1

Topic: Kelas Senam Hamil

Gita
Hmm.. untung2an kali ya.. pas kemaren itu (18/9), cuman ada 4 pasang, dan pas senam ada 1 matress kosong. Mungkin pada batalin, jd masuk deh. Deg2an nunggu yang sabtu ini, soalnya ngasih taunya pasti mepet buBidannya. kalo ga dapet, harus goshow ke senamnya klinik dr. achmad, skalian kontrol

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

2

Topic: Kelas Senam Hamil

Tickzie
enaknya cm dikit...mgkn gara2 lebaran kali yah..msh pd males enam hamil :D
aq sempet nanya sm frontdesk,ktnya senam hamil abis lebaran msh blm tau,jd aq ga ngerti klo tgl18 kmrn ada kelas :(
akhirnya aq komplain sm dokter ku :p moga2 tgl2 oktbr dpt deh :)

senam hamil tuh hrs brp kali ya?sekali ga cukup ya? *ketauan malesnya*

3

Topic: Kelas Senam Hamil

gita,
jaman aku senam hamil *kaya udah lama aja* dibilangin sama instrukturnya kalo sebenernya cukup dateng 1-2 kali aja. sisanya gerakan2nya bisa dilatih sendiri di rumah (exclude latihan mengejan ya. kalo ini harus ada yg mendampingi). setauku, gunanya senam hamil kan untuk melatih otot yg diperlukan supaya siap pas D-Day nanti.. dan harus rutin dilatih. tapi, imo, ga harus di tempat senam hamil sih.

4

Topic: Kelas Senam Hamil

gita
moga moga dapet kelasnya yaa.. senam hamil perlu, bener kata riri, buat ngelatih otot2 yang diperlukan. Memang ga perlu tiap kali di tempat/kelas senam hamil sih, IMO juga. Tapi kalo gue, selama masih bisa ikut kelas, ikut. Biar semangat, ada temennya. Bagusnya senam gue yang kedua, ditempat yang berbeda,lebih menyenangkan, dan lebih nempel dikepala gerakannya. Dan juga karena suami ikut disitu, ngeliatin, dan ngawasin, jadi ada yang ngingetin kalo gesturnya salah, atau ngingetin dirumah, gerakan yang bisa dilakukan sambil tiduran.
Recommend banget senam di KMC, tapi karena dapet kelasnya susah, sebaiknya punya cadangan kelas lain, drpd nunggu KMC ga dapet2 trus keburu brojol? :)
Gue pengen sekali lagi di KMC, moga2 dapet. Biar makin nempel gerakannya. dan apalin aja gerakan dan pernapasan yang penting buat proses laboring.

Semoga membantu, ya.

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

5

Topic: Kelas Senam Hamil

Riri
Pengen senam hamil tp mau liat dl kayak gmn..emang byk sih videonya,tp kan enakan liat lgs *malesnya ketauan lg deh* slma ini senam ku cm jalan2 di mal :p

Tickzie
Aq jg dgr di KMC bgs,makanya pengen bgt dsitu...suami jg maunya di KMC aja..b'harap tgl2 oktbr bs dpt nih..siapa tau qta bs brgan nih ;)

6

Topic: Kelas Senam Hamil

gita,
ah sammaaa.. olah raga andalan bgt tuh jalan2 di mol. sampe sehari sebelom lahiran jg masih maraton keliling mol :D

7

Topic: Kelas Senam Hamil

adhuuh.. maap.. Sabtu kemaren gue....kebagian lagi kelasnya hihihihi.
Lagi bruntung kali ye.. gue dapet 2 kali kelas.
Materinya kemarin ttg psikologi pasangan dan bayi.
Trus senamnya, sama kayak minggu lalu, komplit plit.
Minggu depan gue ga daftar lagi Gita.. gantian buat yang lain. Gue dua kali ( 1 kali di dr. AChmad ), cukup deh.. tinggal ngerjain / praktek senam2 dan gerakan yang harus dilakukan sehari hari, pas tidur, latih napas ( dada, perut, diagframa ), ama praktek dan inget2 kalo lagi kontraksi harus ngapain :D
Daan.. berenang! :)
ayo mamaas!

