1

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

hi moms,salam kenal yaa
sebelumnya mau numpang tanya,apakah ada moms yg berpengalaman dalam mempersiapkan anak untuk masuk ke sd kls 1 ? kalo ada bisa bagi2 pengalaman ^_^
kebetulan anak saya juli mau masuk sd,apakah ada tips2 supaya anak ga terlalu stres dgn jam sekolah yg lebih lama dari tk,pr yg mulai ada,dan temen baru..banyak deh ya

thanks untuk share nya ya

2

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Hi Natalia,
wah samaan kita, alyssa juga bulan september nanti kelas 1 (masih amazed gue, rasanya cepet banget yah!)

gue sih nggak punya tip khusus, cuma kita suka bilang aja, wah alyssa is now a big girl. udah mo jadi anak SD.. ntar ngerjain PR... jadi dia sangat2 semangat dan berasa aja kalau dia udah gede! dia juga bangga banget sebentar lagi bisa ngerjain pr(let's see how long it'll last)!
ahaha.. jadi intinya kita bikjin dia merasa masuk SD adalah sesuatu pencapaian yg istimewa buat dia gitu..

soal jam masuk yg panjang, di sini gak tll masalah soalnya TK aja dari jam 8.30-15.30 setiap hari, jadi al udah biasa..

oya, satu lagi, Al gak bisa duduk tenang di meja. Jadi ibu gurunya udah dari sekarang memperingatin dia untuk duduk manis dan nggak keseringan ngobrol kalau di kelas.
kayaknya so far sih, dia gagal total! hehe.. we'll se lah later!

maap gak bisa bantu lebih banyaktapi seneng aja ada mama yg anaknya sepantaran ama anak gw :)

3

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Hi Natalia,
idem aja sarannya kayak Fanny. Have fun yah di SD..

Pengalaman sama Raka sih dibuat berjenjang gitu, jadi anak dikondisikan 3 bulan sebelum tingkat yang baru secara bertahap. Tapi Raka belum SD sih ya, jadi belum stress dengan ulangan :p

And thelilsolder is back. Fire!

4

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

hi all...
blm punya pglaman ma anak yg mo masuk SD sih, tp krn aku smpt jd guru SD kls 1 jd lumyan tau pglman ibu2 ma anaknya yg baru mau masuk SD.
Berdsarkn pglamanku, mungkin yg paling utama adl motivasi biar pada seneng ma lingkungan skolah yg baru jd dikenalin aja anknya, maksudnya sblm hari H udh main k skolahnya, biar kenal jg sm lingkungannya.
ajak anak nyiapin peralatan skolahnya (kan masih pd baru2 pasti sng deh), biasanya tiap skolah jg udah nyiapin sesuatu pd hari pertama anak skolah biar fun dan bikin betah.
pengalamanku juga, kebyakan ortu yang tegang n khawatir duluan soal kemampuan anknya beradaptasi, padahal si anak enjoy aja dan bisa cepat membiasakan diri, so.. I think let it flow...
soal tar masalah pembelajaran gmana, SD kls 1 kan masa peralihan anak dr TK dan penanaman konsep, jd biasanya guru2 SD kls 1 tuh dah tau kok gmana membantu anak2 terbiasa dgn jam belajar yg lbh pnjang dr jam TK.
in iskedar share pglaman y mamas, mgkin kelak pas anakku kls I sm deg2an nya jg hehehe..

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

5

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

anyhow..
sebenernya gue rada2 ngeri juga alyssa mau 'meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi'.
soalnya gue kan gak sekolah di sini yah.. jadi kadang gue suka kuatir, ah jangan2 ntar gue gak bisa ajarin alyssa, atau karena sistem sekolahnya beda, pergaulannya beda.. pokoknya semuanya gak familier deh ya dg kondisi gue diindo waktu kecil..
but then again, yah, jadi mama emang mesti ikutan banyak belajar dari anak yah.. so we'll see..

6

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

fanny, oh iy ya, so ada cross culture understanding gt y... sedangkan jaman kita ama ibu kita aja pas skolah dulu aja biar sama2 di indo ttp aja beda apalagi beda negara ya..

