1

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

Hi all,

Senang bisa bahas clodi di sini. Sesuai saran seorang penjual clodi kawakan, dia nyuruh beli beberapa merk sedikit2 sampai tahu mana yang paling cocok. Anak keduaku, Atisha, lahirnya 2.95 kg. Saya sempet keder lihat clodi2 itu karena 'kok, kayak gede banget yak?'. Eh, ternyata dalam waktu sebulan, tepatnya setelah Atisha beratnya 4,25 kg, dia udah bisa pake. Tante Rani (hello, Ran!):)) berbaik hati kasih kado Bumwear petite, dan itu jadi clodi pertamanya. Beberapa hari kemudian Atisha udah muat pake Rumparooz yang one-size. Hari ini, di umurnya yg 1,5 bln, Atisha udh muat juga pake Blueberry Minky--yang tadinya sangat kuragukan bakal muat/ga karena kelihatannya gede banget.

So far, koleksiku: Blueberry Minky, Rumparooz, Bumwear, FuzziBuns, dan BumGenius. Belum semuanya dipake jadi belum bisa kasih review lengkap. Rencanaku sih pinginnya full clodi, atau setidaknya sesedikit mungkin dispo. Dan begitu Atisha kepalanya udah kuat, ingin mulai coba juga NIH (Natural Infant Hygiene). Sdh ada yang pernah dgr? Simpelnya sih, mulai lepas diaper dan dipipiskan/dipupkan langsung ke pispot/toilet/wastafel. Tapi ini butuh sinergi tingkat tinggi antara bayi dan ibu/caretaker-nya. Jadi mau pelan-pelan aja.

One thing that I'd like to highlight though, bersamaan dengan banyaknya ibu2 yg pake clodi di Indo, kok yang menyuplai detergen-nya jarang ya? Susah banget cari detergen yang tnp pewangi, tnp enzim, dll, itu. Sampe harus nitip CountrySave segala ke Ninit. Hehe.
Padahal kan sayang jg. Udah investasi clodi mahal2, tapi perawatannya nggak bisa maksimal krn ga byk detergen yang memadai.
Jadi pengen tanya juga nih, buat UrbanMamas yang udah pake clodi lebih dari setahun, detergen sebetulnya ngaruh ga utk ngejaga awetnya clodi?

~ D ~

Mod's note :
beberapa artikel TUM tentang merawat clodi
- Mengenali dan memilih clodi
- Perawatan Cloth Diaper

|momma of two cuties, lucky wife of a fine man, slave of her own thoughts|

2

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

mbak dee kalo bumwear sih aku dulu biasanya nyuci nya pake liquid hand soap. ini juga atas saran di web nya loh. soalnya emang ga ada detergent & softener. kalo merk laen aku ga tau yaa.. bisa apa enggak pake liquid hand soap itu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

sLesTa wrote:
mbak dee kalo bumwear sih aku dulu biasanya nyuci nya pake liquid hand soap. ini juga atas saran di web nya loh. soalnya emang ga ada detergent & softener. kalo merk laen aku ga tau yaa.. bisa apa enggak pake liquid hand soap itu.


Kalo pake liquid hand soap berarti dicuci tangan, ya?

|momma of two cuties, lucky wife of a fine man, slave of her own thoughts|

4

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

mbak dee iya untuk ngucek inserts nya aja sih. trus abis itu cemplungin lagi ke washing machine, boleh pake sabun lagi kalo emang ada kalo gak juga gapapa yang penting di shake supaya ga ada yang nempel.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

hi mbak dee,
gue juga sama kayak slesta. cuci-nya pake tangan dgn sabun tangan trus udah gitu masuk ke mesin cuci (boleh kok).

[a mama who loves POCOYO]

6

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

dear Moms,
kemaren waktu makein bumwear ke akasyah, bete seketika waktu nyium bau pesing dari clodinya, terutama sih insertnya. kemungkinan salahnya apa ya mum? asisten RT nyucinya pake tangan sih, detergentnya AT**CK yg easy - apa kurang ngebilas gitu? selama ini sih fine2 aja- baru skrg aja kejadian

