1

Topic: Check-up Kehamilan

Setuju sama @MommyHilya, alasan di negara-negara maju enggak sering-sering USG lebih ke arah biaya kali, ya. Soalnya di developed countries, asuransinya sama pemerintah langsung. Untuk alasan medis, rasanya juga belum pernah nemu dampak negatif tiap bulan di-USG ehehe. CMIIW ya ^_^

Jihan : simply a mom ;) ... http://jihandavincka.com follow me @davincka

2

Topic: Check-up Kehamilan

Hai Moms ...
Kalo aku check pertama pas udah 5w ke bidan. Nahh pas 8w aku sering mules-mules gitu akhirnya periksa ke dsog di RSB. nahh setelah itu aku balik lagi periksa ke bidan. Di TM2 aku kena wasir akhirnya periksa ke dsog di RSB lain. nahh skgr masuk TM3 ganti ke bidan lain .. kalo dihitung2 dah hampir 5 kali ganti2 bidan ma dokter .. gak bagus ya gonati ganti mulu? :(

3

Topic: Check-up Kehamilan

Vini Hujan wrote:
Hai Moms ...
Kalo aku check pertama pas udah 5w ke bidan. Nahh pas 8w aku sering mules-mules gitu akhirnya periksa ke dsog di RSB. nahh setelah itu aku balik lagi periksa ke bidan. Di TM2 aku kena wasir akhirnya periksa ke dsog di RSB lain. nahh skgr masuk TM3 ganti ke bidan lain .. kalo dihitung2 dah hampir 5 kali ganti2 bidan ma dokter .. gak bagus ya gonati ganti mulu? :(


awal-awal kehamilan aq juga gonta ganti dsog, untuk mengetahui kecocokan antara aq dan dsog nya dan untuk mengetahui argument mereka, kan beda-beda.
sampai minggu ke 37 sempet gonta ganti dsog/bidan.
sampai akhirnya jatuh pilihan ke dsog yang akhirnya membantu persalinan anak ke dua ku.

menurut saya gpp sich gonta ganti gitu asal kita sendiri buat catatannya dan dengan kehamilan yang tanpa masalah serius.

kalau ada masalah serius harus dikonsultasikan dengan intens.

4

Topic: Check-up Kehamilan

Hallo moms, mau ikutan share juga.. Dulu aku ketawan hamil saat sudah 5weeks, itu juga kontrolnya di klinik dekat rumah didaerah Cempaka Putih karena dadakan pas lihat hasil testpack positif.. Setelah itu aku tiap bulan gonta ganti rs dan dsog untuk nyobain mana yg paling enak.. Aku udah coba RSIA YPK Menteng, RSAB Harapan Kita, dan yang terakhir RSIA Bunda Menteng.. So far aku dan suami nyamannya di RSIA Bunda Menteng dan rencana mau lahiran disana bulan mei nanti.. Sebenarnya aku mau bgt coba kontrol di Brawijaya, tp aku sudah gak dianjurkan gonta ganti lg karena letak plasentaku nutup jalur lahir (plasenta privea).. Tp alhamdulillah pas sebulan yg lalu disuruh usg 4 dimensi, letak plasentanya sudah mulai naik.. Jd biar rekam medisnya gak ribet aku dan suami memutuskan untuk tetap kontrol dan melahirkan di Bunda..

5

Topic: Check-up Kehamilan

Hallo moms, mau ikut share juga. Kalau dulu aku, selalu tidak sabar untuk cek kedokter setiap bulannya penasaran perkembangannya bayinya sdh sejauh mana. Kontrol pertama waktu sdh di ketahui positif hamil, setelah itu sebulan sekali. Setelah minggu ke 27 jadi 2 minggu sekali. Setelah minggu ke 36 jadi seminggu sekali. Waktu hamil 7 bulan, aku USG 4D. Setiap kontrol cuma di USG aja, Tidak pernah diminta tes urin, hanya di suruh tes darah setelah minggu ke 32 untuk persiapan melahirkan.

6

Topic: Check-up Kehamilan

Aq baru hamil 15w,pertama periksa pas usia 4w dan sudah ada kantungnya, disuruh datang 2minggu kemudian, pas usia kandungan 6w. Stelah itu baru disuruh datang sebulan lagi, tapi baru kontrol 5minggu kemudian. Selama ini perkembangan janinnya sih bagus kata dokter. Minggu depan baru jadwal untuk kontrol lagi. Sampai saat ini belum pernah ditest apapun, urine, darah dll. Aq kira karena kehamilannya masih dibawah 16w,tapi liat2 pengalaman mamas semua banyak yang sudah diminta test dari awal.bahkan baru tahu juga kalau ada screening test gitu. berhubung ini kehamilan pertama dan jauh dari orang tua, thread ini bener2 bantu banget deh buat bekel konsul sama dsog nanti.

