1

Topic: Hipospadia

mamas...ada yg bisa sharing tentang kelainan ini, dokter yg berpengalaman, biaya yg dikeluarkan, recovery bayi setelah operasi..everything related to hipospadia..tfs mamas..mamod,,aq gak OOT kan..

2

Topic: Hipospadia

bunda rashad, bantu share ya ... tapi nyontek dari kitab What to expect the first year, versi terjemahan halaman 165

"kami sangat bingung ketika mengetahui bahwa lubang keluar penis bayi kami berada di tengah-tengah dan bukan ujung penis "

kadang-kadang terjadi sesuatu yang menyeleweng selama perkembangan pralahir dari uretra dan penis. Pada kasus bayi anda uretra tidak berjalan sampai glans atau ujung penis, tetapi menembus di tempat lain.

kelainan ini disebut hipospadia dan ditemukan pada 1-3 dari 1000 anak laki-laki di AS

[list=*]

  • Hipospadia tahap 1 > pembukaan uretra berada di ujung penis tetapi tidak tepat di tempat yg seharusnya > dianggap kelainan yang kecil dan tidak membutuhkan perawatan[/*]
  • hipospadia tahap kedua > pembukaan berada di sepanjang bagian bawah tangkai penis, dapat diperbaiki dengan pembedahan rekonstruktif.[/*]
  • hipospadia tahap ketiga > pembukaan berada lebih dekat skrotum, biasanya dapat diperbaiki, tetapi diperlukan dua kali pembedahan.[/*]


    fyuuh banyak aja ngetiknya, mungkin mamas yg lain bisa share klo di Indonesia perawatannya gimana

    less ego, more heart
  • 3

    Topic: Hipospadia

    Hai bunda rashad cuma mau share untuk dokter di Indo yang mendalami hipospadia adalah Prof. Chaula Sukasah, akrab dipanggil Prof Ola. Beliau bisa ditemui di RSCM.

    Vania : Nata & Arsa's mom
    http://vaniasatriadi.com @drVania

    4

    Topic: Hipospadia

    sidta..wah thx bgt y infonya..berarti anakku msh ada kemungkinan gakusah operasi y,,scr yg hiposapdia 1..alhamdulillahh...

    bunvania..saya sih udah k rscm jg k dokter arry rodjani,,karena katanya kl yg untuk pediatrik,dia yang mendalami..kalo prof ola jg bisa menangani pediatrik jg gak y??

    tfs mamas..

    5

    Topic: Hipospadia

    bunda rashad, aku share link aja yaa http://www.bedah-plastik.com/hypospadia.html

    salah satu kalimatnya spt ini :

    dalam hal ini penderita akan dialihkan dahulu ke dokter anak untuk mendapatkan terapi hormonal sampai ukuran penis sesuai. Operasi sebaiknya telah tuntas dilakukan sebelum penderita memasuki usia sekolah.
    wrote:


    Berarti sebaiknya konsul ke SpA dulu baru lanjut ke urologist..cmiiw.

    - Provides a boy with the courage to explore the outside world -

    @shalihare ||
    http://dailyrolla.blogspot.com

    6

    Topic: Hipospadia

    Wkt vac k luar negri,,saya sempetin k dokter spoesialis urologis yg fokus pada hipospadia di negara tsb..alhamdulillah menurut dokter tsb,anak kami gak perlu operasi,cukup sirkumsisi sambil diluruskan alat kelaminnya...

    7

    Topic: Hipospadia

    Hi bunda rashad,

    mau tanya boleh? baby ku hipospadia juga, kata dokter ahli bedah anak, hipospadianya yang tipe penoscrotal.

    Baby nya bunda rashad gimana kabarnya sekarang? waktu itu ke dokter mana ya mom?

    Terus aku mau tanya, dulu waktu masih baby, pada lipatan-lipatan penis nya dan sekitar lubang pipis nya suka merah2 ga mom? Soalnya kadang baby ku suka merah kadang ga, ga tau apa penyebabnya. apa berhubungan dengan hipospadianya atau tidak.

    Semoga bunda rashad bisa bantu, terima kasih..

    8

    Topic: Hipospadia

    cara ngeceknya kalo baby penderita atw bukan gimana ya moms? Ada tanda2nya kah?

    9

    Topic: Hipospadia

    wah baru tau ada kelainan tipe ini, jadi langsung ngecek si baby Ed.

    Mamazra wrote:
    cara ngeceknya kalo baby penderita atw bukan gimana ya moms? Ada tanda2nya kah?


    cek fisiknya kali ya mam? lubang muara uretra nya ga ada di ujung penis. CMIIW

    10

    Topic: Hipospadia

    Hi Mamazra,

    Bener kata mbak siulien, periksa aja lubang uretra nya ada di ujung penis nya atau ga. Dan bentuk penisnya juga agak berbeda dengan penis anak normal. Bentuknya seperti penis yang udah disunat.

    Sebenernya ga berbahaya si mom hipospadia ini (kecuali yang udah parah bgt ya), tapi berpengaruh ke psikologis anak, karna tar ketika mulai sekolah, temen2 nya semua berdiri pipisnya, dia ga bisa berdiri. karena rembes gitu mom (karena lubang uretra ada di bawah), dan kalo udah menikah dikhawatirkan akan lebih sulit punya keturunan (ini juga karena lubang uretra nya di bawah). Makanya perlu tindakan lebih lanjut, yaitu operasi untuk buat saluran uretranya agar keluar di ujung.

    Mama-mama TUM ada yang punya pengalaman sama ga yaa? please share ya mom. :(

    11

    Topic: Hipospadia

    Di rscm juga ada dr aman pulungan ato dr bambang tridjaya ato ke dr nanis yg d bunda margonda..kl hipospadianya d pangkal penis umumnya d operasi karena berpengaruh juga ke nanti pengeluaran sperm

    12

    Topic: Hipospadia

    Maaf OOT... Masih seputar kelainan organ reproduksi bayi laki-laki... Adakah pernah dibahas 'undescensus testis' atau tidak turunnya testis ke kantong zakar? Saya cari2 threadnya kok belum ketemu. Adakah moms yang punya info ttg penanganan hal tsb? Makasiiih :)

    Blessed and lucky mommy :)

    13

    Topic: Hipospadia

    Halo miminiko diskusi Undescended Testicle bisa dilihat di link berikut ya. HTH :)

    Love my kids

    twitter & IG : @ndiievania
    blog : https://ndiievania.wordpress.com/

    14

    Topic: Hipospadia

    cindy wrote:
    Halo miminiko diskusi Undescended Testicle bisa dilihat di link berikut ya. HTH :)


    Makasiiih, udah dikasih arah yg tepat :)

    Blessed and lucky mommy :)

    15

    Topic: Hipospadia

    Dear Mamas,

    Ada yang sudah pernah operasi hipospadia kah? Pada umur berapa ya? Dan biayanya berapa? Kami sedang menabung untuk operasi anak kami. Boleh tau juga operasinya dimana dengan dokter siapa?

    Terimakasih

    16

    Topic: Hipospadia

    aku jadi buka website yang disarankan mama rella,
    dan ini ada ilustrasi ttg hipospadia:

    http://www.bedah-plastik.com/hipospadia.jpg

    tantri,
    tantri... anaknya umur berapa yah?
    setau aku untuk operasi disarankan anak umur 6-12 bulan. kalau di atas 2 tahun sebaiknya konsultasi dengan dokter (spesialis urologi) untuk tindakan medis. 

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    17

    Topic: Hipospadia

    ninit wrote:
    aku jadi buka website yang disarankan mama rella\,
    dan ini ada ilustrasi ttg hipospadia\:

    \[img\]http\:\/\/www\.bedah-plastik\.com\/hipospadia\.jpg\[\/img\]

    \[b\]tantri\[\/b\]\,
    tantri\.\.\. anaknya umur berapa yah\?
    setau aku untuk operasi disarankan anak umur 6-12 bulan\. kalau di atas 2 tahun sebaiknya konsultasi dengan dokter \(spesialis urologi\) untuk tindakan medis\. 


    Mba @ninit makasih advisenya Mba.

    Just sharing, karena nampaknya gak banyak yang sharing soal ini di web, akhirnya anakku baru saja selesai operasi urethroplasty untuk perbaikan hipospadianya di RSCM Kencana dengan dr. Irfan Wahyudi, Sp. U. Beliau ini memang salah satu pediatric urologist yang ada di Jakarta selain dr. Arry Rodjani, Sp. U.

    Pertama kali kontrol di usia 4 bulan, anakku didiagnosa hipospadia peniscrotal (tipe 3) dan beliau menyarankan untuk kembali di usia setahun. Di usia setahun, kami kontrol dan kata beliau bisa langsung operasi, tidak perlu ada suntik hormon terlebih dahulu.

    Akhirnya, minggu lalu anakku dioperasi di usia 18 bulan. Sore hari sebelum operasi, sudah masuk rawat inap. Besok paginya, disuruh puasa selama 6 jam untuk makanan padat, 4 jam untuk ASI, dan 3 jam untuk air putih. Operasinya sendiri selama 2.5 jam. Setelah operasi, di penis akan ada selang uretra buatan yang dicabut di hari terakhir rawat inap. Selain itu, ada kateter di bagian bawah perut untuk pipis sementara. Kateter ini akan dicabut 2 minggu setelah operasi. Selama rawat inap, anakku diberi antibiotik dan pereda nyeri. Selama rawat inap, anak harus diusahakan tidak banyak bergerak supaya lukanya cepet sembuh.

    Saat ini, kami sudah selesai rawat inap dan akan kontrol di seminggu kedepan untuk cabut kateter. Lesson learned, siapkan mental orang tua dan anak, jangan lupa selalu set ekspektasi ke anak, apa yang bakal terjadi, apa yang akan dilakukan, karena bisa jadi pengalaman yg traumatis buat anak.

    Oh ya, total biaya yang dikeluarkan kurang lebih 39.5 jt dgn kamar VIP (kamar VIP ini kelas paling bawah di Kencana). Kalau exclude harga kamar, biayanya sekitar 29.5 jt. Kata suster bagian urologinya, rawat inapnya bisa didiskusikan juga agar bisa di PTK atau Gedung A RSCM, namun biaya operasinya tetap sama.

    Semoga membantu :)

    18

    Topic: Hipospadia

    Hai mom, yang kayak gini mending ditantain langsung ke tim medis. coba konsultasi dokter. semoga sarannya membantu