1

Topic: Jendolan di belakang kepala bayi

Mamas, Rinjani (9m17d) di belakang kepalanya (kanan dan kiri) ada jendolan gitu. Tadi googling katanya itu kelenjar getah bening dan membengkak di saat pas bayi sakit. Nah ini kan Rinjani lagi ga sakit..dan jendolannya ga ilang2. Baru merhatiin sebulan yg lalu gitu. Dan lupa munculnya mulai kapan. Share ya mamas kalo ada yg ngalamin juga. Agak khawatir nih sad

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

2

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

nyanya..just for sharing saja ya. Dulu anaknya temanku (waktu itu sekitar 5 months) ada juga semacam tonjolan gitu di kepala bagian bawah yang dekat leher dan telinga. Dibawa ke Prof M, dokter anak di Jaksel. Nah kemudian anaknya di anjurkan untuk tes mantoux, tes darah, dan rontgen krn dicurigai itu adalah TBC kelenjar. Dan krn semua hasil tesnya mendukung ke arah TBC kelenjar, makanya habis itu anaknya temanku itu menjalani pengobatan TBC selama 6 bulan. Stlh 6 bulan pengobatan harus medical check-up untuk melihat TBCnya sudah sembuh atau belum.
Anakku waktu umur 6-7 bulan juga sama, muncul semacam benjolan juga di kepala bagian bawah dan dekat leher. Karena waktu itu kebetulan dsa anakku sama dengan dsa anaknya temanku itu, maka anakkupun dianjurkan untuk tes mantoux, rontgen, dan tes darah. Tapi alhamdulillah hasil tesnya semuanya negatif, jadi anakku dinyatakan negatif TBC. Aku lupa kapan benjolan itu hilang, tapi memang ga langsung hilang, pelan-pelan begitu. Jadi kalau memang nyanya khawatir dikonsultasikan saja ke dokter.

Last edited by indriani budi utami (2011-01-30 22:24:37)

3

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Nyanya -- Soren juga punya benjolan di belakang telinga, sedari newborn, sakit gak sakit tetep ada malah. Tapi sekarang (akan 22 bln) udah hampir ga terasa kalo diraba, jadi bener kata indriani, emang perlahan-lahan ilangnya. Dari pengamatan gue, benjolan milik soren itu ada karena dia alergian, nah begitu alerginya ilang (umur 14bln) maka benjolannya ga gitu kentara lagi. Maap ya, Nya ini dugaan gue, jadi kurang bisa dipertanggungjawabkan, hihihi.

Penah juga sih konsultasi ama dokter pas Soren umur 1 th, emang dia bilang biasanya benjolan semcam itu dicurigai TBC, tapi berhubung Soren ga nunjukkin gejala2 lain seperti: batuk berkepanjangan, demam lama/berulang, berat badan turun, nafsu makan berkurang, dan benjolan yang lebih dari satu serta berderet; maka dokter ga nyaranin ambil tes. Alhamdulillah, pertumbuhan Soren juga lancar-lancar aja, berat badan naik/stabil, kalopun batuk palingan 2 mg sembuh dan jarang, nafsu makan hanya dihalangi oleh teething. Semoga Rinjani juga ga kenapa-napa ya...

indriani budi utami -- Nanya dong... Tes mantoux itu diapain aja ya? yang dicek apanya? biayanya berapa? Tengkyu...

4

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

indriani budi utami - duh,makasih banyak ya infonya. Iya,pasti bakal ditanyain nih ke dsa-nya..jadwal ketemu dsa-nya sendiri baru 2minggu lagi. Sekarang lagi nyari tau dulu aja soal jendolan itu. Dan gue baru denger soal TBC kelenjar itu. Huks. Sebabnya apa tau ga?
Sisca - nah,Rinjani itu benjolannya bkn di belakang telinga,tp di kepala di atas tengkuknya. Ada 2,kanan ama kiri.Selama ini Alhamdulillah dia blm pernah batuk,pilek atau demam.Paling panas karna abis imunisasi. Makan juga lumayan.Dan dia ceria-ceria aja. Huhuhu. Iya semoga ga ada yg serius. TFS ya..