My little xerox's is waiting home for me

7

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

kenny,
kaya'nya ini masalah klasiknya cd nich..
sepertinya semua cd lama2 pasti jadi bau yach... cd2nya audrey mulai pesing sejak sekitar 2 bulan pemakaian.. (dia mulai pake sejak usia 2 minggu.. mungkin karena waktu awal2 pipisnya newborn belum terlalu bau, cd jadi nggak langsung bau)

akhirnya sejak itu aku biasain begitu copot cd aku bilas dulu (terutama insert-nya), dikumpulin di ember, baru besoknya dicuci pake sabun. Lumayan bisa mengurangi bau sih..

aku biasanya cuci pake tangan juga, deterjennya ganti2.. kadang deterjen bayi (katanya sich ngga ada softener..) kaya' cycles, chuchu, tapi kadang gw selingin juga sama rinso.. kalau pakai attack belum pernah, tapi asal di bungkusnya nggak ada tulisan +softener harusnya no prob yach.. tapi deterjen biasa memang busanya buanyak banget... lebih banyak dari deterjen bayi.. jadi kita harus extra bilas sampai nggak terlalu berbusa lagi..

8

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

vicky & audrey thanks tipsnya ya - kemaren ahirnya aku rendem dulu, trus bilas berkali kali, ya special treatment dulu lah .. syukur deh ahirnya ilang baunya.
anyway ada yg udah pnah nyoba econobum from bumgenius ga? kayanya aga sedikit lebih murah deh, sekitar 170rban yg single, 600rb yang packs (3pcs)

My little xerox's is waiting home for me

9

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

Dapet tips nih dari temen, katanya, karena di indo ga ada countrysave, clodi bisa dicuci pake r***o atau detergent apapun yg ga mengandung bleach/softener, cuma pakainya cuma 1/4 dari pemakaian kalo nyuci pakaian biasa.

Mommies ada uda cobain blueberry ga? Oke ga? Terus kalo mau full day pake clodi, min harus punya berapa clodi ya?

Thankies mommies.. :)

learning is a never ending process
@rhisuka

10

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

mba sLesTa, boleh tau bumwear nya dicuci pake liquid hand shop merek apa yg aman utk kulit bayi yah? Soalnya baby ku suka alergian sih.. jdnya agak aware klo mo ganti deterjen. Selama ini sih semua baju nya aku cuci pake detergent baby merk Cussons (ga mengandung softerner).
Ada yg pernah pake merk ini utk cuci CD?

11

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

linda aku biasanya pake handwash liquid soap merk yuri. ada wangi strawberry, apple, grape, etc. dan ada yang anti-bacterial juga.

sebenernya sih kalo nemu sabun yang penting gak ada bleach & softener, bisa dipake kok. waktu di jakarta kayaknya aku pernah coba pake sleek deh. tapi itu karena kepepet, lagi liburan. gak inget sleek ada softener nya ato gak.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

mau ikutan nimbrung lagi ya....berdasarkan pengalaman hampir 2 thn pake CD

Dee - selama ini aku nyucinya ganti2, tergantung sabun yg ada apa aja. Sama seperti babynya mba Dee, Diba juga super sensitive kulitnya karena Dermatitis Atopinya. Nah berhubung saya tinggal di daerah terpencil, boro2 ada countrysave mba...jadi kalo lagi ada yg bisa dititipin dari "kota" paling banter dapat si merek Sleek itu...kalau ngga ya, pake deterjen biasa aja, tapi yg ngga pake pemutih dan pelembut, dan jumlahnya pun cuma 1/4 dari jumlah yang biasa kita pakai kalau nyuci baju biasa. So far sih, alhamdulillah sampai sekarang CDnya Diba ngga ada yg bermasalah, baik dari warna, fungsi (bocor tidaknya) dll. Malah yg sempit2 udah pada dilungsurin ke teman2 :)
Nah kalau soal NIH, saya udah nyoba nerapin terutama waktu pup ke Diba sejak sekitar umur 6-7 bulan kalau ga salah, pakai tatakan tempat duduk toilet ya. Jadi memang sudah jarang banget Diba pup di CDnya. Skrg juga paling pakai CDnya kalau malam aja, di rumah pakai celana biasa atau training pants.

