26

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Liz : iya neh kayla bisa punya alesan tar pas gedenya mo tindik lagi, jadi tindik 2 kaan, alesannya emaknya salah nindik pas bayi *gw bangetttt dulu begitu*
mommyaira :kalo kayla belom narik2 anting sih, tapi ya gitu garuk2 kayak gatel kali yaah itu kuping
rachanlie :hihii besoknya sehabis tindik kan kayla pergi massage gitu, teuteuuup ditanya laki apa perempuan juga...huaaah kayaknya musti pake lipstik sama blush on neh biar pada ga nanya
sLesTa : dijawabnya hayooo tebak coba boboy apa gigirl... *ya ampun lutuna itu singlish boboy gigirl*

27

Re: Tindik telinga bayi perempuan

mommyaira tapi emang sih anak bayi itu kan soalnya kadang mirip bapaknya kadang mirip mamanya, jadi suka bingung. trus rambutnya suka ga ada.. jadi kalo udah gitu ditanya boy or girl sih ga masalah.. lah ini jelas2 pake anting & baju pink masih ditanya juga.. udah gemes pengen nyambit deh! tongue

eryka hihi iya orang singapore emang rada ajaib bhs inggrisnya..

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

28

Re: Tindik telinga bayi perempuan

mommies..
maap kalo udh pernah dibahas ya.. tanaya, anakku udh ditindik dr msh di rs dan dipakaikan anting bayi yg hoops gitu (ring standard anting bayi).. skrg dia udh 6 bulan. mamanya pingin ganti stud earing (yg tusuk)..
udh aman belum ya? apa mesti nanti2, krn ada yg bilang kasian kalo nanti bagian belakang telinganya tertusuk2..

thanks before..

Last edited by ameleea (2010-02-09 13:43:11)

amel
tanaya's mom

29

Re: Tindik telinga bayi perempuan

amel hooo gw belom tau bayi ada yang pake studded soalnya perasaan liatnnya yang model ring trus...tapi ga lebih gampang copot ya? soalnya nara aja nih pake yg ring lagi garuk2 gahar eh copot loh...sekarang gw bingung aja nih masangnya gimana secara setiap mau dipasang geleng2 mulu, kalo tidur dia kebangun huhuhu

eh ya nara dulu ditindik pas sebelom dibawa pulang, tadinya ga tega sih ...gw tunggu di luar kamar sambil was2 gtu huhu tapi gw liat sih nara lagi bobo tiba2 nangis dengan kakinya keangkat2 ...sedih....tapi ga lama sih diem lagi...tapi mendingan dipasang sedini mungkin kali ya...

30

Re: Tindik telinga bayi perempuan

anak temen ku ada yg seumuran tanaya udh pakae studded earings Nish.. jd pengen ikutan krn tampak lbh manis.
masalahnya apa udh boleh apa belum sih sebenernya..? (baca:aman)
lagian di toko emas ada kok studded earing buat bayi.. cm 22karat bkn 24karat.

amel
tanaya's mom

31

Re: Tindik telinga bayi perempuan

hihi kebalik, kalo naia dulu malah pas 'ditembak' pake studded earrings, trus pas udah 2 bulan diganti pake yang hoop.

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

32

Re: Tindik telinga bayi perempuan

ameleea, tmnku anaknya pake studded earring gt tp model tusuk belakangnya bertutup gt, jd bentuknya membulat dan gak tajem sama sekali.. coba aja cari di toko siapa tau ada..

Last edited by charissarhanie (2010-02-09 13:51:11)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover smile

33

Re: Tindik telinga bayi perempuan

charissarhanie wrote:

amaleea, tmnku anaknya pake studded earring gt tp model tusuk belakangnya bertutup gt, jd bentuknya membulat dan gak tajem sama sekali.. coba aja cari di toko siapa tau ada..

ow.. ada ya yg tertutup.. hmm, akan coba cari2 ah.. thanks ya bu smile

amel
tanaya's mom

34

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Duh,jd bingung nindiknya mending kapan? Soalnya ini babyku diperkirakan cewe..rada2 bingung juga tar mo dipakein yg studs apa hoop.Kayanya mending yg studs ya biar ga nyangkut.

Charissarhanie, waaa..baso imam bonjol deket Lavie baby shop itu ya. Btw,waktu ditindik di Borromeous sekalian bawa antingnya ga?

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

35

Re: Tindik telinga bayi perempuan

nyanya, kalo bidan di RB tempat Lana lahir nyaranin bayi ditindik sebelum umur sebulan, soalnya kalo lewat sebulan telinganya sudah mulai agak keras gitu.  Tapi sama dokter malah belum dianjurin katanya ntar aja kalo gede. Lana sih ditindiknya pas umur 2minggu pake anting ring dan langsung pake anting yg udah saya bawa.  Sekarang udah pake yg studded.

addicted to my own daughter

36

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Hoo, jadi bawa anting sendiri terus langsung dipakein ya.. Tapi dulu Lana gimana, gapapa kah masih kecil bgt gitu? Tangannya ga pecicilan ya pasti?

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

37

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Pas ditindik ditemani nyokap, Nyokap gendong Lana dan sayah buru-buru keluar dari RB biar gak denger nangisnya, gak tega Nya. Pas keluar, telinganya masih ada bekas darah gitu.

addicted to my own daughter

38

Re: Tindik telinga bayi perempuan

nyanya go with your feeling aja.  as a mom (tobe) you'll know what to do.  tapi gue malah nyaranin untuk pake hoop earrings aja, karena justru ga bakal nyangkut (apalagi kalo bobo), dan enakan sih yang sistem tembak karena cepet dan gak sakit.  tapi gue ga tau deh di indonesia gitu kalo tindik gimana, soalnya kayaknya masih yang ditusuk satu2 gitu kan?  kayak lana gitu telinganya ada bekas darah.

naia waktu itu sih pake sistem tembak pas dia udah umur 3 bulan, jadi ga ada tuh bekas2 darah.  dan selama 1bln pertama jadinya pake stud earrings (krn sistem tembak itu), setelah kering baru gue ganti pake hoop sampe sekarang.

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

39

Re: Tindik telinga bayi perempuan

sLesTa wrote:

hihi kebalik, kalo naia dulu malah pas 'ditembak' pake studded earrings, trus pas udah 2 bulan diganti pake yang hoop.

sama nih slesta..kalo Fayra kmaren ditindik pas umur 6 hari sekalian pas keluar dr RS di Hermina Bandung, krn sempet kuning 2 hari pas boleh pulang gw tanya2 sama suster kamar bayinya bs tindik & meyakinkan bgt klo itu ga sakit & steril dibanding cara2 tradisional. Akhirnya gw tindik aja langsung, lsg dapet studded earrings perak gitu sih. Bayarnya 100rb termasuk earringsnya trus skrg udah mau sebulan malah pengen gw ganti pake yang hoop soalnya kasian dia klo nenen takutnya sakit krn keteken sama tutup earrings belakangnya. oya pas ditindik pake alat gitu gw liat banget dia cuek aja ga nangis, ga kenapa2 tuh *berarti ga sakit*

chit chat here. My family crib here.

40

Re: Tindik telinga bayi perempuan

amel Kalo anakku, awalnya abis ditindik pake anting yang hoop... Tapi karena sekarang dia udah mulai menjamah2 muka, kuping, kepala, jadinya aku takut kalo jarinya nyangkut di anting trus ketarik.. Makanya aku ganti pake anting yang studded.. Kmaren aku belinya di melawai. Sebutannya anting toge. Jadi bentuknya cuma kayak jarum pentul. Nah cara pakainya, nanti belakangnya di bengkokin kedalem gitu. JAdi g tajem dan gak nusuk.Anting itu adanya emas 24 karat, karena untuk dibengkokin. Beratnya kmaren cuma 0,5 gram. Jadi sekitar 170rban deh..

Untuk pakainya karena aku g bisa, jadi minta tolong deh sama mba2nya yang disana.. smile

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

41

Re: Tindik telinga bayi perempuan

yess Mir, thx infonya..
sekarang sih Tanaya udah aku pakein yg studdd. Yup benar, anting toge nyebutnya. Beli di Toko Mas di psr Tebet, deket rumah.. 24 karat harganya sekitar segitu juga deh.. (0,5gram)

amel
tanaya's mom

42

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Moms,aku pernah baca kalo anak sebaiknya ditindik stlah usia 2bln atau lbh. Alasan medisnya, karna saat itu daya tahan tubuhnya sudah mulai terbentuk. Kan kita gak tau apakah anak akan alergi atau tidak. Makanya skrg RB atau RS gak lgsung nindik bayi pas bru lahir.
Nah,masalah keras atau gak nya, skrg kan ada cara tindik tembak yg gak sakit itu..  :>
Btw aku setuju kalo ada yg bilang tindik itu hak asasi smile makanya aku pilih gak tindik anakku. Nanti biar dia yg pilih kalo dh besar. _ kalo dah gede mau pake jilbab tantee smile

Knapa hak asasi?
Jadi ingat dlu aku ditindik dan pake anting dr bayi. Inget bget telingaku ampe keluar air, nyenyehan gtu. Aku ampe nangis, sedih banget, sakit..
Dan skrg, wlw ada lubangnya tapi aku pilih gak pake anting.. Suka nyangkut dijilbab big_smile

Rajuu is Rajwaa..
Corry is Bunda Adhya..
smile

43

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Kalo Baby Q ditindik pas 5blnan gt. Jadi niat awalnya mau ditindik pas dia udah gede aja, biar dia mlih sendiri mau ditindik ato nggak. Tapi seperti biasa orang2 dikanan-kiri lah yang jadi sibuk komentar. Cuape dikomentarin ahirnya memutuskan untuk ditindik aja.
Kenapa jadi lama banget nunggu 5bln, coz pas 2bln dia mulai suka narik2 telinga. Baca di suatu literatur (tapi lupa dimana), narik telinga memang suatu fase perkembangan. Jadi ditunggulah sampe fase menarik2 telinga aga berakhir. Pas 5 bln frekuensi narik telinga udah berkurang dan ga terlalu kenceng.
Ditindik di RS Hermina Bandung dengan ditembak, antingnya pake stainless steel. Ditindiknya sama dokter (di IGD, jadi sama dokter jaga). Yang pegangin suster. Anaknya dibedong dulu, trus pipi yang deket telinga ditempelin perban (ntah buat apa). Dokternya ngasih tanda titik dulu untuk ancer2 nembaknya dengan ada persetujuan dari ibu (kalo menurut ibu tempatnya udah pas, baru ditindik disitu).
Anaknya jelas menangis meraung2, tapi berhenti setelah dinyanyiin. Trus dikasih salep untuk dipake selama 2hari. Selama 2 minggu antingnya ga boleh dilepas dulu biar bolongnya lebih susah nutupnya lagi. Sampe sekarang masih pake anting yang dari RS, soalnya susah bukanya dan banyak cerita yang antingnya ilang pas pake anting bentuk cincin gt.

44

Re: Tindik telinga bayi perempuan

kalo zara ditindik pas 40 hari..pengen keliatan lebih cewe..suami maksa minta zara ditindik..secara dari masa pacaran ampe sekarang suami minta gue buat ditindik gak pernah mau, jadi zara harus pake anting biar gak kaya bundanya hehe. Gue sih gak tega kalau zara ditindik pasti sakit apalagi di RS itu tindiknya sistem manual, pas mau ditindik gak berani liat..sedih banget ngeliat zara nangis kejer kesakitan jadi pengen ikutan nangis, akhirnya minta suami sama neneknya aja yang nemenin zara di tindik...ngintip ke IGD (tempat zara ditindik) ternyata suami juga nangis gak tega liatnya hehe...

45

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Mumz,maw tambahin info ya...
Baby Va' pertama kali ditindak waktu umur 1 bulan...Result ---> anaknya nangis waktu ditindik,sempet ada darahnya (tapi normal kayanya si),ditindik pake anting bulet itu...Dannnn sukses copot2 setiap minggu..akhirnya pas minggu keberapa copot n ga kita pasang selama 1 minggu,jd rada nutup..kita pun balik ke RS untuk tindik ulang...
Hasilnya ---> ampun...ngingetnya sampai sekarang masih nyesel bgt..Va' kesakitan n berontak..nangis sampai kejer2..n yg bikin marah waktu aku mau batalin n minta Va' ke susternya..ga dikasih n aku juga ga boleh masuk ke ruangan tindiknya (pdhl aku udah blg suster batal aj gpp,kasian anaknya nangis ketakutan gt,tetep saya bayar kok..tp tetep aja susternya ga mau ngasih Va' ke aku...pdhl 1 RS bisa denger Va' nangis sampai ada ibu2 yg nyamperin nanya,bu..itu anaknya diapain)
Begitu keluar dari ruang tindik..Va' nya shock berat..nangis meraung2 campuan ketakutan n kesakitan,hampir 2 jam ga mau berenti...ga mau dipegang orang lain (walaupun eyangnya n kakakku yg deket banget sama dia)..selama 2 jam itu cuma mau aku gendong sambil nangis(pdhl biasanya ga pernah mau aku gendong,kalau minta gendong pasti sama eyangnya),dan stlh hampir 2 jam sambil digendong mungkin krn dia cape akhirnya tidur sambil masih sesegukan,n hampir 2 minggu kalau tidur masih suka kebawa kaget n sesegukannya

(lagian kenapa jg aku ga boleh masuk,mungkin kan anaknya bingung telinganya dipegang2 orang asing-sakit pula)..begitu diliat salah 1 telinganya sampai luka,mungkin karena masang nya dipaksa n Va' sambil meronta2...ehhh udah gitu..ga sampai 1 minggu antingnya udah copot lagi...