Happy mommy to Kiev
@littlekievid
[url=http://Http://www.myteetime.wordpress.com

7

Topic: Check-up Kehamilan

Dari sejak nyoba test pack, udah 5 kali kontrol dan 5 kali juga di usg. Alhamdulillah bayi sehat dan semuanya cukup (berat,air ketuban,detak jantung). Tapi belum pernah diminta tes urin, darah,dll..

Samaan nih mom thiti fitria jauh dari ortu-mertua plus kehamilan pertama. Akhir bulan kontrol mau ku tanyain deh ke bu dokter, semoga gak lupa akunya. Kadang suka speechless dan bahagia banget kalo udah disuguhin usgnya bebi, lupa semua mau nanya apa.

8

Topic: Check-up Kehamilan

mom DeviZ,sama nih suka speechless dan bahagia kalau udah diliatin baby di usg, sampai lupa mau nanyain apa aja.
Kemarin kontrol lagi pas 16W,dan akhirnya dikasih rujukan/pengantar buat tes urin+darah lengkap dan TORCH. Dsog bilang yang penting sebelum 20W dan bisa milih tes dimana saja. kebetulan sekarang aku domisili Yogya, dsog nya Dr.dety(Hapyland), tapi kemarin setelah hunting tlp ke beberapa RS, tes nya ke Rs. Panti Rapih. tes darah+urin lengkap+TORCH (minus hsv1) total RP.1.57juta.Paling murah dari semua Rs yang aku survey.Pelayanannya pun ok, cepet dan memuaskan.Hasilnya bisa diambil 1 jam setelah tes.Tapi ternyata hasil tesnya dikirim via sms juga. So far hasilnya sih bagus (baca sendiri sih) minggu depan baru kontrol lagi,sekalian minta dijelasin hasil tesnya.Semoga sih ok.

Happy mommy to Kiev
@littlekievid
[url=http://Http://www.myteetime.wordpress.com

9

Topic: Check-up Kehamilan

Halo moms, mo ikut share juga. Aku lagi hamil anak pertama 29w. Pertama periksa ke dokter setelah 2 minggu telat haid di RSIA YPK Menteng sama dr. Dyah bulan Januari. Waktu itu 6w, ukuran kantung kehamilan 1,3 cm. Begitu kontrol langsung disuruh tes darah lengkap, urin TORCH dan disuruh konsul lagi sambil bawa hasil lab bulan berikutnya. Sayangnya aku nomaden jkt-bdg jadinya bulan Februari aku kontrol sama dsog di bandung, sekalian nyobain dokter karena memang rencana lahiran di bandung. Hasil lab so far bagus, ga ada hasil yg aneh, semua elemen TORCH juga negatif.
Selama feb-sekarang aku kontrol sama dr.setyorini di Hermina Pasteur & RSB Emma Poeradiredja. Selama hamil usg tiap bulan, Alhamdulillah perkembangan bayi sehat, normal.

happy go lucky | IG: @armeliamelkias | armeliamelkias.wordpress.com

10

Topic: Check-up Kehamilan

Halo semua,
Mau tanya kalau amniocentesis di jakarta dokter siapa yah yg ok dan kompeten?
Kandungan 13weeks dan ada penebalan tungkuk 5,3mm :( dokter nyaranin ambil cairan plasenta (amniocentesis) utk akurasi apakah ada chromosome abnormalities... tapi baca baca di internet kok sangat tidak disarankan....
Mohom saran dan bantuannya ..
Terima kasih sebelum nya

11

Topic: Check-up Kehamilan

amniocentesis tuh apaan ya mom?maaf ga bisa membantu, cb cari second opinion sebelum ngelakuin tes2 lab gitu. tapi biasanya kan dokter tau apa yg terbaik, krn itu udh prosedurnya

12

Topic: Check-up Kehamilan

Akhirnya nge-TUM lagi.. sy hamil 7 minggu. Setelah positif lewat tespek sminggu lalu, tdi kontrol pertama kebidan aja itupun karna sedikit pusing2 jadi minta tensi darah. Berhubung ini anak kedua jadi kedokter nti aja tggu 10minggu skalian biar dah kelihatan pas di USG.

?The favor of God?

