1

Topic: Toxoplasma

Mamas,Papas sharing dong mengenai toxoplasma. Katanya ibu hamil ga boleh pegang/melihara anjing+kucing slama kehamilannya ya,krn toxo ini dr anjing+kucing ya? Yang gue tau dan gue baca di topik Animal Lovers, Thalia+Yudhis kan punya anjing..nah slama hamil ada perlakuan khusus untuk binatang peliharaan ga ya? Gue suka megang2 puddlenya tetangga soalnya dan slalu cucitangan si setelahnya..trus pagi ini sepupu ngelarang megang+deket2 ama anjing tetangga ini. Dasar guenya parno-an,gue jd khawatir ni sampe skarang :|

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

2

Topic: Toxoplasma

Baiknya sih semasa hamil agak menjauh dulu dari piaraan, gak perlu sampai diisolasi sih, tapi ya keep a safe distance, secara toxo itu bahaya banget buat Janin. Kalau sudah kena toxo sebelum hamil, baiknya konsultasi ke dokter dulu sebelum merencanakan kehamilan.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

3

Topic: Toxoplasma

Urban Papa, huks..iyasi yaaa..daripada daripada... :| Tar aja kali ya deket2nya. Thanks ya :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

4

Topic: Toxoplasma

nya, setau gue, toxo tuh mirip ama sakit cacar air. kalo udah pernah kena, ada antibody toxo di badan, jadi kecil kemungkinannya untuk kena lagi.

yang bahaya dari toxo: kalo kita kena toxo PAS lagi hamil, karena akan ada negatif efek ke janin. kalo kenanya SEBELUM hamil, malah bagus! soalnya, berarti ada antibody yang bikin kita ga kena toxo pas lagi hamil.

sebaiknya, sebelum hamil, tes Toxo dulu. kalo positif (meaning udah ada antibody toxo di tubuh), itu bagus. kalo negatif, mending hindari semua yang bisa bikin kena toxo.

trus, toxo itu dari mana?

intinya, toxo kalo ga salah dari pupi binatang... (CMIIW). jadi yang perlu dihindari:

- semua binatang peliharaan (anjing, kucing, burung, etc) dan binatang liar.
- jangan berkebun!! soalnya, binatang pupi di kebun. trus, pupuk dari kotoran binatang juga bisa bikin kena toxo.

pengalaman gue: waktu hamil aina, gue toxonya negatif. jadi harus hati2. selama hamil, gue ga pernah berkebun. tapi karena udah tinggal ama koda selama 2.5 taun dan ga kena toxo, kemungkinan besar (kata obgyn) kodanya ga ber-toxo. jadi gapapa main ama koda. yang ga boleh, main ama anjing yang ga dikenal. tapiiiii, jadinya koda juga ga boleh main ama anjing yang ga dikenal juga... biar ga kena toxo si kodanya.

btw, itu kata obgyn gue sih... HTH.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Toxoplasma

Thalia, oiya itu maksudnya gimana ya ga boleh berkebun? Menghindari kebun karna banyak pupi binatang dan kita ga boleh ngehirup/nyium bau pupi binatangnya atau karna kalo berkebun kita megang2 tanah dan takut tanahnya mengandung pupi binatang? Soalnya gue lumayan sering ke kebun depan rumah ngambil sirsak yang jatohan. Huhuhuhu,stupid question ya? Abis diriku jadi parno :| TFS Thal, seperti yang Urban Papa bilang, amannya jauh2 dulu ajalah ya ama binatang.. *jadi inget, dulu ibunya temen pernah ngajakin ke kebun binatang, untung gue nolak* Mmmpft..

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

6

Topic: Toxoplasma

Nyanya- ternyata kakak sepupu aku yg keguguran kemaren krn toxoplasma. Selain yg diinfoiin Thalia, toxoplasma jg bisa dari Makanan setengah matang khususnya daging.

7

Topic: Toxoplasma

BundanyaLana, hoiyaaa katanya ga boleh makan daging setengah mateng kaya bakar2an ya trus ama lalap2an. Dokterku juga ngelarangnya itu si. Thanks ya..

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

8

Topic: Toxoplasma

nyanya - jangan pegang2 tanah. sebaiknya sih, kalo mo pungut2 barang di taman, ing aja... ntar dicuci dulu. takutnya kena. rajin cuci tangan ya... trus main ama poodle tetangga diundur dulu aja ampe lahiran.

