1

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

Hi Parents,

Posting pertama di forum ini, pengen sharing tentang bagaimana mendidik anak 1-4 tahun untuk makan teratur. Sebelumnya mohon maaf kalo kurang referensi karena ini dari pengalaman pribadi aja yang semoga berguna untuk dicoba.

Dulu kita pernah kebagian episode ini:
1. kalo makan, diemut aja.
2. kalo makan messy.
3. kalo makan mesti dikejar-kejar keliling rumah (iya kalo rumahnya kecil. kalo rumahnya gede, capek.)
4. maunya cuman disuapin.

Sebenernya kejadian-kejadian ini ada beberapa faktornya:
1. Pada dasarnya, anak kecil berumur 1-4 tahun itu gak suka makan di meja makan karena mejanya terlalu tinggi untuk mereka. Dan kalo kita paksa dia untuk duduk di kursi dewasa, tangannya susah untuk menjangkau sendoknya.

2. Anak-anak itu sebenernya suka take ownership atas aktivitasnya sendiri.

3. Anak-anak itu suka eksperimen. Dari bacaan di intisari, 1-3 tahun itu masanya 3 E. Eksperimen, eksplorasi dan (kalo gak salah yang terakhir) experience.

4. Dari bacaan "What to expect - toddler years", anak-anak itu suka keteraturan. mereka sangat suka kalo jam 9 teng, diajak makan. Jam 1 teng, makan siang, jam 3 teng, nappy time. Disiplin ini mereka sukai karena mereka jadi tau kapan harus minta apa, dan kapan waktu luang untuk mereka melakukan 3E mereka.

Anyways, kembali mengerucut ke topik makan teratur, ada beberapa tips:

1. Kitanya yang harus displin memberi dia makan. harus jam 9 teng, jam 1 teng, jam 6 teng gitu.

2. Setidaknya untuk anak kita (Aldebaran - 3 tahun), dia pasti akan menghabiskan makanan yang dia (merasa) masak sendiri - ketimbang masakan yang udah jadi di meja makan. Jelasnya dia belum bisa masak. Tapi kita suka mengikutsertakan dia untuk masak. Dalam kesempatan-kesempatran itu, Aldebaran suka bantuin masukin garem ke telor atau sosis yang kita goreng untuk dia. Nah kalo masakannya udah jadi gimana? Kita panasin aja dengan kiat minta dia jagain. Pastinya dalam pengawasan kita juga.

3. Mengatasi meja makan, kita beli kursi makan yang tinggi. Lepas aja traynya agar dia bisa makan di meja bareng kita. Dulu waktu belum beli kursi ini, dia makan terpisah di meja kecil milik dia. Tapi kitanya ngerasa kurang ngumpul. Dan Aldebaran sangat-sangat suka dengan kursi itu. Sekarang kalo makan, dia udah tau untuk duduk di sana.
http://farm3.static.flickr.com/2493/4105769372_02e20cf233_m.jpg

4. Kursi yang tinggi ini juga membantu dia menggapai lauk dan utensil lainnya sendiri. Aldebaran lebih sering makan sendiri (taking ownership) setelah punya kursi tinggi ini, ketimbang sebelum punya.

5. Mengenai messy, setidaknya makanannya gak ceceran di lantai. Tapi meja maka rada ancur hehe. Gak juga sih. Dengan taking ownership (mencoba) makan sendiri ternyata makannya jadi lebih rapi.

result:
1. Berat badan naik (dari makan teratur)
2. (sedikit) Lebih mandiri (dari taking ownership of his own food)
3. Puas eksperimen (dari masak bareng, meski itu cuman telur orak-arik).

Oke deh, segini dulu yang kita bisa share di topik ini. Sharing juga dong pengalaman parents-parents yang lain.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

2

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

Hi Ninit, makasih invitation nya ya.
Selamat buat Urban Mama nya!
Ini saya coba dulu kirim message ..

