1

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

Hai semuanya! Salam kenal yaa I'm new here..

Aku Rere, secara hamil anak pertama, banyak bingungnya nih nyiapin buat lahiran nanti. Dari awal married dan masuk rumah baru, aku dan suami udah berencana nyiapin satu kamar untuk baby. Dari awal planning perihal kamar itu, kami nggak ada keraguan sama sekali. Pikirnya, keberadaan kamar baby nampak cukup umum seperti yang kita suka nonton di tv HAHA. Tapi akhir2 ini, karena hamil udah mulai gede, orang2 (sodara, temen, tetangga) mulai bertanya2 ttg persiapan kami, dan kami sampaikanlah bahwa kamar baby sudah ready di ruangan itu.

Nah disinilah semua kebimbangan terjadi, karena literally semua orang otomatis bereaksi, 'HAA terus babynya disitu sendiri? Terus nanti kalau malem2 nangis emangnya kamu denger? Terus nanti kalau ada apa2 jauh banget? Terus..' etc etc etc. Jiper banget ditanyain begitu, di satu sisi gamau parno, tapi di sisi lain wondering jangan2 mereka ada benernya?

Sekedar info tambahan biar kebayang; 
Rumahku ini sebenernya rumah lama yang udah dirombak.Tadinya 3 kamar, dibongkar jadi 2 kamar yang terpisahkan wide space yang cukup besar. Jadi kamar baby dan kamarku nggak sebelahan, terpisah jarak sekitar 6meter kurleb. Tp utk memaksakan baby crib masuk ke kamarku itu sebenernya memang ga muat karena kamarnya kecil, kecuali mau mindahin lemari baju keluar dulu :( Kalau crib tetep di baby room, legaa nanti dede bisa punya area main, di sebelah crib juga masih bisa naruh kursi buat menyusui, gitu sih pemikiran awalnya.

Mulai lah aku research2 (telat banget ya researchnya) dengan stalking beberapa teman/sodara di instagram, dan baru notice bahwa hampir semua dari mereka ternyata bobo sama babynya. Jadi either si baby bobo di babycrib di kamar yang sama dengan mamanya, OR bahkan si baby ga pake babycrib dan sekedar diboboin di antara mama dan papanya gitu biar ga gelundung. Duh makin deg2an, makin berasa salah ambil keputusan. Tapi masih pengen denger dari mama2 disini, apakah ada saran / point of view lain? 



2

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

Hi Rere,
Sebenarnya tiap parents pasti punya pertimbangan sendiri dalam memutuskan sesuatu. Termasuk dalam hal newborn baby apakah akan di kamar yang sama atau berbeda. 

Apapun keputusannya, pasti sudah dipertimbangkan masak-masak. :) Jadi kalau Rere & suami sudah siap... do it! Karena yang akan mengalami dan menjalankan adalah Rere & suami.

Aku pribadi memilih untuk tidur bersama newborn. Memang tidak 1 tempat tidur, tapi crib-nya dekat dengan tempat tidur. Waktu anak ke dua, aku tinggal di HDB (rumah susun) di Singapura dan itu kamar masternya kecil banget :D tapi crib bisa masuk dan aku pribadi merasa nyaman tidur dengan kondisi newborn baby ada di dekatku. Jadi kalau ada apa-apa bisa gercep gitu lah :)

Kalau pisah kamar, tentu harus pakai baby monitor yah Re.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

Hi Rere,
Aku newbie di forum ini, dan mau nenangin kamu dikit. Don't worry, bayiku juga tidur di kamar lain kok! Dan rasanya enaaakkkk banget tidur gak diganggu baby, hihihi. Kalo bayi baru lahir, karena dia masih sulit bedain siang-malam dan bakal sering bangun2 tengah malam, memang sebaiknya awal-awal Rere ikutan pindah ke kamar bayi dulu sementara (siapin kasur lipat untuk tidur di lantai). Ini metodeku lho, tapi soal arrangement tergantung masing-masing orang. Nah kalo dirasa udah agak siap dan si bayi mulai bisa bedain siang dan malam, pelan-pelan di sleep training dengan cara2 yang dirasa cocok, membiasakan bayi tidur sendiri. Rere cukup nungguin di kamar bayi sampai bayinya tidur, lalu ditinggal. Nanti kalo tengah malam bayinya nangis lagi terbangun, jangan langsung disamperin, kadang2 bayi nangis cuma sebentar terus bobo lagi. Kalo udah sepertinya gak berhenti tangisannya baru disamperin, disusuin. Aku sleep training bayiku cukup cepat, seminggu-an dan dia udah bisa tidur sendiri pulas sampai pagi, di kamar lain ya. Aku cukup pasang baby monitor diatas baby crib-nya, dengan sound ON sehingga kalau dia menangis akan langsung kedengeran. Setelah semingguan di-sleep training itu baby ku yang awalnya tengah malam bangun2 terus, lama-lama jadi gak bangun lagi, dan baru terdengar suaranya nangis jam 6 pagi. Sekarang umurnya udah 18 bulan dan dia selalu bangun tidur dengan ceria, aku lihat di monitor jam 6 pagi rutin bangun dan main2 sendiri dulu di crib-nya, dan aku jemput dia jam 6 lewat 10 menit (supaya dia gak bosen dan nangis2). So, di Indonesia memang banyak ibu-ibu yang tidur sama mamanya tapi buat aku itu bikin aku capek banget dan kurang tidur, jauh lebih menyenangkan kalo bayi bisa tidur di kamarnya sendiri dan gak bangun-bangun sampai pagi. Baby happy, mommy happy!