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

5

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Nyanya -- iya Nya... tanyain DSA-nya Rinjani aja, daripada buat anak spekulasi. BTW, benjolan milik soren ada di belakang kuping agak bawah dikit, sebelah kiri dan kanan juga. Itu kaloga salah Asa-nya Sidta juga punya benjolan semcam itu, ada di thread treatment batpil apa yah, lupa gue... coba cekbebicek ya...

6

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

nyanya..ternyata TBC tuh ada banyak Nya, TBC usus, paru, kelenjar. Waktu itu mnrt prof M, kalau ada benjolan di kepala bag belakang, atas leher/tengkuk, atau dekat telinga, coba raba area sekitar telinganya, kalau di area dekat telinga ada benjolan2 kecil kemungkinan memang ada kelenjar getah bening yang membengkak, biasanya krn pengaruh infeksi. Tapi belum tentu juga krn infeksi TBC, makanya untuk make sure itu TBC atau bukan, prof M ini biasanya nyuruh tes mantoux.

Untuk case-nya anak temanku itu, dia juga BBnya bagus kok, dan jarang batpil/sakit juga wkt itu. Seingatku waktu itu 8 bln BBnya sudah 8 kg lebih. Ga tau juga bisa tertular TB dari mana. Tapi memang sejak new born anak temanku itu ga minum ASI krn ASI mamanya kering. Kemungkinan tertular bisa sewaktu diajak jalan2 ketemu orang yang terpapar TBC atau bisa juga dr nyuci botol/dotnya yang kurang bersih. Banyak sih kemungkinan penyebabnya. Mnrt dokter biasanya kalau anak yang tidak minum ASI memang lebih rentan terkena penyakit infeksi saluran pernafasan.

sisca..tes mantoux ini caranya dengan disuntik kuman TBC yang sudah dilemahkan. Suntiknya harus dibawah dibawah permukaan kulit, jadi kebayang pasti sakit banget. Yang melakukan harus orang yang ahli, makanya biasanya yang nyuntik dokter sendiri, bukan perawat. Sehabis disuntik, bekas suntikannya dilihat ada indurasi (benjolan mirip gigitan nyamuk) nggak. Kalau ada berarti kemungkinan positif TB. Dilihat juga hasil rontgen dan tes darahnya menguatkan juga/tidak.
Biayanya beda2 sisca, tergantung dokternya. Kalau dulu (2 thn lalu) di prof M sekitar 300 ribu. Waktu itu aku suntiknya tdk di prof M krn sekalian mau cari second opinion. Eh ga taunya dr yang kedua juga mendukung pendapat prof M ini, akhirnya jadi juga deh tes mantouxnya. Waktu itu anakku tes mantouxnya di hospital cinere, biayanya 2 thn lalu 60 rb, jauh banget ya.

Mudah2an sih rinjani bukan TBC ya, cuma benjolan yang nanti hilang seperti anakku dan sorennya sisca. Amin.

Yang paling repot kalau anak kita terinfeksi TBC tuh ada bbrp dokter yang berpendapat bagusnya anggota kel yang lain juga ikut ditest untuk tahu ada yang terinfeksi/tidak. Soalnya kalau ternyata ada yang terinfeksi kumannya muter2 lagi dan si anak bisa tertular lagi.

Topik yang berat nih, dl aku juga takutttt banget waktu dr nyaranin anakku test mantoux gara2 ada benjolan di kepala bag belakang dan BBnya yang naiknya seret. Ternyata BBnya naik seret krn minum ASInya kurang.

