1

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Eh ada thread WWL, aku mo cerita dikit ya, baru berhasil sebulanan ini menyapihnya, jadi 2 tahun umur 5 bulan an lah bisa dibilang bener2 ngga mau nenen dengan sendirinya.
Perlu waktu 5 bulan buat aku untuk mencapai fase berenti nenen total, dan anakku juga punya kebiasaan mentil.
Kalau beberapa anak gampang untuk tidak nenen di siang hari, kebalikan dengan anakku. Justru kalo tidur siang tuh susah banget dia utk bs tidur tanpa nenen, jadi pertama justru aku mulai dengan menyapih di malam hari karena rata2 malam kan dah ngantuk, jadi di janjiin hadiah kalau malam ini ngga nenen besok mau hadiah apa? Nah trik reward ini cukup berhasil sih walau kadang2 sang anak pernah jg memilih utk ngga mo hadiah apa2 yg penting nenen. Hehhee lama2 kalau lagi inget n pengen dia cuma bilang jilat2 aja deh tapi gak nenen, abis itu tidur. Pernah juga gara2 sakit, proses WWL jadi kacau akhirnya ngulang lagi proses dari awal lagi. Nikmati ajah ya bagi yang sedang melalui fase WWL, sebulan udah ngga kasih ASI rasanya kangen juga masa2 ngasih ASI terus ketiduran, bangun2 badan seger banget rasanya. Hiks hiks sejak pisah asi jarang tidur siang anakku dan akunya juga gak bisa tidur siang. Hiks hiks...

2

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

nyimak..nyimaaak...2 bulan lagi Luke 2thn, deg2an mau WWL :D soalnya mpe sekarang masih getol banget klo pas ketemu pasti bilang 'nen'..

3

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

hello moms...aku mau share pengalamanku weaning..
actually anakku weaning waktu usia 23 bulan.. caranya cuma dengan cara aku berpisah sm anakku selama 2 minggu..dan pas ketemu lagi udah gamau nenen...wkwkwk sebenarnya awalnya ga maksud untuk weaning..tapi waktu itu kebetulan aku ada kerjaan ke luar negeri dan awalnya khawatir karena dari semenjak lahir ga pernah berpisah tidur malem.. jadi setiap malem anakku pasti bangun dan nenen minimal 3x..selang 2 minggu pas balik ke indo dikasih nenen malah gamau..antara senang dan sedih siih hehe karena sebenernya belom pengen weaning tp alhamdulillahnya jadi ga ada drama2 weaning.

4

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

ghina.r
mom, selama ditinggal 2minggu itu, gimana tidur malam anaknya mom?
Soalnya ada kemungkinan deket2 ultahnya Luke ke 2, mau ada keluar jg. Lagi galau, karena mikirin gimana nanti tidur malamnya, karna biasanya juga Luke bangun malem ya minta nen...

5

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Moms,
Luke is turning 2 tgl 31 mei kemarin dan saya sudah siap2 melaksanakan perjanjian menyapih yang selama ini saya sounding.
Biasanya saya sounding bahwa nanti setelah tiup lilin kue ulang tahun yang ke 2, umurnya sudah 2, berarti gak nen lagi. Dijawabnya, ok ok..iya.
Eh pas kemarin itu disuruh tiup kue ulang tahun, dia gk mau dong. Didorong kuenya...mungkin dia inget ya bahwa habis tiup lilin trus gak nen lagi.

2 hari berhasil gak nen, pas hari ke 3 minta nen lagi waktu di mobil dan karena maunya WWL jadi ya gak maksain juga harus langsung berhenti. Tapi adakah yang punya tips kalau mau menyapih gitu kan sakit ya dan bisa bengkak PDnya. Itu gpp kah? atau harus diapain?

6

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Ikut menyimak yah..
Sempet baca katanya buat PD bengkak, dikompres kubis.. Ada yg pernah? :D
Trus katanya jd moody gitu yah, gr2 hormon?

7

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

jody PD bengkak dikompres kol, ada nih salah satu TUM Family sharing di http://theurbanmama.com/forum/topic10-breastfeeding-p3.html

apa yang bikin moody nih? PD bengkak atau proses menyapih-nya?

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

8

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Hai saya mau share proses menyapih si kakak di umur 20m20d. Awalnya, saya tandem nursing karena beda si kakak-adik 15 bulan. Sempet khawatir soalnya banyak yang bilang bakal susah nyapih si kakak karena dy bakal liat nen terus. Begitu si kakak masuk 18m, saya mulai kurangin bertahap frekuensi nyusu. Tadinya 4x sehari (pagi, siang, sore, malem) trus sebulan kemudian dikurangin jadi 3x, trus 2x, trus 1x.

Tapi semenjak yang 3x sehari nyusunya itu saya kasih nen kalo dy minta doang. Tapi maksimal 3x dalam sehari. Tiap malem, saya bilangin ke si kakak kalo pas adeknya mau makan berarti tandanya berhenti nen. Pas nyusu 1x sehari, itu saya susuin bukan di waktu mau tidurnya biar dia bisa membiasain klo mau tidur itu gak harus pake nen.

Eh, 2bulan lebih kemudian tauk2 si kakak sama sekali gak minta nyusu. Pas mau tidur pun gulang guling aj nyari posisi enak. Tiap liat adeknya nyusu pun dia cuek aja. Tapi jadinya kalo tidur harus meluk kaki emaknya

9

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Yuhuuu, mampir ke thread ini lagi hihi.
Mau berbagi ttg WWLnya Luke. Akhirnya berhasil di 2thn lebih sebulan kayaknya. Sebenernya seperti yang saya ceritakan sebelumnya, waktu pas ultah yang ke 2 itu Luke udah gak minta nen, tapi beberapa hari kemudian minta, lalu kalau di mobil pas ngantuk banget juga minta. Gak tiap hari sih mintanya, jarang2. Sampai akhirnya bener2 berhenti total. Tidur cuma dikipas2in aja, dipeluk2, nyanyiin..senangnyaaaaa. Akhirnya setelah 2th 1 bulan itu saya bisa merasakan namanya tidur pules, kebangun cuma karena Luke minta minum air putih aja trus balik bobo lagi.

Wkt akhirnya berhasil WWL, rasanya terharu. Selesai sudah gelar busui saya hehehe, my baby is a toddler now gak nyusu lagi. Saya bersyukur juga dapet banyak ilmu dari TUM ini termasuk untuk WWL. Saya pernah baca tulisan mama siapa gitu ya..(lupa) tentang pentingnya sounding atau semacam hypno ke baby untuk persiapan menyapih dan puji Tuhan itu berhasil. Sounding dari sejak Luke umur 1.5th dan berhasil diusia dia 2th.

Dan yang penting WWL itu nyaman untuk ibunya, nyaman juga untuk anaknya :) Semoga yang lain juga berhasil yaaa.

10

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Wah senang ya kalo denger mama yang berhasil WWL, soalnya gw ga WWL sih haha karena ya sudah mulai tahap ngempeng nenen bukan nyusu lagi anaknya, jadi si ibu ini agak mulai gimana gitu karena koq bentar-bentar ngempeng, padahal makan udah banyak juga, susu UHT juga okey, jadi butuh nenen buat ngempeng deh. Pertamanya coba WWL tapi gagal total haha akhirnya pake cara lama deh, kasih pahitan dll itu dan ternyata ga mempan juga haha. Dan akhirnya mempan pas gw coba pake plester nenennya. haha, kebetulan waktu itu kan Jibril habis di imunisasi jadi di plester kan tuh bekas suntiknya, sakit kali ya, nah pas lihat nenen di plester dia bilang "ibu sakit ya nenenya?" gw bilang iya dan habis itu dia ga mau nenen lagi hehe. 

Lucu-lucu ya sebenernya cara buat nyapih hehe.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

11

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

aku deg-degan nih mau nyapih Dre... ya emang belum waktunya sih tapi aku belum ada pengalaman sama sekali karena Darren cuma kena ASI 1,5 bulan *tutup muka*

 dieta akhirnya berhasil dengan plester ya, Jibril pinter :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

12

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Haiiii, mampir lagi disini. Hehehe.
dede udah 16+ bln, dan krn gigi udah 7, mulai mau disapih. Sakit kl gigit. Mana kl nyusu rd ngasal. Makan nasi rendang, aus minta asi. Makan jeruk keaseman, nyusu. Manalah ga biasa minum botol, tp kl minum susu pk gelas bisa abis segelas, manjanya pol dan berasa merajai mama. 

Udah di acc paksuami utk mulai nyapih, tp kok jadi kurang rela... anak bungsuuuuu....

ah, emk melankolos. Doakan saya, ya, mama canteeks!

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

13

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

smangattt mummyhilya ...tp lucu deh si dede pinter tuh ya,, iyalah seerett abis makan rendang n jeyuk asem mom,,,hahhaaa,,, hayoo perpanjang aja kontraknya mom,,hihihii

sy blom ceriyta sni y, pglaman nyapih jareed bgttu hamil anak ke2,sensitif parah semester pertama ketemu dgn terribletwos...chaosss!perang hampir tiap hari,,,love-hate relationship gituu deh,,hehehe, berujung deh sama-sama ngambek ..eh jatohnya nyapihhh...hahhahaaa

Deevahawk | triosagittarian

14

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Menjelang dedek 26 bulan...kakaknya dulu WWL di usia ini dengan bantuan ayahnya yang telaten nemenin tidur, nah sekarang LDM-an nih :D. Kemarin suami libur kuliah 1,5 bulan belum sepenuhnya sukses mengawal prosesnya. Karakter anak memang beda-beda sih ya :) si dedek gigih anaknya hehehe.

15

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Saran aja nih mom klo aku WWL nya pakai comotomo,, soalnya botolnya itu empuk dan enak klo dipegang terus nipplenya juga sama kaya nenen ibu. Ampuh banget aku pakai Comotomo. Aku
juga dikasih tau sama kakak aku dan cari-cari di IG nya udah banyak yang pake dan cocok. nyapihnya gk ribet dan gk bikin anak rewel. ini juga cocok buat ibu yang kerja biar anaknya gak bingung puting. Untuk Urban Mama yang berminat coba aja cek IG nya @comotomo_id.

16

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

WWL si babang pertama-tama penuh dengan looooveeee.
Tapi ngga mempan ( atau ema'nya yang kurang sabar )
Jadilah pakai drama cinta. Weaningnya pakai pahit-pahit, pakai obat merah. hiiikksss :((
Dan tetap tidak berhasil. Jadilah si babang nenen sampai 3,5 tahun.

Pas 3,5 tahun, sudah bisa di ajak ngobrol. diceritain kala babang nenennya sudah lewat batas, susunya sudah abis. Bobonya sambil sayang-sayangan aja.
Tiap ingin bobo diobrolin gitu, lama-lama udah berhenti deh nenennya.

happiest mimi in d world with two amazing babies.. kaka n babang are all i really want in this world.. luv 'em so much...

17

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Lapor...alhamdulillah sudah dua hari dedek (26 bulan) udah berhenti nenen. Yang kasih sounding banyakan ayah, kakak, sama pengasuhnya sih (udah besar, maluu dst...sebenernya sih gak begitu setuju sama kata malu, jadi kalau kedengaran langsung suka saya koreksi). Tiba-tiba aja pasrah tidur tanpa nenen, padahal tadinya itu yang paling berat sebagaimana juga kakaknya dulu. Tapi posisi tidurnya jadi agak tambah aneh-aneh, hehehe, kadang minta tidur pakai bantal perut bundanya (hehehe, empuk kali ya), minta ditepuk-tepuk....

18

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Leila - waaa congrats ya. memang rasanya seneng bangga haru tapi gimana gitu yah kalau udah berhasil weaning itu. 

sekalian share, Vino hari ini pas 3 tahun, dan sudah berhenti menyusu sejak 2,5 thn. untuk vino saya ga pake pait ato lemon bener2 seriiiiiiing bgt sounding kalau sudah besar nanti nenennya berhenti ya Vin, biar bisa main lebih lama. awalnya lama2 berkurang drastis tuh jam menyusu-nya tapi sejak sering sounding tp begitu saya ada niat dalam hari, yuk ah serius nih weaningnya eeeh dia jadi kayak feeling deh hahaha kayak ngerti gitu bakal ga boleh nenen.. tp lama2 berkurang sendiri karena ga pernah ditawarin dan kasih pengertian itu. oh sama kalau malem tidurnya dikelonin sama daddyluv biar ga inget nenen :))

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

19

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Topic baru testing