BundanyaLana ya ampun, ternyata yang waktu itu karena toxo ya? so sad... :(

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Topic: Toxoplasma

thalia wrote:
nyanya - jangan pegang2 tanah. sebaiknya sih, kalo mo pungut2 barang di taman, ing aja... ntar dicuci dulu. takutnya kena. rajin cuci tangan ya... trus main ama poodle tetangga diundur dulu aja ampe lahiran.


Ya' coba yang merasa suami saya..mohon membaca tulisan di atas dan dipahami. Terima kasih!

Thalia,
Noted! Thank you mami Thal..mudah2an ing baca ya :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

10

Topic: Toxoplasma

Nyanya

kalau aku pas hamil juga dibilangin dokter, hati2 dalam mengkonsumsi sayur mayur mentah (misal salad)
sebaiknya gak pesen salad di restoran karena you neverknow siapa tau nyucinya gak bersih (dan masih ada sisa tanah/kotoran yg mengandung tokso).
kalau mau salad makan di rumah aja, at least you know for sure kualitas kebersihannya...

hope it helps yah, dan good luck!

11

Topic: Toxoplasma

Thalia - iya mba kena toxo, saran dokternya mesti terapi dulu sebelum hamil lagi.

12

Topic: Toxoplasma

Hi all,

Baru positif hamil nih - 5 minggu dan setelah seneng aga2 freaking out panik membaca hal2 di internet *urgh the curse and blessing of internet*

Kita punya anjing kecil yg udah 4 tahun sama kita dan dia bersih toxo, kata dokter sih gak apa2 tapi si anjing kecil kita ini ngga boleh main2 ama binatang lainnya gitu.

Soalnya anjingku manja banget kalo dicuekin dan ngga diajak main seperti biasa, bisa2 stres berat hehehe.

13

Topic: Toxoplasma

peachmargarita - dulu gue juga gitu... anjing gue terpaksa ikutan kena karantina, ga boleh main ama binatang lain. takutnya dia kena toxo, terus nularin ke kita. yah, gapapa deh, cuma 9 bulan.

gue juga deket banget kok ama anjing gue (koda). selama hamil itu, kita tetep tidur satu ranjang, main bareng, etc. jadi kayaknya gapapa, selama si anjing udah bersih toxo.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: Toxoplasma

peachmargarita, yupp aku juga sama kaya Thalia, selama hamil masih tidur bareng sama anjingku...
Pastinya memang harus lebih menjaga kebersihan, rajin cuci tangan juga kalau habis megang dan mau makan, rajin mandiin,ehmm apa lagi ya?

Sekarang aku memang lagi ga tidur bareng coz sudah ada Va' dan dia masih kekecilan (Va' tidur bareng aku) jd terpaksa anjingku ngungsi ke kamar sebelah dulu kalau malem..tp kalau main bareng,dll masih jalan terus

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

15

Topic: Toxoplasma

Hehehe thanks yaa thalia & pinkmomma, gue kira gue doang yg aneh krn terlalu sayang ama anjingku...

Mungkin kalo udah lahir nanti baru puppy ga boleh tidur di ranjang yah?

16

Topic: Toxoplasma

peachmargarita - berhubung aina dari masih bayi udah pisah ranjang ama gue (gue ga co-sleeping soalnya), jadi anjing gue tetep tidur seranjang ama gue... hehe. tapi reason gue ga co-sleeping bukan karena pengen tidur seranjang ama anjing kok, tapi karena work-related reasons.

eh, ini OOT ga ya? hu hu hu.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Toxoplasma

Helloooo!

Tadi puppy gue sakit jadi dibawa sebentar ke vet sblm gue mulai bedrest...trus gue keingetan soal toxo, jadi gue nanya deh ke vet gue ituu, aji mumpung hehe :D

Gue cerita ke dia kalo lagi hamil, tes toxo negatif alias gak ada, dan si puppy juga bersih dari toxo. Gue tanya vet, langkah2 apa yang harus ditempuh supaya puppy tetap bersih dari toxo (selain gak main dengan binatang2 lainnya tentunya) dan gimana supaya gue gak ketularan?

Kata vetnya, "Ibu, emang kalo toxo itu TIDAK MENULAR kalo dari anjing...anjing tidak dapat menularkan toxonya ke manusia - berlawanan dengan kucing yang memang bisa. Kecuali Ibu memakan daging anjing yang ada toxonya."