Last edited by indriani budi utami (2011-01-31 06:14:58)

7

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Nyanya,
Benjolan2 di kepala bayi itu normal koq. Dan akan hilang berangsur2. Sama halnya dengan bulatan2 biru di punggung/pantat bayi, juga tanda/bercak2 putih di lidah bayi. Enzo & Dante juga gt koq, lama2 ilang. Tapi kadang muncul lg. Kelenjarnya lg aktif bekerja, krn kan bayi umur segitu lg ngalamin banyak perubahan. mulai dari ASI lalu ke MPASI, lalu macem2 imunisasi, teething, dll yg memerlukan kerja kelenjar. Jadi ga perlu khawatir berlebihan sih menurut gw. Tapi coba diskusiin sama dokter anaknya Rie aja.

nah yg ngejelasin ttg ini dokter anaknya enzodante, dokter Nurochim yg praktek di Antapani. Deket kan Nya dgn rumahmu?

a life-enjoyer mama smile
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau
ym: untung_ada_eka

8

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

nyanya...Jeff juga punya benjolan di kepalanya (bagian tengah kepala) sejak lahir. kata dsa ku itu namanya kaput, yaitu gumpalan akibat proses lahir. (Jeff lahir sc gagal induksi). Biasa kok dimiliki sama bayi. Kata dsa nya sih bakalan hilang kok. sama opung nya Jeff suka di kompres pake nasi hangat dibungkus plastik trus dibungkus sapu tangan biar ga langsung kena kulit kepalanya Jeff. Thank God sih lama lama mengecil. Tapi klo khawatir, better check ke dokter...

Anyway, mamas...ada ga ya thread ang ngebahas testis bayi belum turun? klo ada let me know ya...

12.09.10   first time when i saw MIRACLE

9

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Kalo Nara juga ada, nya... Yang gue bilang semalem itu lho. Emang ga gede sih, tapi kerasa kalo diraba. Gue aja baru nyadar setelah kemaren lo nanya tongue

yang selalu kangen sama si pipi gembil

10

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Nah topik yang ditunggu, tks nyanya sudah buka trit ini. Si kakak, 7 yrs duluuu juga sempat di observasi sama dsanya perihal benjolan yang bahkan sampai 5 biji, waktu itu usianya 4 bulan- start to mpasi. Observasinya dibekali obat beberApa macam tmsk antibiotik yang teksturnya ada yang mirip gel. Insting seorang ibu waktu itu nggak tega raanya kasih obat diusia dini walau dgn dalih observasi karena anakku itu lincah, asi kuat dan bb bagus. Jadi, setelah merenung maka saya stop semua bentuk obat utk observasi tsb, kalau antibiotik dari awal tidak diberikan. Ternyata setelah tanya sini sana ya memang banyak bayi yang mengalami pembengkakan kelenjar di belakang kepala ini. Jadi, selanjutnya saya menyampingkan kekhawatiran ada apa kenapa. Dia tumbuh sehat sekali hingga sekarang, mondok di rs sakit dengan diagnosa kena demam dengue. Sekarang benjolan itu juga terjadi di adiknya 9m4d,  yang saya ingin tahu tubuh bayi sedang mengapa sehingga tumbuh benjolan? *duduk dan menyimak*

hari ini adalah hari baik

11

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

nyanya, share aja, olivia juga ada jendolan. di kepalanya bagian tengah, kanan kiri, tempat biasanya kepala nempel di bantal. kata dsa sih, itu normal. kalo tbc, biasanya jendolannya itu di bagian belakang bawah kepala, relatif bagian tengkuk, leher gituh. jadi di luar batas rambut malahan

12

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

nyanya - gue termasuk bayi yang punya benjolan2 getah bening (bukan anak gue). benjolan favorit gue ada di bawah telinga sebelah kiri... kalo lagi sakit (ada infeksi), bengkak gede dan ngilu. tapi kalo lagi ga sakit, jadi lebih kecil dan ga sakit... semakin gue gede, semakin kecil si kelenjar... dulu bokap nyokap gue juga deg2an, tapi ternyata setelah diperiksa ama dokter, harmless kok.

benjolan2 ini masih tetep ada ampe sekarang... berasa jauh lebih kecil dibanding waktu gue TK dan SD (mungkin karena proportionally, gue sekarang lebih gede), tapi ga ilang. kalaupun berasa ada yang ilang, kalo lagi sakit, keluar lagi...

