1

Topic: Preeklamsia dan Premature

thx mbak Nuning.. berlahan tapi pasti (sambil nunggu Agra 2 tahun lebih), aku mau buletin tekad biar bisa terlepas dr yg namanya pre ekslamsia... Hamil lagi?? Siapa takut!!! :D Paralel juga mau ngubah pola makanku yg gak sehat :)
trus buat say no to artificial things, sepertinya akan lebih gampang prosesnya. Beda waktu hamil anak pertama, kebanyakan kita masih banyak takutnya, jadinya iya'iya'in aja semua yg disuggest dokter. Padahal teorinya sesuatu yg buatan itu ada dampaknya buat tubuh.

Thanks bgt loh mbak nuning, pengalamannya bener2 inspiring bgt, dan ngebuktiin kalo kehamilan yg diwisuda secara pre ekslamsia, bisa wisuda tanpa embel2 pre ekslamsia lagi di kehamilan selanjutnya ;)

.: bunda agra :.

2

Topic: Preeklamsia dan Premature

Dear All mamas,

Aku perdana posting di forum nih. Beberapa hari yang lalu aku komen di postnya mom lucia galih ttg terapi asam amino untuk mencegah pre eklampsi. Jadi aku mau share ya ttg terapi asam amino ini..

Jadi kakakku kan sekarang lagi hamil. Berdasarkan pengalaman yang udah2 SELALU kena pre eklampsi/ eklampsi, maka dari awal udah rajin tes darah dan urine, dan kita juga selalu datang ke dokter yang sama yang udah 'hafal' sejarah keluarga kami. Oiya, fyi, walaupun ibu, kakakku, dan aku semuanya pernah ngalamin pre eklampsi/ eklampsi, tapi sebenarnya kata dokter eklampsi ini gak menurun kok sebenernya. Yah, mudah2an memang tidak menurun ya, serem aja bok.. aku juga masih punya adik perempuan, dan anakperempuan soalnya =)

Kembali ke laptop.. Nah, untuk kehamilan kakakku kali ini, kakakku diinfo oleh dr. Gunawan di RSPAD, kalo ada terapi baru yaitu terapi asam amino. Jadi ini share dari kakakku ya, kayaknya dokter-dokter RSPAD itu abis ngikut semacam konferensi gitu lah, yang membahas terapi asam amino ini. To make the long story short, intinya asam amino ini bisa berperan menurunkan tensi bagi pasien2 hipertensi, jantung, dll.. Nah, jadi yang diterapi asam amino ini gak cuma pasien2 hamil dengan potensi eklampsi aja. So far, hasilnya bagus pada sebagian besar pasien.

Pada kakakku, alhamdulillaah tensinya gak tinggi, ketubannya jernih, pertumbuhan janinnya bagus, dan so far kakakku gak kelihatan membengkak signifikan. Waktu itu kalo gak salah terapinya di week ke.. 20-an gitu deh.. Nah, tapi emang di week ke 36, tensinya mulai merambat naik, dan rencananya sih mau diSC di week 38. Tapi kan lumayan ya, paling nggak sampe week 36 semuanya berjalan lancar. Yah, daripada.. bayangin aja, baik aku dan kakakku, pernah ngalamin tuh disuntikin heparin tiap hari selama 3-6 bulan. Pengalamanku, udah disuntikin tiap hari aja, bayiku masih dibilang terhambat pertumbuhannya, dan waktu itu badanku membengkak, dan total pertambahan berat badanku waktu hamil 20 kg. Apalagi gak diterapi suntik waktu itu..hyy, gila deh, gak kebayang.

Kembali ke laptop, terapi asam amino ini memang belum populer. Tapi lumayan bisa jadi alternatif. Yang jelas gak se-stress kalo harus disuntikin tiap hari, dan secara ekonomis lebih murah. Untuk disuntikin tiap hari bisa abis puluhan juta lho... Nah, segitu dulu deh sharingku, mudah2an bermanfaat ya moms...

3

Topic: Preeklamsia dan Premature

makasih ya sharingnya nuri mudah2an tar kalo hamil lagi ga kena gejala itu...n kalo pun naik lagi tensi nya bisa di praktekin nih terapi nya... :)

4

Topic: Preeklamsia dan Premature

Hai.. sambil nunggu kapan bayiku mau nongol, aku mo cerita juga ttg 2 kehamilanku sebelumnya -- yg skrg ini anak ke-3, pada usia kehamilan 38 minggu .

First Pregnancy with Preeclampsia
My firstborn son, lahir dengan cara SC, karena mamanya di minggu ke-38 didiagnosa mengalami Pre-eklamsi. Sampai hari ini masih misteri kenapa aku bisa ngalamin PE, pdhal sampai minggu ke-37 semuanya just fine, tensi bagus, BB bagus.
Yg kutahu, waktu hamil pertama ini aku emang banyak sedih, krn ngerasa ga diperhatiin ama suami.. :p *suamiku bukan tipe yang romantis, jd ga pernah tu ngerasain dianterin ke kantor dan dijemput abis itu, alesannya macet banget* Bahkan hal simpel spt aku pengen makan apa juga seingetku ga pernah diturutin, krn dy pernah denger ibunya bilang, sebenernya yg namanya ngidam itu ga ada.. istrinya aja yang lagi butuh perhatian, caper lah gitu. :p

Juga, pas udah menjelang minggu ke-38, dia dpt tugas training (dia yg jd trainernya) ke Kuala Lumpur, dia tetep ngotot pergi, krn toh katanya due datenya masih 2 minggu lagi.
Duh.. masih pengantin baru si ya, masih proses adaptasi.

So, aku pun kontrol sendiri ke dokter kandungan di minggu ke-38 hanya ditemani adik bungsuku yang berumur 19 tahun. Begitu nyampe, tensiku 140/90. Beratku naik 5kg dari minggu lalu. How come? Mengerikan. Aku inget banget, aku mulai gemeteran. Dingin rasanya tubuhku, takut banget rasanya. Apalagi dokter (bukan dokter biaa yang handle aku) bilang, kayaknya hrs diinduksi, toh usia kandungan dah cukup. Berat bayinya juga dah di atas 3kg. Setelah konsultasi ama dokter yg biasa nangani aku, diputuskanlah aku harus dirawat atau worst casenya harus melahirkan hari itu juga.
Aku takut banget. Gimana mungkin aku ngelahirin seorang diri? Ortu dan mertuaku tinggal di kota yang berbeda denganku, dan waktu itu sudah sore, plg cepat besok pagi mrk baru bisa terbang dari kota mereka.
Masih untung ada adikku yang bantu ngurusin administrasi, nah ini ada masalah lagi.... masalah bayar2nya.. krn aku lagi diobservasi, aku cuma bisa ngandelin adikku yg masih belia itu. Untungnya ada kartu asuransi perusahaan, plg ga ada jaminan.
O ya, selain kontrol kehamilan, aku juga ke RS dalam rangka buka jahitan jari telunjuk kananku yang bbrp minggu lalu dioperasi ama dokter bedah krn luka pas di bagian pembuluh darah yg membuat darah langsung memancur begitu jari terantuk - susah banget lah, telunjuk kanan.
Jadi sambil di ruang melahirkan, dokter bedahnya visit untuk buka jahitanku. Dokter ini sepertinya merasakan ketakutanku, krn aku terus gemeteran seorang diri ga ada yang nemenin -- adikku msh ngurusin administrasi dan nelpon sana-sini. Pak Dokter Bonifacius ini menepuk-nepuk tanganku, sangat menyejukkan hatiku yang saat itu bener2 butuh support.
Akhirnya dokter kandungan yg biasa handle aku dateng dan memvonis, bayi harus segera dikeluarkan. Tensi ga mau turun, bahkan naik jadi 160/100, pdhal dah disuntik penurun tekanan darting. O ya, aku disuntik valium juga, buat penenang kalo ga salah ya. Aaaahh.. aku kerjanya nangis aja d pokoknya... Sedih dan bingung ga tau hrs berbuat apa, mana adikku ada ujian di kampus besok harinya, jd dia harus pulang. I was all alone with God, di kamar juga sendiri. :p. Mamaku telpon, mertuaku telpon, aku pilih ga angkatin krn aku nangis lagi tiap ngomong ama mereka.
Malam itu dokter telpon lagi.. aku harus segera operasi, katanya. Dia jadwalin besok pagi. Aku mengulur waktu, krn suamiku sedang dalam proses nego untuk bisa pulang.
Singkat cerita, terima kasih pada Tuhan yang baik, semua orang terkasihku malah bisa hadir keesokan harinya. Suamiku diijinkan pulang (training diundur), mertuaku bisa dateng, mamaku juga bisa datang. Jadi, tengah malam aku masuk ruang operasi untuk SC.
Ga enak bgt prosesnya. Dengan tensimeter otomatis terpasang di lengan, lenganku sampai biru2, aku nungguin waktunya aku dibedah. Masih inget banget akan dinginnya ruang itu, inget banget dokter2 dan suster berkumpul di dekatku dan mereka ngobrol seperti aku ga ada di situ. Dokter anak, justru yang memberikanku support, menepuk2 pipiku... Lalu, aku mulai berasa perutku diutak-atik.. Habis itu aku ga ingat apa-apa lagi.
Entah berapa lama kejadiannya, aku dibangunkan oleh perawat yang mengangsurkan seorang bayi laki-laki yang cakep, bersih dan wangi. Dia lahir dengan BB 3,172kg. Aku lemes banget, ga bisa gendong dia.
Dokter bilang, tensiku sempat naik lagi pas bayi mau dikeluarin, jadi aku ditidurkan spy ga kejang. Katanya bayiku juga sempet ga nangis waktu keluar. Suamiku ga boleh ikutan masuk waktu itu, jd aku ga punya pilihan lain selain percaya aja ama dokter. :)
Nah, begitulah ceritanya.. aku terus dipantau tensinya sampai bbrp waktu setelah melahirkan sambil mengkonsumsi obat penurun tekanan darah.
Si bayi sekarang udah berumur 6 tahun 9 bulan. Sehat, ga kekurangan suatu apa pun.

Second Pregnancy
Ini kejadiannya empat tahun kemudian. Rumah tangga kami sudah stabil, sudah di rumah sendiri, dan aku udah resign dari kerjaan kantor. Aku sempet takut hamil lagi, takut melahirkan tepatnya.
Karena riwayat PE-ku, dokter meresepkan Dopamed (pengecer darah?) dan memantau selalu potensi PE.
Semuanya berjalan baik, sampai waktunya melahirkan. Kontraksi yang baru pertama kualami terjadi di minggu 38 lagi, dan kali ini aku berhasil melahirkan lewat jalan lahir walau harus dibantu vacuum extraction. Mungkin krn ukurannya yang agak besar, 3,568kg.
Sebenarnya aku ngalamin teror demi teror dan intimidasi oleh para perawat di ruangan melahirkan, agar aku SC aja.. Tapi ini cerita lain ;), yg pasti aku ga bakal ngelahirin di RS itu lagi.

Moral of the story
Jadi... abis PE apa akan PE lagi? Engga terjadi tuh sama aku, bahkan aku bisa merasakan melahirkan normal, merasakan sakit bersalin itu seperti apa, dan itu jadi satu pengalaman yang sangat berharga buatku.
Bahkan di kehamilan ke-3 ini, aku nyaris ga ngalamin masalah berarti. Semuanya baik, tensi bagus, BB bagus, ga ada bengkak-bengkak... sakit punggung pun ga kualami :p Kali ini dokter cuma berpesan, kalo mau lahir normal lagi, aku harus jaga makanan supaya bayi tidak terlalu besar. Sebaiknya lebih kecil dari baby#2. ;)

Doakan ya Mamas... spy baby#3 bisa lahir dengan mudah, dan normal lagi.

5

Topic: Preeklamsia dan Premature

mamas...

baca tentang PE di thread ini jadi salut ma perjuangan mamas semua..*angkat topi*

Temanku (umur 27 thn, hamil pertama usia kandungan 5 bulan), baru baru ini divonis Gagal ginjal akut stadium 5, kaget dengarnya. Gejala yang dia rasain kaki bengkak dan tensi tinggi, sebelumnya dia kira pre-eklamsia. Ternyata dari hasil lab ketahuan yang bermasalah pada ginjalnya. Dan sudah dinyatakan akut oleh dokter.

Ada dua opsi, menggugurkan kandungan atau melanjutkan kehamilan dengan melakukan cuci darah setiap hari sampai dengan bayi lahir. Masya Allah, aku ga bisa bayangin diposisi temanku ini yang ternyata dia memilih buat pertahanin kandungannya. Subhanallah...

Sekarang dia tetap optimis dan penuh kesabaran cuci darah setiap hari sampai dengan kira kira 4 bulan ke depan (sampai baby lahir). Doakan semoga temanku ini kuat dan baby selamat yaa... Aminn......

@emaknyahazel

6

Topic: Preeklamsia dan Premature

Saya baru aja melahirkan prematur saat usia kehamilan baru 34minggu...dan akhirnya ade bayinya hanya bertahan hidup selama 1 jam saja dan kemudian meninggal akibat kesulitan pernafasan.
Mau tanya neh...apakah kelahiran prematur dapat berulang pada kehamilan berikutnya???

7

Topic: Preeklamsia dan Premature

aku tgl 26 november 2010melahirkan di usia kehamilan 37 minggu karena plasenta previa total dan ada miom sehingga selama hamil ngeflek dan pendarahan (dokter memutuskan untuk segera dilahirkan karena pendarahan kali ini dikawatirkan mengganggu keselamatan bayi dan air ketubah jugan sudah minim dan mengalami pengapuran) , bayi lahir dengan berat badan rendah 2.2kg. dokter memprediksi masuk nicu tapi alhamdullilah tdk sampai masuk nicu tapi diberi oksigen (baru tau dr.nunung kmr stelah imunisasi). dr.anak mengkategorikan anakku bayi prematur krn berat badanya rendah. oleh sebab itu anaku usia 3 bl harus kontrol mata dan alhadulilallah hasilnya bagus, maunya sih kontrol telinga tapi dokter bilang nggak usah, anaknya nggak papa, sekarang saya agak trauma hamil bukan karena proses kelahiran secara SC tapi pendarahan yang saya alami selama hamil banyak sekali sehingga nutrisi untuk baby berkurang dan baby beratnya kurang, dan ada yang bilang klo kehamilan pertama plasenta previa total kehamilan ke dua juga akan mengalami hal yang sama, mungkin ada bunda yang mengalami PPT? dan bagaimana untuk perkembangan baby prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah?

