisyavira's mommy

25

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

wah thanks infonya mom netta ternyata ada drg.yg cucok di deket rumah..tinggal siapin nyali plus sounding ke anak..hehe