1

Topic: Asuransi Kesehatan

Ibu2 dan Bapak2 sekalian...

Mau tanya dong. Sebenarnya seberapa perlu ya asuransi kesehatan untuk anak?  Terutama yang cover hospitalization dan ga cuma child-related illness. Melihat gelagat anak saya yang grasak grusuk dan super duper aktif suka khawatir aja ini anak kenapa2. *amit2 jgn sampai deh

Mungkin ada yg bisa rekomendasikan asuransi kesehatan di Singapura ini? Butuh perbandingan juga untuk yg di Indonesia.

Ditunggu ya. Many thanks!

life is about making choices

2

Re: Asuransi Kesehatan

hi dea,

asuransi kesehatan adalah asuransi wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang selain asuransi jiwa, kecelakaan dan penyakit kritis. biasanya orang gak terlalu concern utk ini krn udah ditanggung sama kantor. sebelumnya mohon maaf karena gw ngerti nya cuman asuransi kesehatan di indonesia, tapi mungkin bisa dipakai sebagai panduan untuk milih di singapore.

pada dasarnya ada tiga tipe asuransi kesehatan.

yang pertama adalah asuransi kesehatan dengan tipe santunan harian. tertanggung akan menerima nilai tunai dalam bentuk santunan harian dikalikan dengan jumlah hari tertanggung hospitalized. jumlah santunan harian tergantung dari premi yang dibayarkan.

yang kedua adalah asuransi kesehatan dengan tipe kelas pelayanan. di indonesia biasanya terbagi atas kelas 180/250/500/750/1000 (dalam ribuan rupiah). dalam pemilihan kelas ini sebaiknya survey dulu ke RS yg kemungkinan akan kita pakai nantinya. hal ini karena tiap RS punya range harga yg berbeda utk kelas kamarnya. contoh kelas I di RS A bisa punya harga yg sama dengan kelas VIP di RS B. kelas pelayanan ini tidak hanya mencakup kamar tapi juga jatah kunjungan/tarif dokter spesialis dan bahan2 medis lainnya. pastikan bahwa hal2 tersebut di cek dulu otherwise kita bakal disuruh nanggung excess claimnya padahal kita gak terlalu ngerti akan item2 yang dimaksud.

yang terakhir adalah asuransi kesehatan dengan tipe lumpsum. tertanggung akan menerima nilai tunai dengan jumlah tertentu setiap kejadian hospitalized dengan jumlah maksimal tertentu per tahun nya (biasanya sih maksimal lima kali kejadian per tahun yg menurut gw sih cukup masuk akal).

dari penjelasan tipe asuransi kesehatan di atas, pada dasarnya emang gak ada asuransi khusus utk anak2, malah biasanya premi utk balita akan lebih mahal dibanding adults. kalaupun ada sebuah perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi khusus untuk anak2, biasanya itu cuman packaging nya doang biar terlihat lebih manis. ujung2 nya premi nya akan lebih mahal dibanding dengan adults.

kalo elo emang udah di cover ama kantor, pastikan bahwa kelas yang dikasih ama kantor udah sesuai dengan selera dan kebutuhan. kalo kurang, silahkan ditambah sendiri. contoh, kantor ngasih nya kelas I tapi kita pingin VIP, kita tinggal nambah aja utk selisih nya.

semoga bermanfaat.

follow me on twitter @dimplun
http://www.linkedin.com/pub/dimas-seno- … 20/b09/160

3

Re: Asuransi Kesehatan

Thanks dimplun. Sayangnya kantor suami tidak menyertakan istri dan anak dalam insurancenya.

life is about making choices

4

Re: Asuransi Kesehatan

dea Wah kalo kantor suami ga menyertakan istri n anak dalam asuransinya, berarti emang harus punya ya. Buat jaga2 aja (mudah2an ga ada kejadian sih). Penjelasan dimplun tadi udah bener, intinya emang harus dicari yang sesuai kebutuhan. Gampangnya sih dikira2 aja biaya yang harus dikeluarkan kalo sampe dirawat, n biasanya ga dibedain kok asuransi untuk anak n dewasa (maksudnya ga ada batasan child-related illness aja). Setelah tau berapa biayanya, baru diitung preminya n dibagi lagi ke pembayaran bulanan/triwulan/tahunan.