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

7

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Fanny, benar sekali, soalnya cara pengajaran dan bahasanya beda sekali dgn waktu kita sekolah di indo. Di inggris sini, biasanya ada pelajaran basic matematik, biasanya yg ikut itu ibu2, utk belajar supaya bisa ngajarin anak2nya. Di sekolah anakku, juga ada parent evening, dimana gurunya mengajarkan ortu cara mengajarkan anaknya membaca dengan phonic sounds. Aku sendiri suka volunteer bantuin di sekolah, jadi aku tau gimana cara mereka belajar, level mereka dan apakah anak kita baik2 ngikutin pelajaran.

8

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

hi moms,
mo share dikit nih. si neng udah hampir seminggu duduk di kelas 1. masih semangat 45.. hehe

hari pertama sekolah, kita ada rapat ortu selama 1.5 jam untuk ngedenger penjelasan ttg metode belajar di sekolah, tips untuk ortu mengajari anak di rumah ,dsb.
itu papan tulis penuh sama tulisan ibu guru.. haha. gue ama suami duduk di bangku alyssa sampai tebengong-bengong. langsung stress, duh kayaknya ribet bener yaks. what a challange! udah mana angkatan sebelumnya yangg gak naik 6 orang! bayangin, 6 dari 20-an anak.. wadeww..

metode belajar baca tulis dan berhitungnya bedaa banget kayak jaman gue baca i-ni bu-di dulu. tapi gue seneng karena metodenya pakai cara lisan, gerakan dan vision (eh apa tuh istilahnya, yah pokoknya begitu deh)

ibu guru juga berpesan ortu harus sering2 melatih anak dirumah, tapi katanya sebaiknya gak lebih dari 15 mnt perhari. hari pertama gue ngelatih alyssa.. eh salah baca (pronounciationnya gak bener). wakaka tengsin deh.

tapi intinya exciting banget rasanya... belajar bareng alyssa :)

9

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Tadinya berpikir cuma masuk kelas 1 aja yang ada fase 'kadang susah, kadang gampang'

Ternyata mau masuk sehabis liburan panjang dan masuk ke kelas 2 dan 3 juga mengalami hal yg sama :))

Di sekolah vanya juga sudah normal kalau pasti ada satu dua anak yang ngambek pas masuk pertama sekolah, umumnya kelas 1 dan 2.

Yang terpenting, jangan pernah merasa kita jadi ortu yg gimana gitu kalau ternyata anak kita termasuk yg susah banget adaptasi di sekolah. Karena pihak sekolah setiap semesternya sudah biasa menghadapi soal seperti ini.

Anak ngambek dan minta dijemput? Jemput aja terus jalan2 deh ke mal. Besok coba lagi. Jangan terlalu disiplin harus bisa langsung adaptasi. Namanya juga baru kelas 1.

Takut dikira bagaimana sama ortu lain? Tenang, 90% ortu yang ada di sekolah sudah paham banget koq.

Sekarang vanya dah kelas 3, dia dan teman2 dia yg dulunya termasuk susah adaptasi juga dah biasa aja. Jadi bawa enak aja. Enaknya kalau anak nangis minta ikut kita, serasa hanya kita yg bisa selamatkan dirinya ;)

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

10

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Haiii...
July ini hafidz jg masuk sd nih. Dari sekitaran agustus thn lalu gw udah mulai setres gara2 hafidz diajarin baca gak bisa aja.
gw sebenernya ortu yg gak setuju anak tk belajar calistung. Dan sekolah yg dituju hafidz jg tdk memaksakan. Katanya sudah kenal huruf aja gapapa bunda. Tp tetep aja deg2an.
gw tempelin post it di tembok kamar pake huruf2 n suku kata. Tetep hafidznya bilang gak bisa....
makin kesini makin sutris aja gw (emak rempong deh...)
Akhirnya pas bagi raport desember kemarin, bu guru nya kasih buku untuk belajar.
daaaaan.... gw pun ketawa sendiri. Ternyata cara ngajar di rumah (yg pake mettoda jadul yg gw tau; di eja) itu gak sama dgn yg sedikit2 diajarkan di tk. Amazed aja ternyata hafidz sebenernya udah bisa sedikit2.
anyway, selain membaca gw jg ngajarin kemandirian lebih dr biasanya.
kayak pake baju sendiri, mandi n urusan toilet, makan, beresin mainan dsb. Gak boleh tantrum, nangis gak jelas atau ngambekan.
Kemarin sempat di test psikologi. IQ nya alhamdulillah bagus. Tp seperti yg udah gw duga, emosional nya masih berantakan dan daya konsentrasi nya kurang. Krn urusan baca udah lewat deg2an nya....skrg tinggal urusan emosi n konsentrasi nih yg bikin deg2an hehehehe pr banget deh.

