51

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Ya Allah, aku baca crita Va jd ikutan nangis :'( emang susternya laki ato perempuan si mbak? Tega bener.. Aku semenjak punya anak, kalo lg dines d RS, mw nyuntik pasien anak, lgsung deg2an gtu.Gak tega, jd kalo anaknya nangis, aku brenti. Nunggu sambil d susuin ibunya..
Ya salah satu alasanku gak nindik telinga anak, krn amat sangat gak tega sad
wah bisa dituntut juga ya? Salut deh smile

Rajuu is Rajwaa..
Corry is Bunda Adhya..
smile

52

Re: Tindik telinga bayi perempuan

mrs tody, samaaa! Hehe, dr pertama baca thread ini gw deg2an, 'apa gue segitu tega-nya ya sm kathleen&celine?' mereka ditindik jg umur 2 hr, pas msh di RS. Kathleen sempet berdarah dikit&rewel seharian, tp celine gak pake rewel gak pake berdarah. Justru gw gak bisa ngebayangin bawa mereka nanti ke toko emas buat ditindik, pasti gw keringat dingin, eh ujung2nya pasti jadi batal krn gak tega hehe..
Kata susternya sih, jarang kejadian bayi alergi sm emas 24k, yg alergi biasanya kl bukan emas murni (ada campuran logam lain) jd yg bukan 24k. Dan reaksi alerginya smp bengkak bernanah2 gt hiiii gak tega ngebayanginnya.

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

53

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Kalo Airysa ditindik pas umur 2 hari deh kalo gak salah. Mommynya gak lihat dan gak tau ditindik dgn cara apa. Pokoknya cuma kasih suster anting loop baby yg memang udah disiapkan dan keesokan harinya udah di pakai deh. Habis mikirnya lebih safe dan higenis kalo di rumah sakit dibandingkan di luar. Kalo udah gedean takutnya lebih susah ditindik karena kan sudah bisa berontak2. Di rumah sakit tindik kena charge 50rb.

54

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Zia, baru ditindik pas usianya hampir 1 bulan. Sempet nangis kejer untungnya cuman sebentar. Yang jadi masalah ternyata Zia suka banget utak-atik di kuping jadi antingnya sering banget lepas dan ilang. Baik itu yang model anting maupun giwang. Mamas2 yang lain ada pengalaman atau tahu anting/giwang yang ga gampang lepas ga ya?

55

Re: Tindik telinga bayi perempuan

hai mamas..pengen sharing pengalaman tindik baby talithaku....kemarin wktu baby talitha umur 4mth baru sempet buat tindik di rs hermina, tp apa daya di rs itu ga nerima tindik telinga untuk bayi di atas 3mth...coba tanya2 ke rs bunda depok juga ga nerima...walhasil waktu wiken ke bandung ngunjungin mertua iseng2 coba nanyain di rs sentosa bandung....bisa, tapi yg nanganin ga langsung dokter....
dengan bekal anting bulat "hoop" dicoba, ternyata eh..ternyata si susternya nolak...karna ortu baby harus bawa anting tusuk...jadi baby nya ditindik langsung pake anting tusuk itu....ga pake jarum2 apa2.....
setelah dibersihin pake alkohol mungkin ya...langsung deh dipanggil ke satu kamar untuk megangin baby talithanya...tapi ya ampun...kasian bgt....aku ga berani ngeliat langsung...mana teriakannya histeris banget,...kasian...tp sekitar 2 mingguan telinganya suka berair gitu...ama mamah mertuaku disaranin pake kunyit jadi penutup antingnya.....lumayan bengkaknya kempes, dan gak  berair lagi....akhirnya terlihat "girly" deh babyku..heheh....secara aku aja mamanya ngeliat udah kayak cowok kalo ga dipakein "aksesoris wanita" ;p

