1

Topic: Baby Car Seat

hi moms..

share dong ttg baby car seat. apa aja yang jadi consideration untuk milih car seat? apa car seat dipake untuk jalan2 dan mungkin tips nya supaya baby stay di car seat.

duluan dari gue yaa..
dari awal gue & suami emang sepakat kalo kita mesti membiasakan anak kita duduk di car seat kalo di mobil. kebetulan kita memang punya mobil dan kita berharap anak kita bisa duduk rapi di car seatnya. bukan hanya masalah rapi aja sih, tapi kita sangatlah concern ttg masalah keselamatan juga.

jadi waktu di awal2 kita prepare barang2 untuk menyambut kedatangan anak kita, mencoba untuk memilih car seat yang bagus.

faktor pemilihannya:
1. ringan tapi cukup sturdy
2. mobile (bisa dilepas dari base, jadi ga mengganggu tidurnya kalo dipindahin ke stroller)
3. attach ke stroller (lanjutan point #2)
4. bisa dipake dari newborn

akhirnya setelah memilih2.. kita beli travel systems dari chicco dengan model cortina. sebenernya ini satu paket dengan stroller nya. dan mayan masuk dalam faktor yang disebutkan di atas.

http://www.chiccousa.com/Images/gear/travel-systems/cortina-30lb-systems/Romantic_TS_360.jpg

image courtesy of www.chiccousa.com

car seat ini akhirnya dipake sampe naia berumur setahun. karena naia udah kepanjangan untuk duduk di baby car seat dan udah saatnya juga untuk view nya diputer ke depan. jadi akhirnay car seat nya kita 'pensiunkan' dan diganti dengan car seat yang untuk toddler. car seat untuk toddler, silahkan di share di thread nya sendiri yaa...

tips untuk baby car seat:
- car seat dihadapkan ke belakang dan ada di bangku belakang
- ketika dipasang, car seat tidak bergerak sama sekali (ke kiri/kanan)
- selalu memasang belts ketika bayi ada di car seat
- usahakan untuk naro anak di car seat ketika mobil berjalan. gunakan berbagai macam mainan untuk attract anak ketika di car seat

silahkan di share yah ibu2..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Baby Car Seat

hi shin,

dulu juga sebelum alde lahir, car seat salah satu dalam daftar yang wajib kita beli. pertimbangannya, di jakarta gue nyetir. dan terkadang ga bisa pergi sama asisten dan harus bawa alde kecil. jadi car seat ini bener-bener 'ngebantu' gue banget.

car seatnya di taro di jok belakang, car seat menghadap belakang, dan 'dililit' sama seat belt. sementara baby-nya juga pake seat belt dari car seat-nya.

dulu car seatnya dapet di mothercare dgn merek fisher price. tapi yang kita warna biru.
http://news.idealo.co.uk/wp-content/uploads/2008/12/fisher-price-infant-carrier-baby-seat-car-seat.gif

pindah ke singapur, car seatnya tetep dibawa meski kita ga punya mobil di sini. sekarang dipake arza kalo buat nyantai2 di rumah :).

*image courtesy of: http://news.idealo.co.uk/wp-content/uploads/2008/12/fisher-price-infant-carrier-baby-seat-car-seat.gif

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Baby Car Seat

Kita pake car seat cuma pas Vira masih kecil. Karena dulu waktu Vira baru lahir aku masih ngantor dirumah dan jadi "bapak rumah tangga", jadi kalau pergi keluar rumah tentu bawa Vira karena gak ada orang lain yang jagain.
Awal pakai car seat cukup frustasi, karena mengikuti cara "yang benar" yaitu seperti ditulis Ninit diatas, tiap kalo Vira nangis dikit atau gummam gue jadi parno dan langsung nepi jalan. Padahal gue dah beli kaca biar bisa liat muka Vira dari spion tengah, tetep aja Parno.
Akhirnya break the rules nih (jangan ditiru ya ibu-ibu dan bapak-bapak), car seat gue taruh di passenger side facing back. I drove extra slow and careful.
Kalau pergi dengan istri sih mereka berdua selalu dibelakang dan hingga sekarang kemana-mana pasti gue kayak sopir duduk di depan sendiri.
Car seat gak kepake lagi sejak kita ganti mobil baru, dibelakang gak ada seatbeltnya. Untung hampir 1 tahun setelah Vira lahir mertua menawarkan diri untuk menjaga Vira.
Pas Arkan, car seat dipakai dirumah jadi tempat duduk Arkan waktu masih kecil saat makan.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

4

Topic: Baby Car Seat

hi slesta...
thanks banget ya atas threadnya... jadi pengen buat beli car seat juga. sebelumnya ga pernah mikir kalo car seat ini penting. karena lebih kepikiran buat digendong aja pake sling/ wrap.

