1

Topic: Aqiqah

Dear Moms,

Gue cari-cari topik tentang aqiqah sepertinya belum ada ya?
Bisa share pengalamannya gak mom, tentang aqiqah? Acaranya apa aja, terus beli kambingnya dimana, pengajiannya dari mana? Kisaran harga kambing dan kalau panggil pengajian berapa? Gue dikasih tau katanya kambingnya bisa langsung dimasakin terus kita tinggal bagi-bagi gitu ya?

Thank you moms...
IntanDian

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

2

Re: Aqiqah

Acara aqiqah AL dimulai dr sambutan tuan rumah, pembacaan ayat suci al quran dan saritilawah, ceramah dr ustad, cukur rmbt AL diiringi shalawat badr. Kambing ato domba bwt aqiqah skrg byk di internet. Cari aja yg plg sreg yg mana ato yg lokasinya dkt rumah. Gw ambil dr www.saungdomba.com krn webnya paling informatif dan alhamdulillah pelayanannya bagus. Betul dimasakkin juga jd kita ga rempong.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

3

Re: Aqiqah

Intandian, acara aqiqah Al juga sama sama Pamz, ada sambutan dr tuan rumah(suami),pembacaan ayat suci AL_Quran n saritilawah, ceramah dr ustadzah,wejangan dr orang tua,rebana, cukur rambut Al +salawat,rebana lg. pengajian, aku manggil ibu2 pengajian di komplek. dihidangin kue2, terus pulangnya dikasih berkat+souvenir. klo buat ustadzahnya biasanya sedikit beda..
kambingnya aku ambil Aminah catering di duren sawit. emang jaraknya jauh dr rumah(rmh dkt bintaro), tapi mereka mau banget nganterin n on time. aku pake catering mereka soalnya kambingnya bagus, dimasakin n dianterin tepat waktu walopun jauh. fyi, daging sate sama gulainya mantep, potongannya bener2 yg daging, gede, n ga banyak tulang. senang deh sama servicenya. oia, ada paketnya juga.jd bisa milih, n harganya dr ditentuin mereka, kita terima bersih da dimasakin.

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

4

Re: Aqiqah

Queen aqiqah pas usianya 7 hari, ga ada acara manggil orang untuk pengajian dirumah, hanya potong kambing, dibagikan mentah2 ke tetangga. Cukur rambut sama papahnya ajah, lalu rambutnya ditimbang dan dinilai seharga emas/perak, terus uangnya dikasih sama yang berhak. Ohya ada sebagian dimasak juga dan dimakan bareng sama sodara2 yang dateng kerumah, pemahaman suami, tulangnya itu ga boleh di recah/cingcang, jadi kita makan gulai kambing dengan tulang yang besar2,, big_smile

http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs151.snc4/36905_408289264475_709069475_4179034_2127739_n.jpg

karena Queen perempuan, dombanya cuma 1.
Dapet dari tempat pemotongan domba yang biasa supply untuk pedangan daging domba di pasar2 dan nerima juga jasa buat kurban atw aqiqah, Papahnya ikut menyaksikan pas pemotongannya.

Last edited by suskia (2010-11-05 12:54:56)

5

Re: Aqiqah

Mirip sama suskia, dulu juga gue ga manggil orang untuk pengajian. Beli kambing sendiri (dipilihin mertua) dan dimasak sendiri (again, sama mertua). Oya, itu di Depok jadi kalo misalnya gue bikin sendiri di Surabaya, pasti gue pake jasa lembaga yang tinggal terima mateng tongue Dulu pas mo motong kambingnya kita semua ikut, termasuk Nara. Tapi gue & Nara masuk mobil pas kambingnya dipotong, ga tega. Dan kambing2 lain yang ada di tempat pemotongan pada nangis waktu kambing akikahnya Nara dipotong... Gue ga liat langsung tapi ditunjukin fotonya sama suami sad

Adek gue pake jasa lembaga, dan emang gampang sih. Tinggal pilih mau kambing ukuran berapa dan udah jelas harganya, menunya juga udah ada. Kalo jenis menunya mo ditambah tinggal nambah biaya aja, ga pake repot. Abis itu dianter ke rumah, tinggal dibagi2 aja deh.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

6

Re: Aqiqah

Hi IntanDian, ikutan sharing y..