56

Re: Tindik telinga bayi perempuan

hi mum.....kalu shabrina anakku di tindik pas umurnya 1 hari, itupun karena dingetin susternya...tidak ada masalah sama sekali, rewel juga tidak, kata susternya malah lebih baik sekarang, dia belum mengenal rasa sakit, hanya kaget saja, lagian daging telinganya kan masih tipis bange tu.
Dan selain itu kalau ada apa2 juga kan masih di RS, ada suter yang merwat dan lebih ngerti dari pada orang awam seperti aq ini, hihihihihi....

dan lebih baik ney mum, para mamas tidak usah liat prosesnya......
nanti ada perasaan g tegalah, panik lah....dll lah....

aq cuma liat shabrina sudah dikapasin dan ada anting di kupingnya.....dia nyaman saja pas aq beri asi (di RS)

Last edited by Pawitra Wijaya (2010-08-30 12:55:30)

MamanyaShabrina
"Yuk berhemat pemakaian Listrik dan Air serta kita pilah sampah organik dan non organik di rumah kita" big_smile

57

Re: Tindik telinga bayi perempuan

wah jadi inget ttg tindik ini...tindikan Aysha udah mampet lagi nih kayanya big_smile
gara2 waktu umur 2minggu ditindik di RS Hermina..trs mereka ga sediain antingnya (kan gw oon gitu ga ngerti harus bawa),alhasil beli yang model studded di toko yg ada disitu..ga ngerti deh gimana spec nya yg pnting ada..ga selang seminggu, anting nya lepas sebelah..dan ilang!..jadi selama seminggu Aysha pake anting sebelah tongue trus gw beli yg hoop..eehh 2 hari kemudian Aysha nangis kejer tiba2..bingung kenapaaa..pas gw liat antingnya ketarik sampe bentuknya ga "hoop" lagi huhuhu sereeemm kalo inget..untung kupingnya ga sobek sad dan kata mba-nya itu udah kejadian 2 kali ternyata..wuaahh sejak itu gw lepas dan sampe sekarang ga pake anting..banyak yg nanya tapi gw cuek aja..abis anaknya juga ga bisa diem, daripada kenapa2..hhehehe...jadi walopun ada yg nanya "cewe atow cowo?" gw ga peduli deh hahaha big_smile

~Aysha's mom~

58

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Hari Sabtu kemaren akhirnya Alyssa ditindik!
dia emang udah minta lamaaaaa banget ada kali dua tahun!
Terus sejak dia kelas satu, kita bilang kalau rapor pertamanya bagus, dia boleh ditindik dan pake anting.. Jumat kemaren dia rapotan dan besokannya langsung tindik!

Di tindiknya sistem tembak, langsung dua kuping. al yang rada tegang gitu, tapi dia udah siap mental banget kayaknya. she's only 6 but she already knows that no pain, no gain.. no beauty! haha!
habis 'ditembak' mukanya melongo gitu, rada2 berair matanya.. tapi abis itu ketawa2 lagi!!

dia bangga banget sama anting barunya, apalagi karena dapetnya penuh perjuangan. dia pamerin itu anting ke semua orang, termasuk penjaga toko, pelayan resto dan orang lewat!  Terus sekarang dikit2 dia dia menyelipkan poninya ke samping telinga, biar antingnya keliatan dong.. gak ketutup rambut! ahahaa.. ganjen deh!

59

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Maap kalo ke-bump ya? Tapi gue pengen banget kontribusi di thread ini. Jujur, gue bukan ibu yang pro soal tindik-menindik bayi perempuan. Pertama, gue ga tega. Kedua, anak gue demen banget narik2 kupingnya sendiri seperti yang juga dilakuin sama beberapa anaknya Mommies lain di sini. Ketiga, menurut gue.... tindikan kuping buat anak perempuan itu cuma biar menghindari social stigma. Biar orang2 ga' pada salah nebak jenis kelamin si bayi waktu dia masih keliatan androgynous. Emang sih, suka kesel tiap ada yg nanya, "Cowok ya?" ke gue atau suami, dan yg paling bete emang neneknya (biasanya beliau langsung bales, "CEWEK tapi belum ditindik!", sambil ngeliatin gue penuh dengki *lebih*).

Tapi yah, gue memilih untuk naro keputusan tindik atau enggak itu ke anak gue kelak Insyaallah dia dah gede ntar... I want it to be HER choice, not mine.

60

Re: Tindik telinga bayi perempuan

nah gue setuju banget sama jakafe. gw dan adek gw juga ditindik udah SD kelas 3an gt krn kita yang minta. itu juga punya adek gw nutup sampe skrg krn ternyata dia ga suka pake anting. punya gue infeksi dan nutup, baru gue tindik lagi pas kuliah big_smile.

tapi ternyata oh ternyata, prinsip gue cuma bertahan 3 bulan.MIL beliin anting buat Naila. trus ya suami bolak balik nanya kapan bawa Naila ke Borromeus buat tindik. haduuuh Naila ngamuk sambil ngeliatin gw dengan tatapan marah gt.

eh Ayahnya berusaha menghibur gw dengan bilang, "gapapa... sakitnya sebentar kok... ga usah terlalu protektif ama Naila. hidup ini kadang sakit, dan nanti juga akan ada sakit2 lain yg dia bakal rasain... skrg dia gapapa kok.."

gw yang antara membenarkan dan pengen nggetok tongue

Last edited by geekymom (2010-12-16 15:59:01)

my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning

61

Re: Tindik telinga bayi perempuan

geekymom wrote:

"gapapa... sakitnya sebentar kok... ga usah terlalu protektif ama Naila. hidup ini kadang sakit, dan nanti juga akan ada sakit2 lain yg dia bakal rasain... skrg dia gapapa kok.."

like that a lot big_smile


oops, biar gak OOT nyambung dikit ah
Rara ditindik waktu umur 4m kalo gak salah, atas desakan MIL juga. Benernya sih udah niat dari dulu mau nindikin Rara tapi kok ya kelupaan terus buat beli anting2nya..

Menengok pengalaman Rere (kakaknya Rara) yang sempet nyenyeh telinganya (turunan kulit sensi), setelah ditindik telinganya Rara rajin aku olesi oleum coccos..

Dan seperti mamas2 yang lain, aku juga gak tega megangin anak sendiri waktu ditindik, Di vaksin aja juga gak tega. Untung punya suami siaga, hihi..

Btw, nindik itu nagih loh *sambil megang-megang bekas 2 tindikan di telinga kanan dan 7 tindikan di telinga kiri yang udah mulai nutup semua*

Last edited by aQeeLa (2010-12-16 16:19:38)

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu
@uyikuyik

62

Re: Tindik telinga bayi perempuan

*duduk manis baca dulu*
reshia (4y) lagi ribut mau pake anting, tapi belon aku kasih, soalnya pasti nanti kalau gatel digaruk2 (masih susah dibilanginnya). Ngikutin Fanny aja deh... ntar kalo udah SD..

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

63

Re: Tindik telinga bayi perempuan

sama kayak Myreshka, menyimak dulu ..
sempet bertanya2 dulu waktu hamil, mw tindik g klo anaknya perempuan. alhamdulillah terbebaskan dari dilema ini karna anakku cowok .. big_smile
sementara tindikanku sedang dalam proses penutupan. karena jujur aku g tahan pake anting, sakit n pusing ..
akhirnya seijin suami, kulepas aja ...

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

64

Re: Tindik telinga bayi perempuan

aQeeLa - stujuuu! nindik nagih!

gue sealiran ama Jakafe, makanya aina ampe sekarang blum punya anting (dan anting emas dari sang nenek masih tersimpan manis di lemari pakaian). kalo emang dia pengen pake anting, bakal ditindik juga.

tapi, gue yang ditindiknya waktu masih bayi (umur 2 hari) juga ga merasa dirugikan ama bokap nyokap gue sih... selain tindikannya rada miring, haha.

jadi mungkin tergantung ortunya aja kali ya?

comic and crochet addict
creative director & product development
theurbanmama.com | @turniptopia

65

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Gue juga sealiran ama Jakafe dan "luckily" gue nggak tinggal di indo..
Gue pun tadinya gak ngeh soal tindik menindik, sama sekali gak kepikiran.. baru pas gue ke Indo, banyak yang nanyain hehehe
kalau di sini kyknya emang gak boleh yah nindik bayi.. bahkan gue tau ada ortu (kenalan keluarga) yg nganggap tindik telinga perempuan (walaupun itu pilihan si anak sendiri) adalah (masih) satu bentuk penstigmaan perempuan.Kayaknya mereka nganggep gue dan suami  worst parents on earth deh.. tapi bodo ah tongue

oya sekedar saran, kalau ngindarin alergi, mungkin better pilih anting emas dan kalau di sini kita dikasih cairan pembersih dan slm 6 mg disaranin buat dibersihin kupingnya 2 X sehari dg cairan itu dan diputer2 antingnya.
trus antingnya gak boleh dicopot slm 6 mg itu, dan dlm 6 bulan gak boleh dicopot lebih dr 24 jam.

66

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Nubie ikut nimbrung ya moms..
Anakku ditindik waktu dia umur 7 hari. jadi waktu itu dia imunisasi sekalian tindik plus sekalian dibotakin buat aqiqahan...
antingnya juga kado dari mbahnya (dasar emak2 gak modal big_smile )

Aku nangis bok waktu liat dia ditusuk jarum gitu sad kasiannn.. tapi nangisnya cuma bentar doang ternyata, dimimikin langsung diem..
N cepet banget kering tuh lukanya, cuma beberapa hari aja, g pake salep atau obat apa2, cuma didekap pake alkohol aja kupingnya biar lukanya cepat kering.

Full Time Mother Wannabe

67

Re: Tindik telinga bayi perempuan

anakku ga ditindik hhehehe, kepalang telat karena selalu ntar-ntar aj akhirnya keburu gedean akhrnya ngga tega, liat dia nangis imunisasi aja udah ngga tega hehehhee ntr aja klo udah gede dia mo ditindik apa ngga terserah dia hihii
gw dl ditindik sih tp udah ga inget kapan kkkkk

68

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Waah senangnya ternyata banyak juga Moms yang tidak menindik telinga anaknya.

Saya dan suami dari sejak saya mengandung dan dikasih tahu kalau anaknya bakal perempuan sudah sepakat tidak mau menindik telinganya. Alasannya sederhana aja, saya juga berpikir kalau dia nanti mau pakai anting ya nanti silakan tindik sendiri pas sudah gede. Karena saya sendiri ngga suka pake anting dan sebeeeel banget dengan lubang tindikan di telinga saya. Untungnya begitu Raissa lahir dan kita kabari kalau kita ngga mau menindik telinga Raissa nenek-neneknya ngga ada yang protes, malah sepertinya mendukung.

Yang sering protes dan komentar malah tetangga terutama yang udh umur nenek.. kadang mereka berusaha mempengaruhi neneknya Raissa untuk menyuruh saya menindik telinga Raissa. Duuuuh.. urusan amat yaaa. Untung bener2 untung, neneknya Raissa ngga pernah setengah-setengah nolak dan bilang ga setuju sama mereka.

Last edited by oilalaa (2010-12-17 17:14:04)

~ Lala ~
help! mama is bitten by the travel bug.

69

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Anak gw ditindik waktu umur 3 hari.. Gw milih tindik saat bener2 maasih bayi, soalnya gw sendiri baru ditindik saat umur 5 tahun, hiks2 sakit, gak enak... Dan gw sering ngomel2 ke nyokap gw kenapa gak nindik kuping gw saat baru lahir...
Dan anak gw setelah ditindik juga untungnya gak jadi rewel, biasa aja gitu.. Gw puter2 antingnya juga dia gak terlihat kesakitan.. Proses penyembuhannya juga gw liat lebih cepet dibandingin sama gw yang baru tindik saat udah lebih gede...
Antingnya pake anting hoop yang khusus buat bayi baru lahir, kata toko mas-nya sih rumah sakit biasanya gak bolehin anting yang lain...

