1

Topic: Toilet Training

emakkucetar,
Sering-sering di sounding aja kalau mau pipis ajak mama/ibu ke kamar mandi yaa..
Trus sering-sering ditanyain juga udah berasa mau pipis atau belum..

Kalo boleh tau, anaknya udah umur berapa?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

2

Topic: Toilet Training

salam kenal mamak2 semua.. 

duh, daanish april nanti umurnya 3 tahun dan saya masih gagal mo TT in. sering di omongin, tapi tetep pengennya pampersan muluk. akibat emaknya juga males ngajarin dr awal nih kayaknya. jd sekarang pasrah aja. berharap smoga nanti kalo adeknya lahir, dg sendirinya daanish berhasil di TT. 

biar gantian biaya pospaknya :p hahaha

happy mommy, happy wivey @rarsyini

3

Topic: Toilet Training

rizka, ayooo mak di coba aja jangan langsung seharian gitu, coba aja pagi ampe siang ga pake diapers, kalo ngompol gpp, proses dia belajar nanti lama-lama dia bilang senidri kalo mau pipis. 

Jibril kalo dari pagi sampe malam masih aman ga pake diapers, tapi kl bobo malem pasti ngompol, jadi masih gw pakein diapers, lagi musim hujan juga kan ya, males jemur kasurnya haha. Sempet waktu kakaknya masuk rumah sakit kan gw titipin jibril nah dipakein diapers terus tuh, ehh keasyikan anaknya minta pake dipaers terus, nah sekarang mulai lagi nih ga pake diapers kecuali bobo malem sama pergi-pergi jauh dan lama.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

4

Topic: Toilet Training

dieta

siap mak!! mungkin pake clana TT dulu kali ya, se enggaknya kalo kecolongan pipis ga ngalir kemana2 pee nya, stress saia liatnya. hahaha..

semangatt TT!

happy mommy, happy wivey @rarsyini

5

Topic: Toilet Training

assalamualaikum mamak mamaak
akhirnya bisa bergabung di TUM karna selama ini silent reader. heheh
aku juga mau sharing nih pengalaman TT aku.
alamak TT tuh bikin depresi juga ya hahahahha

mungkin tiap anak beda, temen aku ada yang anaknya dari 2 tahun udah lepas pospak. 
Kalau anaku Leia (3yo) pertama kali pipis sendiri pas 2 1/2 tahun. 
Tapi duluan Pup nya sih, dia aga jijik soalnya kan aku cuma pakein celana dalem (super nekat) trus pup nya keluar dari sela celana. dari situ dia kalo pup pasti bilang. Aku jelasin juga sih, kalo mau pup bilang biar ga kotor celananya iihh jorok kaan.

Kalo pipis, dulu anakku leia aga lama ya dia awalnya pipis dulu baru bilang, tapi ini udah bagus, berarti dia udah aware. tiap 2 jam diajak ke wc jugaa.. Tetep dikasih tau baik baik yang bener (padahal dalam hati mau nangis). 
Trus mungkin kalo cuma diomongin aga kurang mudeng. akhirnya biar menarik aku pake bantuan video di youtube dan game hp. Video yang Leia suka judulya "Princess polly potty" versi cowonya juga ada.
Naah surprisingly setelah liat video ini dia malah langsung rajin pipis ke wc, katanya "Biar kaya princess" hahahah

Pelajaran yang aku dape setelah Leia lulus TT adalah
Kalo udah mau lepas jangan pernah mundur, maksudnya jangan dipakein pospak lagi. mungkin kalo pergi jauh, atau nginep di rmh mertua hihihi  pakein aja. Kalo bobo awalnya aku pake Clodi, abis bobonya suka akrobat jadi dipakein perlak tetep ngacir. 
Kedua Sabaaarrrrr sabaaarr yaampun ini syusyaahh yaampuun.. apalagi buat mamaak yang ga ada ART hrs siap selalu kalo pipis n pup kemana2, belom cucian....

inget aja kalo potty training is developmental process, not a race!
kesiapan anak juga beda-beda, fokus sama anak kita aja.
aku dulu sempet panik kok temen ku tuuh dua taun udah bisa (teteppp... loohhh sirik ga baik hahahahha)

Tapi tetap semangat ya mamak semuaa!! 

6

Topic: Toilet Training

Tuluuuung...mak.. Luke belum mau nih pup di toilet. Senengnya pup kalau pas udah dipakein popok krn mau tidur. Biar udah mules, tetep ditahan supaya gak pup karna gak dipakein popok.
Sampe bolak balik dibawa ke toilet tetep gak keluar. Abis itu ngajakin bobo karena biasanya kalau bobo pasti dipakein popok, udah dipakein popok eh bentar lagi malah pup dengan puasnya >,<

Kalau dirumah, biasanya gak dipakein popok dan diajak pipis juga udah mau walaupun kadang masih kecolongan ngompol dicelana, tapi urusan pup kayaknya ogah banget kalau duduk di toilet nih.. ada yang punya saran?

