1

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

thalia - mudah2an ya mom anakku juga bisa cepet jalan, karena di umurnya yg udah 8 bulan ini aja dia belum bisa duduk sendiri dari posisi tidur, mesti dibantu dengan uluran tangan. Tapi posisi duduknya udah tegak gak sempoyongan lagi sejak usia 6 bulanan.

2

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

waaa... senangnya baca thread ini, ternyata aku ga sendiri
zi (9m) blm tumbuh2 juga giginya, padahal putih2 di gusinya udah lama keliatan tapi kok tetap ga nongol2 ya, hehe
sebelnya kadang ada yg bilang kl itu telat, hiksss....

3

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Akirnya... pas usia 8 bulan kmr, anakku fiera dah kliatan seuprit gigi bagian bawah nongol... tp masi seuprit hihhihi.. pantes akir2 ini kyknya dia mo melahap&nggigit semua benda di depannya, tmsk idung&muka mamahnya :D

4

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

phiet_three - LOL, idung mamanya!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

maaf ni klo misalnya uda pnh dibahas di dpn,lupaa....bacanya tandem 4thread.
Perlu ga suplemen/vitamin kalsium utk tumbuh gigi?
Zhiezhie(8m24d)blm tmbh gigi.wkt ke dokter (1minggu yg lalu krn sakit)dikasih resep vit.Calnic plus.kandungannya kalsium organik+vit D.fyi,susunya zhiezhie uda campur sufor,lmyn srg konsumsi yogurt (min.1xseminggu).
Kira2 perlu diminumin ga,ya?

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

6

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

natallia, mo coba bantu jawab ya, tp cmmiw.. setiap anak perkembangannya berbeda2, memang kalo menurut teori pertumbuhan dan perkembangan gigi-geligi, gigi susu mulai tumbuh dari usia 6 bln sampai dengan 3 tahun (secara berturut2 sampai semua gigi2 susunya tumbuh), akan tetapi hal ini tidak perlu dijadikan patokan yg baku. salah satu hal yg mempengaruhi pertumbuhan gigi adalah faktor genetik dan makanan. mungkin bisa ditanya, apakah orangtuanya ada ygtelat pertumbuhan giginya. dan tenang aza ya mom, ada kok ibu yg anaknya baru tumbuh gigi pas umur 12 bulan, dan langsung beberapa gigi.
kalo masalah makanan, karena zhiezhie sudah mo 9bln, mungkin bisa mulai diberikan beberapa jenis makanan yg tinggi kalsium seperti ikan teri, ikan patin dll (untuk pemberian makanan tolong diliat di wholesomebabyfood ya, untuk resep, sepertinya di thread recipe ada resep2 yg berkaitan dengan ikan2..
jadi, imho, mungkin pemberian vitamin ini bisa ditunda dulu, bisa dicoba yg alami dulu ya mom.. hth.. :)

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

7

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

natallia,
i feel U banget..
hehehhehe thaardut (almost8mos) juga samaaaa..giginya sampe sekarang belum numbuh juga..bakal gigi sih udah keliatan, tapi kayanya masih lama..
aku sih santai aja..pernah juga kepikiran buat ngasih tambahan kalsium, tapi aku tunda dulu aja deh..yang penting asupan gizinya bagus dan tercukupi...

Ibunya Thaariq & Shafiyah

8

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

saya..saya... *ngacung*
anak gw baru tumbuh gigi stlh 12 bln, lgsg 2 biji, terus 2bln kemudian lgsg 4 :D dan skrg umur 19bln total giginya ada 8, pdhl ada anak tmn yg baru 11 bln pny jmlh gigi yg sama, tapi kan emang pertumbuhan anak beda2 ya..

jd setuju sama citra, no worries ya jeng, selama asupan makanannya bagus dan pertumbuhan lainnya jg bagus. HTH ya :)

follow me @ulieeel

9

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

myallayna
hihihihi ternyata gak sendirian..
iya mom bener, setuju kata citra juga..pertumbuhan tiap bayi khan beda2..baru aja ngobrol sama temen cubical, anaknya 11 bulan udah punya 8 gigi..hihihihihiii..pas dia nanya "Aththaar udah ada giginya?" heheheheh aku jawab aja beluuuuuummmmm..sambil nyengir kuda :D

Ibunya Thaariq & Shafiyah

10

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Natallia, Alin juga baru kelihatan tumbuh gigi beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang pertama. Dari 6 bulan, setiap hari dia selalu minum juice buah. Nah, menjelang 11 bulan ketika melihat belum tampak tanda-tanda tumbuh gigi, saya tambahkan yoghurt di juice buahnya (khawatir kalau asupan kalsiumnya kurang). Jadi setiap hari dia ada asupan yoghurt 2 sendok makan di juice-nya. Dan memang setelah tumbuh gigi yang pertama, yang berikutnya cukup cepat juga :)