70

Re: Tindik telinga bayi perempuan

mo nanya dong...
anakku, mumtaz (4 bln), udah pernah ditindik ama bidan, pake anting yg tajam. aq ngga tega ngebiarin dia lama2 pake anting yg ujungnya tajam, takutnya bagian belakang telinganya sakit. ditambah lagi anting itu lepas2 melulu, alhasil...  walaupun ujungnya udah dipotong (spy ngga tajam lg) akhirnya kulepas juga.
sekarang, lubang tindikannya malah ilang. bingung deh. nah, kaka ipar bilang, mustinya pake anting toge yg 24K, khusus buat anak yg baru lahir.
nah... spt apakah anting toge itu? dan dmnkah aq bs mendapatkannya di bandung???
makasih ya sebelumnya smile

mama sayang muthi'ah & mumtaz, dua putri kecil yg sholehah smile

71

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Jakafe gw pun sependapat dgnmu mak smile dr pas hamil dan tau bahwa baby inside is girl, gw dan suami sepakat u/ga nindik. dengan alasan "tidak tega" & kita serahin ke anaknya kl dah gede,mau di tindik/ga, karena gwpun ga suka pake anting & merasa risih big_smile

skrng fafa dah 6,5 mos, bnyk orng yg nanya "cewe atau cowo?" please deh..wong fafa sllu gw pakein dress / girly clothes, ngapain pulak nanya begitu cuma krn fafa ga ditindik *emosi* smile)

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

72

Re: Tindik telinga bayi perempuan

mamaimut - anting toge itu yg model depan nya ky pentolan kecil, trus belakang nya kaya di tekuk melingker. Beli nya di toko emas (kalo toko nya berjejer, salah 1 pasti sedia).. Biasa nya anting toge mmg 24K jd emas nya gk keras. Anak ku Naysha (3,5yo) waktu 10 bulan aku ganti pake anting toge tp udah yg ada sirkon nya (ky utk org dewasa). waktu itu sih masih keliatan kebesaran, tp skrg ky nya pantes2 aja.. krn udah biasa ngeliat jg kali yaa.. big_smile
HTH

Ninay & Java's Mamma
@yuvitedjo

73

Re: Tindik telinga bayi perempuan

yuvitedjo
makasih infonya smile
btw, kalo dipake langsung buat nindik bisa juga? soalnya anakku dah ilang lubang tindiknya

mama sayang muthi'ah & mumtaz, dua putri kecil yg sholehah smile

74

Re: Tindik telinga bayi perempuan

Gaoqi 1 thn 3 bulan, nggak ditindik. Sebenernya lebih karena ke bapaknya tidak mengijinkan, dia bilang itu apa gunanya ke kesehatan? My hubby yg sooo practical gitu ya, mana perduli dia pas aku bilang itu untuk ke arah estetika  tongue
jadi meski menuai protes dari buanyak orang (keluarga besar), aku langsung nunjuk aja kalo itu kebijakan hubby. Tapi beberapa kali orang mengira Gaoqi cowok (dengan rambutnya yg tidak tebal dan sering make baju rumah lungsuran abangnya yang berwarna biru dan bergambar mobil/bola), maka aku akan bilang ke hubby "Itu kayaknya karena gak pake anting deh, Bang"

75

Re: Tindik telinga bayi perempuan

mamaimut yg model ini ngga bisa langsung masuk ke tindikan nya. waktu naysha 10bln itu aku tindik ulang karna lubang sblmnya terlalu mepet. Trus aku minta tolong mamaku utk bawa ke tempat tindik di mal2 gitu.. **kalo gw yg bawa, takut gk tega malah ngga jd tindik tongue
Katanya sih Nay ditindik pas lg bobo pules, trus pas ditindik cm teriak 'ngeek' trus bobo lagi deh.. hehehe.. Nah, stlh kira2 2mggu, baru aku ganti pake anting toge itu (aku lepas dan pasang sendiri pelan2 pd waktu dia tidur). Dan terpasang sampai skrg tidak pernah ada masalah lg smile

Ninay & Java's Mamma
@yuvitedjo