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

8

Topic: Preeklamsia dan Premature

aqua_rien, untuk kehamilan kedua bisa premature atau tidak itu balik lagi ke kondsi si ibu hamil, karena ada yang hamil kedua premature ada juga yang tidak. Mungkin pola kesehatan dan makan kita serta aktifitas kita nantinya pas hamil lagi harus diatur dan dijaga lebih maksimal lagi. Sepupu ku semua anaknya terlahir premature karena memang dia memiliki tekanan darah selalu tinggi yang menyebabkan dia melahirkan anak premature. Jadi kupikir, selama kehamilan kita baik dan tidak ada masalah, insyaallah bisa ngelahirin normal ya.

tari, Hai setahuku sih kalo anak masih lahir diatas 2kg dan lahir diatas 36 minggu bisa juga dikategorikan bukan anak premature tapi anak BBLR (berat badan lahir rendah). Jadi yang aku tahu ada 2 kategori yaitu anak premature dan anak lahir dengan berat abdan rendah. Cuman kadang dokter bilangnya premature aja karena kecil. Kupikir 2,2kg masih lumayan gede lho dibanding anakku yang lahir 1,9kg dan pulang dr rs malah turun ajdi 1,7kg. Untuk perkembangan sih alhamdulillah anakku perkembangannya normal dan seperti anak terlahir normal, semoga anakmu juga begitu ya.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

9

Topic: Preeklamsia dan Premature

baca postnya dinda permata sampe mewek sendiri :'(
semoga temannya diberi kekuatan ya.. hiks *mewek lagi*

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

10

Topic: Preeklamsia dan Premature

dieta hadi,, salam kenal yaa..
5 mei kemarin akhtar juga lahir premature karena gw mengalami pre-eklampsia. Akhtar lahir usia kandungan 36 minggu dengan BBLR 1,9 kilo dan panjang 45 cm.. seperti mika ya :)

Coba diawal-awal Akhtar lahir gw sempat baca thread ini.
Karena Akhtar persis bgt sama yg diceritain mamas lainnya di page awal!
Nyusu tiap jam, kayak ga kenyang2 perutnya. Kalau mandi atau cuma ganti popok lgsg nangis (waktu 2 minggu pertama c nangisnya masi 3 kali jeritan, abis itu diem..setelah badannya mulai berisi..udah ada tenaganya..jadilah nangisnya kayak orang digebug). Pengennya digendong / didekap, tidur pun gitu..kalau enggak ya gelisah terus dan nangis sekenceng2nya..
Gw denger dia nangis kayak gitu nelangsa banget..suami juga bingung..tambahlah gw panik. Pernah gw sampai takut sama Akhtar, karena ga ngerti mau diapain lagi kq tetep aja nangis. Hiks,,
Tapi ternyata memang begitu ya kalau premature..memang harus ekstra perhatiannya, ekstra sabarnya..

Oia mamas, tanya dunk.. Kalau premature itu perutnya bermasalah ga ya?
Akhtar itu kalau mau kentut atau pup nangis dulu, kalau udah diem sendiri..kalau kentut atau pup nya ga keluar, nangis2 lah dia..semakin lama semakin tinggi tones nya.. Padahal kembung enggak, diare juga enggak..
tidurnya baru nyenyak setelah dibalur telon..kadang kalau udara dingin, harus ditambah parutan bawang biar dia bisa bobok nyenyak..

11

Topic: Preeklamsia dan Premature

Amaliaputri, kalo masalah perut kayaknya balik lagi ke masing-masing anak ya, Kalo Mika sih ga pernah kayak gitu, ya pup atau kentut ga pernah nangis. sudah pernah konsultasi ke dokter?

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

12

Topic: Preeklamsia dan Premature

TUM Tweets 21 Juli 2011
Kehidupan yg Agak Tidak Biasa; Persalinan & Bayi Prematur


prematur tdk menurun namun jika riwayat persalinan terdahulu prematur bs saja berulang
kelahiran #prematur sering disebabkan adanya infeksi yg memicu kontraksi
kelahiran #prematur bs disebabkan krn ada komplikasi pada ibu spt preeklampsia, ibu perokok.

#TUMinfo

Bayi yg lahir sblm minggu ke-37 disebut bayi #prematur, biasanya memerlukan byk pertolongan medis.

Bayi lahir #prematur krn bbrp hal:
1. Mama memasuki masa kontraksi & persalinan, dgn sedikit tanda2/ sama sekali tdk ada tanda2.
2. Kondisi medis Mama (misalnya krn penyakit tertentu spt diabetes) sehingga harus dilakukan persalinan awal.
3. Kondisi kehamilan khusus (spt eclampsia atau obstetric chloestatis) yg memerlukan persalinan awal agar terhindar dr akibat buruk
4. Memiliki kembar 2, 3 atau lebih.

eclampsia: serangan koma.
pre-eclampsia: ditandai o/ tekanan darah & kandungan protein tinggi dalam air seni mama.
sindrom HELLP: komplikasi pre-eclampsia atau eclampsia yg menyebabkan masalah pada hati.
obstetric chloestatis: rasa gatal pada masa kehamilan.
ROP: Retinophaty of Prematurity; gangguan perkembangan pembuluh darah retina pd bayi yg lahir


bayi #prematur menciptakan mama papa yg #prematur; kuncinya berusahalah utk mendapat bantuan.
penyesuaian u mnjd orang tua bbrp minggu lbh awal dr yg diperkirakan bisa jadi cukup merepotkan.
sebisa mungkin, cari seseorang u merawat aspek2 penting lain dlm hidup mama papa (sanak keluarga, sahabat, ART, dll).
Pusatkan perhatian Mama Papa pada kondisi kesehatan & keadaan Mama Papa dan bayi.
memiliki seseorang yg dpt membantu merawat aspek penting lain di luar rumah sakit akan mengurangi ketegangan.