13

Topic: Check-up Kehamilan

Hello mama, aku mau ikutan share juga dsini
Pertama cek up usia kandungan 5minggu, baru telat smgguan. Karna masih kecil banget, jadi mesti transvaginal. Lewat transvaginal keliatan kantong janin sbesar 6mm. Pas cek juga ketauan kalau ternyata ada kista. Sempet sedih, bingung, takut, tapi dsog nya bilang kista nya masih kecil. Dikasih penguat janin sama suplemen, folavit. Di suruh balik cek lagi 3 minggu kemudian. Pas pulang juga aku cari tau tentang kehamilan yang ada kista. Kemungkinan sembuh, penanganan kalau ngga hilang, pantangan makanan..
3 minggu kemudian aku balik lagi k dsog yang sama (usia kandungan 8mggu) berdebar bangeeeettt. Cek tensi normal, cek berat badan udah naik 3 kilo aje. Hehehe. Di usg sudah terbentuk janin sbesar 1,6cm. Dan alhamdulillah kista nya udah ngga ada. Minggu ke 8 juga pertama kali di dengerin detak baby nya. Kali ini udah ngga dikasih penguat janin jd cuma dikasi vitamin, waktu itu dikasih domavit. Dsuruh balik lagi sebulan kemudian.
Sebulan kemudian balik lagi (usia kandungan 12minggu). Cek tensi normal, berat badan ngga nambah. Pas di usg detak nya normal, tangan kaki kepala udah mulai terbentuk, panjang nya sudah 5,8cm. Sama dokter dikasi domavit lagi karna ngeliat aku cocok, trus juga aku dikasi obat anti kontraksi karna aku mau pergi jauh..
Sampai dengan cek up 12minggu, aku juga ngga ada di suruh cek darah, urine, dll kayak cerita mommy d atas. Mungkin akan ditanyain pas cek bulan ini.

14

Topic: Check-up Kehamilan

Hello moms,mau ikutan share ya. Ini my first pregnancy yg kebetulan sdg terdampar di negri seberang (NLD). Di sini kontrol rutin selalu dgn midwife, usg sama sonographer dan kalu ternyata ada problem with pregnancy yg memerlukan intervensi medis, br dioper ke gyno. Jadi msg2 sdh ada porsinya.
Ketahuan hamil 6w, waktu itu ketakutan banget soalnya unplanned, jadi aku minum wine sampe pas hr ketahuan positif. Sempet rontgen at week 4 pula.
Spt di bbrp european countries, usg pertama di week 10. Jd sebelumnya cuman tes darah buat lihat level iron, sugar, torch, dan my blood reshus. Semuanya bagus, jd ga dikasih vitamin apa2. Cuman asam folat buat dikonsumsi sampe week 11.
Week 10 usg pertama, my little one udah gerak2 dgn jerky movementnya. Thank god, secara ketakutan banget ada apa2 ama janin.
Week 12 jadwal screening test (kombinasi blood test & usg), buat lihat kemungkinan birth defect. Ini yg paling aku takutkan secara aku consumed alcohol sampe week 6 dan x-ray at 4w prego. Syukurlah hasilnya negatif, tdk ada indikasi downsyndrome, bibir sumbing, gagal jantung dll. Sujud syukur :)
Week 20 jadwal anomali scan, buat ngukur semua organ vital my lil one, sampe ke ukuran ginjal dia. Semua normal kecuali letak placentaku yg low lying posterior. Most cases are it will scoot up as my womb grows.
Skrg masih di week 22 dan kudu nunggu 10mgg buat usg lagi.
Btw I'm having baby girl dan due date 25 August 2015
So far di sini pro normal delivery, jd berasa tenang. Hanya masih bingung ama pilihan kelas hamil, semua in dutch, bo. Pecah pala barbie hahaha

Happy pregnancy for everyone!!

15

Topic: Check-up Kehamilan

Halo mom, sy newbie. Skrng hamil masuk week 9. Pertama kali hamil pas dinas ke luar negeri 2 mingguan. Dari awal pergi sih udah ngerasa badan gak enak. Badan panas dan sempet flu. Jadi dikira flu aja.

Begitu dah kerja 3 hari, kok makin parah rsanya badan. Pusing gliyengan, panas, dan nyium bau makanan muntah-muntah. Trus iseng test pack, eh positif. Tp disini aku pasrah aja moms, karena tau dalam 2 minggu akan kerja fisik teramat keras, plus juga pulangnya naik pesawat kurang lebih 22 jam. Jadi saat itu aku udah tau resikonya dan cuma bisa berdoa janinnya kuat.