Gue seneng bgt dengernya, hehehe, mudah2an tetep aman yah kalo gitu...poor puppy kalo dicuekin nanti bisa mewek terus deh...

Jadi ternyata cuma kucing yg bisa nularin toxo ke manusia, kalo anjing gak bisa, hanya kalo kita makan dagingnya - yang jelas gue gak bakal makan.

18

Topic: Toxoplasma

setau saya nih..sebagai mantan ibu hamil yg mengidap toxo cukup parah sampe keguguran 3x...awalnya krn saya suka makan lalapan,daging yg gak welldone..alias ikan bakar,steak atau bakso, burger dll...dan saya juga pelihara kucing.

nah kalau dari binatang katanya memang kotorannya lah yang ganggu..krn klo kucing itu ada virus toxo dan dia pup trus virusnya di tanah trus tanahnya untuk nanam sayur2 ya tertularlah kita..kalau daging2an yg gak matang saya kurang paham kenapa..tp intinya..selama hamil hindarin yg mentah atau setengah matang, atau harus yakin betul bahwa semua sudah bersih:)..

karena udah tahu dari setelah hamil yg ke4 akhirnya janin sehat...tp pengobatannya cukup mahal....jd pada masa prakonsepsi sptnya emang perlu gaya hidup sehat dan harus tahu betul makanan yg kita konsumsi itu dari mana atau bagaimana masaknya

a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

19

Topic: Toxoplasma

Sharing ya Moms..
Waktu tau hamil, suami langsung minta aq buat tes TORCH. Semua negatif yes, tapi ternyata IgG dan IgM toxo ku positif hiks. Walopun nilai IgM toxo ku cuma sedikit di atas nilai ambang batas, menurut SpoG, aq tetep terjangkit dan harus diobati. Sediiih banget, langsung deh kebayang ini itu.. Aq gak suka pegang2 hewan,tp emang suka banget sama sate,steak,lalap/salad, berkebun, makan di kaki lima (ternyata lalat jg salah satu carrier toxo)dsb..
Rasa bersalah,khawatir pasti ada. Mulai deh aq banyak cari info seputar torch dan tokso. Aq jg akhirnya mengkonsumsi obat yang jumlahnya banyak plus mahal itu.. Beberapa bulan kemudian aq pindah kota biar deket ma suami. Stelah tes darah untuk ke sekian kali, nilai igM masih positif. Walopun aviditas igG ku tinggi,tp dokter SpOg surabaya tetep nyaranin minum obat,ya sudah mau gmn lagi. Sampe akhirnya ktemu dengan dokter Robby Budilarto di RS. Mitra Keluarga. Beliau yakin bahwa aq gak terkena tokso. Dan nilai positif pada hasil igM ku hanya karena persisten aja jd muncul terus. Aq stop minum obat dan alhamdulillah Yama lahir sehat dan selamat. Semoga ke depannya gak ada efek buruk dr obat antitokso yg sudah ku minum sekian bulan di awal kehamilan ya Moms..

20

Topic: Toxoplasma

baiknya sih selama hamil emang binatang peliharaan diungsikan dulu.
waktu awal2 tahu aku hamil, hamster peliharaanku dan suami dikasihin ke orang, sempet sedih juga sih pas perpisahannya, tapi demi anak deh...
selain itu hindari jajan diluar, kalo steak sih setahu aku (dan udah konsul ke dokter juga) ga masalah untuk dikonsumsi ibu hamil ASAL pesen yg well done ya, malah katanya bagus untuk yang anemia (kebetulan aku memang anemia)

21

Topic: Toxoplasma

Mamas, aku juga sempet keguguran Februari 2014 lalu dan ternyata karena tokso igM aku 1,43. akhirnya terapi dengan obat2an yang banyak dan mahal itu T__T plus disarankan oleh dokter untuk tidak hamil dulu sebelum toksonya non reactive.

FYI, aku ngga pelihara kucing di rumah, juga ngga begitu demen makan lalap mentah...kalo sate dan steak doyan sih...hehehe...

Kata dokterku, tikus juga bisa jadi carrier tokso (terutama kotorannya) dan setelah diinget2, pas belum sadar kalo hamil yang pertama, rumahku sempet ditinggal liburan 1 minggu dan pulang2 keadaan rumah udah kacau balau dan bau tikus dimana2 *yaiksss* baunya itu looh ga ilang semingguan wlp udah dikasi desinfektan dan pewangi ruangan.