Tidak ada mama papa yg suka bila bayi baru lahir ditempatkan di UPKB (Unit Perawatan Khusus Bayi)/NICU.
Terkadang, mama papa yg mengunjungi bayi #prematur ke UPKB mengalami trauma.
Melihat bayi mungil #prematur ditempeli alat2 medis dapat membuat siapa saja stress, apalagi mama & papa-nya :(
Jangan merasa terintimidasi dengan peralatan medis di dalam UPKB. Tanyakan kpd staf medis kegunaan setiap mesin. #prematur



Papa yg memiliki bayi #prematur yg dirawat khusus di RS sering merasa bingung.
Para Papa tdk bisa berada di semua tempat (ruang rawat mama, atau ruang rawat bayi #prematur), lakukan yg papa mampu.
Tidak perlu merasa bersalah untuk hal2 yg tidak bisa papa lakukan.

#TUMtips

1. siapkan diri mama papa u melihat & menerima seberapapun kecilnya bayi
2. tanyakan peraturan RS ttg pengunjung yg tdk/diizinkan u/ menjenguk bayi #prematur u/ menghindari situasi yg tdk diinginkan.
3. ambil photo bayi #prematur mama papa setiap hari, bayi cepat berubah & org2 senang melihat photonya; terutama jika tdk bs menjenguk
4. saat bayi msh dirawat di RS, gunakan waktu mama papa u/ pemulihan setelah persalinan & u/ meluangkan waktu bersama.
5. Bertanya dan selalu bertanya. Bicara & diskusi dgn para tenaga kesehatan ttg perkembangan bayi #prematur mama & papa.
persiapkan diri mama papa utk berpindah2 ruangan atau berpindah rumah sakit. Persiapkan kendaraan/transportasi & akomodasi u itu.
6. cari info & pertimbangkan saran2 ttg pengunjung, makanan/diet, olah raga, & tips keseharian ttg bayi
7. berkonsultasi dengan dokter jika memang kondisi medis & perkembangan bayi #prematur tidak baik.
8. menjenguk bayi #prematur di RS memang melelahkan & menegangkan.Tapi bgitu pulang ke rumah,tidak sulit u/ menjalin ikatan dengannya.

Seorang anak #prematur dapat memiliki kecepatan pertumbuhan dan perkembangan yg berbeda dgn anak lain.
perhatikan kemampuan yg sdh dikuasai pd tiap2 tingkat pertumbuhan, lalu bantu anak #prematur u/ menguasai kemampuan yg baru.
perkembangan bayi #prematur harus terus dipantau hingga usia 2thn,jika perlu diberi tambahan vitamin+zat besi

[end]