lumayan, bisa dipake untuk jadi alarm kalo mo sakit. kalo si kelenjar bengkak, artinya bentar lagi mo sakit smile

btw, kelenjar2 gue ini udah ngelewatin berbagai macem test, termasuk biopsi (that's a long story, intinya, mereka pernah bermasalah ampe dikira kanker). ternyata dia aman2 aja, bukan kanker, bukan TBC kelenjar getah bening... kayaknya gue cuma dikaruniai kelenjar getah bening yang suka show-off aja... smile

comic and crochet addict
creative director & product development
theurbanmama.com | @turniptopia

13

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

sisca, iya Asa punya dibelakang kuping kanan. tapi klo g dipegang bener2 g ketauan juga. yg di leher ada, tapi keluarnya klo lagi banyak kena debu ...
baru ngeh soalnya yg di leher itu kliatan pas lagi nginep di rumah mertua, yg kamarnya rada jarang dipake jadi agak berdebu, plus dinginnn di lereng gunung lawu ...
skrg g ada lagi ...

yg dibelakang kuping kata dokternya, "ah gpp ini biasa anak bayi .. "
yg di leher g pernah kliatan lagi jd udah g dipikirin ... tapi jd pengen tw gara2 ada thread ini ...

nambah ya ...
ini jg lagi diamati terus klo Asa punya benjolan di tempat lain. khawatir aja soalnya ayah n mbah kakungnya sama2 punya benjolan. ada beberapa tempat malah.
klo yg itu kayak lemak gitu di bawah kulit. slama ini g menggangku kesehatan sih, tapi karna tempatnya di tangan jadi ya ... rada ganggu estetika jg.
perlu konsul n operasi kecil kayanya, tapi susaaah bujuknya ... sad
moga g nurun ke Asa ya ...

Last edited by Sidta (2011-01-31 10:42:28)

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

14

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Mamas,thanks for sharing yaaa.. Menjawab kekhawatiran gue banget.
indriani - Rinjani tuh seriiing bgt gue ajak keluar,ngikutin kegiatan bapak ibunya. Jd gue juga jd cemas,mengingat 'kegiatannya di luar' yg super padet.Huhu,mudah2an dia ga tertular siapapun. Anyway..thanks ya.
Eka, mommie jeff, alaksmi - iya,suami juga bilang jgn terlalu khawatir. Gue observasi terus aja deh.
Otty - nah,gue baru tau dr temen.Dia yg nemuin benjolannya sebulanan yg lalu.Gue malah ga merhatiin.
Namila - sekarang si kakak baik2 aja yg tapi? Ada hubungannya ga ama mondoknya di rmh sakit?
Thalia - oh sampe dewasa ya,Thal itu? Nah itu ing jg cerita dia pnh sakit gigi..deket lehernya ada benjolan,tp udah gitu ilang. Brarti ga semua bayi ada ya? Huhuhu,penasaran bayi yg kaya gmn yg ada benjolannya.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

15

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

indriani budi utami -- tengkyu yah buat penjelasannya... iya nih, soal TBC itu emang kalo treatment kudu total satu rumah dicek yah, kalo perlu sekalian BS/ART yg jagain si bocah juga diperiksain daripada ga kelar2 dan treatment jadi sia-sia.

Sidta -- eh, jadi rupanya bener yah benjolan milik Asa ama Soren ini lebih karena alergi... Benjolan milik Asa ilang pas umur berapa?

Thalia
-- LOL, kelenjar getah bening yang suka show-off! big_smile

Last edited by sisca (2011-02-01 02:47:57)

16

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Thanks Nya udah buka trit... Ini jg jd kekhawatiranku pas Vio 7blnan. Benjolannya muncul trus kadang ilang. Ngeri klo sampe TBC kelenjar. Smoga Rinjani gpp ya... Btw Rinjani bayi sibuk yak, kegiatannya padet *OOT abis*.

17

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

nyanya, dengan riwayat benjolan di tengkuk sejak usia 4 bln ini si kakak tak ada masalah dengan kesehatannya kecuali diagnosa demam dengue yang penyebabnya sudah pasti bukan benjolan ya.

hari ini adalah hari baik

18

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

sisca, itu langsung ilang begitu anaknya sehat ... gak sampe 2 minggu kayany ... sampe skrg g muncul lagi ...

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

19

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Rayyan juga ada benjolan di bagian belakang kepalanya, kiri dan kanan.. selama ini sih keliatannya baik2 aja, bb bertambah secara normal, aktif. belum pernah tanya ke dsa nya sih, baru sadar beberapa hari yang lalu dikasih tau mbak nya. mudah2an sih gpp  :hope:

mamahna rayyan  ^^

20

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Nyanya - Migu juga ada satu, posisinya didaerah rambut sejajar dengan kuping kiri, baru nyadar pas udah 1-2bulanan lahir. (jd agak ragu juga apa mungkin dari lahir udah ada), soalnya Migu waktu bayi rajin gue massage dan rajin gue perhatiin dari ujung kepala ampe ujung jempol. Pas tanya ke dsa di Bandung sih bilangnya wajar selama benjolan pas dipegang anak ga teriak atau sakit, ntar lama-lama ilang dlm waktu agak lama. Sekarang masih ada dan udah mengecil.. tapi jd pgn nanya lagi ah ntar kalo ketemu dsanya migu. just to make sure.
Ntar kalo udah dpt jawaban dr DSAnya Melon share lg disini ya Nya. mudahn bukan apa2. Sehat terus ya Melonnn :*

Thalia - LOL baca postingnya binggi big_smile

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

21

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

baru tau ada thread ini.. smile pas banget, udah semingguan ini ngeh ada benjolan di belakang telinga kiri, pertama mikirnya 'apa karena kemaren kejedot ya' tapi kayakna yg kejedot di jidat kok timbul benjolannya di belakang telinga.. makasih buat nyanya yg buka thread ini, n buat mamas, berarti ga usah terlalu kawatir ya.. smile tadinya berencana senin mo ke dsa nya nanyain? bapaknya khawatir soalnya.. tengkyu.. smile

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

22

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Ahh senangnya ada thread ini,babyku jg ada benjolan di bagian bawah kepala sebelah kiri tdnya sempet khawatir bgt tp setelah baca ini jd agak tenangan.

Falling love with baby B and my Bee..

23

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

wah, penjelasanya cukup jelas bgt. cos, pada ngalamin juga. jdi gak deg-degan lagi. thx u bgt para mamas.

24

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Mamas.. Kalo jendolannya kepala belakang bagian tengah agak2 ke atas tuh apa ya? Pengaruh bantal kah? Ato sambungan ubun2 ya? Lembek gitu

Mommy ♥ Superben

25

Re: Jendolan di belakang kepala bayi

Alia punya jendolan juga di belakang kepala, sebelah kiri, di atas tengkuk. itu muncul sejak dia sering jatuh telentang dari belajar duduk waktu masih bayi hingga sekarang umurnya 4 th. dulu waktu bayi jendolannya agak gede, orang2 sampe kaget kok kepalanya bengkak gitu. aq udah konsul ma beberapa DSA tapi semua bilang gapapa, ntar juga hilang sendiri setelah gede. jatuhnya Alia ga sampe disusul muntah atau pingsan, tapi mengingat frekuensi jatuhnya yg sangat sering (hiks, merasa menyesal banget lalai ngejaga Alia!) hingga ketinggian tempat jatuhnya yg bervariasi. emang sih Alia ga punya masalah kesehatan berarti, kecuali BB yg ga naik2 (bertahan 12-13 kg dari umur 3th), trus batpil kadang2. Alia lahir prematur usia kandungan 7 bulan dg BB 1,95 kg dan PB 40 cm.
aq cuma kuatir apakah jendolan itu nanti akan berpengaruh pada kemampuan intelejensia/kecerdasannya serta ada dampak lain kayak saraf dll? beberapa temanku yg dulu waktu bayi sering jatuh, mengeluh mereka sering migren/pusing kalo berpikir terlalu keras, sehingga pengaruh ma prestasi belajar juga.
moms, kasih masukan donk, aq worry banget nih! berharap ada rekomendasi DSA yg ngerti masalah saraf anak juga (aq takut ada saraf di kepala yg kejepit akibat jatuh itu). sering terniat CT-scan Alia tapi tentu harus konsul ma DSA dulu kan?

Last edited by azidnie (2011-11-24 21:59:39)