Sorry penjelasan gue cetek, karena gue ga pernah terlalu nyambung sama urusan asuransi tongue

yang selalu kangen sama si pipi gembil

5

Re: Asuransi Kesehatan

otty di singapore gitu soalnya banyak perusahaan yang gak cover keluarga ty.  sebenernya itungannya gini, soalnya pemerintah singapore sendiri sudah menjamin itu dengan dana cpf.  ada yang namanya "medisave" dan itu bisa dipake oleh singaporean untuk cover kesehatan.  sayangnya buat yang non-singaporean ini jadinya gak asik.. tapi biasanya dijual dengan mayan murah premi untuk tambahan sih. 

dea asuransi kesehatan di spore kan bisa beli kayak di NTUC gitu.  harganya reasonable kok menurut gue ya.. dan coverage nya mayan oke.
di spore, dapet public hospital dan di kelas yang paling rendah pun, fasilitasnya udah oke, apalagi kalo di compare ama di indonesia.  jadi kadang ya udah cukup ngambil yang basic2 aja, gak perlu pake upgrade yang one-bedded di private hospital segala.  smile

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

6

Re: Asuransi Kesehatan

dea
keira jg ga dicover kok sama kantor emir atopun kantor gue. sbnrnya kantor gue ngecover buat anak juga sih, tapi cuman eligible buat kepala keluarga doang. pada akhirnya gue beli asuransi terpisah buat keira, dan preminya gak gitu besar kok. coba cek aja ama agen asuransi, mungkin dia bisa advise asuransi mana yg paling pas buat dillan.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover smile

7

Re: Asuransi Kesehatan

rani ah berarti bener kan most kantor2 di spore itu gak cover anak istri.  kantor suami gue yang dulu sih bisa cover semua, kecuali gue karena gue kerja dan di cover kantor.  kalo sekarang sih naia gak masuk, tapi dia bisa beli tambahan premi gitu untuk cover naia. 

sedangkan gue sih untungnya bisa cover naia juga, jadi sekarang malah naia bisa di cover both di gue & suami jadinya smile

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

8

Re: Asuransi Kesehatan

mau nanya2 asuransi kesehatan.. bukan buat anak sih, tp buat the whole family. boleh numpang di sini aja ya? smile

berhubung skrg suami & aku banting setir jadi PNS, otomatis medical coverage yg kita punya sekarang cuma dari PT Askes. mau nanya, kalo2 ada mamas/papas yg pake Askes juga, beli asuransi kesehatan lain ngga? pastinya yg bisa double claim kan ya? (boleh sebut perusahaan kan ya mamamods?) terus, kalo ada tips2 pake Askes mau dong diajarin.. abis kan katanya pake Askes ribet dan --kalo salah milih RS-- layanannya jelek. banyak orang di kantor yg ahirnya pake layanan umum aja krn males ngurusin Askesnya. tp mungkin krn lack of information jg kali ya.. thx before smile

mamahnya Ainayya ^_^
My Notes | My Tweets

9

Re: Asuransi Kesehatan

Kalo di kantorku kebetulan health insurance-nya bisa cover dependents - suami/istri dan 2 anak max, utk rawat jalan dan rawat inap; Preventive/medical check up dan vaksin free utk employee, spcial price u/dependents.Tidak ada ikatan dgn klinik/rumah sakit tertentu. Sistemnya reimbursement :rolleyes.

Namun mnrtku, tetep kita hrs pny asuransi kesehatan tambahan, krn bisa jadi tidak selamanya kita bekerja di kantor dgn fasilitas tersebut, dan kalau kita pensiun, tetep dapet manfaat dr asuransi.

.Aurora Sekarlangit Siregar.

10

Re: Asuransi Kesehatan

Riri
kok sama banget ya suami istri PNS (gak tau nih harus seneng atau sedih lol)
Sejauh ini kami belum punya asuransi tambahan. Dan rata2 asuransi bisa double klaim kok..

Ada juga metode menabung di bank (dulu sih Bank Bumiputera), saldo mengendap 3 bulan minimal saldo 7,5jt kalo gak salah, bisa dapet asuransi kesehatan rawat inap sehari 300rb.. itu dulu, gak tau sekarang masih ada program itu atau gak

Untuk Askes pelayanannya oke banget kalo di RS Panti Rapih Jogja.
Waktu nglahirin Rere, Rara, dan saya kena DB semuanya pake Askes. Untuk rawat inap kelas 1 (1 kamar 1 orang) bisa ke cover 40-50% oleh Askes loh, not bad big_smile (tapi untuk tarif RS di Jogja ya, hehe)
Dan prosedurnya gampaaaang banget. Ketika pesen kamar untuk rawat inap, tinggal bilang kalo pake askes smile

