1

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

dhita Iya sih, bener juga pemikiran lo. Daripada kita khawatir anaknya asupannya kurang ya, kan ini special case menurut gue :p Kalo anaknya baik2 aja, gue rasa juga ga perlu.

Wah, kalo Nara sebelum 6 bulan udah pernah sakit. Gara2 ketularan gue yang batpil berat selama 2 minggu lebih. 2 minggu pertama Nara tetep sehat, setelah 2 minggu n gue masih blom sembuh baru dia ketularan. Tapi alhamdulillah ga lama, n anaknya tetep ceria. Setelah itu ga pernah sakit lagi, pernah meler dikit (blom sampe pilek sih menurut gue) tapi langsung berenti sendiri juga (2 hari doang). Semoga ga sakit lagi deh ya... Semoga anak2 pada sehat semua :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

2

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

Menurut saya bayi yang sudah Asi Exclusive gak perlu vitamin yg tidak alami (yg bukan dari makanan), apalagi usia <6m, ASI melebihi vitamin buatan manusia apapun. Kalo sdh MPASI, vitamin bisa dari sayur dan buah, lebih fresh...

3

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

meralda, kayaknya serak karena salah saya :(, akhir2 ini terekspos dingin2 mulu, es batu (saya ngletukin, toto minta, ya saya kasih hehe...sekalian buat gusi yang throbbing), terus karena selalu crawling ke mana2, toto cuci tangan n kaki di wastafel berkali2 dalam sehari, nyambi main air. 2 hari serak ringan, pas hari ke 3 jadwal imun DPT HIB Polio, hari ke 4 serak berat. nyesel, mestinya nunda imun, nggak fit gitu.

untung hari ini mendingan, ama neneknya udah dicekokin ramuan herbal buat bayi apa gitu namanya (chi fung san something, sorry nggak ngerti chinese, sounds like this hehe). iya, temen saya kemaren dateng, anaknya baru umur setahun tapi udah minum madu b4 setahun, saya kaget bener, kurang aware ama botulism spores buat bayi di bawah setahun ya (gaya, taunya juga dari buku :P)

fabfashion, YSee, setuju, toto lagi nggak fit, meski belum taraf sakit, langsung saya kasih vitamin drops. thanks diingetin ya :)

moms, ditunggu ulasan merek2 vitamin yang ok buat bayi, ato share nya pake apa, kenapa, dll, saya baca ingredients nya, kebanyakan mesti ada sorbitol nya, gak impressed! *ibu picky sayang anak sayang anaak*

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

4

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

mo share aja...

baby Fadhil dari umur sebulan dikasih Appeton Infant Drop sama DSA-nya, karena 2 minggu pertama dia gak mau nenen, ASI perahpun keluarnya belum maksimal. sampe sekarang umur 4,5 bulan masih pake itu 0,5 ml/ hari. cuman sekarang aku jadi mikir, apa gak papa ya ama ginjalnya (*hehehe... soalnya sering denger orang dewasa gak boleh keseringan minum red*x*n, nanti ginjalnya rusak), tapi kok malah disaranin DSA-nya ya?
pengaruhnya sih, nafsu minumnya (*karena belum mam) banyak banget, sekarang aja minimal sekali mimik 120 ml, itu pun kadang kurang. oya, dia mimiknya sufor dan ASI karena ASIku kalo diperah gak gitu banyak, padahal aku WM. badannya Fadhil gak melebar kesamping atau endhut. yang ada malah badannya memanjang alias tinggi (*ato ini karena bawaan dari bapak ama emaknya ya, gatau deh). sampe kalo liat baby lain kok endhut2 ya, lah nih baby Fadhil kok langsing2 aja, yang gedhe cuman pipi, paha ama lengan atas doank. lainnya six pack, hehehe....

- bundanya Fadhil yang selalu gemes dengan pipi bakpaonya -

5

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

hi moms..
salam kenal ya baru gabung TUM niy..:)
ikutan share ya..kmrn Kinanti juga dikasih apyalis sama DSAnya..saya sama suami agak ragu mau ksih vitamin soalnya babynya masih kecil bgt, baru sebulan..pas dibaca ingredientnya aihh ada pemanis buatannya
akhirnya gk jadi deh..nanti aja kali ya kalo udah gedean, min lebih dari 6 bulan..lagian jg babynya alhamdulillah sehat dan ndut gemesin hihi
pas control, BB Kinan naik lumyan gede..eh DSAnya bilang vitaminnya diminum kan? kita berdua cuma senyum2 aja..
terus dengan PDnya DSA bilang: tuh kan karena minum vitamin jadi aja ndut...
sotoy bgt deh..untung ada TUM yang udah kaya DSA aja:)

6

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

mamas, tanya ...
vitamin apa ya yang cukup enak dan baby-nya pada doyan ?

lagi khawatir banget. cos ada masanya Asa dikit banget asupan lauk, sayur n buahnya. makan cm mau nasi+kuah, kadang malah nasi putih aja dan ngasih makan buahnya kudu sambil ngejar2 ... (biasanya klo lagi teething .. dsb)

dari dulu, susah bgt dikasih vitamin or suplemen apapun. pasti dilepeh. dulu sih gak khawatir karna masih ASIX. tapi skrang (14m) asupan susu-nya udah mulai berkurang, dan dy prefer makan. tapi ya gt deh.

kmren coba dikasih madu, dan dy berontak abis2an sampe muntah dikit .. :(
ada gak ya suplemen yg gak ada rasanya dan bisa dicampur makanan or minuman dy ?

less ego, more heart

7

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

Sidta wrote:


ada gak ya suplemen yg gak ada rasanya dan bisa dicampur makanan or minuman dy ?


vitamin Fadhil, Appeton Infant Drop bisa di campur di susu, makanan atau langsung ditetesin ke mulut. rasanya sih kucicipin kayak buah2an gitu, gak tau deh kalo pas dicampur ke susu rasanya kayak apa, tapi dia doyan tuh dan nafsu mimiknya tinggi kalo dikasih itu.

- bundanya Fadhil yang selalu gemes dengan pipi bakpaonya -

8

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

Mama ada yang disaranin pake Prolacta for Baby? itu mengandung DHA, tapi ada yang bilang gak perlu karena asupan DHA harus diimbangi dengan ARA, sementara ARA didapat melalui asi yang which is udah mengandung DHA juga. Jadi kalo DHA-nya kebanyakan bisa mengakibatkan pendarahan otak. Tapi kenapa tetep diresepin juga ya sama DSAnya...??? ada alasan lain kah yang mendukung pemberian prolacta? *galau.com* :D

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

9

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

halluuwww, heheheh, maaf ya kmrn bikin postingan judulnya ttg ini, ga tau nya udah ada nih... :D

owiya, mau share juga, akhirnya kemarin menyerah juga, setelah dipikir2 dan diskusi sama suami, akhirnya vitamin dikasih juga ke bhimbhim (5mo 15hari). Menurut dsa nya karena belum 6 bulan, dikasihnya cuma 0,5ml, sehari 1x *karena baru masa penyembuhan*

tapi setelah baca2 di forum ini, nampaknya vitamin nya bakal distop klo bhimbhim udah keliatan segerrr bugeeerrr lagiiii...aamiin :)

*btw, bener2 deh, forum TUM ini kumplit infonya, ga salah ikut forum ini* :D

-a daughter, a sister, a friend, a wife...and now...i'm a mom of a supercute son...Alhamdulillah-

10

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

yah baru inget kalo ada lempar pertanyaan disini sebulan lalu, tapi belum dapet jawabannya :)

baru dapat informasi, kalo AAP menyarankan pemberian iron supplement untuk bayi mulai 4 bulan, tapi itu yang ada gejala anemia juga sih..pertanyaannya kalo bayi kekurangan zat besi itu problemnya dimana sih? ibunya yg kurang zat besi waktu hamil atau asi-nya yg kurang zat besi?

ada yang tahu kalo rekomendasi IDAI gimana soal zat besi ini?

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

11

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

oh, gw nemu sendiri jawabannya :p
ini gw copas dari detik yaa:

IDAI: Anak 2 Tahun ke Bawah Butuh Suplemen Zat Besi
detikcom - Jakarta, Balita Indonesia yang menderita anemia atau kurang darah mencapai 47 persen, sebagian besar karena kurang zat besi. Oleh karena itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan pemberian suplemen zat besi bagi anak hingga usia 2 tahun.

Angka 47 persen merupakan data hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2001. Meski beberapa
penelitian terbaru dengan skala yang lebih kecil menunjukkan adanya perbaikan, namun diyakini jumlah balita yang menderita anemia belum banyak berubah.

Sesuai rekomendasi organisasi kesehatan dunia (WHO), bila jumlah penderita anemia defisiensi besi melebihi 40 persen maka tidak perlu dilakukan skrining individual. Pemberian suplemen zat besi secara massal boleh dilakukan sebagai langkah pencegahan.

Oleh karena itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melalui Satgas Anemia Defisiensi Besi (Adebe) merekomendasikan pemberian suplemen besi untuk anak usia 0-2 tahun. Usia ini dinilai sebagai masa emas dalam proses perkembangan fisik dan kecerdasan anak.

Selengkapnya, dosis dan frekuensi pemberian suplemen besi untuk anak di bawah usia 2 tahun adalah sebagai berikut.

Bayi berat badan lahir rendah (kurang dari 2,5 kg): 3 mg/kgBB/hari, sejak usia 1 bulan sampai 2 tahun,
setiap hari.

Bayi cukup bulan, berat badan normal: 2 mg/
kgBB/hari sejak usia 4 bulan hingga 2 tahun,
setiap hari (maksimal 15 mg/hari).

Selain dari suplemen, zat besi sebenarnya juga bisa diperoleh dalam Air Susu Ibu (ASI) maupun sumber makanan lain seperti hati ayam, daging merah dan sayuran hijau. Namun pemberian suplemen dinilai
tetap perlu karena asupan zat besi dari makanan dinilai tidak cukup.

"Kalau sebuah keluarga masak hati ayam, maka biasanya yang mendapat porsi terbesar adalah bapaknya. Kebutuhan zat besi untuk anaknya tetap kurang. Kalau dari sayur, paling tidak anak harus
makan 3 ikat bayam," ungkap anggota Satgas Adebe IDAI,dr Soedjatmiko, SpA(K), MSi dalam jumpa pers di laboratorium klinik Prodia, Kramat, Rabu (13/4/2011).

Selain menyebabkan anemia, kekuarangan zat besi pada anak terutama di bawah usai 2 tahun juga berdampak pada kecerdasan. Berbagai penelitian membuktikan, anak dengan defisiensi atau kekurangan zat besi akan kehilangan Intelligence Quotience atau tingkat kecerdasan sebanyak 5-15 poin.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

12

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

sorella hmm... gue kok tetep gak ngerasa perlu adanya suplemen itu ya. namanya suplemen menurut gue sih, unless emang perluuu banget, mendingan gak usah. artikel ini mungkin dinilai dari faktor keseluruhan dimana banyak anak2 di indonesia yang masih kekurangan karena faktor ekonomi. boro2 bisa makan yang bergizi kalau makanannya pada mahal semua, gitu kan?

gue sendiri ga pernah ngasih suplemen apa2 ke anak gue. tapi makanannya lengkap. dari makan hati ayam, hati sapi, bayam aja dia bisa setiap hari, belom lagi buah, ikan, etc. yang menurut gue perlu banget! bahkan justru malah kadang gue yang cuma makan sama tahu tempe tapi anak gue makannya bisa yang macem2 heheh..

nah ini mungkin perbedaannya. karena di indonesia, apalagi jaman dulu di dikalangan bawah, si bapak perlu makanan yang banyak karena si bapak perlu kerja cari duit, jadi anak terpaksa ngalah. jaman sekarang kan ga gitu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

mau share aja mamas

seminguu yg lalu, anakku Aga dibawa ke dsa krn batuk demam yg gak sembuh2. selain dikasi obat, Aga jg dikasi vitamin. krn dinilai BB anakku msh dibawah harapan (chart) si dsa. usia 1 thn, berat anakku masih 9,5 ajah. pdhl ketika lahir BBnya 3,4. seharusnya BB 1 tahun ya 3xBB ketika lahir, begitu kata beliau.