You know your children are growing up when they stop asking you where they came from and refuse to tell you where they're going - PJ O'Rourke, Author.

3

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

Hi Parents...

Pengalaman saya supaya anak mau makan teratur adalah conditioning dengan cara..jam2 makan..anak didudukkan di kursi nya..(high chair)..diputarkan musik lembut...dan makanan dihidangan..anak belajar makan sendiri sejak umur 1 th..lama2 perkembangan motorik tangannya pun berkembang..belepotan pertamanya tidak apa2...

Namanya juga proses belajar..Alhamdulillah..lama2 krn keteraturan jadwal tadi anak sudah tahu kalau duduk di kursi tinggi berarti waktu makan...

Jika sedang bepergian..kebetulan restoran2 di Canada sini menyediakan khusus high chair..jdnya anak mudah..

Tp..sssttt...dasar anak saya mah tukang makan..hehehe..ga ada musik..ga ada high chair juga..hayo aja..tenang..makan..hehehe persis mamanya..halah..:)

Salam
Bi Willy aka CMummy Sarah..

A Bandung mother, teacher and traveller, who currently lives and works in north Canada with her husband and daughter.

4

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

pengalaman saya sih mirip2 aja dengan adhit dan CMummySarah... sans the music, that is. :)

1. high chair. aina mulai pakai high chair dari umur 5 bulan (kebetulan, udah bisa duduk). tadinya dibolehin "main" makanannya biar bisa makan sendiri. tapi ternyata lebih banyak yang jatuh di lantai dibandingkan yang masuk ke mulut... jadi disuapin deh.

2. mulai makan sendiri waktu umur 9-10 bulan, setelah bisa gigit2 pisang dll. ga pake utensils... semuanya pake tangan. pastinya berantakan. saat2 bahagia untuk semut2 di rumah...

3. semenjak 9-10 bulan itu, diusahakan, kita makan bareng sama dia. kalo makan pagi, dia juga makan pagi. pas makan siang, dia juga makan siang. jadi, in a way, yang berubah jadwal itu kitanya.

4. setelah bisa makan daging (diatas 1 taun), aina selalu makan makanan yang sama dengan kita. jadi ga masak dua kali. ada keuntungan di napsu makan aina juga sih... karena dia selalu "pengen kayak orang tuanya", pas dibolehin makan persis kayak kita, dia makannya jadi lebih banyak.

5. seperti adhit, kita juga ngebolehin aina ikutan masak (sekarang aina ampir 2.5 tahun): kupas bawang putih, potes2 buncis. ngaduk2 tuna atau kocok telur... etc. trus, bener banget, makannya jadi semangat :D

aina juga bukan anak yang gampang makan... tapi untunglah, ga pernah terlalu susah (kecuali waktu teething, but that's a different story). sekarang ini, kita lagi rajin makan sayur, dengan harapan dia nyontek jadi mau makan sayur juga... hehehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

cmummysarah: itu makan belepotannya lama ngga? soalnya harus ekstra sabar ya hehe... saya tuh agak kurang sabar waktu anak pertama makan. soalnya kok ditolak-tolak terus... makanya ga mau keulang di anak kedua.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

enzo skrg udah 20bln, lg teething. Jd sementara ini makanannya dibikin lbh lembut. Sblm 1thn, makannya gak dijadwal, tp udah berpola sih. Stlh 1thn, makannya bareng sama kita, dan diwaktu max 20mnt. kalo udah diemut2 ya udahan. Kalo belepotan, dibiarin. Dibersihkannya saat makan selesai, tapi kalo blepotannya parah ya dilap dikit. Karena kalo keseringan dilap mulutnya, enzo terganggu n jd bete dan ilfeel ga mau makan.
Kalo bajunya jd kotor, kan bisa ganti baju seudah makan nanti.