Tapi untuk rawat jalan saya gak pernah pake Askes. Ribeeeet, harus minta pengantar ke puskesmas segala

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu
@uyikuyik

11

Re: Asuransi Kesehatan

halo aQeela,
sama sama ikut program bela negara ya kita tongue
oh, kalo di Jogja pake Askes aja masih cukup bgt ya? sebenernya sih aku sndiri (alhamdulillah) blm pernah dlm kondisi yg perlu pake Askes, jd blm pernah ngerasain layanannya. cuma denger cerita senior2 aja.
kalo yg tabungan Bumiputera itu udah dpt infonya juga. tp santunannya akan keluar kalo yg sakit itu pemilik rekening kan ya? kalo bertiga, utk masing2 anggota keluarga, brarti harus ada dana nganggur lumayan gede, Rp22,5jt. apa pindahin dana darurat ke situ aja yaa.. smile

mamahnya Ainayya ^_^
My Notes | My Tweets

12

Re: Asuransi Kesehatan

Mau share...
Akhirnya lagi proses mau buat askes buat El setelah ketunda 6 bulan hihihi.
Kayanya sih tetep mo ngambil di Cigna juga, abis muraahh hanya 100an ribu per bulan smile dan rawat inap 750 rb dan santunan kalo pembedahan 7.5 jt.

Reborn since El was born
@inicrey

13

Re: Asuransi Kesehatan

Riri
Ide dana darurat dipindah ke situ boleh juga smile
Dulu Rere pernah sakit muntah2 dan diare sampe harus rawat inap di rumah sakit. Dan karena tampaknya lagi musim penyakit kamarnya rata2 penuh semua, akhirnya dapet kamar VIP (biasanya kelas 1 saja udah cukup, 1 kamar 1 orang dan udah ber-AC). Inap 3 hari abis 3 juta, di cover ama askes 1,6jt. Lumayan banget kan?

crey
info lengkapnya tentang CIGNA dong big_smile

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu
@uyikuyik

14

Re: Asuransi Kesehatan

aQeeLa,
iyah. thanks ya infonya buu.. smile

crey,
sama kaya aQeeLa, info detail dong tongue
terus, udah survey asuransi mana aja sblm mutusin pake Cigna? tia yah.

mamahnya Ainayya ^_^
My Notes | My Tweets

15

Re: Asuransi Kesehatan

aqeela & Riri,
baiklah saya akan melaporkan mengenai asuransi Cigna...
awalnya kenapa pake asuransi ini, soalnya rada jarang perusahaan asuransi yang askesnya berdiri sendiri, dan ternyata setelah disurvey2, asuransinya udah mengcover yang dibutuhin: buat rawat inap, santunan harian dan santunan pembedahan (tergantung pilih plan yang mana) tp kalo diliat lagi preminya cukup murah ya.
Setahun lalu, gw pilih yang plan A dan premi tahunannya sekitar 850 ribu dan rencananya mau perpanjang lagi sekalian mau nambahin El (ketunda mulu dari dulu) pas masa berlakunya abis, nah gw telfon dong mo nanya prosedur buat nambah tertanggung dll. Intinya sih gw harus ngefax surat permohonan dan udah gw fax.
Eh kemarin dateng suratnya dan ternyata udah DIAKTIFIN dan DIDEBET aja pas tanggal gw ngefax tanpa ada konfirmasi apapun dari gw.
Yang gw ngga suka: kok ga ada konfirmasi sih, namanya juga suarat permohonan, mbok ya gw dihubungi buat kasih tau oh ini diapproved dan akan diaktifkan per tanggal sekian... dan ternyata ngga! Sebel!
Dan siang tadi gw telfon buat komplain: eh CSOnya hanya bilang, surat permohonan tuh tanda jadi. WHAT? kalo pun iya, kok gw ga dikasih tau di depan... Dan kekuatan sekaligus kelemahanannya Cigna kan telemarketing based, jadi prosesnya cepet tapi kurang valid. Jadi pas gw minta bukti rekaman bahwa pas gw diminta kirim surat permohonan itu, dia bilang ga boleh karna itu hak mereka. Ok, that's it, mungkin gw ga sabar tp langsung gw minta pembatalan saat itu juga.
Bottomline-nya: konfirmasi itu kan hak konsumen, dan ini padahal gw intend buat perpanjang, tapi sistem complain handlingnya ga bener dan jawabannya standar gitu kek udah ada template. Mau buka tambahan tertanggung aja kita ga diinformasi, gimana nanti kalo ada proses klaim.
Jadi komunikasinya kurang. Itu aja sih yang bikin gw tutup huhuhu...
Tp yang bikin gw rada seneng: didebetnya di kartu kredit yang udah gw tutup ahahaha, mampus lo ga nanya2 dulu sih haha *evil grin*
Lesson learned buat yang nawarin hanya via telemarketing:
kita harus aktif nanya dan pastiin semua omongan mereka dan CSOnya cenderung ga punya product knowledge yang Ok.

Skarang, peer lagi nyari satu2...
Share dong temen2 yang lain...
So far lagi nanya2:
- Allianz
- Sunlife
- Acelife
- Sinar mas
Manulife sama Commlife askesnya ngga berdiri sendiri kaya rider gitu...
Share ya moms...

Reborn since El was born
@inicrey

16

Re: Asuransi Kesehatan

vanilovesburgundy wrote:

Kalo di kantorku kebetulan health insurance-nya bisa cover dependents - suami/istri dan 2 anak max, utk rawat jalan dan rawat inap; Preventive/medical check up dan vaksin free utk employee, spcial price u/dependents.Tidak ada ikatan dgn klinik/rumah sakit tertentu. Sistemnya reimbursement roll ....

vani,
di kantorku yg lama juga sistemnya reimbursement. and i looove it!
soalnya, kadang2 kalo nebus obat di apotik, suka sekalian beli susu hamil (jaman pas masih hamdun), pampers, vitamin, dll terus bon-nya sekalian dimasukin ke kwitansi buat direimburse ke kantor. hahahaa.. apalagi menjelang ahir tahun, buat ngabis2in sisa plafond tunjangan kesehatan, krn sisa tunjangan itu akan hangus dan ngga carry over ke tahun berikutnya.
kalo asuransi yg gesek kartu, manabisa kaya gini.. hihihii..

crey,
oh, jadi batal pake Cigna nih?
dari daftar asuransinya, aku cuma pernah tanya2 ke Allianz, tp ngga diterusin krn lumayan mahal kalo ga salah. duh, lupa.. ntar ya, ngubek2 cari brosur preminya dulu.

mamahnya Ainayya ^_^
My Notes | My Tweets

17

Re: Asuransi Kesehatan

Oya, bagi PNS pengguna askes...:)
Kan tiap kartu askes yg kita terima ada puskesmas ato dokter rujukan kan ya.

Apa harus ya sebelum ke RS ambil rujukan ke puskesmas ato ke dr yg ditunjuk dulu?
Secara kek saya ini insyaAllah lahiran dikampung halaman tercinta, sementara alamat rujukan si askes itu ya berdasarkan alamat didaerah tmpat kerja. Bisa berlaku gak ya askesnya?

18

Re: Asuransi Kesehatan

luvieka, mau bantu jawab nih mbak...

Sistem ASKES PNS sekarang memang setiap anggota askes (baik pribadi serta anggota keluarganya) didaftarkan di satu dokter keluarga/puskesmas. Kebanyakan sih sekarang disebar, jadi dokter keluarga itu bisa juga pihak swasta yang memang bekerjasama dengan PT. Askes. Pemilihan dokter keluarga juga sekarang diserahkan kepada pemegang Askes, gak ditetapin kayak dulu lagi. Jadi, klo misalnya mo pindah-pindah lebih gampang, apalagi kartunya kan sudah pake barcode. Tinggal datang ke kantor askes, ngajuin aplikasi ganti dokter keluarga, scan barcodenya trus data onlinenya langsung diubah sesuai permintaan kita.

Nah, sistem ASKES sekarang memang setiap kita mau ke RS (kunjungan nonUGD) harus pakai rujukan dari dokter keluarga dulu. Karena sistem pelayanan yang sekarang berjenjang. RS ditunjuk sebagai final place klo emang kita butuh health centre yang lebih mumpuni baik untuk pemeriksaan yang lebih lengkap atau rujukan ke spesialis.

Klo mbak rencana lahiran di kampung halaman. InsyaAllah bisa kok Askesnya dipake smile Diurus saja di kantor Askes di kampung halaman mbak. Klo sudah pake kartu barcode insyaAllah perpindahan semacam ini mudah kok. Trus klo setelah lahiran mo balik lagi ke tempat yang sekarang ya tinggal diurus lagi di kantor Askes domisili tempat kerja.

Eh Mom Mods, maaf ya ini OOT dari thread.. Klo mo dipindah monggo smile

Last edited by ietha (2011-04-11 15:25:35)

- Mommy loves Arka so much -

..::  The Widiadi's  ::..

