101

Re: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

wah! antara breathtaking baca forum ini dengan hati mencelos.
*hitung2angka
*calon mama yg baca sebelom jadi mama
rada freakin' out nih.

anyway, makasih ya mamas sharing-nya smile

102

Re: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

Hahahahaaa ada thread ini yaks...
Jadi terbayang setaon lalu kebelakang sebelum akhirnya BERANI nikah
Curhat dulu yey...

Lulus kuliah umur 21 taon, ga kepikiran tuk langsung nikah
Emang gak pernah ngebayangin nikah muda seh
Naaahh trus karena dulu kul D3 dulu trus kepikiran lanjut S1 sembari kerja
Walhasil lulus S1 di umur 24 taon
Daaannn diumur 26 taon masih belum kepikiran menikah
tueng tueng!!!
Kenapa seh kok akyu ga ngebet nikah???
Pdhl biasanya wanita palagi umur 26 taon, udah manufer kanan kiri tuh
(hahahahhah kok istilahnya manufer seehhh, yah apalah istilahnya, doesnt matter)
Intinya karena aku tuh orangnya BOROS buanget, ga bisa ngatur keuangan dan hidup untuk hari ini!!!, mungkin itu alesan gak berniat nikah muda
Nah kebyg kan dgn perubahan status sbg istri palagi jd ortu, wadooohhh gmn dengan naseb keluarga ku nantinya klo punya "menteri keuangan" yang tidak pandai mengatur keuangan seperti sayah ini!!!

Sampe akhirnya Juli 2011, temenkuw mengenalkan Ligwina via twiter (alias nyuruh add twitternya bukan kenalan tatap muka langsung hehehe krn byk ilmu2 keuangan yang di sharing dia). Dan akhirnya twitter yang br kubwat Jun 2011, dari situlah awal kehidupankuw BERUBAH smile

Aku mulai paham perencanaan keuangan, aku mulai belajar investasi untuk melipatgandakan uang, mengenal asuransi dalam arti sebenarnya tuk proteksi dll. Dan di angka cantik 21-1-12 akhirnya AKU MENIKAH (rencana menikah sesuai bayangankuw di usia 28taon) dan saat ini aku lagi hamil 8 bulan. Ga sabar deehhh bertemu jagoan kecilkuw en menjalankan rencana2 yang udah dbwat tuk dia terutama mempersiapkan dana pendidikannya (haiyah skrg bisa sombong euy hihihiihii). Skrg emang baru 7 bulan perencanaan keuangan ALVI (ALfen VIvi - nama suami en akyu) berjalan (1 bulan pertama (Februari 2012) msh penyesuaikan tujuan finansial antara aku en misua en penyesuaian juga tuk joint income, yah semacam masa transisi yang tdnya sendiri skrg berdua, selaen transisi kehidupan yah transisi keuangan hehehe) tp kuyakin dengan perencanaan keuangan yang tepat maka perencaan kehidupan ALVI dapat terwujud "insya allah". Human as a planner en Allah as a decision maker.

Duuhh udah puanjang lebar yaks... Moga ga bosen baca curhatankuw smile. Balik lagi ke pertanyaan awal mama kinar "ttg persiapan finansial yang sebaiknya disediakan sebelom couples akan nikah" berpikir untuk punya anak, etc", beberapa yang ALVI bwat (no.urut adalah skala prioritas):
1. Yang pertama dan terpenting: Dana Darurat
2. Asuransi Jiwa tuk nama misua dengan UP yang sesuai, selanjutnya baru tuk namaku (kalo aku masih gawe soale kan kalo aku gawe brarti penghasilankuw berpengaruh juga terhdp penghasilan keluarga)
3. Yang ketiga karena ternyata aku alhamdulillah langsung hamil: Dana Persiapan Lahiran
4. Selanjutnya DP Rumah karena gak mau duonk selamanya ngontrak
5. Dana Pendidikan Anak saat anak lahir dengan pilih produk yang sesuai, dari skrg udah mulai survei sekolah TK - S1 yang dipengenin
6. Beli mobil, nyiapin DP Naik Haji, etc nah itu rencana2 untuk 5taon dari sekarang. Kalau no. 1-5 langsung disiapin dari cash flow saat ini.
7. Oh ya untuk diri sendiri nyiapin dana pensiun en dana kesehatan pensiun nanti (status pegawai yang katanya masa pensiun terjamin udah gak berlaku jaman sekarang bo'!)

Aku ada tabel perencanaan keuangan ALVI yang terdiri dari beberapa kolom - kolom. Barangkali bisa membantu bwat calon penganten yang berniat bwat perencanaan keuangan untuk kehidupan barunya. Karena binun cara post kolom2 nya disini, hubungin via PM ajiah yaks wink

Oh ya, suka baca bahasan Adhitya (halaman 4) terutama kalimat: "gak ada salahnya pasangan yang akan menikah duduk bareng dan buka-bukaan soal uang" soale ini jadi salah satu hal yang memang menunjang aku en suami ngisi kolom2 di tabel perencanaan keuangan ALVI itu wink

Mari terus berbagi, terus bercerita via TUM forum ini. Gak sia2 nemu en bwat account di theurbanmama.com ini ^_^

Financial Planning make happier version of you smile

Last edited by Tenryita_vivie (2012-10-24 16:31:59)

103

Re: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

hi all,mau nanya dong, aku sekarang si masi single, nikah kapan jg belum tau, karena keadaan yg belum pasti seperti sekarang, kira2 instrumen apa yg tepat untuk menyiapkan dana pernikahan dan lahiran nanti? trims sharingnya

104

Re: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

suasti


menurutku kalo dana sih, disimpan sebanyak2 nya yahh..pengeluaran utk menikah itu kan banyak sekali.
selain dana, yg menurutku penting sekali utk dimiliki adalah: asuransi kesehatan.

dimana kalo nantinya kita butuh, sudah ada yg mengcover kita. kalo pun ada asuransi dari kantor, biasanya terbatas dan hanya melindungi kita selama kita bekerja di kantor tersebut saja. jd mending kita lindungi jg diri kita dgn asuransi kesehatan.

asuransi kesehatan jg ada yg skalian asuransi jiwa. tapi nilai nya mencakup biaya Rumah Sakit, obat  dsb (tergantung ketentuan asuransi masing2).

kalo soal investasi, aku sendiri jujur ga bgitu mengerti klo ttg main saham/emas gitu. jdi aku masukin tabungan di asuransi..skrg byk jg asuransi yg menawarkan tabungan..biasa di ambil tahun ke sekian.

HTH..:)

105

Re: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

bener2 miris bacanya, krn smp skrg blm pny tabungan n br mskin RD d commbank.. br sebulan ini aj n main d RD saham, tnyt salah ya, hrs ny d RD campuran, rencanany utk skolah anak PG n TK..

106

Re: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

-serius baca-

dulu pas married modal nekat aja... tp suami udah kerja untungnya. sekarang lgs bebenah ini itu big_smile
ternyata superbanyak yg harus disiapkan dan semakin dini semakin baik

107

Re: Persiapan Finansial Sebelum Nikah & Punya Anak

yang pasti kudu siapin tabungan yang lebih dari cukup terlebih dahulu, karena biaya yang harus dikeluarkan pada bulan pertama setelah melahirkan itu lumayan booo.