*cepet-cepet pergi buat beli car seat*

“When real people fall down in life, they get right back up and keep walking.”

5

Topic: Baby Car Seat

Hi semua :)

Kayaknya ampir sama dengan Slesta dan Ninit deh, kita dari Vanya baby dah dibiasain banget duduk di car seat, soalnya kadang suka nyetir sendiri dan dari faktor keamanannya juga sih. dari umur 0-12 blnan dia dah biasa bgt duduk di car seat yg menghadap kursi, ada sih masa2nya Vanya protes berat karena ngga bisa liat mama/daddy nya tapi biasanya kita biarin dia nangis sebentar abis itu dia diem lagi (trima nasib kayaknya hehehe). trus pas udah besaran dia mulai duduk di carseat yg ngadep kedepan, karena si Vanya nih selalu ikut kemana mama n daddy nya pergi jd si carseat ini sangat berguna saat dia tidur di mobil sedangkan mama/daddynya nyetir sendiri jadi kita ngga takut dia bakal jatuh atau apa, karena dah aman di dalam carseat.

Nah setelah umur 3thn kurang dia dah bener2 protes duduk di carseat, akhirnya sampai sekarang dia dah ngga pakai carseat lg. kadang dia mau pakai booster tapi kadang2 banget selebihnya sih dia menikmati duduk manis dibelakang...enaknya diumur sekarang sdh mulai bisa dikasih tau untuk duduk/tenang. kalau masih di bawah 2,5 kan lbh susah ya..jd penting juga kalo ngga ada asisten kita pakai carseat utk safetynya anak.

mamanya vanya merangkap baby assistant di nenen baby shop

6

Topic: Baby Car Seat

minta saran dong moms,

zhafira skrg 5,5 bulan. Mau balik ke Jkt di mana kita bakal pake mobil, jadi mo beli car seat. cuma kalo beli yg infant kan bakal cepet kekecilan, rugi hehe...
enaknya gimana ya?

7

Topic: Baby Car Seat

ibudea, waktu itu lihat banyak di mothercare yang bisa di adjust dari untuk infant hingga 4 tahun.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

8

Topic: Baby Car Seat

Urban Papa wrote:
ibudea, waktu itu lihat banyak di mothercare yang bisa di adjust dari untuk infant hingga 4 tahun.


Makasi Urban Papa..

Iya mau beli yg convertible kayaknya tapi bingung beli di singapur apa di Jkt hehe. Belum sempet liat2 di mall2 nih... di mothercare Jkt maksudnya ya?

9

Topic: Baby Car Seat

Yup, di mothercare Jakarta. Kalo soal harga aku kurang tahu mahalan di Jakarta atau di S'pore.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

10

Topic: Baby Car Seat

dear all,

aku juga lagi cari cari carseat niiyyy... krn gak mau klo ntar baby eva pencilatan ( basa indonnya..jumpalitan ) di dalem mobil gitu..selain klo di pangku gak praktis

setelah surfing di internet yang jadi kriteria yang mau di pilih:
1. bisa dipake dari newborn ampe gede (at least 18kg..soalnya ada yang cuma sampe 13 kg which itu bisa kira kira untuk 1 th aja)
2. aman : ada kotak plastik dibawahnya yang buat bisa recline carseatnya karena ini lebih less bumpy dari pada yang gak ada..(ini sudah saya cek di you tube)
3. sabuk pengamannya lima..alias 5 harness

pilihan saya jatuh pada britax first class plus..kenapa?

karena..itu yang cocok untuk dipakai di mobil kecilku..jazz..

kok tahu?

karena saya sudah di review di britax.co.uk terusss di fit findernya mengatakan yang paling cucok itu seri first class pluss...

moga moga pas beli juga puas...hmm anyone with mothercare platinum card???--*ngarep diskonan*

oya note..NOTE: plis keep ur child rear facing..much much safe than forward facing..

cek di you tube..rear vs forward facing...

antonia

11

Topic: Baby Car Seat

Hallo moms...Untuk baby yang ke-2 ini saya bakal pakai car seat lungsuran kakaknya dulu (merk graco), tp karena udah berjarak 7 tahun...kursi carseat nya rada bladus warna nya :( mau beli baru kok sayang ya...kondisinya masih ok, cuma warnanya aja yang memudar. Btw moms ada info dimana beli alas car seat? Saya googling tentang alas car seat duh naksir yang spt kiddopotamus snuzzler http://www.kiddopotamus.com/p_snuzz.php

Kira kira moms ada info dimana beli alas car seat yang mirip mirip seperti di atas? Thank u moms...^_^

12

Topic: Baby Car Seat

antonia,
wah baruuu aja mau posting ttg rear facing :)

iya nih sama, mau beli yg convertible juga. Kemaren udah liat first class di mothercare, tapi belom nyoba di mobil secara mobilnya belom ada hehe. kalo mobilnya Rush hampir sama kali ya ama Jazz?

btw first class itu weight limit buat RF nya cuma 13 kg loh, kalo britax diplomat bisa ampe 16 kg. Udah pernah liat itu ga? tapi emang sih di mothercare ga ada... adanya di beberapa toko online dan katanya di baby kingdom yg di Ubi itu ada.

Jadi buat yg anaknya udah outgrown infant car seat, sebenernya masi bisa ditaro rear facing sampe minimal 13-16 kg tergantung model... bisa sampe 3-4 taun pula.. :)

silvianty,
kayaknya 7 taun udah kelamaan deh buat car seat.. kita ga tau kualitas plastiknya masi tahan ato ngga... kalo dibaca2 di guidelines nya car seat, umumnya 6-7 taun itu adalah usia optimal. setelah itu baiknya jangan dipake lagi karena udah ga terjamin keamanannya :)

buat alas car seatnya itu saya belom pernah nemu, hehe maaf ga bisa kasi info...

13

Topic: Baby Car Seat

to Ibudea oh gitu y mba...aku coba cek lagi di guidelines nya ya. Thank u infonya ya.

14

Topic: Baby Car Seat

silvianty,

ternyata ada toko online di singapur sini yg jual si alas car seat snuzzler itu. http://www.babytown.com.sg/index.php?sessid=864875&bg=dark&regid=0&regitmid=0&pagenumber=1&page=product-list&viewregistry=no&ecatid=1560&itmid=12419&regprodid=
harganya 45.9 dolar. skitar 315 ribu. hehe mahal ga tuh?

kalo di sini http://www.supremecare.com.sg/ComfySoft.htm 39.90 dolar. tapi kayaknya beda merk ya? cuma buat badan dan kepala.

semoga membantu

15

Topic: Baby Car Seat

silvianty & dea,
ada juga di sini: http://www.bbshop.com.sg/Prod_Info/Pg-Carr.htm

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Baby Car Seat

Waktu NB saya pake maxi cosi, emang udah diniatin kalo ada anak harus pakai carseat, soalnya saya nyetir sendiri kadang-kadang, nah kalo ama ayahnya susahnya beliau-nya gak mau sendirian didepan, jadi saya juga mesti duduk didepan jadi diajarin banget biar Zua mau diam di carseat..
Nah setelah maxi cosi keliatan gak nyaman lagi, Zua keliatan sempit didalamnya, kami pilih ganti Britax, alasanyya bahannya lebih nyaman, dan segala persyaratan carseat yang aman ada pada beliau hehe.. Kebetulan pas kita beli eh pas diskon pula di mothercare!!
http://farm3.static.flickr.com/2781/4202882774_4599dc4d63_m.jpgSusah tapi membiasakan zua di carseat barunya :( jadi pelajaran nih, kalau mau gantiin carseat jangan buru-buru uninstall yang lama, kebodohan saya adalah udah ngelungsurin itu carseat ke sepupu!!
Akhirnya carseatnya ditaroh dikamar mainnya, dan Zua dideket2in, berapalama mau duduk, dipakein kalo gak mau ya dilepasin, thanks God 3 harian sukses beralih hehehe...

Nobody could teach somebody to be a good mother. Only God and the mom's own will would
-bunda 2L-
http://therahmans.wordpress.com

17

Topic: Baby Car Seat

dhira r , berapa harga britax first class nya di MC yg lg diskon?

18

Topic: Baby Car Seat

Baby car seat? Penting banget!

Dulu waktu Aria bayi, dia boleh pinjem baby car seat yg semacam inventaris kantor... krn gantian dipakai (Aria adalah bayi ke-7, setelahnya masih ada 2 bayi lagi :D). Memang ada yg bilang kalau keamanannya sdh nggak terjamin... tp menurutku asal waktu dipasang di mobil si kursi masih kokoh nggak bergerak... masih aman kok.

Kebiasaan pakai baby car seat ini berlangsung terus sampai Aria kira2 umur 3 tahun. Enak sih memang, ibu bisa nyetir dgn tenang krn Aria aman terikat. Yg repot adalah kalau ke luar kota.... bawaan jd nambah dgn baby car seat yg kalau dikemas jd segede anak gajah. Soalnya, 3 thn lalu blm musim sewa2 baby car seat kayak skrg. Jd kalau pergi ya digotong sekalian deh bareng sm stroller. Soalnya tanpa 'kursi pangeran' di dalam mobil, Aria bakalan cranky dan dijamin merusak suasana :)

Baby car seat ini jg selalu ada di mobil meskipun Aria nggak ikut... bikin mobil jd sempit, kalau ada yg nebeng pulang kantor jadi susah hehehehe....

Skrg Aria lebih suka duduk di depan kalau ibu nyetir. Tp dgn bandel kadang2 dia mondar mandir depan belakang. Ngeriiii... Gara2 ini, setiap ibu nyetir, biarpun ada segambreng orang, kursi depan hrs dikosongkan, siap2 kalau pangeran berkenan duduk di samping ibu. Duileh.... yg ada ibu spt supir.

19

Topic: Baby Car Seat

ibudea wrote:
dhira r , berapa harga britax first class nya di MC yg lg diskon?

Kalau nggak salah inget nih harganya 3,1 deh..
Kalau sekarang mungkin naik dikit, kalau ada member platinum bisa diskon 15% hehehe

Nobody could teach somebody to be a good mother. Only God and the mom's own will would
-bunda 2L-
http://therahmans.wordpress.com

20

Topic: Baby Car Seat

Dear Ibudea,

kayaknya aku bakal stick dengan britax first class plus..

emang pertama pernah naksir dengan britax advocat..cuma takutnya too bulky..jadi gak nyaman di mobil sejuta umat ku ( jazz). :P..oya aku tinggal di daerah BSD, Tangerang Selatan

oya sekalian aku mo kali link supaya klo para momsy and popsy yang mau beli britax..supaya tau model yang mana cucoknya

http://www.britax.co.uk/car-seats/fit-finder

--These car seats have been tested for a Honda Jazz
Please ensure that you click the 'Seating Positions' button to view the specific compatibility comments for every seating position in the chosen vehicle.-- tulisan ini nihh yang bikin sreg ama britax

rencana beli carseatnya tahun depan...ntar aku review setelah pake

antonia
-happy blasting new year momsy n popsy :D-

21

Topic: Baby Car Seat

silvianty , kiddopotamus itu lucu banget yaa..di jakarta ada yang jual ga ya?

lie , websitenya britax ini bagus yah, kita bisa cari car seat yang cocok sama mobil kita...ngiler sama Evolva 1-2-3 karena bisa dipake sampe umur 12th (36kg). Kayanya pas buat anakku yang umurnya hampir 3tahun karena posisinya tegak...model ini ada ngga ya di MC?

metariza.com | mother of two |@metariza

22

Topic: Baby Car Seat

metariza,

di MC indo mustinya ada yg evolva, soalnya mothercare emang jual britax UK.. tapi ga tau harganya..
yg pasti di MC singapur sih ada..

antonia,

liat britax advocate di mana? pernah liat yg jual diplomat di jkt ga?

23

Topic: Baby Car Seat

ibudea,

aku belum pernah liat britax advocat secara fisik..cuma liat di internet pas lagi nyari nyari carseat...n emang carseat yagn ada di MC kayanya gak lengkap....

24

Topic: Baby Car Seat

silvianty - kiddopotamus emang comfy banget, kebetulan aku dapat kado dari ipar dr amrik pas Diba lahir, masih kepake sampe skrg DIba udah 27bulan. selain buat di carseat, bisa dipake di stroller juga. cuma di jakarta blm tau deh udah ada atau blm yg jual.

kalo baby car seat...kebetulan saya beli pas sebelum Diba lahir, memang diniatin untuk pake car seat buat keamanan. setelah hunting di beberapa tempat, pilihan jatuh ke Cosco Juvenille yg ini http://www.coscojuvenile.com/usa/eng/Products/For-Travel/Car-Seats/Convertible-Car-Seats/Details/1824-22123BVL-Scenera-Convertible-Car-Seat

dapatnya di ITC Kuningan, harganya pas 1 juta. Pertimbangannya karena bisa rear and front facing, jadi kepakenya lama....sampai sekarang Diba 27bulan juga masih kepake. Fotonya ntar di thread toddler car seat ya, soalnya ga nemu foto yg masih rear facing nih

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

25

Topic: Baby Car Seat

DeaR,

Ngomongin soal car seat, aku ga pernah berhasil mendudukkan Haidar di Car Seatnya. Baru sekitar 2 jam ajah didudukkan di Car Seatnya dia udah meronta-ronta nangis minta dilepaskan dari Car Seatnya, dah dibujuk2 apapun juga ga mau.....:-(. Padahal AyahIbunya niat banget mendisiplinkan Haidar duduk di CarSeat klo pergi2, jadi sekarang CarSeatnya ngejogrok ajah di rumah gitu....Mudah2an besok klo anak kedua dah ada, mau deh ya...didudukkin di carseat. :-).

SariFitri
Haidar Moms
Menjadi Ibu selalu hidup di dalam dua pilihan