19

Re: Asuransi Kesehatan

Beberapa minggu yang lalu nyokap gue sakit di Surabaya, dan gue kebagian ngurus2 askesnya. Awalnya sempet bete gara2 kayaknya ada miskomunikasi antara pihak RS, asuransi, dan keluarga pasien (gue/suami). Untung akhirnya jelas juga masalahnya dengan nelfon ke customer service asuransi dan langsung dapet info yang bener.

Ngeliat prosesnya sih gue ga kapok pake askes karena cukup mudah (kemaren pake Manulife) tapi sekarang masih bingung perlu ga ya Nara dibuatin askes? Sebetulnya gue, suami, dan anak udah otomatis di-cover medical benefit kantor (kantor ga pake asuransi). Cuma mikir untuk tambahan aja sih, just in case mau upgrade kamar. Dan sampe sekarang juga masih mikir2 apakah beneran perlu, karena sebetulnya batasnya udah 750rb/hari (untuk kamar) dan perawatan lainnya di-cover semua sesuai dengan tarif kamar tersebut.

riri Wah boleh ya beli susu hamil di-reimburse ke kantor? Kalo di kantor gue ada yang gitu (walopun sisa medical benefit masih banyak, atau utuh sekalipun), siap2 dikeluarin aja deh smile

yang selalu kangen sama si pipi gembil

20

Re: Asuransi Kesehatan

otty,
errr.. yaaa, dulu sih blm ada peraturan tertulisnya. dan yg dilampirin pas ngeklaim cuma kwitansi total pembelian + resep dokter, jd (hopefully) ga ketauan kalo beli macem2 diluar yg diresepkan. bandel ya.. tp begitulah tips dr senior dulu..

mamahnya Ainayya ^_^
My Notes | My Tweets

21

Re: Asuransi Kesehatan

riri Hihi ya gpp kan emang beda kantor bisa beda peraturan smile

yang selalu kangen sama si pipi gembil

22

Re: Asuransi Kesehatan

Haaaaiii ibu2, pendatang baru nih saya smile salam kenal
saya mau tanya nih, baca2 di artikel dan bukunya mbak Ligwina Hananto katanya kalo asuransi kesehatan pilih yang sistem kartu. Ada yg tau ga yah, maksudnya gimana?? dan asuransi mana yg pakai sistem kartu??

btw, seneng bgt di urban mama ini rameee bgt yah smile jd byk dpt info2 yg berguna smile

Tq smile

23

Re: Asuransi Kesehatan

Ietha...
Tengkiyu bgt penjelasannya...
Jd berasa bgt manfaat askes pns ini skrg. Secara sebelumnya anggap sepele dan ga pernah digunain. Kemarin pagi 14 april masuk rsu buat lahiran, tinggal sodorin kartu askes saja pulng2 dgn bayaran 0 rupiah saja. Horeeee smile

24

Re: Asuransi Kesehatan

otty,
hehe iya, tp denger2 sblm resign, sistem medical coveragenya lg mau dialihkan dr sistem reimburse ke perusahaan asuransi. salah satunya mgkn krn banyak yg 'nebeng' belanja itu kali ya..

premiera,
setau aku, askes itu ada 2 sistem, yg sistem klaim dan sistem kartu. kalo yg sistem klaim itu kita bayar sendiri dulu biaya berobatnya baru kmdn diklaim ke perusahaan asuransi utk dapet penggantian sesuai polis.
kalo yg sistem kartu, begitu masuk/berobat kita cukup gesek kartu aja. biaya berobatnya nanti dicover lgsg sama si asuransi, bisa dicover full (jd kita ga bayar2 lg) atau sebagian (kita masih perlu bayar sisanya), tergantung polis yg kita punya.
imo knapa Ligwina nyaranin yg sistem kartu, krn biaya berobat jd ngga terlalu ganggu ke cashflow kita.

luvieka,
punya pengalaman pake PT Askes di Jakarta ngga? ato mamas yg lain?

Last edited by Riri (2011-04-15 07:34:32)

mamahnya Ainayya ^_^
My Notes | My Tweets

25

Re: Asuransi Kesehatan

otty emang kalo askes gitu terima kuitansi fotocopy ya?gue sih engga kepikiran buat askes krn dikirain gue askes pun harus kuitansi asli, yah sama aja karena kantor juga butuh kuitansi asli..tp kalo boleh fotocopy mah boleh juga tongue

~Aysha's mom~