4

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

Aku ikutan yah mommy-mommy.

Sebenarnya kalau aku sih lebih prefer untuk tidur gak pernah jauh dari new baby born, karena apa? We don't ever know what will happen in the middle of the night. Entah dia tiba-tiba terbangun tetapi kita sebagai orang tua gak mendengar. Kan kalau nangis gitu terlalu lama kasihan jadinya. 

Makanya aku selalu sediain baby crib di kamar dimana itu ada aku juga tidur. Supaya lebih terpantau aja sih, lebih aman hehehe... :) :) :)

5

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

urusan bobo bayi ini emang macem-macem sih yaa.. ada yang suka satu kamar sama kasur, beda kasur or pisah kamar. semua tergantung orang tuanya.

Kalau pisah kasur, pastinya sudah dipikirkan matang2 juga gimana kalau baby nangis malam or ada apa2. kan bisa pakai baby monitor juga, ada yg hanya suara ada yang pakai kamera jadi lebih terpantau.

Tapi model aku gini bisanya sekamar beda kasur, soalnya gak ada space lagi buat kamar bayi. trus kenapa gak satu kasur? mamanya lasak banget! takut bayinya ketiban :( (temenku ngalamin ini, kasian banget). trus ada juga sih yg sekamar sekasur tapi kebluk juga, jadi bayinya nangis kejer juga gak bangun.

jadi intinya ya itu tadi, dicocokin aja sama keseharian kita sebagai orang tua. apakah lebih nyaman pisah kamar atau barengan aja. karena seperti kata taglinenya TUM "there is always a different story in every parenting style", right urban mama? ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

6

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

Untuk tidur dengan bayi dikamar terpisah sih aku belum pernah ya, tapi kalo satu kamar beda tempat tidur memang iya. Anak di box aku di tempat tidur biasa, tapi ya terkadang satu tempat tidur juga, sesuai keadaan aja. Dan kufikir untuk masih bayi gitu sih belum pisah sih gpp, nanti kalo mulai besar baru diajarkan untuk tidur sendiri. Anak-anakku sih sudah pada tidur sendiri di kamarnya.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

7

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

Yg gedean udh pd di kamar sndiri walaupun seuprit. Yg newborn masi bareng tp baby di crib nya. Cm kl pas aku lg sakit baby pisah kamar lbh baik gt kl aku drpd ketularan flu batuk etc etc n kl lg siang pake masker biar lbh aman walaupun emaknya berasa kaya sesek napas

8

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

kalo babyku waktu newborn tidur satu kamar sama aku dan suamiku. sekarang udah 18 bulan sudah punya kamar sendiri, tapi kalo tidur tetep minta dikelonin sama aku dulu, baru bisa ditinggal2. itupun setiap bbrp jam selalu gantian bareng suami check2 dia. malah seringnya aku dan suamiku yang nggak bisa berpisah ga tega biarin dia tidur sendiri. duh. tapi lain lagi sama temanku yang nikah dan tinggal di luar negeri sama bule disana. sejak newborn udah dibiasakan tidur sendiri di ruang terpisah. mereka pakai baby monitor utk monitoring babynya. 

yang mana aja, yang penting baby dan parents sama2 nyaman moms. 

Kalau baby udh bisa tidur sendiri itu prestasi juga buat dia, juga buat parentsnya.


-edited by mods-

9

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

babyku tidur sendiri dikamarnya sejak dia lahir. monitoring pakai baby monitor. aku ada kendala dengan pemberian asi jadi pakai sufor dari dia umur 1,5 bulan, jadi nggak ada kegiatan nenenin ato ngelonin dia.

-edited by mods-

10

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

anak saya tidur di box bayi nya tapi di kamar yang sama dengan saya. tapi begitu dia bisa jalan dan mulai tahu ini itu, saya ajarkan utk tidur dikamarnya sendiri. 

11

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

anak saya tidur sama saya, sampe sekarang umur 2,5 taun blm bisa berpisah. dilema sih ini


-edited by mods-

12

Topic: Newborn baby tidur sendiri di kamar yang berbeda?

Gapap kok beda kamar, tapi pastiin  ada baby monitor. jadi tetap tahu kalau bayi nangis, dan mama papanya aware gak kebablasan tidur pas nangisnya gak kedengeran.