diberilah Aga multivitamin zat besi, siapa tau bisa menambah BB anakku. walhasil hari ke2 minum sirup vitamin itu, Aga muntah2, badannya panas lg, perut kembung, pup-nya berwarna hitam. aku baca di petunjuk obat tsb, efek sampingnya memang : pup berwarna hitam, mual dan kembung. tapi kok ya efek ditubuh Aga ampe sedahsyat itu. muntahnya klo ditampung bisa 3 mangkok gede kali, saking tu smua isi perut keluar dimuntahin

aku telpon dsa-nya, dan disuruh hentikan. kebetulan kakakku sendiri dokter, jd dikasi obat untuk penghilang kembung dan mual perut. besoknya alhamdulillah Aga udah makan banyak (dobel malah,lapar kali ya gara2 kemarin isi perutnya keluar smua) dan gak panas lg.

dr kejadian itu, aku berpendapat, tiap anak emang memiliki sensitifitas berbeda dg asupan vitamin. Gak smua tubuh anak mampu dan mau menerima asupan vitamin tsb. Aga mungkin ky aku, gak tahan dg sgala vitamin sintetis tsb. aku waktu hamil, dikasi sgala macam multivitamin ama dsog, malah muntah2 dan mual. vitamin dihentikan, aku makan biasa, malah badan sehat seger gak mual.

semoga bermanfaat :)

happy go lucky me ^_^

14

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

sLesTa, yup..gw pun pny pendapat yang sama soal tidak perlunya vitamin. dari 2 pertanyaan gw soal vitamin di atas (prolacta for baby+zat besi) cuman wondering, kenapa masih banyak DSA yang menyarankan hal ini untuk alasan pencegahan, dll ya? padahal, mungkin, anaknya masih normal2 saja dan gak ada indikasi apa-apa...

silvie pelajaran sekali buat kita, thx sharingnya ya :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

15

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

sorella,slesta, silvie anakku jg pernah dikasih suplement zat besi, ferriz atau ferril gt d...Alasan dsa-nya krn hanya minum asi aja, g nambah sufor jd dikhawatirkan asupan zat besinya kurang. Nah aku amati anakku g menunjukkan gejala anemia, yg lemes lesu gt...Jd akhirnya g aku minumin supplemennya...Alhamdulillah sampe skr jg baek2 aja...

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

16

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

Vitamin bukannya a, b, c, d, k ya buibu...zat besi, kalsium dsb bukannya mineral ya...maaf kan jadi bingung judul tritnya. Lebih pasnya suplemen untuk bayi barangkali mamod.
Sharing saja, dulu si kakak sempat icip icip suplemen vegeb**** nah karena berdampak nafsu makannya terkatrol juga nanyalah ke prof iwan yang ahli obat itu eh dijawab simple sama beliau, stop it karena placebo dan mungkin momennya si anak memang lagi doyan makan. Jadi sampai sekarang penggunaaan vitamin dan suplemen lain hanya jika anak anak kondisi drop dan sakit. .

hari ini adalah hari baik

17

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

namila, udah diganti ya judulnya, biar bs bahas semua suplementasi makanan ...

less ego, more heart

18

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

Wah mamod sidta memang cekatan ya...tks biar lebih luas bahasannya.

hari ini adalah hari baik

19

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

ikutan share ya, krn dah ganti judul, jd moga nyambung.
Ghani (1y2w) krn slalu dbndgkn ma ponakan yg gendut jadi dy dragukan Bb-nya, pdhl dah pas 3xBB lahir, dan alhamdulillah sehat dan lincah.
Tp s nenek (krn msh serumah) keukeuh ngasih vitamin yg 7seas, bau agk amis ikan krn emg minyak ikan gt, eh dgnti lg ma yg temulawak.
Tp aq sndri mantap ngasih dy walad honey madu herbal plus krn si ayah terapi jus jadi saban hari dy ikutan minum jg jus tomat or wortel.
Alhamdulillah daya tahan tubuh jd bagus karna sebelumnya pas dia umur dbwh 1y gampang flu.

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

20

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

Moms, soal rekomendai AAP terkait perlunya suplemen zat besi ada di link ini:

http://aapnews.aappublications.org/cgi/content/full/aapnews.20101005-1v1

Jadi pengen tau, karna rata2 moms di atas nggak ada yang ngasih suplemen ini, ada moms lain yang ngasih nggak yah (dalam artian sampai sekarang masih ngasih dan tidak ada efek samping seperti silvie)? Pertimbangannya apa? Thanks.

Uminya Kiera dan Rania

21

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

moms...barusan aku gugling mengenai tambahan vitamin pada bayi..
ternyata memang dibutuhkan utk usia 9bln - 1thn yang pada usia tersebut mereka sedang mengalami darahnya naik 300 %, dari 3,5 kg menjadi 10 kg dalam tahun pertama, sehingga kebutuhan zat besi sangat besar, lebih besar dari yang bisa dia dapatkan dari makanan / minuman sehari hari..

hal ini saya dapatkan disini ... dan disini ...
so far saya belum menemukan link lainnya..

mudah2an bisa menjadi bahan pertimbangan... :)
maaf bagi yg tidak berkenan

? ???..happy new mom..??? ?

22

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

"Kalau sebuah keluarga masak hati ayam, maka biasanya yang mendapat porsi terbesar adalah bapaknya. Kebutuhan zat besi untuk anaknya tetap kurang. Kalau dari sayur, paling tidak anak harus
makan 3 ikat bayam,"
wrote:


betul kata Slesta, ini sebenernya kebiasaan orang jaman dulu. kalau bapak dapet dada/ paha, anaknya dapet sisanya. tapi kalau dilihat2 kebanyakan orang di perkampungan (saya lihat di kampung nenek saya nun jauh di gunung sadang) masih banyak juga yg begini. kalau diperkotaan rata2 udah berbalik kebiasaannya; yg penting anaknya dl makan bergizi, kl bapak-ibunya yg penting kenyang :D

trus itu... harus makan 3 iket bayam? per hari? ah orang dewasa aja makannya gak bisa sebanyak itu, apalagi perut kecil balita. mungkin yg harus dilihat bukan dari banyaknya per makan, tapi dari konsistensi apa yg dimakan per harinya kali y. misal, anak makan bayem 3 iket sekali makan tp baru makan bayem lagi 3 minggu kemudian. ya jadi gak efektif.

hafidz adalah anak sufor, tp gw gak ngasih vitamin/ tambahan mineral macem2. dari 0-6bln pertumbuhannya normal. sejak makan alhamdulillahnya dia banyak makannya & mau apa aja. sayuran-ayam-sapi-ikan-buah-hati-ceker-cemilan. berat badannya kalau lihat di buku kesehatan udah di atas garis sesuai (usia-bb).

pernah kasih syrup yg ada kandungan curcuma nya cuma pas lg gak mau makan banget sehabis sakit. berat badannya turun drastis. tp setelah makan biasa ya si curcuma berhenti. dsa nya jg gak pernah nyaranin vitamin khusus.

Sidta kl pas cuma mau nasi-kuah, kita bikin kuah kaldu nya yg yummy & isi segalanya aja. bikin pake ceker, tomat, wortel.atau bikin nasi nya pake kaldu ayam (jadi kayak nasi hainan gitu) kira2 mau gak dia???
kalau buah sekarang hafidz jg agak susah. maunya jus aja. kadang aku buatin pake tambahan gula merah, tapi dianya suka buavita. yah di selang-seling aja.

Bussy life...happy life...

23

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

dewiamel, Asa kalo lagi puasa mutih, maunya bener2 yg tanpa rasa, mama .. jd membingungkan. tapi untungnya skrg udah ga pernah gitu lagi *sambil ngecek tanggal post :P *

less ego, more heart

24

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

Mba silvie

Sama banget nih.Anakku azka waktu kontrol umur 2 bulan juga dikasi vitamin sama dsa nya..Karena menurutnya BB nya kurang (menurut dsa itu kenaikan BB bayi normal 800gr sampai 1 kg per bulan).. Pas aku kasi vitamin itu azka suka muntah,,banyak pula tapi aku tetep paksa sehari skali atas saran dsa.. *kalo inget jadi kasian sama azka*

Efeknya emang sih tu anak naik 1 kg..Tapi setelah aku baca di TUM ternyata ASIX tu ga boleh dicapur apa2 even vitamin skalipun.Akhirnya aku stop tuh kasi vitamin itu..Alhamdulilah sampai skarang azka tetep baik2 aja tanpa vitamin itu..BB nya juga tetep naik walaupun ga sedahsyat waktu pake vitamin..

25

Topic: Suplemen untuk Bayi (vitamin, mineral, etc)

Sidta hehehe puasa mutih mau gede kayaknya Asa :p

Bussy life...happy life...