1

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

halo mamas..

anakku sekarang udah mulai mpasi.  kemaren alhamdulillah asi exclusive.  pengen tau kira2 apa aja yang di kasih ke bayi yang baru mulai makan begini yaa..

so far aku cobain tepung gasol, campur asi.  mau2 aja sih.. tapi kata temenku yang di luar negeri, nanti mesti dicobain ngasih buah2an.  aku sekarang lagi cari2 info nya.. jadi kalo ada resep ato ide, tolong di share yaa..

makasiihhh...

mod's note : untuk memudahkan mama ... silakan baca juga artikel Persiapan Makanan Pertama si Kecil, dan MPASI Homemade, Tidak Merepotkan Lho

ada juga metode pemberian MPASU dengan BLW

Last edited by Sidta (2012-04-02 16:49:36)

2

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

bundalia aku juga baru beberapa minggu kasih mpsufor nich.. pake tepung gasol juga.. untuk buahnya aku kasih jus pepaya dan jeruk bayi.. kadang campur pisang sedikit.. so far untungnya dia doyan semua... smile minggu ini aku mau coba kasih alpukat kerok.. soalnya banyak yang bilang bagus banget..

3

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Bunda Lia,
Kebetulan anakku usianya udah 8 bulan. Waktu usia 6 bulan malah mulai dengan buah-buahan. Aku sering ngubek-ngubek file kumpulan resep dan praktekin dari milis mpasirumahan.
Selain itu di wholesomebabyfood juga ada rekomendasi makanan apa saja yang boleh dikenalkan ke anak berdasarkan usianya.

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

4

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

waw thread yang oke nih, bunda lia smile... soalnya nanti anak kedua saya mulai MPASI 3 bulan lagi. jadi harus siap2 ilmunya dari sekarang biar sukses smile.

vicky & audrey & g-mom... whaaa hebat banget segala suka smile dulu anak pertama saya kayaknya susah bangettt... salah saya sih agak maksa, harusnya ngga ya... makanya yang anak kedua ini pengen bener-bener bagus. ngga ada deh yg bikin ibu bahagia selain anaknya makan banyak smile. hihii.

a pro in changing diaper
editor in chief theurbanmama.com | @ninityunita

5

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

bundalia yang pasti dari awal itu emang mesti dikenalkan pelan2 ama rice cereal dulu, dicampur asi kalo emang masih asi.  trus perkenalkan buah.  boleh dicoba kayak apel, pir, melon, di awal2.. tapi semuanya mesti di kukus dulu, trus puree dan encerkan dengan asi.  tips nya sih dicoba makanan yang sama kira2 2-3 hari untuk di observasi ada alergi ato engga.  kalo ga ada baru deh boleh ganti ama yang baru.  gitu terus.. nah kalo udah dicobain dan ga ada alergi, bisa juga untuk modifikasi mulai digabungin.  misalnya setelah ngelewatin apel & pir, mungkin bisa dicoba untuk ngegabungin kedua buah itu..

kalo semua buah udah oke, mulai perkenalkan sayuran kayak wortel, kentang, kacang polong, broccoli, butternut squash, semuanya deh lo cobain..  nasi pun boleh udah bisa. tapi yang lembek, kalo perlu masih konsistensi bubur.

yang pasti di kukus, di puree tapi jangan dicampur gula atau garam. 

kalo udah kenal sayuran, trus daging2an, ikan & ayam, baru terakhir seafood. 

kalo udah banyak yang dicoba bisa digabung, dibikin pake bumbu (tumis pake bawang misalnya, tumisnya pake unsalted butter ya atau olive oil). 

yang pasti rule of thumb menurut gue sih cobain deh segala macem jenis makanan, beda2in tiap meal biar dia tau rasa masing2 item itu kayak gimana.  dan terus perkenalkan rasa baru, karena nantinya akan bantu juga supaya si anak gak jadi picky ama makanan. 

hope that helps!