Kenny - buat masalah pesing, kayaknya sih memang seiring bertambahnya usia anak, semakin sering gampang bau pesing ya, hehehe. Kalau saya sih solusinya, saya ga pake cara nyuci CD yg direndam ya, tambah bau biasanya, saya pake yg dry pail. Jadi biasanya kalau CD udah kotor, dipisahin antara insert dan covernya, trus saya taro di ember yg ada tutupnya. Biasanya nyuci CD tiap 2-3 hari karena frekuensi pemakaian CDnya juga udah ga sesering dulu ya, jaman Diba masih kecil sih tiap hari nyucinya. Kalau pas tiba waktu nyucinya, dan ternyata emang masih bau, kadang2 saya rendam dulu bentar pake dettol, tp pakenya juga cuma dikit aja ya. Dan setelah dicuci, dijemurnya langsung di bawah sinar matahari. Karena sinar matahari ampuh banget buat ngilangin noda dan bau.......

Rhisuka - kalau mau rencana pake CD sepanjang hari dikira2 aja, kalau aku dulu tiap 3-4 jam ganti CDnya meskipun mungkin belum terlalu penuh, krn Diba kulitnya sensitif. Jadi sehari at least perlu 6-8 CD, jadi ya mungkin perlu sekitar 16-24 CD amannya ya......tapi kan itu cuma patokan, bisa juga jauh di bawahnya. Kalau emaknya tipe yg ga tahan liat CD lucu2 kayak saya ini, ya bisa kalap deh belinya hehehhehe

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

13

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

sLesTa, iya nti aku coba pake liquid hand shop ato deterjen yg non bleach/softener.
Udah ga sabar nh mo pakein CD ke anakku.. udah titip ke sodara n bakal segera dicoba ^^

Oia, buat Rhisuka, sekedar sharing info aja, dulu baby temenku (3bln) dipakein diaper (bkn CD) seharian full ama susternya, n si baby ternyata ogah pipis di diaper, so akhirnya tuh baby kena infeksi kandung kemih. Untung segera diperiksa n diobati.
Baby ku sih klo di rmh ga pernah pake diaper, hanya wkt mau bobo baru aku pakein diaper, n paginya bangun lgs aku copotin tuh diaper.
Aku belum tau mengenai pemakaian CD, apakah boleh dipakai seharian full? Apakah mamas ada yg pernah pakein CD full seharian utk every day ke anaknya? Ada efek sampingnya ga yah?

14

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

hi linda...
arza, anak kedua saya, tiap hari pake cloth diaper. udah ga pake yg dispo lagi. kayaknya ngga ada efek samping deh. maksudnya seharian full itu ngga ganti2? bukan kan? soalnya anaknya pasti akan nangis kalo udah ga nyaman, jadi diganti cloth diaper yang kering.

biasanya 3-4 jam ganti dengan cloth diaper kering.

oh ya, saya juga nyuci cloth diaper pake detergen biasa. ngga khusus. tapi emang yang ga ada softener dan pewangi. pemakaiannya 1/4 dari yg biasa. selama ini dengan metoda tsb, ngga ada masalah pada cloth diaper-nya (ga bau pesing dll).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

15

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

buat menjawab gimana nyuci CD yg kena pup...bener caranya langsung dibilas dibawah keran yg mengalir....trus dicuci biasa. cara yg paling manjur dicuci sampai bersih, terus dijemur dibawah terik matahari, karena sinar matahari selain utk membunuh kuman, juga buat ngilangin noda. so far, bumgeniusnya Diba itu salah satu CD favorit, masih kepake sampai skrg, udah nyaris 2 thn dan ga ada complain :)

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

16

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

ikutan ngejawab pertanyaan ilzie ttg bersihin pup dari CD.

bener kata bundadiba... keywordnya: dibilas, bukan dikucek. biasanya, bayi yang masih blum MPASI, pupnya luruh sendiri kalo dibilas air. jadi, pelan2 buang pupnya ke dalam WC, sisanya tinggal dibiarkan dibawah air keran yg ngalir. kalo aku sih, pegang popoknya sejajar ama air keran, jadi terkikis gitu pupnya dari CD. so far, it works wonder: sebagian besar (kadang2 seluruh) warna pupnya ilang, dan CDnya bersih lagi. kalo masih ada yang bandel, aku sih kucek dikit pake sabun cuci tangan.

kalo langsung dikucek, emang jd suka nyangkut lebih dalem ke CD-nya dan lebih susah ngeluarin warnanya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

iya sama kayak thalia & bunda diba...

saya juga gitu cara ngebersihin cloth diaper... dibawah air yg mengalir deras. sejauh ini oke-oke aja :).

btw,
http://www.bumwear.com/shopping/clothdiaper/pullup10.jpg
kemaren iseng nyoba yang training pants nya bumwear buat arza (4mo). eh! udah bisa lho... berhubung yg pocket sekarang di pahanya kalo pake snap udah ketat banget hihihi :).