Sebenarnya prosesi aqiqahnya Naura hampir sama spt yg lain, Naura di Aqiqah di Kediri (krn aq melahirkan d Kediri -kampung halaman-)waktu umur 1 bln, ga sempet di hari ke 7 krn rmh ortu di Kediri masih di renov jadi masih repot, dan sempatnya pas Naura umur 1 bln, itupun pinjam rmh tetangga sebelah yang kosong smile dan yang pasti suami yg krj d Jkt cuti pulang k Kdr wink. Acara aqiqah d daerah ortuku biasanya ngundang pengajian bapak-bapak. Waktu itu waktu pelaksanaannya abis Ashar,sblm Maghrib. Pertama acaranya sambutan dari Ayahnya Naura, terus dilanjutkan ceramah oleh Uztad yang jg tetangga ortuku, lalu ada pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh salah satu remaja masjid plus saritilawah, lalu bapak-bapak peserta pengajian aqiqah berdiri bwt acara gunting rambutnya Naura, waktu itu ayahnya yang gendong Naura sambil jalan memutari bapak-bapak, aq yang semprotkan parfum ke bapak-bapak yang kita lewati. Sambil diiringi sholawatan oleh bapak-bapak. Tau deh knp koq pake acara semprot parfum segala smile setelah itu baru makan-makan,dan pembagian berkat untuk dibawa pulang oleh peserta pengajian + membagikan makanan aqiqah ke tetangga-tetangga sampai habis.

Untuk masalah masak siy aq udah jelas menyerahkan 100% ke penjual sate kambing langganan keluargaku d Kediri smile untungnya si penjual sate itu sdh terbiasa menerima orderan aqiqah, dan hasil olahan kambing:
1. Sate kambing biasa => utk sajian
2. Gulai kambing => utk sajian
3. Krengseng ati+kulit => utk isian berkat
4. Sate kambing yang besar => utk isian berkat
untuk isian berkat aq nambah pesan lagi: mie goreng, telur rebus, nasi gurih (uduk), krupuk udang, tumis jagung muda + mini tart cake *standar lah* wink
Yang aq suka dari tukang sate ini adalah dia mau ngolah kulit kambing jadi bersih dan bisa dibuat krengsengan, kalau d tempat lain kadang suka ga mau krn repot, kalaupun mau biasanya ongkos masaknya lebih mahal.

Untuk masalah harga, emang agak lebih mahal dikit karena untuk aqiqah kan harus kambing yang besar dan ada ongkos masak. Tapi yang pasti overall lebih murah daripada di Jkt wink

Niy foto waktu acara aqiqahnya dimulai, Nauranya pulas sepanjang acara wink
http://i942.photobucket.com/albums/ad270/Disty_Putri/aqiqah1.jpg

http://i942.photobucket.com/albums/ad270/Disty_Putri/aqiqah2.jpg

Last edited by Disty Putri (2010-11-05 14:10:00)

~ Living The Life And Loving It ~

7

Re: Aqiqah

Hi... Aqiqah Hazel pas 7 hari lahir. Pake jasa beli kambing n langsung jadi sate n gule. Karena anak cowok jadi 2 kambing, waktu itu total 4jtan gitu sudah dalam berbentuk sate dan gule. Ga pake pengajian, Kumpul keluarga dekat, orangtua dan mertua..dipotong rambutnya (ga sampe gundul) didoain sama papa (krn waktu itu ortu blum genap 2 minggu pulang haji). Langsung dibagiiin ke saudara, keluarga dan panti asuhan dekat rumah. Acara singkat ga sampe 1 jam.