Jadi, no worry ya Mom, tooth fairy akan datang pada waktunya :)

Oya, Alin sempat dikasih calnic pas umur 1,5 tahunan gitu karena pas masa-masa itu lagi susah sekali minum susu-nya. Waktu itu, dia hanya bisa minum susu kalau pas lagi tidur (jadi setengah sadar). Kalau pas melek, sudah pasti ditolak dan dimuntahin. Makanya rada khawatir karena asupan kalsium dari susu sangat kurang. Tapi sejak dia 2 tahun kemarin sudah stop calnic. Minum susunya sudah membaik, lebih-lebih setelah saya kenalkan dengan UHT (telat banget ya mom.... :P ).

-- alin's partner in crime --

11

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

wah,thank u ya sarannya mamas smua..
Sbnrnya aq jg ga tll khawatir,wkt 3minggu lalu,hbs reunian sm tmn2 SMU.yg seumuran zhiezhie uda pd tmbh gigi tp ada jg yg 15bln,giginya br 3.
Iya dh.ni mau digenjot mkn ikan :)
Mgk zhiezhie dikasih calnic,krn aq smpt curhat ke dokternya ttg zhiezhie lg susah minum susu.
B'arti mknan b'kalsiumnya mst dibanyakin lg.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

12

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Mamas, biasanya yg tumbuh duluan tuh gigi yg mana ya? Gigi seri, taring, ato geraham? Anakku almost 6m suka ngorek2 gusinya, pertanda mo tumbuh gigi kah?

Mommy ? Superben

13

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

immaria, gigi seri ... ada yg atas dulu, ada yg bawah .. :)

less ego, more heart

14

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

mamas,emang kalo mau kluar gigi tu pake berdarah2 ga sih?
zayyan (15mo) pas tumbuh gigi ke 9 bulan lalu sebelumnya mulutnya berdarah2 gitu.tapi ga ada luka ato apa.dan abis itu pun dia ga kesakitan ato gimana gitu,biasa aja.cuman abis berdarah2 itu besoknya nongol si gigi.
nah tadi gitu lagi,tau2 mulutnya berdarah.curiga karna gigi mau nongol soalnya gusi-gusinya udah pd bengkak2.
oya pas berdarah itu dia ga lagi ngapa2in.tapi emang agak rewel,nangis2 ga jelas.tau2 mulutnya berdarah.ga banyak sih darahnya,dikit aja.tapi kan namanya juga liat darah pasti kan panik to.
sebenrnya normal ga sih ini mengingat 8 gigi sebelumnya ga sampe gitu.

ohya,pas mau tumbuh gigi 1-8 dulu kok dia ga terlalu gigit-gigit pas nyusu ya.tp yg sekarang,ya ampuunn,ini nipple jd luka-sembuh-luka-sembuh ganti2an kiri dan kanan :(
ada yg gitu juga ga?
thanks :)

15

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

immaria, gigi seri. Tapi di sebelah gigi seri anakku yang di bawah (yang seharusnya tempat gigi taring), udah muncul 2 titik gitu. Apa gigi taringnya udah mau muncul ya? *anaknya mau cepet2 makan daging kali ya :lol:
mamanyaZayyan, masa si keluar darah? jadi horor begitu?

16

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

mamanyaZayyan, ngeri juga kalau sampai berdarah-darah ya? Sudah coba diperiksakan ke dokter gigi kah?

-- alin's partner in crime --

17

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

immaria, coba bantu jawab ya.. :) yang pertama kali numbuh gigi yaitu gigi seri/insisivus 1 biasanya gigi bawah dulu baru gigi atas, disusul dengan gigi seri samping/insisivus 2, gigi geraham I/molar I, gigi taring/caninus dan terakhir gigi geraham II/molar II. pertumbuhan gigi biasanya dimulai dari gigi rahang bawah dulu baru gigi rahang atasnya, misalnya: gigi insisivus 1 bawah ka-ki,baru gigi insisivus I atas ka-ki, baru gigi insisivus II bawah ka-ki dst..
but again, itu hanya panduan umumnya, perkembangan bayi berbeda-beda ya.. :)
tanda-tanda tumbuh gigi biasanya berupa:
• Lebih rewel.
• Menangis di waktu malam.
• Air liur yang berlebihan.
• Memasukkan jari tangan, mainan, dll ke dalam mulut.
• Gusi bengkak, merah.
• Meningkatnya permintaan ASI atau Susu botol.
• Menolak minum ASI atau Susu botol karena mengisap menimbulkan rasa sakit.
• Napsu makan berkurang.
• Tidur terganggu.

hth ya..