*image courtesy of bumwear.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

wawawa.. rameeeee nih thread.. moms ngga ada yg pake fitted diaper? sharing dong..

thalia, pake muslin segiempat itu emang enak yah nyucinya gampang keringnya cepet..buat newborn jg ngga bocor ke kita walopun ngga pake outer yg waterproof.

sharing popok modern, saya suka pake yg fitted, full kain. pake yg pocket jg sih, tp kok kayaknya lebih nyaman yg fitted.. dapet ni popok nitip temen yg pulkam. belinya di sini: http://hyenacart.com/BagshotRowBamboo/
kalo ada yg tau dimana belinya di indo info2 yaaaa.. thanks banget

gambarnya:
http://i989.photobucket.com/albums/af13/rrraisha/bsrb1.jpghttp://i989.photobucket.com/albums/af13/rrraisha/bsrb2.jpg

bundadiba, saya nyuci cloth diaper dibarengin aja campur2 ke cucian anak2, setel ke 60 atau 90 derajat trus dibilas satu putaran lagi. cara ini salah ya, bunda? barusan baca di thread list newborn rainiw bilang clodi ngga baik dicuci air panas...

moms yg pake baby oz dan clodi2 lokal lainnya sharing dong pics-nya.. seneng banget kalo produk lokal ternyata juga bagus2..

19

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

Hi semua, ikutan ya...

Ttg deterjen bayi, setahu saya tdk dianjurkan utk pencucian cloth diaper krn kandungan glycerin yg tertinggal di cloth diaper bisa bikin daya serapnya berkurang (kl numpuk terus menerus). Kl daya serap berkurang, gampang bocor deh. Solusinya, di-stripping. Banyak cara stripping cloth diaper, silakan browsing2 di internet. Stripping jg bisa dilakukan kl cloth diaper kena pengharum pakaian. Kl saya biasanya mengikuti anjuran produsen utk jenis2 deterjen yg bisa dipakai, umumnya deterjen berbahan organik. Selama ini saya pakai deterjen cair organik (note. tdk semua deterjen organik bisa dipakai utk cuci cloth diaper).

Bayi saya pakai cloth diaper sejak usia 10 hari (mamanya udah recover dr cesarien ^_^). Awal2nya banyak di flat diapers dan fitted diapers. Bulan ketiga dst mulai coba2 yg pocket diapers dan AIO. Skrg malah order prefold, buat back up pas winter begini. Dispo diapers ada juga stoknya di rumah, tp buat kepepet aja, misalnya pas bepergian. Biasanya saya beli dispo diapers yg berbahan organik, jd lbh ramah lingkungan.

Lumayan banget ya hematnya dgn pakai cloth diaper. Jadi rajin nyuci juga... ^_^

Review dikit:


  • Bumgenius pocket: OK[/*]
  • Mommy's Touch Minky AIO: OK[/*]
  • Itti Bitty AIO: OK, slim (soalnya pake size jd lebih slim)[/*]
  • FlexiTots-nya TotsBots (fitted, Scotland): OK, slim (pakai size)[/*]
  • Lulu Bambu-nya Lulu Nature (fitted, Perancis): OK, keringnya lama krn dr bambu - daya serapnya tinggi[/*]
  • Lucie Nature, Lulu Sherpa dan Modulo Bio-nya Lulu Nature (fitted, Perancis): OK juga, tp yg Lucie Nature bahannya hemp, keringnya lama (daya serap OK bgt), dan agak kaku. [/*]
  • Swaddlebees econappy: Lumayan, tp pernah bocor samping (mungkin ngga pas adjust kancingnya)[/*]
  • Popolini One Size dan Ultra Fit (fitted): OK sih, tp buat newborn bulky ya.[/*]
  • Popolini Panda Bio (fitted): OK, tp velcro mulai jelek stlh dipakai sekitar 6 bulan.[/*]
  • Ecoblanc (pocket, Perancis): OK[/*]
  • Pop-in Bambu-nya Close Parents (AI2, UK); OK - sistem AI2 spt GroBaby.[/*]
  • Sweet Night-nya La P'tite Prairie (Perancis): OK banget buat malem, pakai size[/*]
  • Flat diapers dan yg bertali, brand Disana (Jerman): OK2 aja, yg penting dikasih diaper cover yg bagus[/*]
  • Zigie Zag, Baby Oz dan Enphilia Pocket: Belum sebulan jajalnya, jadi blm bisa review. Saya belinya tanpa insert, mau pakai insert bambu dan katun yg ada di rumah.[/*]
  • FuzziBunz One Size: Belum dicuci jd blm dicobain[/*]