Bussy life...happy life...

11

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

aku lagi ngadepin si sulung (Ais, 6y5m) yang mulai ngambek sekolah. Gara2nya si adek pulang lebih cepet (TK A pulang jam 10:30) sedangkan dia pulang jam 14:00

masih bisa diantar ke sekolah sih, tapi nangis dulu depan kelas. Ujung2nya bu gurunya membujuk supaya mau masuk.

Sindrom abis libur panjang kali ya, ada aja "ujiannya" hehehe

12

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Mommies.. Emily selesai TK nya Juni ini n harusnya naik ke kelas 1 bareng teman2nya dr K1, tp berhubung kita mau pindah ke Denmark jd disana dia mulai masuk Grade 0 bln July ini.

Yang bikin khawatir semoga aja Emily bisa adaptasi dengan lingkungan n bahasa yg baru. Takutnya nanti dia jd stress dan ga mau sekolah..

Bagaimana cara supaya Emily enjoy dgn perubahan nanti ya Moms?

13

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

natalia

pertama si anak harus diberikan arahan tentang teman dan lingkungan baru bagaimana seharusnya berinteraksi dan bersosialisasi
kedua sebaiknya para moms sudah membimbing belajar anaknya untuk setidaknya mengerti tentang calistung, agar kelas 1 bisa mengikuti dan tidak menghadapi tekanan dalam proses belajar

bimbingan belajar calistung mengajarkan anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung

14

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

@fanny TK dari jam 8.30 sampai jam 15.30? Wow. Dimana ya?
Kalau sdh cukup usia biasanya tdk terlalu banyak persiapan. Dijalani saja.

15

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

themo bantu jawab yaa.. Al,anaknya fanny sekolahnya di Belgia :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

16

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

ahaha beda yah kalo sekolahnya di sana ya Cin, kalo di kita, TK paling lama 3 jam.

Ngomong soal persiapan masuk SD jadi inget masa2 si abang dan si kaka mau masuk SD, gak ada persiapan khusus selain nyiapin mental mereka dan ngingetin bahwa saat SD mereka sudah dianggap lebih besar, makanya harus lebih mandiri. Di TK kan apa2 masih seringkali dilayani, kalau salah tegurannya pun nggak terlalu keras, dst, dst.

Waktu si abang sempet ada masa dia kaget sih, tapi dengan didampingi dan dikasih penegrtian, alhamdulillah semua lancar..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

17

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

nambahin aja, anak2 gue kalo pas TK sih dari jam 9 sampe jam 6 sore. tapi ini karena day care sih hehhe..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Waktu anak gue mau masuk SD sih panik... dari TK pengkolan deket rumah masuk sekolah internasional. Mana pake ditakut-takutin sama semua orang katanya itu sekolah susah.

Tapi ternyata kalau kitanya ngga (kelihatan) khawatir, anak juga jadi santai. Kalau soal jam pelajaran, waktu TK B juga sudah pulang jam 1, trus sekarang SD pulang jam 2, kalau ada remedial/ekskul jadi jam 3. Jadi ngga beda jauh-jauh amat.

Ruth Nina (Mama Dudu)
Pekerja Kantoran
Penulis Cerita di http://andrewandme.blogspot.com/
Pengumpul info lomba anak di https://www.facebook.com/PfenixLombaAnak

19

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

enzo skrg udah kelas 1. waktu itu sih ngga banyak persiapan. cuma sayanya yg banyak konsultasi sama guru TK dan kepsek di TK. Karena katanya SD hrs sudah bisa calistung, saya yg jadi sedikit panik. krn sistem pengajaran di TKnya enzo sama sekali ga fokus me calistung, lebih fokus ke belajar sambil bermain. nah wkt TK itu, 3 bulan sebelum lulus TK biasanya ada review, apakah anak kita sebaiknya mengulang di TK B, atau tetap melanjutkan ke SD dengan catatan ikut pelajaran tambahan (calistung) tadi. enzo sih ga dianjurkan ikut les calistung, katanya anak sehat normal kalo memang sudah waktunya pasti akan siap sendiri menyerap pelajaran.