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

6

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

dulu suka baca blognya keluarga nugraha, lengkap sekali. makan 6 bulan, 7 bulan, dsb. sayang blognya tutup sad

Mamas bisa ngintip http://www.wholesomebabyfood.com untuk ide MPASI. Yang penting aturan 3-4 hari untuk ngetes reaksi alergi.

And thelilsolder is back. Fire!

7

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

g-mom & thelittlesolder thanks buat link ke wholesomebabyfood.  sangat membantu sekali.  bakal jadi tongkrongan baru deh.. selaen di TUM tentunya.. heheh..

teh ninit yuk, di share yah resep2nya.. aku seneng banget bisa liat resep2 juga di TUM.

slesta thanks buat inputsnya.  sangat2 membantuuu...

8

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Halo,
Saya kasih anak MPASI waktu umur nya 6 bulan. Agak trauma juga sih soalnya salah ngasih, waktu itu langsung kasih pisang cavendish, alhasil 2 hari kemudian pupnya keras dan bikin heboh banget sampe dibawa ke UGD segala
Trus dikasih biskuit F*R*E*, doyan banget, tp jg cepat bosan. Trus gasol pake asi, buahnya dari berbagai yg dicobakan cuma suka mangga dan semangka dan sbenernya sih pisang, cuma masih agak takut buat ngasih.
AKu ikut yg ga ngasih garam dan gula ke makanannya, tp Mamih dan Mbahnya ribut pingin cepet ngasih rasa.
Gara-gara biskuit aja sekarang agak susah masuk makanan yg hambar (rasa ASI) aja. Ahad kemarin, krn Mbah lg mudik, saya yg bikin maemnya, saya bikin kukus ubi+brokoli dikasih keju dikiit.
Anakku agak lahap makannya, tp bentar aja, sekitar 3 sendok makan, trus GTM deh..
Tadi malem, dia makan sama Mbaknya, dengan menu yang sama, lho koq malah lebih lahap ya hiks..hiks..
Apa yang salah ya?

9

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Ingke ini juga kejadian di gue.  tiap gue yang ngasih makan, anak gue makannya ga selahap kalo disuapin mbaknya.  padahal anak gue bukanlah anak yang susah makan, tapi ngasih makan dia itu emang tricky.  dan makin kesini gue makin bisa tau..

jadi karena masih asi, dia tetep meng-asosiasikan mamanya sebagai pabrik susu.  dimana si asi dari mana cukup untuk mengenyangkan dia.  padahal anak gue udah 20bln dan asi bukanlah hal yang mengenyangkan buat dia.  tapi tetep kalo sama gue doang bedua makan, dia pasti banyak tingkah. 

suggestion gue sih, tetep aja dicobain ngasih makan sama ibunya.. tapi mesti pinter2 untuk distract.  biasanya suka lupa sambil disuapin.  mudah2an nolong yah.

oh another thing, supaya pup nya ga keras, kasih buah melon.  kalo perlu tiap hari.  bagus buat digestion. apalagi melon yang merah.  biasanya anak kecil suka banget, karena rasanya lebih manis dari yang ijo dan lebih empuk teksturnya.

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

10

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Slesta, will definitely try the melon tip. Never thought about melon. Anakku poop nya keras nih, kalo mau poop ngeden sampe nangis. ini terjadi sejak makan tim saring (w/ daging cincang atau hati plus sayuran).. dan unfortunately makan buah susaaaaah banget. cuma di icip2 lidahnya trus udah... ga mau. udah di coba dengan jeruk, pepaya, alpukat... dan die bungkam mulut. Ada yg bilang di suruh tambah gula, tapi gw takut masa masih 7 bulan di kasih gula.

Melon blum pernah coba tuh... semoga melon suka... *crossing fingers*
Di blender aja ya ngasihnya?

-ati

There are no seven wonders of the world in the eyes of a child. There are seven million.  ~Walt Streightiff

11

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

ati kalo anaknya masih 7 bulan, melonnya sebaiknya dikukus dulu trus di puree.  boleh campur asi ama rice cereal dikit. 

untuk buah2an, sebaiknya di awal2 mpasi sebaiknya dikasih setelah dikukus kecuali pisang, pepaya & alpukat yang boleh dikasih tanpa di kukus.  tar kalo udah gedean, di atas 9 bulan, baru boleh dicoba yang mentah tanpa dikukus.

dan sebaiknya jangan kasih gula & garam sampe si anak umur 1 tahun.

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

12

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Wah thread ok nih.. kebetulan aku lg cari2 info utk persiapan anakku (5bln) yg bln dpn bakal aku perkenalkan ama makanan padat.

Boleh tau tepung gasol itu apa ya? Dan juga jeruk bayi, ini jenis jeruk apa (nama pasarannya)?
Maklumin yach, secara aku ga familiar ama isi dapur tongue

13

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Slesta...sama nih case-nya,my 2 yo daughter pasti byk tingkahnya klo disuapin sm aku.
Maunya makan sendiri, padahal klo disuapin mbaknya sampe nungguin di depan piringnya tuh, ga sabaran disuapin lagi..
Akhirnya skg aku biarin aja makan sendiri, walau berantakan, pas dia udah bosen baru mau disuapin.
Yah itung2 belajar makan sendiri kli ya..

Buat MPASI, aku pake prinsip 6-12 bln tuh belajar makan dan menngenal macam2 makanan, jadi ga ditarget harus habis ato gmn, yg penting anaknya nyoba dl aja. Toh, 70% asupan gizinya masih dipasok dr ASI.
Pengenalan makanan jg bertahap, mulai dari serealia (tepung2an beras merah, beras putih, kacang ijo), sayuran kukus, buah kukus (kec. alpukat, pepaya), semuanya campur ASI dan disajikan tunggal dl, alasannya jg sama utk mengetahui ada tidaknya alergi.  Baru stl itu dicampur2.. NO gula & garam. Sama kynya ma Slesta..

Poinnya sih, have fun aja, jgn serius, mindset-nya masih belajar makan, bukan wajib makan. Jadi anaknya jg tdk tertekan.
Alhamdulillah skg Sofi seneng makan, suka berbagi jenis makanan, jrg GTM kec teething..
Klo lg GTM jg ga dipaksa, spy anaknya mengenal rasa lapar, ntar jg balik lg slera mknnya..

Gitu kli ya sharing pengalamanku..

14

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Hi Linda,
Aku bantu dikit ya..
Tepung Gasol itu tepung yang dibuat dari beras/palawija yang ditanam di GASOL di daerah Cianjur (CMIIW) dgn metode pertanian organik.
Jenisnya ada beberapa di antaranya beras putih, beras merah, beras merah wangi, beras coklat, kacang merah dll
Kl lg buru2 aku beli di TOTAL di mana2 ada, tp kl lg ada waktu aku beli lsg di outlet mereka di Ragunan.
Jeruk Bayi ini jenis jeruk yang manis banget ga ada asemnya, bisa ditemukan di TOTAL juga hehe
Ingke
-bukan marketing GASOL or TOTAL buah Segar-

15

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

okihaerani iya setuju, kita mesti bikin waktu makan itu fun.  gue juga sekarang kalo pas gue yang nyuapin (biasanya pas mbak nya lagi off) gue biarin dia makan sendiri.  kebetulan dari umur 13bln dia udah mulai sibuk makan sendiri.  dan sekarang (20bln) udah pinter banget.  cuma ya tetep mesti ditungguin, soalnya kadang suka dimaenin ama dia. 

dan gue juga ga maksa. kalo udah ga mau ya udah, biarin aja.  tetep usaha, tapi ga dipaksa.  kadang kalo segala usaha udah gagal.. ya udah gue stop.  tapi stengah jam kemudian gue ksih cemilan.  dari buah, kismis, roti, segala macem deh.  dan biasanya mau. 

