1

Topic: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Dear Mamas or mamas-to-be,

Di forum ini saya lihat ada topik tentang keguguran, tapi gak ada yang secara spesifik soal pemulihan rahim pasca keguguran. Jadi boleh ya, saya tanya, bagaimana cara yang baik (dan mudah) dalam memulihkan rahim setelah keguguran (tepatnya setelah dikuret)?

Obgyn saya hanya meresepkan obat dan vitamin. Setelah kontrol seminggu setelah dikuret, dikasih vitamin lagi. Sebagian orang menyuruh saya untuk minum jamu pasca-bersalin (konon katanya keguguran itu 'sama' kayak abis melahirkan), tapi masalahnya saya gak suka minum jamu. Obgyn saya juga bilang kalo gak minum jamu pun gak apa-apa.

Terus obgyn bilang kalo saya udah boleh beraktivitas, tapi banyak juga yang bilang kalo abis keguguran belom boleh capek-capek amat selama 40 hari, terutama gak boleh ngangkat yang berat-berat.

Would you, mamas, please share your experience?

Thanks a bunch smile

2

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

wah, kalo aku blum pernah keguguran (knock on woods)... tapi sepupuku yang bbrp bulan yang lalu keguguran emang kurang lebih dapet "nasehat" yang sama: ga boleh ngangkat yang berat2...

ada input lain, mamas?

comic and crochet addict
creative director & product development
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Diar - dulu waktu hamil pertama aku juga sempat keguguran, tapi waktu itu ga dikuret karena udah keluar sendiri semuanya, dan pas dicek udah bersih. ama obgynku cuma dikasih vitamin emang, tapi ngga dikasih tau ngga boleh ngangkat yg berat2 sih, cuma dibilangin take it easy aja, jangan terlalu dipikirin. waktu itu emang aku sendiri yg mau istirahat di rumah 1 bulanan, baru mulai kerja lagi. alhamdulillah sih 3 bulan kemudian hamil lagi. intinya mungkin si obgyn sebenrnya nyaranin supaya ga terlalu capek ya.....

Diba's Bunda....currently enjoying living by the shores of Matano Lake
Working mommy during office hours, full-time breastfeeding mommy during the rest of the day smile

4

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

juni thn lalu gw sempet dikuret krn BO, sama dokternya sih cuma kontrol seminggu abis kuret. pas di cek udah bersih ya si dokter gak bilang apa2 ato disuruh ini itu or dilarang ini itu , intinya cuma disuruh jgn hamil dulu selama 3bln biar rahimnya balik ke kondisi normal dulu. Dokter gak ngasih apa2 sih selain obat yg dibekali abis kuret itu.
Entah gw nya yg cuek n pas dpt dokter yg nyantai ya big_smile sabtu pagi dikuret, siangnya pulang ke rumah, trs hari minggu gw udah jalan2 ke mall ama suami + anak gw. Seninnya masuk kerja lagi seperti biasa...
soalnya abis dikuret gw sempet nanya2 ke dokter apa aja yg dilarang, tp dokternya cuma bilang,  selama ibu gak punya keluhan ya gpp beraktivitas kembali.

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

5

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Di kehamilan pertama, aku keguguran tanpa disadari. Kl bahasa medisnya, missed miscarriage. Ga ada flek, ga ada tanda2 apapun, tau2 ketika periksa minggu ke12, janinnya udah meninggal dari 2 minggu yang lalu. Hiks, sedih..... sad  Anyway, aku terus dikuret. Seminggu stlh dikuret dikasi obat dan vitamin. Setelah itu kontrol dan ga dikasi obat apa2 sama sekali. Obgyn nya cuma pesen untuk tidak hamil dulu selama 3 bulan supaya rahimnya bisa pulih ke keadaan smula. Tp temenku ada yg sebulan pasca keguguran, udah hamil lagi. Jadi ga tau juga sebenernya juklaknya gmn.

Selebihnya, spt kata cinta, ga ada larangan apa2. Bahkan disarankan untuk kembali ke aktivitas biasanya. Jadi yah aku ga pake acara minum2 jamu dsb dan langsung kembali ke aktivitas biasa. Lagian IMHO, yang paling berat dari keguguran itu adalah efek psikologisnya ketimbang psikisnya. Paling ga itu sih yang aku rasain.

Alhamdulillah, 4 bulan kemudian aku hamil lagi. Dan skrg anakku udah 4 bulan smile

every parents has their own parenting style. and every child has their own developmental timeline.