santai lah masuk SD. tapi 3 Bulan pertama bener2 saya perhatikan tuh belajarnya di rumah. ngajarin baca tulis dan math. ibunya ikut sekolah, sampai ikut group BBM sama org tua murid yg lain utk tuker2an info ttg PR & tugas sekolah.

kalo saya sih yg kerasa rempongnya ya 3 bulan pertama itu. selain anaknya yg adaptasi, Ibunya juga ikut adaptasi. ritme hariannya juga jadi berubah. yg tadinya jadwal antar jemput kakak adik samaan, stlh kakaknya SD jadwalnya ga sama, jadinya ya lebih capek bolak balik antar jemput anak. belum lagi siapkan bekal dan kegiatan lain kayak ekskul dan les. pokonya Ibunya ikutan sibuk deh. tapi begitu lewat 3bulan, udah mulai terbiasa dan anaknya juga udah pinter calistungnya, jadi tinggal ngejalanin aja.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

20

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Sebelum anak masuk SD, apa perlu tes iq? Kemarin ini ada liat tentang tes IQ untuk anak dibawah 6 tahun? Infonya dong :)

21

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

mengunjungi thread ini lagi, sepiiii. Berhubung Lana sebentar lagi masuk SD jadi terdampar disini dan mau sharing. Lana sekolah di Sekolah Alam Bogor, persiapannya normal, gak ada hunting seragam sekolah, krn seragam sudah disiapkan oleh sekolah dan jumlah cuma 1 stel aja, seragam outing. Selebihnya baju bebas :)

so far persiapan peralatan yg dibutuhkan: meja lipat, alat tulis, mukena,jas hujan, sepatu booth, sendal, alat makan, dan kotak untuk menyimpan peralatan tsb di loker sekolah. jadi anak-anak gak perlu bawa gembolan ke sekolah krn buku, dsb sudah disimpan di sana.

sharing dong mama yg anaknya sbentar lagi masuk SD *cari teman* :)

22

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Halooo Ipeh. Samaan nih alya sama lana. Masih deg2an juga soalnya sekolah sekarang beda sama jaman kita dulu. So far sih belum ada persiapan apa-apa, cuma bilang "el alya uda gede nih, uda mau sd". Agak nyantai ya.. Soalnya dari sekolah uda dibiasain secara bertahap buat masuk sd. Jadi orang tua agak nyantai juga akhirnya.

learning is a never ending process
@rhisuka

23

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

Halooo, saya wury; newbie di forumnya TUM (walau registernya udah agak lama sih hehehe) . Pengalaman Malicca dulu masuk SD, kayanya enggak banyak ya, Cuma anaknya aja dibilangin nanti akan ketemu teman-teman baru, suasana baru, diikutin aja. Alhamdulillah ternyata berjalan baik-baik aja. Malah, ternyata, yang perlu persiapan itu ibunya ... karena ternyata di SD lebih banyak kegiatan dan projek2 yang butuh bantuan kita buat terjun langsung. Mulai dari riset kecil, business day, prakarya, banyak macamlah hahaha ... good luck ya buat yang putra-putrinya mau masuk SD :)

little bit of these, tiny bit of those | www.wulliewullie.blogspot.com

24

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

ipeh,
seruuu! arza juga sama kayak lana... masuk SD tahun ini. huhuhu ga punya anak tk lagi nih :'(

wah seru yaaa kalo sekolah di sekolah alam... ipeh pasti lagi mikirin bazaar deh jadi typo, boots jadi booth ;).

kl arza udah ga sabar kayaknya pengen jadi anak SD, sama kayak aa-nya. so far sih kl arza biasa aja peh... cuma kalo dibandingkan alde dulu, arza udah bisa baca. kalo alde dulu pas kelas 1 blm bisa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

25

Topic: Persiapan Anak Masuk SD Kelas 1

ipeh asa yg deg-degan persiapan makannya ini, waktu di TK habis makan siang langsung pulang jadi nyantai, yang penting habis.
di SD habis makan masih lanjut kegiatannya, jadi deg-degan asa bisa nggak ya makan cepet :(

teteh, arza udah bisa ya teh ? kerennn :D

less ego, more heart