Alhamdulillah, walaupun tokso igM aku masi 1,17 tapi aku sudah hamil lagi sekarang dan tetap melanjutkan terapi tokso sampai akhir trimester 2. So far, perkembangan dede di perut bagus, kepala normal tidak ada cairan berlebih. Doakan ya Mamas semua supaya nanti sehat2 terus sampai lahiran nanti ^__^

Menunggu kehadiranmu di dunia, dede sayang...sehat2 selalu ya, Nak *kisskiss*

22

Topic: Toxoplasma

hai mamas, lama gak lanjut ya tentang toksoplasma ini.

sebelum aku nikah, aku inisiatif cek TORCH karena aku punya kucing dirumah. dan ternyata jeng jeng IGG dan IGM tokso aku positf dengan nilai IGM 1,8 .. setelah konsul sama calon suamiku waktu itu, dia lebih santai sih dan akhirnya kita memutuskan untuk tunda kehamilan.

eeehhh, emang dasar manusia hanya bisa berencana akhirnya aku hamil deh dengan jeda seminggu doang dari hari pernikahanku.

darisitu aku dan suami pasrah banget sama Tuhan.. stelah konsul sama dokter, beliau kasih aku spiramycin yang masih aku minum sampai skrg (30w).. so far dokter bilang aman, tapi aku masih was-was deh..

untuk mom Teta dan sienna22 yg punya pengalaman sama kayak aku, gimana kabar bayinya? aku selalu berharap sehat-sehat aja yaa.. mamas pasti tau rasa was-wasannya aku skrg nunggu kehadiran babyku ini :)

23

Topic: Toxoplasma

leny aryani
Memang kalau sudah rencana Tuhan itu tidak ada yang bisa menduga yaa.. Manusia hanya bisa berencana, Tuhan juga yang menentukan. Semoga kehamilannya lancar hingga persalinan dan semua lahir sehat selamat yaaa...
HPL nya kapan nih? Sudah ikut birthclub? Ikut yuuk.. biar makin banyak yang diajak sharing.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

24

Topic: Toxoplasma

Sharing ya... kalo ada yg salah tolong di koreksi ya....

waktu hamil demya dalam kondisi tokso positif tapi lampau (ini menurut obgyn yg disampaikan ke gw). nah jadi dr umur kehamilan 3 bulan aku di kasih obat untuk teratment tokso dengan aturan minumnya yg agak2 ribet (gw dah ga inget). waktu gw tanya tokso itu dari mana sih? inilah penjelsan dari Obgyn gw:

penderita tokso paling sering di alami oleh wanita yg memiliki binatang (anjing, kucing, etc) dan paling sering juga gw jumpai wanita dari suku Sunda (maaf ya bukan maksud SARA) karena mereka senang konsumsi sayuran mentah dan juga beberapa di jumpai pada wanita yang banyak meng konsumsi produk dairy (turunan keju dan susu)

jadi treatmentnya aku minum obat dan dilarang makan makanan mentah dan produk2 dairy plus tidak berinteraksi dengan binatang peliharaan.

dan pada bulan ke 7 gw di rujuk ke Dr. Arzen RSPI untuk konsultasi, cek kelengkapan anggota tubuh dll... terkait tokso ini. alhamdulillah hasilnya baik. dan demya lahir dengan selamat tidak kekurangan apapun sekarang sudah umur 4 Tahun....

jadi berdasarkan pengalaman saya tetep kudu konsultasi dengan Obyginnya dan mawas diri....

semoga lancar ya kehamilanya walau ada tokso....

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

25

Topic: Toxoplasma

kiri kara Aamiin semoga Allah yang jaga anak ini ya hhe.
tum birth club udh join wasap nya di TUMBC Desember 2015 dong.. hehe secara kehamilan pertamaku, jadi aku ga mau lewatin ini. Banyak banget ilmu dan sharing dari Mama lainnya yang sangat bermanfaat hehe.. beruntungnyaaaaa

putri.agustina hai mam, bener banget. selain dari peliharaan faktor utama nya dari makanan yg kita konsumsi juga. kayak lalapan, sate dan daging-dagingan yang kurang mateng pas dimakan.
alhamdulillah ya demya sehat-sehat aja.. semoga baby ku juga sehat-sehat juga, lahir selamat, sempurna tanpa kurang satu apapun, dan tumbuh kembangnya normal seperti anak-anak sehat lainnya.. TFS mama putri :)

hai, iy