7

Topic: Toilet Training

Haha lucu banget ya Luke, padahal biasanya anak-anak pup di popok karena ga bisa nahan sampai ke toilet. Ini bisa nahan supaya pup di popok hihi.

Kalo Rey kebalik mam, kalo pipis ga bisa nahan kalo pup uda bisa sampai ke toilet baru dia pup. Kuncinya kayanya butuh segudang stok sabar dan konsisten ngajarin yah. Semangat Mama Evaws :)

woroluvpink.wordpress.com

8

Topic: Toilet Training

Jibril sekarang kalo mau pub udah bilang, jadi daia pub di toilet karena lagi toilet training juga kan. Nah kecuali kalo dia mules malem-malem jadilah pub di diapers, kebetulan malem masih kupakein diapers karena kadang dia suka bablas ngompol, kalo dari pagi sampai malam sih udah ga ngompol lagi, makanya mau pub aja dia minta di toilet

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

9

Topic: Toilet Training

dulu saya ngajarin toilet training anak saya cukup sulit. saya cuman modalin popok sama pengalaman dari orangtua saya. beruntungnya popok yg saya pakai memiliki daya serap tinggi

10

Topic: Toilet Training

Halo mamas, saya juga lagi TT si bungsu nih.

Dulu kakaknya lancar jaya sukses lepas pospak umur 18 bulan.  Saya cuma perhatiin sih kalau popok malamnya penuh atau ga, saat keseringan kering... sepertinya udah siap TT dan akhirnya saya coba dan berhasil. Caranya mulai waktu mau bobo malam ditatur, tengah malam ditatur, subuh ditatur. Bangun tidur ditatur, abis mandi pagi ditatur dan tiap 2 jam ditatur lagi.

Nah yang bungsu ini kok sepertinya lebih sulit ya, anaknya cuek deh kalo habis BAK atau BAB. Sedangkan si kakak lebih risih kalau popoknya kotor. Itulah ya, beda anak beda karakter :D

Kadang gemes deh kalau si bungsu disuruh pee di potty malah jadiin pottynya mobil-mobilan :D

Ada yang punya pengalaman yang sama?

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

11

Topic: Toilet Training

Waah, memang hal toilet training, kadang kadang butuh extra perhatian, dan memang harus sabar sebagai mama dan papa, tetapi yakin pasti anak anak kita bisa, anak anak adalah fast learner pada dasarnya.
Thanks

12

Topic: Toilet Training

Waaah topik yg sangat menarik ya. Naura (19m) juga mau aku mulai TT tp masih ada ajh kendalanya. Mama nya selalu pulang mlm, dan klo mau latih bangun tengah mlm buat di tatur kayaknya aku nya yg berasa beraaat banget karna ngantuk banget

13

Topic: Toilet Training

Moms, idealnya toilet training ini diajarkan di umur berapa ya ?
sekarang anak saya baru 1th, di beberapa hari ini lagi saya ajarkan. Meskipun belum pernah dia pipis atau BAB ketika training.

14

Topic: Toilet Training

Merpss,
Coba deh klik di page satu,postingan mama Thalia yang ini. Semoga menjawab ya..

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

15

Topic: Toilet Training

hallo mama-mama,
anakku 1 tahun, baby A, baru memulai toilet training nih. aku baca-baca thread ini sampai tamat :D  ^lap keringat^ tapi worth it banget. lengkap! tipsnya bagus-bagus dan senang deh baca pengalaman mama-mama semua di sini. 

semangat! ^^

16

Topic: Toilet Training

Halo mamas,
Anakku si kribo (32 bln) Sekitar seminggu ini kl siang lepas pospak. Pipis dan pupi di toilet
Bulan lalu dicoba lepas pospak kayaknya dia blm siap. Yang ada dalam 10 menit dia pipis bisa 3-4x ihihihihi jadi kembali aku pakaikan pospak.
Terus dicoba lagi minggu lalu eh ternyata langsung minta ke tiolet untuk pipis dan pup juga langsung mau nongkrong.
Malam masih pakai popok krn emaknya masih belum percaya *tutupmuka* padahal kl pagi pospaknya kering.
Malam ini mau dicoba untuk lepas pospak 

Semangat TT mamas......