@emaknyahazel

8

Re: Aqiqah

gw ngundang pengajian nyokap gw (ibu-ibu komplek). kalo soal acara kurang lebih sama kayak yang lain ya,sambutan tuan rumah, ceramah dari ustadzah, potong rambut dengan diiringi shalawat+kasidahan ibu2 pengajian, dan terakhir berdoa bersama.

Soal kambing gw beli di ummul quro, tapi gw cuma minta tolong u/sembelih (dgn niat akikah)+potong aja.
Buat sate-nya gw kasi daging kambing yang udah dipotong2 ke tukang sate langganan, sedangkan untuk gulai kambingnya nenek gw yang bikin, soalnya kalo sate+gulai kambing yg dimasak dari lembaga akikah kadang2 suka kurang enak+keras+bau amis..

9

Re: Aqiqah

kl dulu atha krn lahir hari selasa n bilirubin tinggi baru dibolehin pulang keluar RS pas weekendnya, jd aqiqah ga pas hari ke7 melainkan di hari ke12.

sama kyk otty, kebanyakan diurusin sama mertua (maklum di mertua,atha cucu pertama). jd beli kambing sendiri deket rumah mertua, dipotong disana tp gw ma atha nunggu di mobil (males bau kambing tongue). n ktnya pas kambing atha dipotong kambing2 yg lain ribut pd teriak2 nangis, termasuk MIL gw jg ikutan nangis big_smile

siangnya baru acara pengajian di rumah mertua manggil ibu2 pengajian komplek n ngundang saudara2 dr keluarga gw n suami. MIL gw yg masak sendiri dibantuin ma tante2 suami. menunya ga cuma kambing tp ada ayam n daging jg krn takut banyak orang2 yg udah berumur yg ga boleh makan kambing termasuk bokap gw.

ini beberapa fotonya, wlpn sebenernya malu krn emaknya atha masih lebar benerrr... saking lebarnya sampe minjem baju muslim nyokap tongue

sebelum keluar kamar, pose dulu ma eb
http://i861.photobucket.com/albums/ab174/pu3_ndatha/sweet%20moments/16112008330-2.jpg

ini baru keluar kamar ke tempat acara
http://i861.photobucket.com/albums/ab174/pu3_ndatha/sweet%20moments/16112008340.jpg

atha lg dicukur ma eyang
http://i861.photobucket.com/albums/ab174/pu3_ndatha/sweet%20moments/16112008333-1.jpg

gantian atha dicukur ma datuk
http://i861.photobucket.com/albums/ab174/pu3_ndatha/sweet%20moments/16112008334.jpg

sepanjang acara atha pules tidur, sama sekali ga terpengaruh oleh suara2 berisik tamu yg hadir smile

eb atha kae nda

10

Re: Aqiqah

mom IntanDian kayake kalo skarang lebih gampang pake jasa aqiqoh siap saji ya, kan banyak di kota besar. tapi sunnahnya mungkin sembelih sendiri.Kalo aku dulu anak pertama masih melahirkan di kampung halaman beli kambing minta tolong sodara trus masaknya cari tukang masak spesialis kamping yg dah profesional (biasanya yg sering disewa pondok pesantren kalo ada hajat, jam terbangnya tinggi n reputasinya bagus). Jadi sembelihnya jg orang itu (timnya), ada caranya sendiri biar ga bau kambing, trus orangnya dah siap bumbu dr rumah jd di rumahku tinggal masaknya aj. Acaranya ngundang ustadz buat ceramah, trus daging yg dah dmasak sate gule dibagikan ke tetangga. Gitu aja simpel.

Liha Ahliana, Ibu Pembelajar
exploring parenting world is an amazing thing

11

Re: Aqiqah

mom IntanDian kayake kalo skarang lebih gampang pake jasa aqiqoh siap saji ya, kan banyak di kota besar. tapi sunnahnya mungkin sembelih sendiri.Kalo aku dulu anak pertama masih melahirkan di kampung halaman beli kambing minta tolong sodara trus masaknya cari tukang masak spesialis kamping yg dah profesional (biasanya yg sering disewa pondok pesantren kalo ada hajat, jam terbangnya tinggi n reputasinya bagus). Jadi sembelihnya jg orang itu (timnya), ada caranya sendiri biar ga bau kambing, trus orangnya dah siap bumbu dr rumah jd di rumahku tinggal masaknya aj. Acaranya ngundang ustadz buat ceramah, trus daging yg dah dmasak sate gule dibagikan ke tetangga. Gitu aja simpel.