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

13

Topic: Preeklamsia dan Premature

aq juga punya pengalaman melahirkan prematur.
alia, anak pertamaku, lahir pada saat usia kandungan 32 minggu lebih beberapa hari. beberapa minggu sebelum kelahiran Alia, aq sempat mengalami bengkak2 di kaki n tangan. setiap bangun tidur, aq merasa lengan tanganku sakit, bahkan saking bengkaknya, ga bisa nempel ke sisi tubuh. kakiku keduanya juga bengkak, sendal/sepatu ga muat lagi. anehnya, tiap kontrol ke obgyn selalu dinasehatin supaya mengurangi garam n tensiku sangat normal, kisaran 100-120. saat hari raya qurban, aq sempat mencicipi sepotong sate daging kambing yg qt bakar bareng2 ma tetangga2. tiba2 kedua telingaku terasa panas, padahal biasanya kalo makan daging kambing ga seperi itu. aq belum ngeh dg kondisi kehamilanku. hingga waktu itu aq ke RS karena memang waktunya kontrol. sebelum masuk ruang praktek dokter, tensiku diperiksa ma suster. Suster ini udah tua banget, dia bilang tensiku normal (aq lupa berapa, kayaknya dibawah 120 gitu). begitu masuk ruangan n di USG perut, dokter heran karena janinku ga gerak2. was2lah aq, bingung. trus dokter nyuruh suster yg bantuin dia di kamar praktek utk ukur ulang tensiku. suster yg kedua bilang, tensiku 140. dokter manggut2 (aq tambah was2). aq pun cek pake CTG utk liat denyut jantung bayi, normal (alhamdulillah), tapi agak lemah (ya Rabb!). ya udah, observasi di RS, aq ga boleh pulang dulu. hari pertama observasi, tensiku masih 140, gerakan janin masih jarang, Alia dikasih penguat paru utk jaga2 dia lahir sebelum waktunya. dokter bilang, Alia sudah harus segera dilahirkan mengingat oksigen ke plasenta mulai berkurang. tapi masih ada kesempatan menunggu 2 minggu lagi, tepatnya nanti SC dilakukan pada minggu ke-34. setidaknya, ini sudah masuk minggu 'agak aman' dibanding harus SC di minggu 32. hari kedua, tensi naik 160. suster curiga aq stres selama observasi. aq dikasih penurun tensi yg kalo disuntikin sakitnya ampuun...kulit kayak kebakar sampe aq nangis. juga dikasih penguat paru utk anakku. hari kedua sore, tensi masih 160, aq masih disuntikin penurun tensi n penguat paru bayi. aq juga tes urin. hasilnya, aq positif kena preklampsia karena ada protein dalam urin. hari ketiga siang, detak jantung Alia udah lemah, aq, suami n dokter kuatir ntar ada resiko akhirnya aq SC. saat operasi, dokter nyuruh asistennya utk mendorong Alia, karena posisi Alia belum turun. dan....''oeek..!'' kudengar tangis pertama Alia, aq langsung berucap syukur n menangis. bayi disodorkan bidan ke dekat mukaku, aq hanya sempat menciumnya sekilas karena Alia udah langsung dimasukin inkubator.
berat lahirnya hanya 1,95kg n panjang 40 cm (kebayang ga kecilnya? panjangnya masih kalah ma bantal!). aq ditengokin orang2, n ada yg dengan senang hati 'menghibur'ku setelah aq siuman dari pengaruh obat tidur yg diberikan agar aq bisa istirahat paska operasi n (berharap) tensiku turun: ''mudah2n sih bisa hidup. soalnya bayi prematur jarang yg bisa hidup''. tahukah mamas siapa yg mengatakan itu? mamaku sendiri..
aq sedih, palagi ini pertama kalinya aq merasakan punya anak, prematur pula. tapi perkataan mama ku ini bikin aq bertekad merawat Alia sebaik2nya agar ia benar2 bisa menghirup udara kehidupan selama mungkin Tuhan mengizinkan. aq dipesenin perawat agar dirumah benar2 menjaga Alia tetap hangat. suhu kamar harus hangat, dg menutup semua jendela n pintu, kalo perlu kasih lampu deket dia tidur. sampe di rumah, sepupu suami yg kebetulan dikirimkan khusus dari kampung utk membantu merawat aq n anakku, kaget melihat kondisi Alia yg super duper imut itu. ketika waktunya mandi, Alia malah teriak kenceng banget saat diceburin ke dalam ember mandi, n langsung pup disana. spontan insting keibuanku bekerja mendengar tangis anakku yg kedinginan n melihat tubuh mungilnya gemetaran, padahal air mandinya sudah cukup hangat. akhirnya aq segera mengambil alih prosesi mandi ini. padahal aq belum pernah sekalipun sebelumnya memandikan bayi, tapi tiba2 aq berubah seperti laykanya seorang ahlinya memandikan bayi! aq pindah Alia dan bak mandinya ke dalam kamar, aq lap badannya dg sabun n washlap basah, baru aq ceburkan ke dalam ember. hanya 3 menit, aq mengerjakannya sangat kilat, menjaga agar Alia jangan sampe kelamaan telanjang bulat. Sejak itu, aq sendiri yg mengurus Alia. sepupu suami akhirnya hanya mengerjakan tugas2 rumah tangga.
waktu aq menjemur Alia di pagi hari, seorang anak tetangga yg baru berumur 3th, nyeletuk ke ibunya, ''bu, itu apa?'' sambil menunjuk Alia. ibunya dg malu berkata, ''itu adik bayi..'' trus si anak sambil dg muka heran n polosnya berkata, ''kayak anak kucing..''
setiap tamu yg menengok aq n Alia selalu memasang muka simpati, mungkin mereka semua berdoa dalam hati agar Alia benar2 bisa bertahan. baju2 newborn jadi seprti kimono di badan Alia, popok kainnya sampe aq lipat salah satu ujungnya, karena panjangnya sampai ke muka Alia. kulitnya keriput, pucat, mukanya mungiil sekali. alhamdulillah, putingku masih muat masuk ke mulutnya, sehingga ga ada masalah dg ASIX. yg repot, karena anak prematur bawaannya ngantuk terus, paling susah bangunin Alia utk mimik sesuai jadwal-2 jam-sekali-nya.
kamar tidur dibuat sehangat mungkin utk Alia: pntu n jendela kalo malam ditutup, bahkan ventilasi pun ditutup. kalo siang, jendela dibuka tapi gorden tipisnya ditutup rapat. aq tidur bareng Alia sperti berada dalam oven, basah kuyup oleh keringat. pintu n jendela rumah pun selalu ditutup selama 3 bulan pertama kelahiran Alia.
Jadwal imunisasi adalah saat2 yg paling kutunggu2, karena itu saatnya aq harap2 cemas dg kenaikan BB Alia. alhamdulillah..BB Alia naik pesat, sebulan bisa naik 1 kg. usia 6 bulan beratnya sudah 7,5 kg (aq jadi membandingkan dg adiknya, Nabil, yg kini 5 bulan dg berat yg sama).
Akhirnya, Alia kini sudah hampir dekat dg ultah ke-4nya. meski orang2 yg bertemu dgnnya sering menyangka usianya masih 1 th lebih muda dari usia sebenarnya, tapi aq bangga karena aq berhasil melewati masa2 krisis awal2 kelahiran Alia. Ia tumbuh cerdas, sangat bawel, n jarang sekali sakit.
She's so my precious little princess..!