Untung nya eyang nya Va' ngasih ide buat coba RS Bintaro (ramsey bukan ya?)..sempet agak parno juga si...
Tapi akhirnya dicoba juga (tapi kita nunggu luka di telinga nya Va' kering dulu ya)...Disana kita disaranin ke dr.Lola (katanya yg bisa tindik cuma dr.Lola)...dan ternyata...sukses..waktu ditindik Va' sama sekali ga kerasa apa2 (boro2 ngerasa sakit ditindik,dia malah ketawa2 krn dibilang cantik sm dokternya n ga sadar dokternya nindik telinganya)..Udah cuma gitu aja..Cuma 5 menit kita di tempat praktek dokter...aku sampe melongo!!!...Lha kalau tau disini ada,knp juga kemaren anakku sampe kaya dianiaya gt...

Oy,di RS bintaro ini,tindiknya dibawa sama dokternya,jd kita ga perlu sediain anting2nya....n yang model studded earings gt, sampai sekarang awet..ga lepas2...
Harga tindik n anting2+dokter+salep (buat jaga2kalau iritasi) sekitar 380rb...
Nyesel banget ga langsung ke rs bintaro aja dari awal2..:(

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

46

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Pinkmomma
haisssh merinding bombay baca ceritamu di atas.
itu suster minta ditampar yah (maap esmosi)..
gila... lah kalau umpama anaklo kenapa2, apa dia mo tg jawab (alhamdulilla sih gpp yah.. walaupun nangis sampai kejer gitu) hah gemes deh...

Alyssa sampai skrg masih belon ditindik. pas mau ultah ke 6 kmrn, dia udah minta.. tapi kita bilang pikir2 dulu..
nah sekarang dia udah lupa deh!

pas nanya itu, modelnya tembak juga (yang kayak pake cekrekan itukan modelnya). langsung studded earings.
mirip kayak ceritanya slesta.
eh Shin, btw, yg model hoop itu suka nyangkut gak sih?

gue masih pikir2 nih buat ngebolehin AL ber-anting ria.
takut ribet gitu..
hehe.. gue juga udah bertahun2 gak pake anting sih..
tapi di satu sisi pengen juga....

47

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Ngobrol soal tindik telinga bayi perempuan, jadi inget pengalaman temen gw yg juga tinggal di Norway.

Waktu dia nganter baby-nya untuk imunisasi sepulang dari Indonesia, helsesøster (penanggung jawab bayi di posyandu Norway) tiba2 diam waktu pertama kali ngeliat baby dia. Kemudian dia ngomong kalo temen gw bisa kena kasus kekerasan pada anak. Temen gw bingung lah hay..secara anaknya ga diapa2in. Ternyata oh ternyata si helsesøster baru pertama kali ngeliat bayi pake anting!!! gyahahahaha!!! big_smile

48

Re: Tindik telinga bayi perempuan

@tisyonk...hahahaha iya bener banget...waktu tau cerita tindik nya Va' yang berdarah2 juga sepupuku yg tinggal di amerika dan sampe sekarang anak cewe nya belom ditindik juga bilang gt...
Tepatnya kalimatnya gini "itu kalau di amerika kamu sama mama udah dipenjara,itu namanya penganiayaan anak" ..."lha mbak,kan yang maksa susternya,aku minta ga dikasi"..."sama aja,kalo disini nindik telinga udah termasuk penganiayaan,apalagi sampe anaknya njerit2 kesakitan gitu,kecuali anaknya udah besar dan minta sendiri atas kesadarannya dia...dll".."itu kalau disini ada pasien lain liat n ga trima kamu bisa dilaporin polisi,bisa2 kamu dipenjara,rs nya ditutup"

Heran juga..kirain orang sono doyan tindik..kayanya kalo tindik jg tempatnya serem2..tp sama bayi mereka protektif banget ;P

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

49

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Pinkmomma, hadeeeuuhh..baca ceritanya aja udah emosi pengen maki2&narik Va dari susternya *emosi jiwa* kamu pasti sabar sekali ya.. kok susternya bisa sengotot itu ya? sad
Dzana jg blum ditindik dengan alasan disini termasuk child abuse big_smile aku jg males nindik dia skarang sih. mikir2 ntar aja lah klo dianya yg minta..

50

Re: Tindik telinga bayi perempuan

waaah baca thread ini, baru nyadar betapa kejamnya aku karena aku tindik anakku pas masih usia 2 HARI....Untung semuanya baek2 aja, nangis kenceng siy n berdarah dikit kupingnya. Waktu itu aku memutuskan tindik secepatnya krn kalo masih baby bgt dia blm bisa berontak n tenaga jg belum terlalu kuat jd g terlalu risiko, tinggal dibedong aja udah ga bisa ngapa2in...

mamanya kayla n nayya