Liha Ahliana, Ibu Pembelajar
exploring parenting world is an amazing thing

12

Re: Aqiqah

Waaah... Moms terima kasih ya info dan sharing pengalamannya.
Pamz, iya bener saungdomba.com situsnya informatif.
Citra, bisa minta no telp catering Aminah?
Otty, gue juga pinginnya sederhana aja, keluarga dekat aja. Jadi gak panggil pengajian gitu gak apa2 ya..

Thanks again moms... Hugs for the little ones

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

13

Re: Aqiqah

intandian, aku pm aza ya.. Klo tulis dsini ntar diomelin mama mods lg.. smile

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

14

Re: Aqiqah

IntanDian,
Standar kayak pengalaman mama yg lain.
Gw pas anak pertama opa dan papanya yg semangat cari kambing sampe naik2 gunung gitu.
Dan kalo nyari sendiri gt, emang dapetnya yg bagus (besar2), pilih sendiri.
Disembelih sendiri sama opa, papanya dan pak haji di dkt rumah, dimasak di dkt rumah (ada pak haji yg biasa nyembelih dan istrinya masak2 buat qurban & aqiqah dkt rmh gw).

Acaranya ceramah dari ustadz (bapak ketua dkm masjid dkt rumah), pengajian ibu2 dan bpk2 tetangga, dan potong rambut simbolis doang.
Enzo rambutnya dicukur bersih sama opa nya.
Makan2 di rumah, pulangnya bawa nasi kotak dan snack box.

Sedangkan untuk anak kedua, Dante, jauuuh lebih praktis karena omanya yg biasa ngurus2 keburu meninggal smile
Pas dante ttp ada ceramah dan pengajian ibu2 dan bpk2 tetangga.
Tapi untuk dombanya pake jasa aqiqah. Terima beres, udah dimasukin kotak dan harganya udah jelas. Kisarannya dari 1jt-3jt rupiah.
Sedangkan untuk potong rambut di klinik bersalin tempat dante lahir. Biayanya 40rb rupiah, dan hasil cukurnya bersih, sebersih hasil cukuran opanya.
nah, opa rada kecewa gak nyukur rambut dante. Wkt itu kita pikir ga mau ngerepotin opa, bawa ke salon di klinik aja biar praktis. Soalnya opa jg matanya udah agak2 gak awas kan ya..trus nunggu2 waktunya si opa buat cukur rambut jg entah kapan krn opa banyak acara kakek2 smile
Eh taunya opanya ngambek hihihi..
Soalnya opa jg ga ikutan seru nyari2 kambing ke atas gunung smile
Kayanya si opa punya ambisi untuk mencukur semua rambut cucu2nya smile

15

Re: Aqiqah

intandian..
kalo Miguel Akikahnya di Dompet Duafa Bandung, pakai 2 kambing secara anak Cowok, tapi lupa harga kambingnya berapa.. soalnya dia  juga beda2in jenis2 dan harga kambing.
trus kalo udah dapet sertifikatnya yang lengkap dengan photo-photo sikambing wink
http://i803.photobucket.com/albums/yy320/f4telinegod/URBAN%20MAMA/aqiqah-2.jpg
Kalo untuk acara dirumah--> manggil pengajian tapi minta kepengajian itu cukup 10-15 org aja yang hadir, krn emang acaranya hanya keluarga dekat. sisanya hampir sama ama kebanyakan mama diatas, sambutan dari Datuknya (baca: kakek) dan sambutan ustad, terakhir doa sama pamannya Miguel.
Acara langsung makan-makan dan pembagian berkah.
Simple smile

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

16

Re: Aqiqah

Duhh senangnya mengingat acara Nasikah rajuu dulu.. smile
kalo aku disini jarang yang catering.. ada tapi kita keluarga biasa masak sendiri,, manggil juru masak, trus olah olah deh.. kalo acara secara umum sama kayak temen-temen yang lain, cuma uniknya pas Rajuu, buat bendera dari uang, dikasih nama dan fotonya, dikasih kertas warna warni, trus di bagi bagi ke anak anak kecil dan yang kenduri... senangnya karna tuh bendera ada uangnya.. tongue
inget juga jaman kecil dulu kalo babeh pulang kenduri nasikah yang ditunggu cuma bendera duitnya aja.. big_smile
* Sambil senyum senyum sendiri tongue *

Rajuu is Rajwaa..
Corry is Bunda Adhya..
smile

17

Re: Aqiqah

kalo megumi dulu aqiqah pas hari ke 7. Nyari2x di internet banyak yg bisa bantu sediain jasa bwt aqiqah tp krn d bgr g banyak option. Truz mertua mensyaratkan kambingnya harus d sembelih di rumah. Alhamdulillah ada yg bisa. Jd pagi jam 1/2 6 d sembelih d rumah, lsng d bawa bwt d masak. Abis ashar d bawa sebagian bwt d suguhin ke tamu pengajian ibu2x komplek, sebagian di kasihin ke orang yg kurang mampu. Acaranya sama ky mom yg lain sambutan, ngaji, doa, ceramah ustad, cukur, terakhir prasmanan (jd g d kasih nasi bungkus tp makan d tempat). Untuk kambing + ongkos masak skitar 1,5jt. Bwt makanan yg lainnya pesen catering n beli kue ringan. Beres aqiqah kita gundulin megumi mpe abiz coz rambutny harus d timbang n di konfersi ke emas, uangnya d sedekahin

18

Re: Aqiqah

ikutan share ya...

karena kita cuma tinggal berdua aja di sini dan ortu maupun mertua didaerah, jadi untuk kepraktisan kita langsung pesen kambing aaqiqah dan jasa memasaknya, pesennya via online, banyak banget jasa aqiqah. Ga pake acara formal karena begitu nasi kotak dateng langsung deh ngedar-ngedarin ke tetangga sekitar dan temen2, walhasil ga ada dokumentasi resmi..sebenernya pengen banget bikin acara pengajian gitu, tapi waktu itu kondisinya lagi kurang memungkinkan, semoga tar anak kedua bisa didokumentasikan dg lengkap smile

19

Re: Aqiqah

Klo alula dulu akikah pas udah mau masuk umur 3 minggu. Soalnya dulu si yang kung dari Bontang(kalimantan) pengen dateng ke akikahan. Jadi, terpaksalah menunggu yang kung. Tapi kok lama2 si yang kung makin susah meninggalkan kantor. Akhirnya yang kung merelakan akikahnya tanpa kehadirannya.
Acaranya simpel. Kebetulan kenal dengan pengusaha catering deket rumah (Ciputat) yang juga mengelola yayasan yatim piatu dan pondok pesantren. Papanya Lula yang dateng dan milih kambingnya (eh, dapet kambing yang bagus dan bulunya putih bersih. Semoga pertanda bagus. Amin) dan menyaksikan penyembelihannya.
Di rumah, kebetulan ga ngundang tetangga. Soalnya rumah kecil dan udah penuh sama keluarga2 ku (adik2 yangtinya lula dan keluarga besar yangkung lula). Tapi manggil pak Ustadz buat ngaji, ceramah dan mimpin shalawat. Alhamdulillah lula anteeeeeng banget dan bobo selama ngaji dan di gunting rambutnya.
Hasil potongan kambing emang agak kurang, jadi kami minta tambah daging kambing sama cateringnya. Soalnya selain buat makan2 di rumah, kami bagi2 kotak ke yayasan yatim piatu sama tetangga kiri kanan.
Oia,sama dengan mamas lainnya,rambutnya lula emang dikumpulin dan ditimbang trus dikonversi dengan emas dan disedekahin.

still learning....day by day....

20

Re: Aqiqah

Dear Mom, saya juga lagi nyari info untuk acara Aqiqah dengan service.
oh ya bu..saya kebetulan tinggal di daerah Duren Sawit, Citra minta tolong di infokan no tlp Catering Aminah ya.makasih.

21

Re: Aqiqah

Farah aqiqah pas 21 hari (sesuai sunnah yang baik kan 7, 14, 21) di rumah mbahnya. berhubung di rumah mbahnya kekeluargaannya deket banget, jadi sampe di rayain di lapangan, pengajian ibu2, doa2nya sampe pake toa.. hehehe... trus seusai doa, aku gendong farah keliling sambil di cukur dikit2 rambut farah... berhubung gak mau botakin dulu, agak serem liat ibu2 yang napsu motong rambutnya si neng big_smile untung guntingnya agak2 tumpul (saya berhutang budi sama yang punya gunting big_smile hehehe...)

btw, soal makanan, tadinya tetangga2 disana mau bantu masakin (karena kekeluargaannya sangat2 dekat) tapi kita memutuskan pake katering aja. ada koq katering yang khusus buat aqiqah (maaf lupa nama dan nomornya) jadi mereka yang beli kambing, potong dan disyariatkan sesuai untuk anak kita, dan jadi beres dalam bentuk box yang isinya gulai, sate, capcai, mie, nasi dan buah... pokoknya terima beres big_smile makannya juga enak, kambingnya gak berbau lagi big_smile oh ya, di dalam box juga ada buku tentang aqiqah juga ada info siapa yang di aqiqah. selain di box, ada juga yang untuk prasmanan untuk tamu keluarga.

tambahan sih paling beli kue2 tradisional aja plus buah. smile yang penting niat kita buat ngejalanin kewajiban kita sebagai orang tua kan? wink

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

22

Re: Aqiqah

waktu syasya aqiqah simple bgt..pesen kambing via jasa aqiqah, dtg krumah udah jd sate, gulai plus nasi dkk d box gt.
rambut dbotak oleh temannya mamaku. Ga ada pengajian dkk. Nasi kotak dbagi2 k tetangga se RT aja. Sebagian k rumah yatim piatu. Rambut dtimbang n uangnya dberikan k org ga mampu.

lovely mommy with 2 lovely kids

23

Re: Aqiqah

Diah wrote:

Dear Mom, saya juga lagi nyari info untuk acara Aqiqah dengan service.
oh ya bu..saya kebetulan tinggal di daerah Duren Sawit, Citra minta tolong di infokan no tlp Catering Aminah ya.makasih.

pm aza ya.. ntar aku coba cari2 dulu buku aqiqahnya Al.. smile

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

24

Re: Aqiqah

Anakku ghina n khaira Alhamdulillah dah diaqiqah. Kl khaira tepat pas hari ke 14. Kl ghina pas 4 bulan. Kebetulan abinya bisnis aqiqahan jadi bs miring  hrgnya (paling byr masak aja deh).. Acaranya ya langsung bagiin aja ketetangga.. Or undang kerabat kerumah,lebih sekedar makan2 aja, ga ada pengajian,paling minta do'a sm yg dtg. (selain rempong n repot, setauku diagama ga pake pengajian) tp tergantung sm tradisi ortu ya. Hbs itu rambutnya lsg digundulin deh sm abinya. Trs rambutnya ditimbang buat diganti sm emas/perak utk dikasih ke duafa, yatim or yg berhak deh.

25

Re: Aqiqah

Rayyan aqiqah pas usianya 7 hari, diadakan di rumah aki+nin nya di Garut. potong 2 ekor kambing, dimasak, dan dibagikan ke tetangga. kemudian juga ada acara pengajian, ditempatku disebut marhaban, kemudian potong rambut secara simbolis, baru digundul pas usianya kurleb sebulan, dan rambutnya ditimbang, dihargai sesuai harga emas saat itu, kemudian dibagikan ke fakir miskin, anak yatim di sekitar rumah...

mamahna rayyan  ^^