6

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Thanks for the input, dear mamas, I really appreciate it smile

I'm back on track now smile

7

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Diar share ya.. aku setelah keguguran minum kunyit asem pake gula jawa, bikinan mertua, karena rasanya enak, aku jadi rajin minum deh, katanya supaya cepat kering luka di rahim, aku percaya aja, karena kalau sariawan aku minum kunyit, emang kerasa lebih cepat sembuhnya ( ga tau yah krn sugesti atau apa hehe). Minum vitamin dan pereda nyeri juga setelah kuret (diresepkan oleh dokter karena setelah satu minggu masih terasa nyeri). Selebihnya sama seperti moms lainnya, ga angkat-angkat berat dulu..

Baru-baru ini aku baca blog, lupa linknya apa, katanya ada perlunya juga periksa hCG dlm urin pasca kuret Mola hydatidosa, untuk memastikan apakah setelah kuret tidak ada penumbuhan plasenta.. Aku sendiri belum pernah cek hCG pasca kuret..
Terakhir cuma cek pakai USG..

Cinta wow Cinta kuat juga yaa, ga ngilu/nyeri gitu ya?

It takes a village to raise a child-African proverb

8

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

wah pada cepet smua ya mbk2 ini hamilnya pasca kuret. big_smile
aku mei kemarin juga habis kuret, usia kandungan 8 minggu tapi aku gak tahu keguguranku krn apa cz ketika aku tanya ke dokternya dia juga gak bisa memastikan...hiks2. setelah kuret aku hanya dikasih obat n vitamin aja dan disuruh istirahat sekitar 1 mingguan,habis itu udah masuk kerja lagi. nah permasalahannya 1 bulan setelah kuret aq udah dpt haid, tapi setelah itu siklusnya jadi kacau...sebelum hamil, siklusku 28 - 30 hari...4 bula terakhir ini aku baru dpt haid setelah siklus 60 hari ( haid 2 bulan sekali ) hiks2.

buat mamas, ada yg pengalaman seperti ini gak??? ditunggu sharingnya ya

9

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

hai salam kenal,nama: bunga (bandung)

pas liat2 ttg pasca keguguran, saya liat forum ini. kebetulan saya juga baru keguguran kehamilan 6minggu 5 hari (26 oktober 2010).

sebelumnya dokter udah bilang kemungkinan tdk bs bertahan dan siap2 untuk keguguran. Malah dokternya udah kasi resep obat sekiranya keguguran. karena kebetulan dokternya akan berangkat haji.

setelah nunggu beberpa hari, ternyata emang keguguran. yang mau saya tanya dulu bunda gak kuret krn semuanya sudah keluar, boleh tau yg keluar seperti apa saja yah. Soalnya saya juga dibilang dokter gak usah pake kuret.
kl saya pas keguguran keluar seperti kantung warna kuning keruh bentuk bulat lonjong gitu, disertai darah dan gumpalan2 ati. Apakah yg bulat itu kantung janin dan janinnya?

tx Bunda.....

10

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

hai bunga...salam kenal juga wink

share aja nih, kemarin aku keguguran pas di rumah, yang keluar seperti kamu itu...mungkin itu kantung rahimnya ya, trus gumpalan darah disertai darah. setelah itu aku ke RS tempat dokterq dgn membawa konsepsi itu...kata dokter sih sebagian besar udah kluar konsepsi nya..tpi sama dia di USG lagi dan ternyata belum bersih...jadinya aku dikuret skalian utk membersihkan sisa - sisa jaringannya.

setelah itu dikasih obat dan vitamin dan disuruh istirahat 1 minggu wink

11

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

dear all, salam kenal ya..

mau share juga.. 19 september kemaren aku dipastikan mengalami keguguran.. umur kandungan diperkirakan 6-8 minggu.. pendarahan terjadi dari 10 september selama 5 hari.. setelah diusg 19 september kata dokter rahimku sudah bersih dan tidak perlu kuretase dan kami tidak perlu menunda kehamilan.. merujuk kalimat dokter pada suamiku: istrinya sudah boleh 'dikunjungi' ya Pak, normal saja tidak perlu pakai pengaman..

tapi hingga hari ini, suamiku belum juga 'mengunjungiku'.. katanya tunggu rahimku sehat dulu.. (padahal dokternya sudah bilang sehat, tapi suamiku masih ragu) efek psikologis dari keguguranku ini terasa berat, kadang aku merasa ikhlas dan tabah, namun di lain hari aku kembali menangis.. aku bener2 berharap bisa hamil lagi, secepetnya.. minimal aktivitas suami-istri berjalan seperti biasa.. aku merasa dengan begitu aku jadi punya harapan dan lepas dari kesedihan..

pertanyaanku.. apa pasca keguguran tanpa kuretase kita boleh langsung berusaha agar hamil? atau para bunda ada yang pernah punya pengalaman langsung hamil pasca keguguran tanpa kuretase? ditunggu sharingnya..

