1

Topic: Kelas Senam Hamil

Hi moms, mau tanya info kelas senam hamil nih.

di tempatku biasa cek up jadwalnya nggak pasti dan di hari kerja. karena masih ngantor di kawasan menteng, jadi susah ngatur waktunya.

ada yg tau kelas senam hamil yang jadwalnya pasti? kalau di hari kerja nyari yang di kawasan jakarta pusat, menteng, sudirman-thamrin. kalau pas weekend di depok atau jakarta selatan.

thx...

senang memilikimu lelaki kecilku

2

Topic: Kelas Senam Hamil

Hi Rooslain..
Aku waktu hamil tahun lalu ikut di Bunda Int'l Clinic
Jl. Teuku Cik Ditiro, Menteng. Telp. 3147084
Senin & Rabu (16.00); Sabtu (9.00)
Bayarnya Rp50rb/visit. Ada jg paket Rp175rb/4x visit. Abis senam dikasih susu & snack :D Kalo hari Sabtu, sebaiknya book dulu H-1, soalnya rame bgt.
Oia, di BIC ini ada B-Spa jg. Jd abis senam bisa massage d.

Di sekitar Menteng ada RS YPK dan RS Tambak jg sih. Kayanya punya catetannya.. Tak cari dulu yaa.. :)

3

Topic: Kelas Senam Hamil

Duh, catetannya ntah kemana. Adanya ini aja..

RSIA Tambak
Senam/Pilates Hamil
Senin, Rabu & Sabtu (09.00)
Telp. 2303444

Oia, RS Bunda di Margonda kalo ngga salah jg ada kelas senam hamilnya. Setiap sabtu pagi.

Hope it helps..

4

Topic: Kelas Senam Hamil

Hai Rooslain dulu gw senam hamil hari Sabtu jam 9 atau 10an di Medistra, karena klo weekdays juga kerja. Bayarnya kalo ga salah 50rb (eh apa 35rb ya? lupa, hehe). Yang penting telp dulu sehari atau 2 hari sebelumnya buat daftar. Gw pernah senam hamil sendirian, karena gw udah daftar trus ternyata hari itu ngga ada orang lain lagi yang senam hamil...jadi senam hamil private deh, hehe.

Di MMC juga ada senam hamil, klo ga salah bayarnya 75rb. Lebih mahal tapi dapet goodybags, hehe tapiii pagi bener, (jam 7 apa jam stg 7 gitu). Gw ngga sanggup deh bangunnya :P

metariza.com | mother of two |@metariza

5

Topic: Kelas Senam Hamil

Makasih Riri & Metariza... *segera angkat telpon dan reservasi* :)

senang memilikimu lelaki kecilku

6

Topic: Kelas Senam Hamil

Moms,
ada yang pernah ikutan senam hamil di KMC ngga? Crey mungkin? gw udah daftar sejak beberapa minggu lalu untuk tanggal 24, 31 Juli dan setiap sabtu berikutnya...trus kata adminnya daftar itu belum tentu dapet tempat. Katanya akan ditelp sehari sebelumnya buat konfirmasi dapet tempat apa ngga.

buat yang pernah ikutan senam hamil di sana, emang gitu ya? klo iya, worse casenya, bisa-bisa gw ngga senam-senam hamil sampe melahirkan klo ternyata ngga dapet tempat (walaupun udah daftar jauh-jauh hari)...ada saran?

metariza.com | mother of two |@metariza

7

Topic: Kelas Senam Hamil

Thanks mb Riri perlu di catet tuh alamatnya

Btw..Bulan ke berapa waktu yang pas buat senam hamil ya? Saya skrng hamil 5 bulan.

8

Topic: Kelas Senam Hamil

Metariza,

kalau mau bisa senam hamil di YPK-Menteng, disitu juga bagus kok. Jadwal senam hanya hari Jumat,Sabtu, Senin. Jamnya coba di cek langsung aja per telp. Hari Sabtu pagi biasanya full, tapi bisa ngetek tempat per telp.

Pengajarnya enak-sabar, bisa tanya jawab apa aja seputar kehamilan, biasanya setelah sesi senam dilanjutkan tentang gimana cara membersihkan puting PD, senam n pijat PD.

9

Topic: Kelas Senam Hamil

gw juga senam hamil di YPK Menteng..
beneer, pengajarnya enaaak .. energic, sabar dan banyak sharing pengalaman dan kasih tips2 ..
per sekali kunjungan Rp 40.000
Kelas Sabtu paling rame jadi harus booking ..
gue biasa ambil kelas Jumat jam 19.00 (sekalian pulang kantor) ..
kalo jumat jadwalnya sbb :
16.00 - 17.00
17.00 - 18.00
19.00 - 20.00

kalo sabtu kelasnya dimulai pagi ..

10

Topic: Kelas Senam Hamil

*garuk2 kuping*
Keknya ada yg manggil nih eheheh..

Iya, met.. Di KMC emang baru buka 1 kelas jd hrs cepet2an daftar di administrasi bawah trus tunggu ditelp bidannya, katanya sih yg diprioritasin usia kehamilannya. Gw dulu ampir 3 minggu ga ditelp2 trus ngadu ke dokter pas kontrol ahahah, abis kok udah mo brojol ga dipanggil2 trus ditelp deh :)
Oia, tips: kalo udah dipanggil, selain tetep daftar di bawah, jgn lupa daftar ke bidannya juga ya biar dicatet ma dia.

Eniwei, kelasnya mayan lama, dr jam 9-11, biasanya mulei jam 9an diawalin dg session dari dsog ato konselor laktasi trus baru deh senam.. Dpt snack juga (enyaaakk, penting nih hahaha) :D

Aahh, jadi inget pengalaman senam hamil pertama dibayar mahal dg suami yg patah kaki :(

Btw, met jdnya mo ngelahirin di KMC? Deket soalnya kalo mo liat adenya nara :)

Reborn since El was born
@inicrey

11

Topic: Kelas Senam Hamil

Meta,
mudah2an dapet tempat yaa.. :)
kalo ternyata gak dapet tempat, mulai cari2 videonya ajaa.. ato praktekin yoga buat bumil yg pernah ditulis slesta di sini.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

12

Topic: Kelas Senam Hamil

Crey,
thanks ya...gw barusan telp lagi tapi katanya daftarnya belum ada dari kebidanan. musti punya back up kali ya? alias gw musti daftar senam hamil di tempat lain ya?
rencananya nanti mau lahiran di sana Crey, mengikuti dirimu...hehe. asiik mau dijengukin El *geer* eh waktu suami patah kaki tu pas senam hamil ya? duhhh...ngga akan terlupakan pastinya.

Cyndewi dan Pinky, makasih yaa infonya...noted. ntar gw coba telp kesana deh. Enak juga tu di YPK, pulangnya bisa jajan sotomi theresia *loh?kok malah makanan?*


Eka, blum dapet kabar ni...mudah-mudahan aja ntar malem dikabarin. Klo ngga ada kabar juga, besok mau ke Bandung aja...*loh ko ngambek?* Iya juga ya, klo ngga dapet kelas bisa nyontek yoga yang dikasitau slesta :D

metariza.com | mother of two |@metariza

13

Topic: Kelas Senam Hamil

mudah2an dapet kelasnya yah meta kalo gak silahkan ikuti gerakan yoganya. cari di youtube biar lebih jelas juga bisa loohh.. banyak kok!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Kelas Senam Hamil

Slesta,
alhamdulillah jumat malem gw ditelp, dapet tempat buat kelas hamil. (untung belum sempet ngadu ke dokter kandungan seperti saran Crey, haha) Trus gw mikir kok seneng banget ya 'cuma' dapet tempat buat kelas hamil aja? hihi...

mau cerita dikit tentang kelas senam hamil di KMC ya…(nambahin ceritanya Crey)
jadwal senam hamilnya jam 9-11. Tapi pas gw sampe sana jam 9 kurang 5 menit, baru ada satu orang…trs gw jadi tur kamar dulu deh. Jam setengah 10 ke kelas senam hamilnya, udah ada dokter yang presentasi tentang ILA (topiknya beda tiap minggu). Untungnya baru slide pertama, berarti belum telat banget :) Kebetulan dokternya semangat banget presentasi, jadi baru selesai jam 11. Walhasil baru mulai senam hamil jam 11 sampe jam 1…

Senam hamil anak pertama jadi kebanting banget dibanding senam hamil di KMC…jadi terasa yang dulu itu basa basi aja sementara senam hamil di KMC pol banget. Bidan yang ngajarin senam hamil bener-bener ‘tau apa yang dia lakukan’ dan ngajarnya enak dan jelas.

Etapi mau nanya Crey lagi, emang biasanya senam hamilnya 2 jam gitu ya? soalnya kemaren kan gw dikasitaunya senam hamil dari jam 9-11…jadi gw ajak Nara (sama mbaknya buat nemenin dia main selagi gw senam hamil) ternyata baru selesai jam 1…kasian Nara, bekelnya udah abis semua (roti, susu, spaghetti), mulai kelaperan dan mati gaya. Klo emang biasanya selama itu, lain kali mungkin ngga ngajak Nara…kasian nungguin kelamaan.

metariza.com | mother of two |@metariza

15

Topic: Kelas Senam Hamil

Mamas, tanya downk.. senam hamil itu kita harus kontrol disana ato gak?? ap boleh cuma numpang senam hamil aj, cos ak smpe usia kehamilan saat ini 36mg blm senam hamil.. krn di RS tempat ak biasa kontrol kadang ada kadang gak , gak konsisten mungkin krn RSU kali yahh..
Thanks

16

Topic: Kelas Senam Hamil

Nuktadeny,
setauku kita ngga musti kontrol disana untuk bisa ikut kelas senam hamil. Waktu aku hamil pertama, senam hamilnya di rs yang deket rumah walaupun dokter kandungannya ngga disana :P paling ditanyain dokternya siapa diiringi tatapan "kok dokternya bukan dokter sini?" hehe

metariza.com | mother of two |@metariza

17

Topic: Kelas Senam Hamil

Metariza ohww boleh yahh .. kirain bakal di usir.. yo wes jd muka tembok aja dehh hiii ...

18

Topic: Kelas Senam Hamil

Yth. Mama

Berhubung DSPOG menganjurkan istri saya untuk senam hamil dan berenang, dan mengingat domisili kami disekitar Cipinang, adakah teman yang tahu tempat senam hamil di sekitar Jakarta Timur, karena kalau senam hamilnya di tempat klinik kami biasa kontrol, jaraknya relatif jauh (Jakarta Selatan).

Sekalian tanya, kalau Kolam Renang khusus untuk ibu hamil apakah ada ?

Terima kasih
Wassalam

Abi Annabella

19

Topic: Kelas Senam Hamil

Abi Annabella,
kalo Jatinegara deket ngga? coba cek RS Hermina Jatinegara deh (021-8191223, 8513838).
kalo kolam renang khusus ibu hamil blm pernah denger. aku taunya kolam renang khusus wanita, namanya Al-Hakim di deket Jatiwaringin (kalo ga salah).

20

Topic: Kelas Senam Hamil

waaa...kok ga ada info yg di surabaya ya? Saya baru hamil 7 minggu nih...masih 'buta' dengan pregnancy. Harusnya ikut senam hamil setelah usia kandungan berapa minggu?
Thanks for the info :)

mother of Afshayra Charmaraiza Addyn :)

21

Topic: Kelas Senam Hamil

andin,
seingetku senam hamil bisa dimulai dr usia kandungan 20w, tp tergantung dgn kondisi kandungannya juga. monggo dikonfirm dulu sama DSOGnya :)
kontrol kehamilannya dimana? biasanya hampir semua RS Bersalin ada kelas senam hamilnya. beberapa RS umum juga ada yg punya kelas senam hamil (bs coba tanya ke poli kandungan atau bag informasi).

kalo hasil googling Senam Hamil Surabaya, dapetnya:
- Adi Husada
- Mitra Keluarga
- Darmo
- HCOS / Ramsay
- RS Putri (Yoga Pilates)
- Siloam

ibu momod otty mungkin bisa nambahin? :)

22

Topic: Kelas Senam Hamil

Wah makasih ya, mbak Riri..
Sejauh ini saya periksa ke dokter obsgyn di tempat prakteknya, jadi nggak ada senam hamilnya.
Baru baja dari thread ini juga, ternyata boleh ya ikut senam hamil di RS yang bukan tempat periksa kita..hehe...
Makasih infonya :)

mother of Afshayra Charmaraiza Addyn :)

23

Topic: Kelas Senam Hamil

Aku senam hamil di RS Medistra, Rp 25rb/kedatangan tiap hari Sabtu jam 9 atau 11 (telp dulu setiap mo senam). Dokternya sih bukan di situ, gpp kok

24

Topic: Kelas Senam Hamil

Udah (baru) 2 kali ikut senam hamil.. gara2 disuruh dokter heheh.. abisnya banyak yg bilang ga ngaruh, ada yg bilang ngebantu.
Anyway.. karena pake dr. Achmad Mediana, senam hamil pertama di Kliniknya dokter..sekalian harinya kontrol.
Senam Hamilnya mulai jam 8 pagi ampe jam 9..abis itu dilanjutin ama materi dari DSA, materinya beda beda tiap minggu. Bayarnya 50rb sekali dateng.
NOTE: udah geret2 suami buat ikut senam hamil, ternyata di Kliniknya dokter Achmad, senamnya sendiri, alias ga sama suami, walhasil suami bengong di r.tunggu

Nah.. yang kedua, daftar ke KMC, soalnya rencana lahiran di KMC, daftar pertama udah di list paling bawah, menurut admissionnya memang yang nentuin dapet tempat ato nggak si Bidan nya. Jadi walopun uda daftar, belom tentu dapet tempat. Bener juga, ampe sehari sebelumnya ga ditelpon/di sms, artinya ga dapet. Belajar dari situ, langsung daftar buat 2 minggu kedepan.. lumayan masih di barisan atas.
Akhirnya dapet tuh Sabtu kemarin ( 18/10 ), disms bidannya jumat malem2, besonya dateng tepat waktu, bayar dikasir, trus naik ke lantei 5, daftar lagi di bidannya, ditanya2, di tensi, dll.
KMC ruangan senam hamilnya bersiiih banget, matressnya rapiih.. wangi, ada kaca gedee..kayak ruang latihan ballerina. ( bisa ngaca jadinya )
Sesinya dimulai dengan materi dulu oleh DSA ( kmrn tentang bilirubin pada bayi ), bis itu baru senam hamil.. Bener kata Meta, bidannya ngerti banget apa yang dikerjain, mraktekinnya sungguh2, masih muda padahal, trus.. lamaaaaa.. lebih dari sejam. Komplit banget lah. dan semua dijelasin gerakannya, sampe simulasi kalo melahirkan dan apa aja yg bakal terjadi.
Bayarnya sama.. 50rb/kunjungan.. dapet snack, teh, dan handout dari materi DSA.
Dan yakk.. gembiranya setangah mati tuh, pas di sms dapet tempat di KMC buat senam.. kayak menang undian :D
NOTE : disini suami ga gw suruh nungguin, tp ternyata kata si bidan, sebaiknya sama suami biar bisa ngebantu dan ikut tahu.. walhasil.. gue telpon suami dan doi balik lagi ke KMC buat gabung senam. Dan yak! enak senam sama suami, ikut ngapalin gerakan dan tips2 :)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

25

Topic: Kelas Senam Hamil

Tickzie, cpt bgt dpt senam hamilnya di KMC..aq dah dftr slm 3mggu ga dpt2 :(
Pdhl aq hamil 37minggu.huhuhu..dah dftr sblm lebaran bwt awal oktbr jg ga tau nih dpt ato ga :(