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

8

Topic: Kelas Senam Hamil

Tickzie,
wah berarti pas 2 minggu lalu kita ketemu ya? lo yang dimana? gw yang dateng paling akhir, telaattt *tutupmuka* paass banget pas senamnya mau mulai alias ngga ikut materi.

btw, TUM pernah keluarin artikel mereview buku Ensiklopedi Kehamilan dan Kelahiran oleh Dr. Miriam Stoppard disini . Waktu itu TUM ngadain kuis juga berhadiah buku itu dan kebetulan gw menang...Nahh, gerakan-gerakan senam yang diajarin di KMC itu sama banget sama yang ada di buku itu...dan gw pernah liat Bidan yang ngajar senam hamil bawa-bawa buku yang sama (udah rada lecek pula, hehe)

klo ada yang mau senam hamil sendiri di rumah, mungkin bisa baca buku Miriam Stoppard itu buat tau gerakan2nya...

metariza.com | mother of two |@metariza

9

Topic: Kelas Senam Hamil

Metaaa
Kayaknya gue tau elo. elo yang nyender di kaca paling pinggir kan yah? iye, telat dateng, langsung senam hihih.
Gue yang paling kurus lah :) di depan lo agak nyamping, nah lo? :) gue ngadep kaca, nomer 2 dari pilar. Suami gue botak tinggi kacamata. SUami lo yang mainan HP mulu ya? :P
So? bukannya kemaren uda gede ya hamilnya? usia kandungan paling tua bukan di kelas?
Hmm..Miriam Stoppard ya bukunya? coba googling deh.. gue cuman mau ngapalin yang bisa dilakukan pas udah di RS :)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

10

Topic: Kelas Senam Hamil

Tickzie,
hoiyaa gw inget lo *sambil sirik ni orang kok kurus amat, huehehe* iyaa, gw telat banget 2 minggu lalu itu, untung pas senamnya baru mau mulai *maluu* suami gw udah bosen kayanya tiap minggu dateng dan perannya cuma figuran plus dia KELAPERAN, dia bahkan sampe delivery Domino's makanya sempet ngilang ke bawah sembari bawa dompet gw buat bayar pizza, haha.

btw iyah, gw lagi menunggu jam nih...mudah-mudahan si baby cepet mau keluar. Dari minggu lalu braxton hicks terus, mudah-mudahan kontraksinya semakin teratur supaya gw bisa ke RS, hehe.

doain yaa..

metariza.com | mother of two |@metariza

11

Topic: Kelas Senam Hamil

Tickzie & metariza, kalian beruntung sekali bs dapet terus *sungguh iri*
tips2nya dong biar bisa dpt senam hamilnya...jd agak ragu tgl2 bsk bs dpt ato ga :( pdhl dah dftr sblm lebaran..tp suami bsk mau protes ke KMC krn ga dpt2 :D
apa aq hrs tlp bidannya ya? ada no bidannya ga? klo ada japri aq please *desperado*

12

Topic: Kelas Senam Hamil

Gita,
Usia kehamilannya udah brp minggu? Setau gw yg diutamakan dpt tempat adalah yg kehamilannya udah besar. Dulu gw daftar sejak hamil 29minggu tp baru dapet pas usia kehamilan 33 minggu (klo ga salah) 

Tipsnya apa ya? Dulu gw daftar sekalian buat 5minggu, jadi tiap jumat tinggal nunggu konfirmasi dapet apa ngga. 

Atau cobain sarannya Crey, 'ngadu' ke dokter kandungan lo supaya bisa dapet tempat...

Semoga cepet dapet tempat ya Gita

metariza.com | mother of two |@metariza

13

Topic: Kelas Senam Hamil

lucu ih baca ceritanya meta ama tickzie.. another TUM kopdar tanpa sadar (siapa ya yg mencetuskan istilah ini?)

meta, good luck ya dear! semoga lancar, amin!

14

Topic: Kelas Senam Hamil

Iya, Gita.. bener kata Meta,
Kayaknya yang diduluin yang hamilnya uda paling tua. Dan memang waktu sebelum lebaran, gue langsung daftar buat 2 minggu berturut2. Dan alhamdulillah dapet 2 kali itu. :)
Usia kehamilan gue 36 dan 37 waktu itu.

Sisca,
iya nih.. ga nyadar :P karena gua juga belum seminggu join TUM. hihih. my fault my loss. Coba tau dari dulu yaaa. Pasti udah janjian ama Meta dan lain lain :D

Meta
Badan kurus gue kutukan sejak lahir.. gue cungkring berat.. berat gue paling maksimal seumur hidup 48, dgn tinggi 167. Padahal makan kayak kuli. Harapan gue ya pas hamil ini. BB udah Tapi sia sia..yang mblendhung cuman perut doang. padahal uda naik 15 kg. Kalo duduk di resto suka ga dianggep hamil. :) , gue pengen chubby2 gitu padahaal. Biar segeran. :)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

15

Topic: Kelas Senam Hamil

Hi moms,
Aku minggu lalu nyoba senam hamil di sammarie wijaya...daftarnya bisa satu hari sebelumnya...dibedakan kelas ibu hamil di bawah 36 minggu dan di atas 36 minggu...bisa pilih paket 270 ribu untuk 4 kali,atau per kedatangan 75 ribu..untuk kelas di bawah 36 minggu gerakan yang diajarkan ditekankan untuk mengurangi keluhan pada ibu hamil.misal kaki bengkak,pegel pada tulang punggung dan ekor..juga diajarkan pernafasan..yang ngajar bidan..dibuka sesi pertanyaan..kelas di bawah 36 minggu mulai jam 08.00-09.30..dapat snack dan souvenir dari sponsor..

16

Topic: Kelas Senam Hamil

metariza, gw dah 38minggu nih...menanti senam hamil yg tak pasti..huhu..btw.congratz yah!baby girlnya lucu.. *liat di twitter*

Tickzie, kayaknya emang faktor keberuntungan yah *bdoa smoga tgl2 bsk dpt..komat-kamit*

nataya, thanx infonya nataya :) kbtulan gw dkt sm wijaya :) senam hamilnya hrs sm suami ga? soalnya suami kerjanya di luar kota, balik tiap 2minggu sekali :(

17

Topic: Kelas Senam Hamil

Mbak Gita,untuk kehamilan di bawah 36 minggu,masih belum bersama suami..kalau di atas 36 minggu,baru suami ikuuut...he..he..he..meski suami nggak ada pas jadwal senam hamil,datang aja..nanti instruktur yang akan membantu...:)

18

Topic: Kelas Senam Hamil

andin n mungkin juga buat para moms di surabaya, ada sedikit info tentang kelas senam hamil.

1) Siloam:
Sabtu pkl 16.00 biaya 25rb per kali datang, khusus untuk kehamilan 6 bulan ke atas

2) Husada Utama:
Sabtu pkl 10.00 biaya 25rb per kali datang or 100rb untuk 5 sesi

3) Mitra Keluarga Darmo
Sabtu pkl 08.00 dan Minggu pkl 09.00 biaya 35rb per kali datang

Sesi senam hamil kurang lebih selama 1 jam, dan ndak perlu ndaftar dulu jadi bisa langsung datag dan bersenam ria =)

a daughter, a wife, a mother --- a CIELER and SIXTH GUN at heart
http://diariazaria.wordpress.com

19

Topic: Kelas Senam Hamil

Wahh gara2 banyak yg blg KMC bagus, jd pgn nyoba ksana, aq blm pnh senam hamil. Barusan aq telpon KMC katanya kalo senam hamil ga plu daftar dlu, tp lgsg datang aja pagi2 ksana, siapa cepat dia dpt. Dulu mbak Metariza n Tikczie gitu jg ga?

20

Topic: Kelas Senam Hamil

Bunda_diantha, sekarang sistemnya diubah jadi ngga pake daftar kaya dulu lagi. Sekarang langsung dateng di hari sabtu pagi itu, klo masih ada tempat bisa ikut. Gw baru tau juga minggu lalu pas imunisasi Leandra, ada notifikasinya di meja admission.

metariza.com | mother of two |@metariza

21

Topic: Kelas Senam Hamil

bunda_diantha iyaa! bener, lupa ngabarin disini, minggu lalu ke KMC, ada pengumuman di admission desknya, kalo senam hamil sekarang langsung dateng. hihihi.. mungkin banyak yang bilang iya tp telat kali yaa,.. kayak Meta dulu :P *lirik meta*
Enak ga enak sih.. enaknya, kalo emang niat, dateng pagi2.. ( ah..gue dulu dateng jam 9 kurang juga blum banyak yg hadir, dateng aja 8.30 dapet lah ), ga enaknya yaa.. kalo kebetulan banyak yang kesitu, uda jauh2 dateng..ga dapet tempat hihiih...
Tapi bener deh.. senam di KMC enak dan nyaman :)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

22

Topic: Kelas Senam Hamil

*pelototin Tickzie karena buka-buka rahasia* :P

metariza.com | mother of two |@metariza

23

Topic: Kelas Senam Hamil

wah, jd senam hamil di KMC bagus yah?
pdhl br hamil 5mggu, udah mo mantau ajah hihihi

ku kontrolny ke dokter Achmad Mediana siy, rencanany ntar kalo dah waktunya senam di KMC jg, klo susah dpt tempat ke hospitol cinere aja ^ ^

24

Topic: Kelas Senam Hamil

Kl a senam hamilnya dr umur 32minggu. Pertamanya di Mitra Kelapa Gading (Rp. 50rb/kedatangan). Seminggu kemudia ke Laktasi RS St. Carolus, eh ternyata ada senam hamilnya juga., per paket (Rp. 150rb/10x) lumayan murah kan. Yg ngajarin bidan2 yg memang da biasa nanganin lahiran. Walau cuma dapet teh manis hangat selesai senam tp lumayan koq, sekalian kita bs tanya2 juga. Mulainya dari jam 9.30 ampe 11.45. Ayo moms, ikutan senam hamil, banyak manfaatnya koq

25

Topic: Kelas Senam Hamil

wah,, skrg di KMC ga usah pake daftar2an segala yah..
huhuy! cobain ah,, secara rumah di jagakarsa jd tinggal ngengkang doang kesana... hehe..

^^happy wifey, happy mommy^^