12

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

hi all, mo share juga
saya sempet keguguran 8 minggu karena BO, trus dikuret karena takut kalo sampe pendarahan, padahal dokternya bilang, ga dikuret jg gpp, nanti keluar sendiri, duh tapi bayanginny horor
kuret hari selasa pagi, sorenya bisa pulang, kamis uda balik ngantor lagi, jumat malahan pergi jalan2 ke spore sama temen2 cewek2 doang, di singapore sempet ke USS naek segala macem permainan itu, wah sampe cuapekk banget
sempet deg2an sih, tapi alhamdulillah gpp

pas keguguran biarpun nifasnya sedikit (less than a week) tapi aku tetep pake peraturan 40 hari nifasnya, jadi 40 hari ga berhubungan tuh sama suami (termasuk dapet mens lagi disitu) nah setelah 40 hari itu, saya ga mens lagi, dan langsung isi lagi, sekarang sudah 30 weeks mudah2an gpp

13

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

oiya bunga yang kantung kuning itu bukan janin harusnya, hanya kantung rahim, pas dikuret kemaren kan selesainya dibangunin, trus denger dokternya ngasi liat ke suami hasil kuretnya, langsung dong penasaran
bentuknya yaa kuning kaya lemak2 tetelan gitu, nah karena aku BO, jadi yaa blom ada janin-nya di sana

14

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Hi moms, sekedar sharing 2 bulan yang lalu (8 Agustus 2011) saya juga baru keguguran pada usia 10 minggu karena BO. Waktu itu abis kuret juga langsung boleh pulang tapi cuti dulu 1.5 bulan dari kantor (FYI, cuti untuk kuret itu ada loh moms). Untuk perawatannya sih saya mengikuti nasihat orang tua, dimana katanya kuret itu sama dgn melahirkan jadi selama 40 hari tidak berhubungan dgn suami, makan tim daging cincang (klo kata orang tua sih biar darahnya bersih), sama pake angkin (biar perut ga gendut). Klo jamu, saya ga minum karena sama dokter & orangtua ga boleh.

Sampai saat ini saya juga belum hamil lagi karena masih nunggu sampai 3 bulan. Klo dari dokter sih larangannya ga boleh cape2 dulu sama saya disuruh pap smear & minum vitamin.

Dinisari kalau aku baca dari www.infobunda.com walaupun tidak dikuret, ada baiknya menunggu 1-3 bulan setelah keguguran untuk menstabilkan keadaan hormonal tubuh dan menyiapkan nutrisi untuk kehamilan berikutnya.

15

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

hamil ke2 aku dikuret. sebenernya abs kuret katanya boleh pulan setelah istirahat n observasi 2 jam an. tp krn kuretnya jam 12 malem ya pulangnya sekalian nunggu pagi deh. dpt obat pereda nyeri n vit.dsuruh kontrol seminggu setelahnya, usg hasilnya oke dah ga dikasi obat apa2 lg. ga pake pantangan n minum macem2. ehh bulan depannya sempet dapet mens sekali. lalu langsung "isi" lagi. yg alhamdulillaah saat ini anaknya lahir selamat sentausa. ;-). intinya nyantai aja mb. usahain rileks n jaga kesehatan aja. ga perlu jamu2

Last edited by maminya_altaf (2011-10-17 21:10:16)

Go..ASI & Homemade food..
Go..Clothdiapering..
Go..The better future for our children
visit me at: http://javaleste.multiply.com/

16

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

tgl 2 kmrn aq baru dikuret krn BO di-usia 11minggu, kmrn tgl 17 kntrol pasca 2minggu, tnyata si jaringannya belom tuntas keluar smua dan ada pendarahan dalam,. * untg kntrol USG pdhl td nya males2n krn gak ada keluhan apapun* jd buat yg abis dkuret, biarpun jaga asupan ttep jgn lupa kontrol ya, krn pas lg dkuret kn si dsog gak bisa nyambi USG tuh, jd msh mgkn *amit2 jgn smpe ada yg kjadian jg ya* klo belom bersih.. mnrt DSOG hrs nya stlh 2mggu, rahim ud mngecil kembali *makanya masa nifas nya ckup 2minggu aja* dan 2bln plg cpet utk isi lagi *spy rahimnya udh kondisi FIT* tp kn balik lg ke kondisi tiap2 org ya,,, klo aq tnyata 2mggu pasca kuret si rahim msh besar blom normal dan krn belom bersih hrs dikuret lagi d

17

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

mau sharing jg..
waktu hamil pertama aku jg keguguran krn BO d minggu ke 10..waktu itu flek2, trus ke dosg, d usg tranvaginal tidak ada denyut jantung, en cuma ada kantung rahim, dia ga ngasih obat, tp tunggu 3 hr nant akan keluar sndri konsepsinya..
Tapi, krn ga bersih tetap dikuret jg..sama dokterku cuma d resepin antibiotik, sama dpesan supaya minum folic acid..boleh hamil paling cepat 1 bulan..
Aku juga ikutin nasehat ortu minum kunyit asem buatan sendiri (minumnya 2hr sekali 1 gelas selama darah mash keluar), pake korset, sama jgn makan yg pedas2..
Kalo dr segi psikologis, entah kenapa waktu itu aku tidak begitu kepikiran ato sedih..krn aku pikir aku bisa hamil, insya allah pasti hamil lg..kalo sedih2 bisa menghambt jg..jd waktu itu aku santai bgt..
Alhamdulilah 2 bln kemudian udah hamil lg..di jaga2 supaya ga terulang lg..ini skrg anaknya udah umur 4 bulan

18

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Mau ikutan sharing y Moms smile
Pemulihan rahim menurut dsog q 3 bulan, kalopun rahim qt dalam kondisi tidak baik, dia jg ngga bakal bisa nerima pembuahannya.
Menurut pengalaman dr teman ataupun keluarga pasca kuret, bisa langsung hamil lagi bulan depannya (sesuai dengan kondisi psikis dan fisik kapan siap untuk berhubungan).
Pengalaman q sendiri, pasca operasi sesar kemrn, Alhamdulillah cukup 3 bulan kosong, dan di bulan ke empat udah ngga mens. Tanpa direncanain, tanpa pakai alat kontrasepsi apapun, benar2 natural.
Disaat psikis sudah bisa terima, Alhamdulillah di saat itu Allah kasihkan q hamil, dan skg udah 30w.
Pasca operasi sesar yg jelas ngga boleh capek, banyak makan protein, dan minum madu sehari 2-3 kali biar bekas jahitan dalam maupun luar cepet kering, tanpa obat2 cina.
So, semangat Moms!!!!!!!! smile

19

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Kegagalan kehamilan pada awal kehamilan (early pregnancy failure) itu secara umum dibagi dua 1) kegagagalan dibawah 10 minggu dan 2) di atas 10 minggu atau sdh terdeteksinya detak jantung bayi. Kelompok pertama dikenal seperti blighted ovum, janin tidak berkembang kelainan ini 90 persen disebabkan karena kelainan kromosom atau defek genetik. Terjadi sekitar 30 persen pada setiap kehamilan. Biasanya karena sperma yang membuahi bukan yg bagus materi genetiknya sehingga tubuh secara alami akan mengeliminasi sendiri dan jarang terjadi berulang. Kegagalan diatas 10 minggu dan janin sdh berdetak disebut kematian mudigah atau kematian janin dalam rahim, sebagian besar juga karena genetik namun bisa jg karena infeksi TORCH ataupun kelainan imunologis. Yang jenis kedua ini harus lebih diwaspadai karena tak jarang sering berulang.
Kegagalan lain yg lbh khusus penanganannya adalah kehamilan anggur atau mola hidatidosa. Nah, pasca keguguran jenis yg pertama dan kedua tidak ada perbedaan dalam hal penyembuhan rahim. Biasanya dalam waktu 2 minggu sebagian sdh ovulasi secara spontan sehingga stl bersih darahnya sdh bisa subur kembali tentu saja tergantung usia kehamilan dan hormonal pasien. Namun pada kejadian keguguran tipe kedua dan yg sdh berulang tentu saja sebaiknya sebelum hamil dilakukan pengecekan kemungkinan faktor penyebab. Kapan boleh hamil lagi ? tidak ada perbedaan antara segera hamil maupun menunda. Intinya sesiapnya secara mental lebih utama. Dokter biasanya hanya memberikan vitamin dan antioksidan saja utk mempercepat proses recovery. Khusus untuk hamil anggur saja yang memerlukan pengawasan khusus dan pasien boleh hamil lagi 6 bulan sampai setahun setelah titer hormonnya kembali normal.

20

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

waaah terima kasih pencerahannya dr.riyana, berguna bgt infonya,. saya termasuk miscarriage akibat BO saat 10-11mggu ktauannya.. selang 2mggu setelah kuret pertama masih ada sisa shg harus dikuret ulang dan saat dikuret ulang dtemukan polip *tidak ganas* tapi itu tnyata penyebab pendarahan dalam saya stlh kuret 1, kalo kasusnya spt itu, apakah pemuliahan rahimnya sama? terima kasih

21

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Pemulihannya sama aja bu. Insya اللّهُ bisa hamil lagi normal.

22

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

syukurlah.. terima kasih dr.riyana smile

23

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Dr. Riyana, saya mau tanya setelah keguguran 3 bulan yang lalu haid saya jadi tidak teratur ya? Bulan ini saya haid 2x sebulan dalam jangka waktu 1 minggu, itu normal tidak ya dok? Soalnya setelah dikuret, masa nifas saya cuma 3 hari saja, apakah haid yang sekarang karena nifas yang tidak sampai 40 hari ya dok? Terima kasih

24

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Mau ikut sharing juga mommies smile
Bulan April 2011 aku juga sempet keguguran di usia kandungan 8 minggu.. Alhamdulillah jeda 1 bulan (1x haid) bulan depannya sudah hamil lagi, skrg inshaAllah sedang hamil 31w.

Keguguran waktu itu penyebabnya karna aktivitas yg tinggi & kurangnya pengetahuan soal tanda-tanda kehamilan. Nikah Januari 2011, pengen cepet2 hamil tapi info & knowledge mengenai tanda2nya sama sekali NOL.

Cek ke dokter minggu ke-6 kehamilan, minggu ke-8 terjadi pendarahan, bed rest di RS, malamnya pendarahan makin banyak dan ada jaringan yg keluar. Besoknya disebutkan janin sudah keluar sebagian, jam 12 siang pasang luminaria, malamnya kuretase. Saran dokter boleh hamil lagi setelah 2x haid.

Setelah dr RS dokter kasih obat-obatan dan vitamin, seminggu kemudian usg rahim dinyatakan sudah bersih.
Dari saran orang2, minum susu hamilnya dilanjut aja..waktu itu aku minum prena*** mommy. Selain ttp rutin minum susu hamil, aku juga minum habbatusauda & madu 2 sendok setiap hari (cara minum 2 sendok madu dicampur+diaduk dg air hangat secukupnya).
Waktu itu masa nifas hanya 35hari, haid 4hari.

Alhamdulillah bulan depannya sudah hamil lagi. Konsultasi dokter soal saran hamil setelah 2x haid, dokter cuma bilang disyukuri saja kehamilannya karna berarti rahimnya sudah siap lagi untuk hamil.

Doain semoga kehamilan kali ini lancar ya moms.. smile

connoisseur of laugh • @duilevita • http://uniquelyevita.blogspot.com/

25

Re: Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

Duilevita, semoga kehamilannya lancar yah.. smile

kadang2 kebanyakan pengetahuan tentang kehamilan juga bikin deg deg an takut begini takut begitu..malah stress akhirnya habis kuret lama banget baru hamil..

harusnya pasca keguguran atau melahirkan dg bayi meninggal seperti yg ku alami disarankan untuk tidak hamil lagi selama 3 bulan. tapi kadang Allah memberikan surprise dengan kehamilan yg tidak di duga2 datangnya.

aku lagi harap2 cemas karena selepas nifas 40 hari masih blm datang bulan, tapi aku sudah mulai berhubungan dg KB alami, (keluar diluar, maaf ya agak parno) namun katanya itu bukan jaminan untuk tidak hamil..tapi kalau memang hamil ya nanti di syukuri saja seperti yang duilevita ceritakan smile