14

Topic: Preeklamsia dan Premature

ya ampun, udh lama gak mampir ke thread ini tnyata byk postingan baru.. mdh2n anak2 "hebat" qta sll sehat ya, amiiiiiiin :)

15

Topic: Preeklamsia dan Premature

Ikutan sharing..
Saya juga punya pengalaman melahirkan premature. Tapi bukan karena PE, melainkan karena saya hamil kembar yang memang rawan prematur. Apabila kapasitas rahim sudah tidak memungkinkan untuk si kembar, maka si kembar pun kontraksi dan lahir prematur. Demikian juga dengan kembar saya. Mereka lahir di usia kandungan 32weeks lebih beberapa hari. dengan BB bayi 1: 1500gr dan BB bayi 2: 2010gr. Alhamdulillah melahirkan normal, berkat hypnobirthing saya mampu melahirkan lancar dan tanpa rasa sakit. Si kembar dilahirkan dalam kondisi organ pencernaan yang belum mampu bekerja sempurna. Begitu lahir mereka langsung diinfus dan masuk inkubator. Bahkan saat usia 1hr, Bayi 2 yg notabene jauh lebih besar sempat mengalami pendarahan di lambung karena saat dicoba minum susu 0,5ml, ternyata organ lambugnnya belum matang. Sejak saat itu digunakanlah serangkaian therapy. Mulai dari puasa, di infus, foto seluruh organ dalam, tes darah, hingga memasukkan aneka cairan tambahan ke infusnya. sampai saatnya si kembar merasa siap menerima asupan makanan langsung melalui selang sondenya (selang yang dipasang dari hidung dan masuk sampai lambung). Cairan ASI dimasukkan mulai dari 0,5ml setiap 4 jam sekali. Setelah 4 jam, kuras lambung, diperiksa retensi (sisa cairan lambung). Apakah mampu terproses sempurna atau ada sisanya. Dihitung brp ml cairan lambungnya. DIhitung berapa kali pipisnya sehari. Bahkan menunggu BABnya sudah layaknya menunggu emas. Karena asupan makanan yang masuk sangat terbatas dan tidak mampu tercerna sempurna, berimbas pada BABnya juga. Sampai perut Bayi 2 (KIRA) sempai melembung, biru. 30 hari di infus, gonta-ganti tempat jarumnya, sampai tangan dan kakinya bengkak semua. Bahkan sampai skrg usia 16 bulan, di bbrp tempat masih ada sisa bekas infus yg menghitam mirip tanda lahir. Berbagai perasaan mulai sedih saat susternya laporan kalo hari ini pindah infus lagi, bahkan pernah sampai 5x lebih, karena vena masih terlalu halus, pulang langsung gak bisa tidur. Membayangkan anak baru lahir harus ditusuk2 jarum sampai berkali2, nangis gulung2 deh di rumah. Tapi esok paginya harus bisa tersenyum bugar penuh tawa saat menjenguk mereka di inkubator, bercerita tentang indahnya matahari dan bintang, asiknya main di pantai, pokoknya segala hal yg menyenangkan dan membuat semangat si kembar. Meskipun saat melihat tubuh mungil dan penuh selang itu rasanya hati mau menjerit...
http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/34040_402509826023_585316023_4466346_8006299_n.jpg

http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash2/34040_402509806023_585316023_4466342_6007498_n.jpg

Sejak dalam inkubator, sudah terlihat betapa mereka anak-anak yang memiliki tekad kuat untuk hidup. Alhamdulillah Kira-Kara pun juga jarang sekali sakit. Bahkan saat 1 rumah tepar kena flu, mereka bisa anteng-anteng saja... Efek ASI mungkin yaaa...

Semua perjuangan itu terbayar lunas saat melihat mereka tumbuh sehat dan cerdas. Melihat tingkah-tingkah ajaib mereka rasanya setiap hari saya bersyukur diberi waktu 1hari lagi bisa menjadi seorang bunda buat Kira-Kara.

Saran saya untuk semua Mamas yang sedang merawat bayi prematur, Jangan pernah berhenti untuk bersemangat. Karena semangat kita lah yang dirasakan anak-anak kita untuk terus berkembang. Betapapun sedihnya saat mereka tergolek sakit, sebisa mungkin ketika berhadapan dengan mereka, bersentuhan dengan mereka, selalu diiringi senyum dan semangat pantang menyerah. Insyaallah semua berakhir manis dengan caranya sendiri-sendiri.

http://photos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/205971_10150252839906024_585316023_7638801_1443257_a.jpg

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

16

Topic: Preeklamsia dan Premature

Aku pre-eklampsia DAN postpartum pre-eklampsia :) tp dengan penanganan yg tepat sih syukurlah ga apa2.