Sblm dan seudah makan dibiasain berdoa.
Enzo biasanya stlh minum air putih bilang gini:
'Ma, mmmh.. Enaaakk.. Alhamdulillah', bilang gt tiap abis mkn ato minum, pdhl blm tentu enak juga sih. Hehe..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

@ Ninit : ga lama lah belepotannya siy 3 bulan jg lama2 dia biasa..sabar ya Neng..dengan Alde dan Arza...:)

A Bandung mother, teacher and traveller, who currently lives and works in north Canada with her husband and daughter.

8

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

pengalaman gue pun basically sama kayak adhitya/ninit, thalia dan cmummysarah ..

1. naia udah didudukin di high chair sejak dia mulai makan (6bln). eh pertamanya di bumboo dulu soalnya belom punya high chair, tapi abis beli ya langsung didudukin. :)

2. makan selalu konsisten waktunya dan udah 3 meals a day dari sejak dia 6.5 bulan.

3. sejak mulai bisa megang makanannya sendiri, udah dikasih buat nyobain makan sendiri, walopun berantakan kemana2. biasanya kita ngebiarin dia makan sendiri tapi kita juga ikutan nyuapin jadi walopun makanan yang dia makan pada brantakan kemana2, perutnya tetep kenyang karena makanan emang beneran masuk dari yang kita suapin.

4. pas umur setahun, udah dibiasain untuk makan makanan yang sama kayak kita. paling bedanya kadang emang dibikinin khusus buat dia yang ga pedes, tanpa penyedap, dll. walopun sebenernya giginya baru 8 biji di depan doang, tapi makannya udah macem2.

5. sekarang naia udah mau 20 bln, dia udah bisa makan sendiri. tapi tetep dengan bantuan kita, just in case dia bengong, jadi suka tetep disisipin makanan ke mulutnya. walopun lagi teething (udah terdetect ada 6 gigi yang lagi mau keluar bersamaan), tapi nafsu makannya tetep kuat tuh.

6. dan kita perhatikan semakin dia gede, bener apa kata adhit, dia take ownership of what she's doing. maunya minum megang gelas sendiri. makan dia pegang sendok sendiri dan ga boleh ada yang megang piringnya.

overall, naia pun bukan anak yang gampang makan sebenernya. kalo lagi susah pun dia mayan susah makannya. tapi ga pernah gue paksa. kalo susah ya udah biarin aja, cuma dikasih cemilan lebih banyak aja. ngemut pun pernah, tapi jarang banget, kebanyakan malah makanan langsung ditelen aja tanpa dikunyah ama dia. jadi mesti diingetin untuk dikunyah dulu.

tapi yang pasti dia bukan picky eater. dia seneng experimen ama segala makanan. kalo liat papa mamanya lagi makan, pasti disamperin dan dia bakal bilang.. "mau.. mauu.. ". begitu dimasukin mulut, kalo suka dia telen & minta lagi. kalo ga suka, ya dilepeh trus kabur deh. :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

sharing juga ah, kayanya hampir mirip semua pengalamannyakecuali bagian high chair nya :p
ini kisah kasih makanan bersama langit, 19 bulan.

- sejak mpasi 6 bulan, langit gw dudukin either di kursi kecil atau baby walker yang dikunci atau stroller. intinya memberdayakan yang ada dulu sebelum beli high chair :p
- jujur gw lupa step2nya, apalagi otak gw jarang bisa berpikir secara kronologis :)
- langit ga pernah makan makanan disaring. begitu lulus bubur beras2an, langsung nasi tim yang dihaluskan aja, jadi ga masyalah dengan namanya makanan baru
- diemut pernah, tapi nggak lama. dilepeh2 nggak pernah sampe skarang *belum kali ya* kecuali kalo dia udh kenyang, dulu waktu blm bisa ngomong, maka dilepeh makanannya
- secara dia alhamdulillah nggak ada alergi apapun terhadap makanan, pas umur 11 bulan gw udh kasih macam2 banget. mulai dr martabak, soto sampe nasi goreng.
- mengenai jam makan, secara anak gw bangunnya siang bisa sarapan tuh baru jam 11 :p jam makan siang akan mundur sekitar 3 jam setelahnya, dan makan malam pun begitu. diantara makan besar, Langit ngemil. ngemil apaan aja dicemilin. sampe ketimun dan sayur2an mentah pun dicemil.
- sekarang udah jarang masak makanan khusus langit. idem sama slesta, paling dipisah bumbu aja. malah kadang kalo cuek, yah gpp deh ada cabe2 dikit. wong lagi mudik ke bengkulu langit 14 bulan, makannya pake rendang kok..hehehe..
- untuk melibatkan dia memasak, kayanya pengen deh, seru! tapi skg belum gw lakukan, palingan dia suka ikutan di dapur kalo gw mo masak apa, dia cuma gerecokin sayur2an ditenteng sana sini, atau minta bantuin ambil apa2 gitu..
apalagi yah? intinya bersyukur sih, langit bukan anak yang susah makan. cuma palingan kalo lagi teething suka begaya nolak2 makan padahal laper. dan alhamdulillah skg giginya udh lengkap, 16 biji, jd makannya udh normal lagi...
apalagi yak? tar deh kalo inget posting lagi :)

oiya lupa, mengenai posisi duduk selama makan. setelah baby walker-stroller ga mempan. skg langit duduk di meja-kursinya sendiri. bukan high chair yak :p kadang masih suka muter2 kalo nyuapin mbaknya *entah mengapa* tapi alhamdulillah kalo makan di luar yg ada high chair dia bakal duduk manis disitu..atau kadang enaknya, piringnya gw taro aja dimeja makan keluarga, dia berdiri di kursi atau dpangku, terus dia akan makan sendiri deh!

10

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

alo ninit.. top niy forumnya :) jadi lebih seru ngobrol disini timbang ngurus kerjaan hihihi..
adit: top markotop ma tips2nya dan turun gunungnya ngurusin makan anak2 :)

btw, ada yg punya tips2nya tuk anak yg dah gedean? 3-5thn? kbtulan anak2ku dari kecil emang spt yg diberikan tips2nya diatas. duduk di highchair, bebas ber-eksperimen.. smua berjalan sesuai ekspektasi (termasuk nyecer dimana2nya), sampe hingga high chair tak kuasa lagi menampung berat mereka. eng ing eng.. saatnya duduk di meja makan. waktu terlama sekitar 10min.. sisanya kaburrrrrr.... sampe akhirnya mamanya menyerah, membolehkan mrk makan sambil nonton tv :( asal duduk manis. berharap mrk melihat contoh yg baik dari ortunya yg tetep duduk di meja makan walo infotainment di tv menggoda.

yg gede sih duduk dgn baik. yg kecil ini masiii aja jalan2.. walo tiap disuap dia mau duduk. udah masuk makanan, jalan lagi... sesekali mrk makan di meja mrk sendiri .. mayanlah separo piring bertahan, udah gitu banyak alasan tuk minta disuapin lagi.

anehnya klo makan di resto, bisa tuuh duduk yg baik dimeja sampe makanannya habis. dua2nya. yg gede malah makan sdiri. apa artinya kita kudu makan diluar tiap2? hueuehuehueheue bankrut deh.

blom pernah dicobain sih waktu makan tv dimatiin.. kayaknya kuncinya di Aa-nya nih. klo bisa yg gede diculik tuk duduk manis dimeja, yg kecil kayaknya ikut. tapi kasian jg ya.. soalnya mrk boleh nonton tv cuma pas waktu makan itu, udahnya tv mati. mm jdi dilema. tapi tv kayaknya ga ngaruh jg, klo tontonannya ga oke... yg kecil jg masi aja jalan2 ga merhatiin ke tv.

skr lg coba metode stiker sih. baru aja nge-launch 'big boy stiker' tuk anak yg mandiri. yg udah2 mrk under program 'good boy stiker' .. lumayan efektif. moga2 yg big boy ini juga sama.. scara mrk lgs berbinar2 ngeliat stiker itu.

ditunggu ya tips2nya....

11

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

**postingan ini sebetulnya tadi bikin di baby, tapi setelah dipikir2 kayaknya lebih pas di sini karena berhubungan dengan makan



Hi parents,

Minta masukan dong.

Bayi saya 14 bulan. Makannya alhamdulillah lumayan. Siklus sih, bagus banget, terus males terutama pas lagi teething.

Yang pengen saya share:
Dulu dia sempet mogok makan, mungkin gabungan teething dan ternyata dia punya kebisaan baru; jepit makanannya alias bisa pinch grasp. Akhirnya setelah browsing, saya coba bikinin finger food buat dia dan alhamdulillah dia mau makan lagi dan makannya jadi semangat lagi.

Setelah ultah setahun kemaren, dia mulai belajar makan pake sendok tapi masih moody banget. biasanya akhirnya kita bantu nyendokin makanan, udah gitu dia maunya dilepas dan udah bisa nyuapin sendiri makanannya (nasi tim dan pasta serta sebangsanya)


Anyhow, yang sekarang saya butuh masukan adalah ini:

Kalau dia malas makan--dia cukup gigih ya, kalo nggak mau, nggak suka, ya nggak mau bahkan kita coba umpetin di antara makanan kesukaannya dia, dia selalu berhasil mengeluarkan makanan yg dia ga suka-- nah, klo lagi ga mood makan, dia suka tiba-tiba minta nyusu ASI sama saya di tengah jam makan. dulu nggak pernah begini.

Setelah saya amati, kayaknya ini leibh ke triknya dia untuk minta turun dari high chair karena kadang neneh-nya cuma sebentar dan nggak pengen2 banget.

Yang sudah saya lakuin adalah coba mengalihkan perhatian dia ke mainan dan ke makanan, tapi seringnya gagal, atau paling hanya mengulur waktu sebelum balik lagi dia minta nyusu/neneh. Waktus saya jawab,"iya, tapi setlah makan" yang ada dia malah ngamuk meraung-raung


Susahnya klo makan siang dan malam, seringnya cuma ada saya dan dia karena bapaknya belum pulang kantor. Jadi nggak ada yagn bantu distract dia dari minta neneh.

Nah pertanyaannya : dikabulkan apa gimana ya klo dia minta neneh selagi makan?

Yang saya nyesel sih, akhirnya memang dikabulkan nenehnya setlah dia meraung2 dan ngamuk yang katanya justru salah besar karena dengan begitu dia sudah belajar kalau dia ngamuk, pasti dapat neneh akhirnya... "(


mohon masukannya ya
makasih!

Cheers,
mommyrafe

Kadang saya perhatiin minta neneh di tengah-tengah acara makan ini kadang cuma sebentar jadi kayak semacam trik supaya diturunkan dari high chair hehehe...

Bingung nih bagaimana ngadepinnya. Sebetulnya katanya juga salah ya, kalau dia terkadung ngamuk akhirnya disusuin juga karena akhirnya dia belajar kalau ngamuk dikashi susu juga akhirnya sad

Thanks in advance

Mommyrafe

"Be a Miracle!"

12

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

cha...
kalo tips dari gue, ga ada selain... HARUS TEGA :).

karena ya itu bener banget cha, anak itu pinter lho :) jadi lebih di kita-nya aja yang harus tega dan jangan gampang luluh ;)

emaaang berat banget... tapi dicoba deh cha, jadi ibu yang sedikit tega ;).

dan usahakan konsisten. kalo mau nenen, ya harus makan dulu. soalnya anak kan seneng dengan sesuatu yang sudah biasa mereka alami (they know what to expect).

btw... tadi browsing trus nemu ini... ada ga ya di singapur?

http://j.b5z.net/i/u/2075403/i/foodface_648.jpg

*taken from http://www.worldwidefred.com/foodface.htm

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

13

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

hi, parents, mo share pengalaman aku dari ngamatin anak orang lain makan.

beberapa anak ternyata sangat ketergantungan dengan utensil kalo pas makan, jadi kalo nggak ada sendok, makan pake tangan menjadi masalah buat dia. bahkan ada yang nggak mau makan. ini terjadi pada anak2 usia sekolah (7-12 tahun) yang berinteraksi sama aku.

pada dasarnya esensi makan itu kan memasukkan makanan ke mulut dengan tangan. jadi utensil itu cuma alat bantu aja. yah memang kalo pake sendok dkknya tangan jadi bersih.

pernah baca di perkembangan sensori integrasi pada anak, disebutin kalo ketika anak mulai mengenal makanan dan menggunakan tangan untuk makan, anak juga belajar untuk mengenal tekstur lewat taktil pada tangannya. jadi kayak yang adhit bilang tentang experience, saat makan anak sedang membangun experience mengenal tekstur makanan salah satunya dengan makan pake tangan. ini juga merangsang koordinasi motorik halusnya yaitu mempertahankan apa yang dia ambil masuk kedalam mulut dengan sukses tanpa harus berceceran.

salam,
-tia-

not yet wife & mom, trying to take advance start

14

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

hi tia,

kalo saya ke alde... makan bisa pake sendok & tangan. memang terlihat pas dia makan pake tangan, dia jadi eksperimen misalnya pegang nasi trus diteken sampe rata... trus dia ketawa.

makan yang berceceran, trus mulai sedikit-sedikit dikasih tau supaya makan yang rapi. tapi ya yang ini agak susah, anak udah mau makan aja udah bikin ortunya happy berat :).

TFS ya tia :).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

15

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

jadi balik ke thread ini lagi karena si bungsu makannya lagi nggak teratur. Oh ya makannya bukan sedikit ya, tapi nggak teratur. Contoh, sarapan dia bisa banyak, macem2 pula, tapi nanti siang males makan, trus jam2 nanggung sekitar jam tiga sore dia lapar dan minta makan, tapi ya itu, malam jadi nggak mau makan dan kadang tengah malam suka kebangun dan tiba2 minta makanan yang aneh2, pernah suatu malam dia bangun dan minta kue lumpur, hihihi, antara kasian dan pengen ketawa.

Aku udah berusaha bikin dia makan dengan teratur seperti saran kang Adhit di postingan pertama di atas, misalnya saatnya jam makan ya kasih dia makan, tapi meski dipaksa, kalau lagi nggak mau ya nggak mau, kalo dipaksa malah muntah. Akhirnya akunya malah pasrah, yasudahlah kalo laper toh ntar dia minta makan juga..

Ada saran lagi urban mama? please, share, ya.., makasih...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

zata,
wah kenapa yaaa sabil? lagi ngga mood kali yah ta. kalo aku jarang ngalamin kayak gini... justru malah sebaliknya. pernah pas weekend, belum nyiapin sarapan... eh! anak-anak udah nagih. jadi kayaknya sih karena kebiasaan.

mungkin sekarang ini biarin aja sabil makannya ngga teratur dulu ta. pelan-pelan dikembalikan ke jalurnya lagi. iya itu sih, kalo laper pasti minta makan :) daripada pake berantem sama anak kaaan...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

17

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

nah kid #3 juga sama banget nih kayak Sabilnya kak Zata. Lagi kacau jam makannya, karena keasikan main.

Tapi kalo pas lagi mood, kid #3 bisa sejam sekali minta makan, persis kid #1. hadeehh..

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

18

Topic: Sharing Pengalaman - Makan Teratur

teh ninit, iyaa, capek kalo mau makan berantem dulu, jadi aku ikutin aja deh yang penting dia ada asupannya..

ahaha...kalo yang sejam sekali kaka2nya cinnn..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/