17

Topic: Toilet Training

bilu, gpp kalo malem masih mau pake pospak dulu, tapi coba siang nya konsisten untuk ga pake pospak, kelama-lamaan anak akan terbiasa dengans endirinya. Nah coba juga sesekali lepas pospak, dan ketika anak agak terbangun pas tengah malam, coba ajak pipis aja ke toilet, lama-lama dia akan terbiasa dengan ritual yang ada. Ya walaupun kadang masih suka kejebolan ngompol sih, hehe

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

18

Topic: Toilet Training

Naahhh.. ini nih, Chelsea (27months) juga lg TT.. coba pake training pants, ngomong pipis sih, tp klo udh basah. Trus klo bilang pipis, pasti gak mau diajak ke toilet. Bakalan ngamuk trus kabur..
Tapi klo lg di toilet, pasti dy bilang pipis, meskipun gak pipis juga..
Emang musti sabar extra, pelan pelan ngajarinnya *sambil menghela nafas dalam dalam 

*Bless Mom of Chelsea Almahyra Syach*

19

Topic: Toilet Training

 Halo mama dieta hadi,

Puji Tuhan kemarin malam berjalan lancar, gak pk drama kebobolan ihihihi dan tadi malam pun lancar juga tanpa popok dan gak ngompol.

Tinggal dicoba kl pergi jalan keluar rumah tanpa pospak *deg2an 

20

Topic: Toilet Training

Nadia mulai TT ketika menginjak usia 2 tahun, awalnya saya gak PD karena posisi saya kerja dan Nadia dititip sama omanya, khawatir oma kecapean kalau harus pel in case Nadia pipis/pup di celana.
Sesuai pengalaman saya, kita sebagai ortu harus lihat dulu apakah anak siap/tidak untuk TT, lalu kita liat diri kita juga apakah kita sudah siap direpotkan dengan adaptasi TT.
setelah ready, maka harus konsisten. 

Saya awali dengan TT BAB, karena frekuensi BB kan gak sesering pipis, dan siapin penyangga dudukan dengan karakter yang anak suka, biasanya anak akan inget tiap x mau pup dia akan inget dudukan toiletnya.
Next step, ketika sudah lulus TT BAB, saya lanjut ke TT pipis. Nah yang ini Nadia agak lama, hampir sebulan dan beberapa kali juga pipis di celana dan kasur. Tapi saya rutin brainstorming Nadia dan kasih pengertian bahwa pipis harusnya di kamar mandi, bukan di tempat tidur dan ruang tamu dll. It works!
Saya mulai dari bangun pagi sampai mandi sore krn jdwl bobo siang kan ga panjang spt bobo malam.
sekarang, kalau mau bobo malam harus pipis dulu dan puji Tuhan malam juga sudah lepas diapers.

Tetap semangat moms, tenang aja drama TT pasti berlalu :)

21

Topic: Toilet Training

hai moms,
toilet training memang harus diajarka sedini mungkin supaya anak tidak tergantung dengan diapers, apalagi sampai besar anak tidak mau lepas diapers.
jangan sampai ya moms.

No promotion of business of any kinds in the forum -mods-

22

Topic: Toilet Training

Kait skrg 25mos lagi proses toilet training nih, seharian sampai bobo sih udah gak pake diapers, cuma ya itu tiap 1jam harus kita bawa pipis krn anaknya gak mau ngomong.. tp kalo mau pup dia mau ngomong, kalo malam masih pake diapers tp udah bbrp hari ini ak cek sampai bangun pagi diapersnya kosong. Kalo pegi2 sih pastinya masih pake krn bakal ribet kalo 1 jam sekali harus cari toilet umum.. sebenernya kalo tt baiknya lepas sama sekali aja diapersnya apa baiknya masih pake ya sekedar buat jaga2 biar ga kebobolan

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

23

Topic: Toilet Training

Kait sama persis sekarang kaya Rey, masih pe er kalo bobo malem dan memang kita masih harus rajiiiiiin bawa ke toilet sejam atau dua jam sekali. Hamdalah ya progress nya lumayan cepat dan yang no clue di toilet ngapain sekarang uda lancar. 

Semangat mama!

woroluvpink.wordpress.com

24

Topic: Toilet Training

Aku juga melatih anakku potty training nih. Riri, 2 tahun akhirya mau dan bisa pup dan pipis di toilet. Karena anak pertama sambil nanya ortu dan baca artikel . Akhirnya ada hasilnya :D

25

Topic: Toilet Training

help...

anak ku 2 tahun 11 bulan...sampe skrg aku belum berhasil roilet training..
memang dasarnya kami sbg orang tua yang belum konsisten...

aku baru nyobain dy lepas pospak itu 2 bulan yg lalu...tp bolong2 yang akhirnya jdnya tetep pake pospak..

soalnya kalau misalnya pakai celana dalam saja...dia itu bisa ga pipis lamaaaaa bgt jd aku takutnya dy malah nahan pipis...udah coba di bawa ke kamar mandi 1 jam sekali tp tetep ga mau... minumnya normal kok...

aku tau malah dia nanti jd sakit saluran pipisnya...makanya itu yang bikin aku n suami ku ga kuat mental jdnya balik lagi pake pospak lagi..

any solutions mama2 ku sayang...