Pulang ke Jakarta, rencananya istirahat sehari baru besoknya ke dokter buat check up pertama. Tapi apa mau dikata, pas pagi hari sebelum ke dokter, aku bleeding. Jadilah yg tadinya mau kontrol pertama, malah disertai keluhan. Check up pertama di RS Hermina Ciputat yng paling deket sama rumah. Di US transvaginal, letaknya si janin udah turun dan gak nempel ke dinding rahim plus ada pendarahannya diantara dinding rahim sm janin. Ihiks....Alhamdulilah banget sih janinnya masih kuat. Dokter sampe terheran-heran sama aktivitas aku selama 2 minggu sebelumnya, dan liat janinnya masih kuat. Terus akhirnya cuma dikasih folavit sama obat penguat yang dimasukkan lewat belakang. Katanya itu dikasih yg dosisnya paling kuat. Plus disuruh bedrest total selama 1 minggu. kalau nggak bleeding lagi sih disuruh dateng lagi setelah dua minggu. Tp kayaknya aku mau kontrol lagi setelah seminggu ini karena kan harus mulai kerja lagi...Biar akunya lega, si janin bisa dipertahankan atau enggak. Doakan ya moms....

16

Topic: Check-up Kehamilan

monaco,
hugs... aduh beneran deh tegang banget pas baca. alhamdulillah janin kuat yaaa. iya sih bener harus bedrest kalo ada pendarahan.

sehat2 yaaa mama monaco. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

17

Topic: Check-up Kehamilan

@momNinit,
Makasih ya... Sekarang tinggal nunggu hasilnya. Mudah-mudahan sehat. Kalaupun belum bisa dipertahankan, akunya udah ikhlas...Apapun yang terbaik menurut Allah aja....

18

Topic: Check-up Kehamilan

monaco,
amiiin. betul... yakin apa yang terjadi pada kita adalah yang terbaik menurut Allah. hugs. sehat selaluuu... :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

19

Topic: Check-up Kehamilan

hai Mom monaco..
gimana kelanjutan perjuangannya?
hug hug buat kamuuu..

Putri Widyastuti - A happy mom and a fortunate wife
Yuk, ke Lapak Perawatan Pasca Melahirkan Mom N Care di Mamas's Mall !
FREE 2 Gurita TALI SEPATU. BOOK NOW ya, Moms!!
www.momncare.com | @momncare | Call 021-90304090 | WA 083821020300 | BBM 5AC40B3E

20

Topic: Check-up Kehamilan

hai moms,,
mau share ni,,ini kehamilan pertama saya, dan saya positif tokso saat cek dara di usia kehamilan 1 bulan..
saya akhirnya konsultasi rutin dengan dokter fotomaterna,
selain antibiotik dan vitamin, saya disarankan untuk tes air ketuban di usia kehamilan 20-24 minggu..itu jadinya dokter mengambil sampel air ketuban dikandungan saya untuk dicek lebioh lanjut apakah janin saya tertular tokso atau tidak..
apakah moms ada yang pernah punya pengalaman tes air ketuban? atau tes amniosintesis?
kalau ada mohon share yaa, soalnya deg degan nii hehehe

21

Topic: Check-up Kehamilan

riris, belum pernah sih ya tes seperti itu, tapi dijalanin aja dan semoga janinnya sehat dan tidak tertular ya

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

22

Topic: Check-up Kehamilan

moms, 
kalau aku di awal kehamilan (usia 6 minggu) aku tes TORCH dan hasilnya aku positif tokso..
setelah itu aku dirujuk ke dokter kandungan spesialis fotomaterna..
nah sama dokternya selain aku dikasih obat dan vitamin setiap kontrol sebulan sekali aku selalu USG 3D atau 4D buat memastikan kondisi bayinya.

nah nanti usia kehamilan 24 minggu ( minggu depan ini si.. hehe)
aku disarankan buat tes air ketuban, jadi dokternya ambil sample air ketubanku buat mematikan apakah bayinya tertular tokso atau tida. 
Apakah moms pernah ada yang punya pengalaman tes air ketuban? pliss share ya,,thank you so much moms ^^

23

Topic: Check-up Kehamilan

tes aku pada saat pemeriksaan di dokter sih cukup banyak ya; cvs, amnio apa gitu. itu dah sejak dari awal kehamilan. biasa sih cek sebulan sekali. Emang lumayan mahal sih. Biar gak 5 menit, mending dokternya diinterograsi aja. loh?

24

Topic: Check-up Kehamilan

kalau check up, banyak-banyakin tanya sama dokternya ya moms gimana kondisi dan apa yang boleh dan gak boleh selama hamil. karena kan kondisi ibu hamil beda-beda.