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

18

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

mamanyaZayyan, yg tumbuh gigi ke-9 itu gigi geraham ya mom..? Al juga kemaren pas tumbuh gigi geraham sempat keluar darah tapi tidak banyak, imho itu dikarenakan gigi keluar dari gusinya dengan luas bidang yg lebih besar (bidang gigi geraham dibandingkan gigi seri) sehingga ada sedikit trauma kecil, tapi kalo itu tidak apa2, coba digigit kapas/kasa ato dikasih es biar berhenti. tapi klo berdarahnya banyak, lebih baik ke dokter gigi aza untuk lebih pastinya ya.. cmmiw ya mom.. :)

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

19

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Mama, sekarang Va' 1y2w belum tumbuh gigi, dan belum ada tanda2 mau tumbuh gigi.. Should i be worried?
Waktu 9 bulan dsa nya ngasih waktu gigi pertama muncul sampai 12 bulan, tp aku pernah baca kita bisa tunggu sampai 14 bulan.. Jd yg mana yg buat patokan?

Oya waktu itu Va' pernah lambat kenaikan BB nya, dr 5 bulan sampai 10 bulanan, beratnya segitu2 aja.. 11-12 bulan ini rada banyak naik, karena aku mulai kasih UHT (diminum dan setiap bikin masakan apapun dimasukin ke makanan)

Rada bingung masalah gigi ini masuk ke thread ini atau ke slow growth :(

Thankyou

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

20

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Huhuhu... Senasib deh qt Pinkmomma! Vio blm numbuh gigi, pdhl gejala mau numbuh gigi udah pernah muncul dr 4bln. Setauku perlu khawatir kl blm numbuh gigi sampe 18bln (1,5 thn). Aku sih msh santai apalagi mengingat Vio g ada kesulitan makan dan menggigit makanan. Akhirnya kepikiran kl ini turunan, aku baru numbuh graham belakang 1mg lalu walopun pas bayi dl udah numbuh gigi sblm 1yo *menghibur diri*. Nah, yg mengganjal di hati justru tampilan scr estetis. Vio kan hobi nyengir dan udah unthul-unthul, lucu aja udah gede tp msh ompong hahaha...

21

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

PiNK, Asa 11 bulan br numbuh. waktu itu sih dikasih tenggang waktu sampe 16 bulan untuk numbuhin gigi. udah nambah UHT juga kan yah, mestinya sih gpp n tinggal tunggu waktu. kalo diraba2 gt gusinya ada keras2 gitu nggak ?

less ego, more heart

22

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

mom bener gak si kalo giginya muncul duluan lebih cepet ngomong dan lambat jalan or sebaliknya? anakku si hampir 10 bulan giginya udah mo 4 (yg atas masih malu2 munculnya), tapi baru merangkak dan duduk sendiri pas 9bln-an, skrng lg belajar berdiri, sepupuku anaknya baru 9 bulan udah belajar jalan, tapi giginya blm ada. mungkin ada yg punya pengalaman yg sama?

23

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Tadi siang melihat ada sesuatu yg mirip daging di gusinya Zafran, pas kuraba dengan tangan, kayaknya itu gigi deh.abis ini cek-cek lagi deh.

citRa oh gitu, TFS ya mom. pantas semalam dia ga mau nenen trus tengah malam bangun minta gendong, padahal ga pernah gendong2 kalo malam. emang udah agak lama air liurnya banjir + hobi memasukkan, menghisap & menggigit benda2 termasuk tangan akhir2 ini. udah gitu 3 harian minumnya banyak banget, tapi dia ga panas (ato mungkin aku ga nyadar krn udah 1 bulanan kepalanya anget tiap hari).ga ngira mau tumbuh gigi, soalnya dia baru 8d4m.

24

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

kalo anak da 12m lbh belum muncul gigi emang kita para ibu jd bertanya2 ya kenapa gt. tp tenang deh mom pertumbuhan tiap anak beda-beda deh. anak temenku da mau 14m jg belum nongol satupun giginya padahal gusi da bengkak2 dan kelihatan bentuk gigi yg menonjol gt. tp si anak jg ga kesulitan makannya. mau apel ato biskuit dia bisa. perbanyak kalsium aja di menu sehari-harinya..

25

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Mamas, ada yg pengalaman mirip dengan Miguel, jadi gini.. dari usia 6 bulan tumbuh giginya teratur banget.. 2 atas, trus 2 bawah, trus 2 lg atas.. naaa udah gitu sekitar usia 1thn stop gitu.. kenapa ya kira-kira? trus belakangan kayaknya mau numbuh lgi nih yg bawah, udah kliatan putih2nya di gusi, apa perlu vitamin yg mengandung kalsium buat pertumbuhan giginya? please share yaa ::)

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch