26

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Tanggal 19 Oktober kemaren saya keguguran di usia 9 minggu, kata dokter janinnya sudah nggak ada detak jantungnya kemungkinan kegagalan kromosom. Waktu itu diberi 2 pilihan kuret atau alami dengan bantuan obat. Saya pilih dengan obat, dan 3 hari kemudian keluar dengan sendirinya, 2 kali yang seukuran genggaman tangan dan ada yg lebih kecil lagi. 2 hari kemudian saya kontrol lagi untuk memastikan rahim sudah bersih atau belum, ternyata kata dokter massa janin sudah keluar tapi masih ada sisa jaringan kemudian saya diberi obat lagi untuk megeluarkan sisa tsb. Terhitung dari proses keguguran itu sampai dengan sekarang menstruasi yang saya dapat belum berhenti sama sekali. Saya sudah ke dokter untuk kontrol yang ketiga kalinya sekitar 3 hari yang lalu. Saat di usg dan pemeriksaan vagina dalam ternyata rahim saya dinyatakan tidak ada infeksi dan rahim normal. Saya bertanya lalu kenapa saya masih mengeluarkan darah kalo memang sudah gak ada sisa jaringan lagi. Menurut dokter kemungkinan itu adalah gangguan hormonal. Dan saran dari dokter adalah observasi selama 3 siklus haid atau 2-3 bulan namun tidak diberikan obat apapun. Saya takut sekali, kalau tidak berhenti mens berarti kan saya belum bisa hamil padahal saya ingin cepat hamil lagi...padahal ini sudah lebih dari 40 hari... apa ada saran ?

27

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Coba test pack kalau udh negatif mmg mgk ini sdh menstruasi tp blm seimbang hormonnya. Kalau negatif bs diatur haid aja, pake pil kb dulu misalnya sampai siklus normal distop (rata2 3 bln atur haidnya).

28

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Terima kasih Dr. Riyana atas sarannya. Apa pil kb satu2nya cara untuk pengaturan haid agar mjd normal lagi?

29

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Ikut sharing yaa.. Saya kemarin keguguran tanggal 19 septembet 2011, disekitar minggu ke-11 (janin udah ada detak jantung) dan sempet pendarahan di minggu ke-7. Penyebab keguguran saya sendiri ga terlalu ngerti soalnya dokter ga banyak menjelaskan, hanya bilang janinnya meninggal di dalam. Memang paginya sebelum ke dokter itu saya mules2 kaya mau haid. Akhirnya dikiret deh. Lalu seminggu setelah dikiret dokternya malah udah ngasih obat biar cepet hamil lagi, dokter ga bilang harus kosong berapa bulan dsb. Tapi sampe skrg haidnya memang masih belum normal. Bulan oktober-november kemarin haidnya beda 2 minggu, tapi ini udah pertengahan desember malah belom keluar juga haidnya. Mungkin memang belum normal hormonnya ya. Pengen deh cepet hamil lagi. Semoga dalam waktu dekat. Aamiiin..

There is no right or wrong, just the consquences of your actions.

30

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Idealnya dicari kausanya apakah penyebab gangguan haidnya.
Untuk mengatur siklus haid secara praktis, intinya diatur hormon estrogen dan progesteronnya ada bbrp cara salah satunya dgn preparat pil kb terutama jika menginginkan ada jarak. Ada lagi sih preparat hormon kombinasi yg bukan pil kb spt cycloProgyn*v* konsultasikan saja dg dr anda. Memang benar jika keguguran baru sekali apalagi krn janin tdk berkembang tdk ditemukan perbedaan antara lgs maupun ditunda, persiapan lbh ke faktor psikis pasca keguguran. Namun jika berulang atau infertilitas ada baiknya dilakukan skrining terlebih dahulu. Diskusikan saja dg dr anda smile

31

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

dr.Riyana mo nanya dong..
Saya denger dari temen saya kalau dikuret akan mengakibatkan rahim menjadi kering dan akan susah hamil lagi. Apa itu benar?

Makasih dok... smile

32

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Tindakan kuret yg benar sesungguhnya hanya mengeluarkan jaringan sisa konsepsi (hasil kehamilan) tidak "mengerok" dinding rahim secara berlebihan. Rahim kita memiliki 3 lapisan yaitu endometrium bagian dlm yg secara siklik akan luruh jika haid san tumbuh lapisan yg baru, bagian tengah lapisan adalah otot atau miometrium dan bagian luar serosanya atau pembungkusnya. Jadi setelah hasil konsepsi dikeluarkan dg kuret maka rahim akan scr otomatis luruh seperti haid, periodenya singkat tdk sampai 40 hari tp lbh mirip siklus menstruasi. Dan akan tumbuh dinding endometrium yg baru yg siap menerima kehamilan. Bisa saja tjd komplikasi akibat tindakan yg berlebihan sampai mengerok dinding rahim mengenai otonya namanya Asherman Syndrome biasanya akibatnya perdarahan hebat shg bs menyebabkan perlengketan dan biasanya tdk haid. Tentu saja hal ini merupakan komplikasi yg sgt jarang, biasanya krn sebelumnya tjd infeksi shg kantong janinnya lengket. Kuret yg pd umumnya tdk tjd komplikasi demikian.

33

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Oh gitu dok... saya sempat takut juga ketika denger itu.
Dengan penjelsan dokter tersebut dapat disimpulkan apabila kita setelah kuret tidak terjadi pendarahan hebat dan ketika kontrol 1 minggu dokter pun menyatakan rahim saya bagus dan normal maka indikasi Asherman Sydrome itu tidak ada ya dok?

Oya dok hal apa yang membuat apabila pasien keguguran (dengan umur  kehamilan 12mgg) ada yang dapat melahirkan dengan normal tetapi sebagian lagi diperlukan kuret?

Dan apakah pemakaian korset itu tidak berbahaya?

Sekali lagi makasih ya dok atas penjelasannya smile

34

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Asherman biasanya pasien tdk bs haid, jd kalau hbs kuret bagus rahimnya dan kemudian mdpt haid ya tdk tjd sindrom itu. Pada dasarnya terminasi kehamilan bs dgn obat bs dg kuretase, kedua-2nya asa untung ruginya. Slm org tsb tdk ada alergi obat bs saja dg obat, reaksinya akan mules sampai kontraksi dan kemudian keluar jaringannya, bs bersih spontan bs jg sisa kalau msh perdarahan hebat pasca obat maka sikuret jg. Keuntungannya murah ckp efektif, tp mgk reaksinya tgt tiap individu. Penyebab keguguran 12 mg banyak faktor, jk sdh terdeteksi detaknya sebaiknya ibu di cek jg adakah kondisi medis yg berpengaruh spt dm, hipotiroid, aps kalau sdh berulang, kelainan di rahim, infeksi. Korset aman aja kok.

35

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Saya 3 hari yang lalu habis di kuret akibat BO..
Hari ke 3 ini darah yg keluar sedikit..
Hampir ga da keluhan hanya saja bagian bawah perut masih agak sakit.. Apa itu normal ya?
Thanx before..

36

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Halo semuanya, aku baru dikuret tgl 6 februari 2012 karena ternyata aku mengalami mola hydatidosa (hail anggur).. Jadwal kontrol masih seminggu lagi, tapi kenapa setelah kuret darah yang keluar cuma sedikit ya? Gimana cara membedakan masa nifas dan menstruasi?

Dan kalau dr. Riyani sempat baca, apakah Pasca kuret karena mola hydatidosa perlu perhatian khusus dibanding kuret karena kelainan lain?

Ohiya, boleh minum soda dan/atau makan mie instan ngga?

Mohon pencerahannya yaaa mamas... Terimakasiii... smile

37

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

tha.putri wrote:

Halo semuanya, aku baru dikuret tgl 6 februari 2012 karena ternyata aku mengalami mola hydatidosa (hail anggur).. Jadwal kontrol masih seminggu lagi, tapi kenapa setelah kuret darah yang keluar cuma sedikit ya? Gimana cara membedakan masa nifas dan menstruasi?

Dan kalau dr. Riyani sempat baca, apakah Pasca kuret karena mola hydatidosa perlu perhatian khusus dibanding kuret karena kelainan lain?

Ohiya, boleh minum soda dan/atau makan mie instan ngga?

Mohon pencerahannya yaaa mamas... Terimakasiii... smile

Hellooo Tha.Putri..
Tanggal 18 Des 2011 kmren aku jg mengalami keguguran dgn umur kandungan 7 minggu. untungnya tdk hrs dikuret jd si janin keluar sndri walau akhrnya hrs drawat 2 mlm d rmh skt. 2 hari setelah keguguran, dokter kandunganku lsng mengatakan bhwa rahimnya sdh bersih dan masa nifas hanya 7 hari. taunya udh masa nifas sih pas darahnya sdh tdk keluar lg. trus smpe skrg aku tdk brani minum soda dan mkn mie instan.

mudah2an kita cpt ngisi lg y..

Thx

38

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Halo mamas.......salam kenal.........

hampir 3 minggu yang lalu, aku harus mengalami pendarahan ketika kandunganku berusia 19 minggu ( 4 bulan lebih ). Sebenarnya aku tidak tahu persis apa penyebabnya, mungkin karena aku merasa 4 bulan adalah trimester 2 , maka aku mulai beraktifitas seperti biasa.
Karena pendarahan itu, aku harus bedrest 5 hari di Rumah sakit , aku waktu itu sangat takut kehilangan janinku, tetapi dokter selalu memberi semangat, karena Usg mengatakan babyku dalam keadaan baik-baik saja.

Setelah 5 hari di RS, aku minta pulang n istirahat di rumah, diijinkan dokter , dengan catatan ttp harus bedrest di rumah, boleh turun hanya k kamar mandi saja. Ternyata, setelah 3 hari di rumah, aku mengalami kontraksi dini. Oleh dokter, dikasih obat untuk mengurangi kontraksi, tapi kontraksinya semakin hebat, dan akhirnya aku dibawa ke rumah sakit.

Infus dan obat-obatan dosis tinggi diberikan untuk mempertahankan janinku, tetapi Tuhan berkehendak lain, aku harus mengalami pecah ketuban, kontraksi semakin hebat diikuti dengan pembukaan2 layaknya orang melahirkan.

Saat itu aku hanya pasrah dan berusaha untuk tegar menerima kenyataan bahwa kondisi itu memaksa aku harus melahirkan secara dini. Suasana hatiku semakin kacau karena aku harus melihat suamiku tampak down dengan kenyataan ini, maklum ini anak pertama yang sangat kami idam-idamkan.

Akhirnya, tgl 22 Februari 2012, jam 22.30 ,setelah mengalami kontraksi selama 3 hari, aku melahirkan bayi perempuan secara normal, dengan berat 0,23 kg , dan langsung dipanggil Tuhan saat dia pertama kali menghirup udara dunia.

Walaupun bayinya bisa lahir normal, tetapi ari-arinya masih menempel di rahimku, jadi terpaksa aku tetap harus di kuret. Pasca kuret ini selain aku harus membangun harapan baru secara psikis tetapi juga memulihkan fisik, karena waktu melahirkan aku harus kehilangan banyak darah.

Pasca kuret, aku diberi vitamin, pengurang rasa nyeri ( efek pengecilan rahim ), pemulih rahim, dan penghambat asi. Seminggu lagi aku disuruh kontrol ke dokter lagi.

Saat ini aku sedang masa nifas , beberapa hari yang lalu masih keluar darahnya, tetapi akhir2 ini keluarnya sperti lendir warna coklat.Kemungkinan selama 40 hari aku benar2 mau mengistirahatkan fisik dan psikisku. Berharap ketika waktunya sudah tepat, Tuhan berkenan mempercayakan anak lagi dalam rahimku. Doain ya Mamas................

39

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

lisa victoria: turut berduka ya mom, semoga cepat diberikan momongan lagi. aku 7 bulan yang lalu keguguran & masih semangat program hamil smile

40

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Iyah,turut berduka atas kehilangan baby..
Bisa merasakan gmana rasanya..
Ketika fisik udah mulai sembuh,psikis ternyata lebih lama sembuhnya ya,,aq aja ampe skg masih suka nangis kalo liat baby newborn and ibu hamil sad
banyak mendekatkan diri ama yg kuasa en tetap berusaha aja ya..
Semangattt

41

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

saya mau tanya, saya seorang ibu muda yang mengalami keguguran pada kehamilan pertama tanggal 25 februari lalu. saat itu janin berumur 5 minggu. namun sampai sekarang pendarahannya belum kunjung selesai. sering pendarahan menunjukkan tanda-tanda berhenti (darah kecoklatan dan keluar sedikit) namun satu hari bisa sangat banyak dan keluar gumpalan seperti hati ayam. yang saya tanyakan, apa ada obat yang bisa saya gunakan untuk kasus ini? selain itu, saya tidak ingin kuret. apa ya yang harus saya lakukan? terimakasih..

42

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

lisa victoria baca post km aku hampiiirrr netesin air mata. Turut berduka ya,, semogaaa cpet diberi kehamilan lagi dan selamat sampe lahiran nanti. Aamiin..

kaylyn IMHO, sebaiknya sih obat2an untuk memebersihkan rahim itu dikonsultasikan sm dokter deh, jangan dicari sendiri. Seperti post dr.riyana di atas bahwa terminasi kehamilan bisa dengan obat2an atau dengan kuret. Jangan didiamkan aja ya, biar rahimnya bersih lagi dan siap untuk kehamilan berikutnya. smile

♥  Working Mommy   I  Architect  I  @yantri_abshar  ♥
Really fall in love with my little one (。◕‿◕。)
www.lifeofyantri.wordpress.com

43

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Hi para mamas..,

Sabtu kemarin (tgl.14 April 2012) aku baru saja mengalami keguguran. Kemarin itu baru kehamilanku yang ke-2 dan kandungan baru berusia 6minggu 4hari. sad
Menurut analisa obgyn, keguguranku itu lebih banyak disebabkan faktor kelelahan alias kecapean yang teramat sangat apalagi aku dalam kondisi hamil dengan myom…jadi sangat rawan terjadi keguguran.

Saat sabtu kemarin obgyn memeriksa melalui USG 2D via perut plus USG 2D via transvaginal juga untuk memastikan kebersihan rahim…untungnya ga perlu sampe dikuret, hanya diberikan 3 obat : Cefixime, Methergin dan Hemobion. Katanya itu antibotik, untuk pemulihan rahim dan vitamin penambah darah.

Obgyn hanya menyarankan bedrest selama 3 hari…setelah itu boleh beraktifitas kembali. Untuk soal “kunjungan” suami katanya lebih baik memakai pengamanan dulu..agar rahim kembali pulih….tapi beliau tidak memberikan waktu tepatnya kapan berapa lamanya…
Obgyn ku itu jg ga ada kasih tau soal boleh angkat berat atau tidak setelah keguguran..

Banyak teman bilang, kalau keguguran tanpa kuret katanya bisa langsung “dikunjungi” seperti biasa n boleh langsung hamil lagi kalu memang mau langsung program kembali…apalagi dr.Riyana “intinya sesiapnya secara mental lebih utama” smile
Kalau secara mental insyaallah selalu kami coba untuk siapkan… smile
Hanya apakah itu berlaku juga untuk kehamilan dengan myom kah dr.Riyana ?

Sekarang siy kami (aku&suami) berdoa semoga pemulihan rahimku berjalan baik, jadi bisa langsung hamil kembali seperti para mamas yang telah hamil pasca keguguran… big_smile

" I’m So Glad and also So Proud To Have You As My Child " - Mom of ErZa

44

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

santi_home turut berduka ya mba *bearhug* semoga cepat diberi momongan lagi ya.

45

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

woewoe wrote:

santi_home turut berduka ya mba *bearhug* semoga cepat diberi momongan lagi ya.

Amiin... smile
Terima Kasih ya Mba woewoe ...

Kemarin Sabtu tgl.21 April 2012 aku kembali kontrol ke dokter pasca keguguran, untuk memastikan kebersihan rahim....
Alhamdulillah...dokter bilang rahim sudah bersih kembali... big_smile

Jadi bersemangat untuk program kembali... wink

" I’m So Glad and also So Proud To Have You As My Child " - Mom of ErZa

46

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Pada kehamilan pertama, aku keguguran tanpa disadari.janin keluar sendiri,kemudian dikuret, waktu itu usia kehamilan baru 2bulan.setelah 8bulan kemudian aku hamil lagi, dan setelah usia kehamilan 13minggu,ternyata dokter memvonis kalau aku hamil BO,sedih rasanya harus dikuret lagi..

saya mau tanya, apa yang seharusnya saya lakukan, jika waktu keguguran pertama pasca kuret sudah dilakukan pengecekan TORCH dan dinyatakan terkena rubella,tapi kadarnya kecil, dan sudah diobati oleh dokter, apakah hamil BO bisa terulang lagi, apa sebenarnya penyebab hamil BO, di internet ada yang bilang kalau golongan darah O susah hamil, apakah itu mitos atau fakta?golongan darah saya O dengan resus positif..mohonbantuannya, terimakasih..

47

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

santi_home semanggatt mba smile mudah2an dilancarkan ya usahanya, sama nih saya juga masih program hamil smile

purwaningtyas jangan takut untuk hamil lagi mba, ada Tuhan yang Maha Hebat yang akan menjaga ibu & calon bayinya. Setau saya mba, untuk wanita yang pernah mengalami keguguran, untuk kehamilan berikutnya dokter akan lebih berhati-hati, biasanya sebelum mulai untuk program hamil lagi rahim kita akan disehatkan dulu, diberi vitamin mis asam folat sama antioksidan. Jadi tetap semangat ya mba smile jangan sedih2 soalnya dokterku pesan kalau mau hamil ga boleh sedih sama stress harus senang2 terus smile

48

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

hai mamas saya mau tnya pertngahan maret kmrn saya keguguran trus april mestruasi dan bln mei saya blm mestruasi apa saya hamil ?
tp saya bru 1 bln keguguran, apa tidak ada masalah klo saya hamil dlm wktu 1 bln selesai keguguran..

49

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Hanya bisa memberika BIG hug untuk para Mama disini.. Semoga Tuhan segera memberikan kepercayaan untuk menjaga amanahnya ya Mamas.. Tetap semangat yach.. ^_^

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

50

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

saya usg sudah dintakan hamil 4-5 minggu oleh dokter, tetpi kemarin keluar gumpalan darah diikuti dg pendarahan selama 1 jam, kira" bagaimana dg keadaan janin saya?