Pre-eklampsia bisa datang mendadak banget lho, like me, due date tgl 1, di tgl 1 tersebut darah masih normal aja 110/70, tau2 tanggal 3 mendadak naik jadi 180/120. Udah dikasih obat masih aja nggak turun akhirnya c-sect deh. Setelah c-sect masih tinggi juga darahnya. Akhirnya ya ditreatment, dan udah dikasih warning dokter, next time harus lebih hati2 karena udah ada sejarah pre-eklampsia :)

17

Topic: Preeklamsia dan Premature

Kira Kara I'm with you mbk...inget bgt deh rasanya yg mau jerit-jerit itu di saat kita harus semangat buat mereka...cerita hal2 menyenangkan buat mereka..padahal rasanya udah mau nangis bombay

coffee is one of my best friend...

18

Topic: Preeklamsia dan Premature

ibu2 mau nanya nih, ini bukan anakku tp keponakanku, babynya lahir diusia kandungan hampir 37w, berat 2,4kg panjang 44cm, sebenernya tergolong cukup mendekati normal ya waktu lahir, cuma skarang sudah 2,5bln beratnya baru 3kg dan panjangnya 52cm, full asi (sempet dikasi sufor tapi babynya ga suka), mohon tipsnya dong supaya bs ngeboost bb baby BBLR? skrng si udah dikasi asi terus 60ml per 2 jam, kurang ga ya? mohon info rekomendasi dokter yg ahli menangani bayi BBLR dijakarta jg ya, thanks sebelumnya.

19

Topic: Preeklamsia dan Premature

imelnyamira : wah sbnr nya 60ml per 2jam ud ok bgt loh... mgkn bs trik nya si ibu makan yg kaya lemak spy asi nya jg byk hindmilk nya...trs klo ibu nya drmh, mgkn bs dsodorn asi slama bayi mau, jd gak djadwal gt... klo dokter ahli bblr, si Ben sama dr.idham amir di hermina jatinegara n hermina bekasi prakteknya, dia jago ama bblr tp ngmg ny cmn seperlunya, pedes bgt ngmg nya *klo gak kuat dgr bs mewek d*, trs antri nya lamaaaa bgt msk gk smpe 5mnt, tp emg beliau jago sih

20

Topic: Preeklamsia dan Premature

makasih mama ben rekomendasinya, tapi jauh bgt ya di jatinegara, kita tinggalnya di jaksel sih. hmm kl 60ml udah cukup, berarti yg bermasalah dipenyerapannya ya? bukan karena kurang asupannya?

21

Topic: Preeklamsia dan Premature

makasih mama ben rekomendasinya, tapi jauh bgt ya di jatinegara, kita tinggalnya di jaksel sih. hmm kl 60ml udah cukup, berarti yg bermasalah dipenyerapannya ya? bukan karena kurang asupannya?

22

Topic: Preeklamsia dan Premature

imelnyamira : mnrt aq sih ckup ya,.. dl si Ben jg asupan nya sgtu aja.. paling emaknya yg makan byk lemak spy asi nya byk hindmilk nya... hooo jauh amet dr jaksel...mommies lain ada yg bs bantu gak? hehe

23

Topic: Preeklamsia dan Premature

imelnyamira IMHO, kalau masih 2 bulan dan ibunya di rumah, sebaiknya jangan dibatasi jam, ya.. tapi sesuai permintaan baby seperti saran d1andra7. worth to try untuk ibunya mengasup yoghurt atau makanan fermentasi lain dan makanan kaya protein dan minum susu yg cukup supaya hindmilknya lebih banyak. udah konsul ke konsultan laktasi?
maaf pertanyaan polos: kok tahu per 2 jam minumnya (cuma) 60ml? emang ibunya memerah terus diminumin pake botol?
sependek pengetahuan saya, bukankah ada studi yg menyatakan bahwa bayi bblr atau premiee sebaiknya banyak disekap dan sering skin-t--skin contact untuk naikin bb, ya?*sotoy*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

24

Topic: Preeklamsia dan Premature

Kalo utk anak prematur ada bbrp yg gk kuat nen lgsg, anakku dl jg gt awal2nya,jd mnum djadwalin.. Jd lah aq bolak balik pompa trs ksh lwt media lain, pnh nyoba nyusuin lgsg yg ada ben cape duluan trs ktiduran,walhasil masuknya cairan cmn sdkt.. Tp akhirnya aq diantara wktu2 nyusu itu coba tawarin nen smpe akhirnya dia kuat nen lgsg.. Metode kangguru ato yg dikekep itu emg tbukti bs naikin berat badan anak :)

25

Topic: Preeklamsia dan Premature

d1andra7 ohgituya? #ngangguk2 eh itu gak kuat nen langsung sampai umur brapa minggu? maaf bener2 ga pengalaman...

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)