Salam, Sitha

20

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

Shinod,

Setahu saya, sabun dan shampoo bayi juga tdk dianjurkan. Hm, udah ada lho yg jual deterjen khusus utk cloth diapers. Saya intip2 online stores di Indonesia, udah ada yg import. Kyknya nama produknya Cycles, or something like that deh... (lupa).

Fyi, udah ada produk lokal baru namanya Cluebebe. Sumpah penasaran pingin cobain krn denger2 oke punya. Tp ini aja ZZ, B-Oz dan Enphilia baru kesampaian. Cluebebe terpaksa nunggu deh T_T

21

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

puspita_jewel, thanks info stripping clodinya, berguna banget, buat yang tertarik:
http://www.zany-zebra.com/stripping-cloth-diapers.shtml

Ngomongin cloth diaper emang nggak bosen2 haha. I love cloth diaper krn emang kewajiban kita untuk go green. Masalahnya produk lokal emang terjangkau tapi kualitas bebek, jadi milihnya produk import, yang berarti harus invest besar dulu di depan. Jadi nggak semua mau diajak berclodi, karena udah keburu "WHAT?!" begitu tau 1 biji at least 250rb, apalagi harus pake deterjen khusus buat cuci, untuk hasil maksimal. Berusaha mengajak ipar saya untuk berclodi, dia lebih milih pake popok tali temali ala 70an, yang berarti ganti popok tiap 15 menitan, ganti popok = ganti alas lorek, ganti baju kalo kena, lap lap, ganti ini itu... ritual pake cream dll, eh begitu selesai pis nya keluar lagi hehe. Wuih. Saya sebelum kenal clodi, ya dispo aja. Saya bener2 kagum sama ibu saya, dulu bagaimana ya? Hidup didedikasikan untuk ganti popok saya haha...kalau tidur gimana? Saya tanya ibu, bilangnya sudah lupa, padahal anak 4 biji! :P

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

22

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

puspita_jewel, amaria
thanks utk infonya :)
online shop memang racun yah, apa aja ada disana :p

btw, td siang ngemol dan nemu liquid detergent merk Cycles di Mothercare, seperti yg puspita_jewel blg. Di food hall jg ada ternyata. Harganya 90rb ukuran 1.5 liter. Termasuk murah kl menurut aku. Nah, masalahnya, utk clodi itu sebaiknya pakai detergent yg liquid apa bubuk ya? (br nanya setelah terlanjur beli yg liquid aja gitu..)

~Life is good~

23

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

ninit : hmm jadinya aku pakein detergen biasa aja sih mba sesuai dengan anjuran dipakenya dikit ajahh...iya yaah jadinya aku juga cuci smua..haduh kalo ga dicuci semua biarpun belom bau kasian aja mba

haduhh daku baru meluncur ke hyenacart.com yang di rekom ama bundadiba...hadodoodododooo *ngiler ajahhhh* banyak benerrrrr yahhhhh itu clodinya

daku yang baru mulai ngikutin ilmu perclodian ini jadinya sealiran sama shinod, jadi dicampur deeh yang lokal ama yang impor..biar ga begitu berat heheee..sama mo beli insertnya yang bamboo deh

24

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

Shinod: Daku kurang tahu ttg Cycles (ada yg bubuknya yah?). Tp kl saya di sini kebetulan pakainya deterjen yg cair. Mungkin ada baiknya cek ke site produsennya atau tanya ke online seller yg jual produk tsb.

25

Topic: Cloth Diaper: Cara Perawatan

Ini Meryl mamanya Maira kan?
Serius loe, Ryl, tuh clodi boleh dicuci pake rinso. Lah katanya gak boleh dicuci dengan yang mengandung detergen, pemutih.
Terus boleh nyucinya boleh dicampur gak sama pakaian biasa?

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya