1

Topic: Baby's Milestones

Mom Ghazy, anakku baru bisa jalan sendiri tanpa pegangan di 15 bulan. Sekarang menjelang 17 bulan udah lari lari. Dia kelamaan ditetah, karena ga pede. Kalau anak mom tipe hati-hati, cara stimulasinya bisa diboost rasa percaya dirinya. Jadi dikasih challenge yang gampang gampang dulu, setiap kali dia berhasil, disorakkin. Waktu itu anak saya mulai terbit percaya diri setelah terus menerus disorakkin rame rame (tantenya, oma opa, baby sitter, semua deh haha). Dibilang hebat, tepuk tangan, dll, terus dia jadi pede. Begitu dia pede, cepet bisa deh.

2

Topic: Baby's Milestones

Pernah baca baca moms, sering distimulasi aja sih, tapi memang proses dari dia tengkurep ke duduk biasanya bayi bisa sendiri:)

vlezya wrote:
Mamas, nanya donk.... baby ku dikiiit lg 7 bln, blm bisa duduk sendiri. Masi harus di pegang atau disandarin. Sebenernya bayi perlu diajarin duduk ga sih? Ada yg bilang biar aja, ntar juga bisa sendiri... gimana ya baiknya?

woroluvpink.wordpress.com

3

Topic: Baby's Milestones

Hi Hi..Mommies

ada yg pernah dengar ttg GDD? GDD yaitu anak yang tertunda dalam
mencapai sebagian besar hingga semua tahapan perkembangan pada usianya.

Anak saya mengalami GDD dimana umur 1.5 tahun belum bisa berdiri dan
berjalan, dia hanya mau duduk dan tidak bertahan lama duduk sendiri.

Sedihh bgt sih, dan beberapa kali ke dokter dikatakan anak saya normal,
cuma termasuk GDD sehingga tulang pinggulnya masih lemah jd belum kuat
untuk berdiri dan berjalan. Seperti anjuran dokter anak saya dibawa ke
fisioterapi utk latihan, namun belum kelihatan hasilnya.

Apakah ada yg mengalami hal yg sama? Please sharing ya moms..

Thank you..

4

Topic: Baby's Milestones

Lidya,
hai mama lidya, aku baru denger nih tentang GDD.

Kalo dari baca cerita mama lidya, aku jd inget anak tetanggaku. Anaknya jg telat duduk dsb. Ga tau kenapa, tp banyak yg bilang karena kurang stimulasi dari ibunya, jd gendongan terus.

Akhirnya anak tetangga ini bisa duduk sendiri waktu hampir setahun tp tetap gak bisa tegak. dari posisi tiduran pun kalau kita pegang tangannya gak ada respon mengangkat badan. Aku sih saranin buat di cek dan stimulasi, tp ibunya ga mau. cuma panik2 doang :(

beruntungnya sekarang (hampir 2y) anak tetangga udah mulai bisa duduk tegak dan sudah bisa jalan-lari walau mesti di awasin banget karena masih kelihatan lemes gitu, jadi setiap jalan pasti oleng kayak mau jatoh.


Semoga dengan rutin fisio, anaknya mama lidya juga semakin kelihatan perkembangannya yaa :) tetap semangat menstimulasi ya ma. 

btw, sudah berapa kali fisio ma?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

5

Topic: Baby's Milestones

Lidya Lidya Halooo mba Lidya, duh sabar ya mba semoga segera ada perkembangan. Kalo DSA ku selalu patokan sih harusnya kalo umur segini bisa ini ini ini, jadi kalo ada yang miss bisa segera ditangani

woroluvpink.wordpress.com

6

Topic: Baby's Milestones

halo mbak Lidya,
anakku termasuk yang telat duduk sama merangkaknya, jadi pas umur 8bulan anakku belom bisa duduk sendiri, bahkan didudukin aja badannya masih nglengkung ke depan, udah panik gitu akhirnya ak bawa ke klinik tumbuh kembang di Hermina Ciputat, di asses pake Denver, dan emang anakku late development untuk motorik kasarnya yang katanya emang jarang di stimulasi dan emang anakku sering digendong sama pengasuhnya (jarang tummy time), sama dokter disuruh fisio 2x seminggu. Setelah sebulan fisio alhamdulillah anakku udah bisa duduk tegak tapi masih belum bisa duduk sendiri, ak lanjutin fisionya tapi seminggu sekali aja soalnya tiap fisio anakku pasti nangis jejeritan,  di masa fisio itu paling 2/3 kali gak nangis, jadi ngerasa kasian aja, setelah lanjut fisio seminggu sekali, kira2 umur 10bulan gitu udah bisa duduk sendiri. Tapi pe ernya dy belum bisa merangkak, jadi dy ngesot gitu sampe kira2 umur setahunan dy udah bisa merangkak, kalo rambatannya sih udah mulai dari sekitar umur 10bulan. Setelah bisa merangkak, di umur 13 bulan ak stop fisionya, ak cek di denver, milestone jalan kan sampe 18bulan aja, jadi ak pikir ak latih aja sendiri di rumah untuk jalannya dan alhamdulillah umur 14bulan anakku udah bisa jalan. Jadi mbak Lidya, semangat yah.. Lanjut aja fisionya sama yg penting di rumah juga harus latihan, waktu disuruh fisio itu ak juga instruksi pengasuhnya buat sering lepas anakku aja tapi dalam pengawasan ya, terus rumah dibuat segimana nyaman dan membantu aja kalo pas latihan di rumah. Oya, bisa sering cek grafik denver juga mbak, jadi kita tahu milestone anak kita dan batas usia berapa sih harusnya dy sudah bisa apa gitu. HTH ya mbak :)

7

Topic: Baby's Milestones

Dear mbak lidya...
anak sy, azka, jg terdiagnosis GDD. sy prnh posting cerita tentang azka di link : theurbanmama.com/articles/perjuangan-untuk-menjadi-ibu.html

skrg azka sdh 4 taun dan msh menjalani terapi untuk mengejar ketertinggalannya. terapi yg azka jalanin skrg 3 macam mbak, terapi sensori integrasi dan okupansi, terapi wicara n terapi perilaku. alhamdulillah stlh kurleb 2 taun menjalani terapi, azka mengalami bnyk sekali perkembangan.

Semangat terus yach mbak...dijalani adja terapi-terapi yg dianjurin sama dokter...insha Allah ntar keliatan hasilnya ko.. :)

Topic: Baby's Milestones

Bunda wajar gak suh anak 9 bulan belum bisa tepuk tangan, gak ngerti bye bye sama klo ngambil barang kaya susah gitu

9

Topic: Baby's Milestones

Halo....apa ada grup khusus untuk anak yang sedang terapi tumbuh kembang ?

10

Topic: Baby's Milestones

thanks link-nya ya, very helpful

11

Topic: Baby's Milestones

cảm ơn link-nya ya, rất hữu ích