soalnya prinsipnya anak ga mungkin ngebiarin dirinya kelaperan. 

untungnya lagi anak gue juga sekarang mau makan apa aja dan udah bener2 makan table food.  even pas teething, di saat anak2 laen pada fussy, ga mau makan, naia malah tambah lahap makannya.  enak kali gusinya kalo bisa gigit gitu ya.. yang pasti jadinya ga repot deh gue nya.. tongue

Ingke thanks udah ngejelasin tepung gasol itu apa.  sama kayak linda gue juga ga tau tepung gasol itu apa, soalnya disini ga pake itu.  gue dulu pake rice cereal yang dicampur ama asi.  ya basically sih sama kayak tepung gasol yah, tapi instant, gak perlu dimasak.

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

16

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

linda, jeruk bayi ada kok di supermarket2 gitu. tanya aja ama yang jaga. nama pasarannya emang jeruk bayi... maniiis banget, enak! btw, gue ga pernah nih ketemu jeruk bayi selain di indonesia...

dan stuju banget ama okihaerani, buat MPASI, jangan dipaksa... kalo bisa acara makannya dibikin fun, jadi anak asosiasi makan dengan fun, bukannya "musti makan". dulu kalo lagi acara makan di awal2, kayaknya banyakan yang jatoh ke lantai dari yang masuk mulut. brantakan, tapi seru, hehe.

trus, kalo sekali dicoba ga suka, cobain lagi seminggu dua minggu kemudian. kadang2 suka jadi demen lho.

comic and crochet addict
creative director & product development
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Zhafira alhamdulillah hari ini 6 bulan dan udah start makan tadi pagi.

Aku kasih alpukat + ASI, waktu itu baca ada yg mulai MPASI pake alpukat jadi pengen coba.... cuma 1 sendok baby yg kecil banget, trus diencerin pake ASI. Alhamdulillah Zhafira mau, ya emang cuma dikit sih porsinya namanya juga kenalan *dan ibunya harus berangkat kerja jadi ga bisa lama2 hehe*

Kalo waktu Zhafran dulu, pertama dikasi bubur nasi yg disaring trus dikasi ASI. Dulu sih beli tepung gasol tapi entah gimana ga bisa masaknya, berasa masi mentah gitu huhuh... jadi pake nasi biasa trus dimasak jadi bubur dan disaring. Setelah itu nyoba beras merah, oat, barley sama kacang ijo. Lupa juga sih urutannya, sayur2an ama buah2an yg mana duluan.

Kalo wortel jangan di awal2 ya ngasihnya, trus air kukusan jangan dicampur untuk buat puree nya, encerinnya pake air baru aja.

O iya jangan lupa air putih, dan jangan kentel2 ya awalnya smile

Semoga sukses ngasi makan ke bayi untuk kita semua big_smile

18

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

ibudea naia, anakku, suka banget ama alpukat waktu dia masih mpasi.  tapi bukan makanan pertamanya sih.  awalnya dikasih rice cereal dulu ama asi.  tapi begitu tau alpuket, asli deh.. lahappp banget!! tapi alpukat ini emang bagus banget, karena karbo nya juga banyak.  ini jadi andelan gue waktu jalan2 ke aussie kemaren (naia msih 10bln waktu itu).  soalnya alpukat di australi itu enak, kecil2 tapi enak & ga banyak serat.  sampe balik2 ke spore, naia jadi "ndutan" karena makan mulu kerjaannya.. hehe..

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

19

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

slesta,

iya nih mudah2an bisa nambah BB nya Fira.. alpukat juga tinggi lemaknya kan.. musti cari yg high calorie biar Fira agak ndutan hehe

btw kemaren juga beli alpukatnya di NTUC, yg ada cuma alpukat NZ. Kecil2 kriput gitu kan hehe

20

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

ibudea iyaa disini (spore) emang alpukat nya gituu.. yang kecil2.  itu alpukat aussie sih katanya.  mungkin sama aja kali ya aussie ama NZ.  waktu gue jalan2 ke aussie itu nemu alpukat itu karena emang dari sana.  murah bangeeettt.. cuma $0.99, sementara disini sekitar $1.50-$2.00 tergantung season.  makanya beli banyak dan naia happy banget dikasih itu!

oh dan alpukat kecil2 itu, karena ga banyak serat, jadinya ga bikin pup nya keras.  soalnya alpukat indonesia itu banyak serat, anak kecil biasanya dikasih itu bikin pup nya keras.  untungnya yang alpukat aussie ini gak.  tapi gue tetep selalu kasih rock melon (melon merah) sih, biar pencernaannya bagus dan pup nya ga keras.  dan sama banyakin minum air juga, it helps juga.

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

21

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Ingke N Thalia,
Thx buat info nya nh, very useful ^^

22

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Eh mau nambah soal alpukat, jangan pake gula sih lebih baik kalo mau manis, di saring trus di aduk pake madu aja dulu Ayla gitu, enak buanget apalagi madu tresnojoyo apalah tuh yang buat baby. Trus soal pup keras, pepaya itu membantu banget sih. Sama Nutrijel yang fibernya banyak mungkin buat anak yang lebih besar.

Trus soal melon harus dicoba nih sLesTa, tapi musim2an sih disini. Kalo sekarang lagi musim mangga, jadi Ayla lagi sering makan mangga. Atau apel Royal Gala yang ngga crunchy tapi sweet and soft. She likes that a lot.

Last edited by djemima (2009-12-17 12:42:35)

Rock 'n Roll Momma

23

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

jamie untuk anak masih mpasi sih mendingan ga usah dikasih gula ato madu.  especially madu, cuz it's very very dangerous.  kids below 1 year old should never be given honey cuz it can cause infant botulism. 

botulinum spores  mostly found in honey, soil & dust.  adults who swallow the botulinum spores are almost never affected, but when infants swallow the spores, however, the spores can germinate in their immature gastrointestinal tracts and begin producing botulinum toxin.  and this toxin is the most poisonous natural substance to man. 

more on honey & infant botulism here:
http://www.sheknows.com/articles/1895.htm

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

24

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Whoa, tapi untungnya waktu itu Ayla nya udah over 1 year sih. Kalo masih baby banget ya pake bubur2 baby yang bubuk'an itu dulu. I can't remember anymore, hahah.

Rock 'n Roll Momma

25

Re: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

hoaa kebetulan baru mulai ngasih Nara mamam juga nih...(baru 2 minggu sih)
kalo diliat di sini ada yang ngasih bayi gasol duluan, rice cereal, buah...menurut gw mau mulai dengan apa duluan terserah masing2 ibu sih hhihi

cuma kalo gw (gw yaaa) awalnya  ngikut temen gw hihihi yang pernah nanya sama dr.Jack Newman (ahli laktasi international) kalau mpasi baiknya buah duluan. Kalo dia nyaranin buah alpukat gtu. Nah Ternyata o ternyata pas baca2 buku resep dibuat Pak Pak Wied Harry Apriadji, yang juga konsultan gizi, disitu menurut dia, and i quote "buah segar menjadi pilihan pertama makanan pemula mpasi. Berbeda dengan nasi dan makanan pokok lainnya, buah segar mengandung karbohidrat yang mudah dicerna,yaitu gula buah. Kemudahan gula buah dicerna bayi mendekati asi secara secara alami dilengkapi enzim pencerna." Pak wied malah menyarankan dari karbohidrat sederhana dulu kemudian baru berangsur2 meningkat ke karbohidrat kompleks seperti nasi.

jadi gw sih kemaren awal2 emang kenalin buah2an alpukat, apel, pir, pisang, kemudian ubi, labu....trus tepung gasol deh big_smile

namanya masih perkenalan makanan kadang makannya juga masih harus belajar..tapi ta apalah..bundanya juga have fun aja nih ihihi

Last edited by NisaNara (2009-12-22 16:25:42)