1

Topic: Gizi untuk tinggi badan

Urban mamas and papas yang uber cool....Saya lagi resah gundah nih, Kenzie sekarang usianya 20 bulan, dan tinggi badannya cuma 79-80cm, padahal kalau saya plot di grow chart, sudah di luar garis bawah paling normal untuk anak seusianya, Kenzie termasuk anak yang gampang makannya dan minum susunya juga lumayan cukup, sekali minum 120ml - 5 sampai 6 kali sehari. Saya bahkan sampe kasih vitamin Scott emulsion (yg kata iklannya) bisa menambah tinggi badan. Tolong share ya mamas & papas makanan apa, vitamin, atau bagaiaman caranya supaya Kenzie bisa tinggi? Thank you smile

PostModern Mama

2

Re: Gizi untuk tinggi badan

nandra Nanya dulu nih, ayah bundanya termasuk tinggi ato ga? Soalnya mungkin itu genetis juga. Gue termasuk orang yang ga tinggi, tinggi badan gue cuma 149 cm. Entahlah itu termasuk normal ato ga kalo diplot di GC tongue Padahal dulu gue juga kalo makan banyak banget (eh sampe sekarang sih), minum susu juga sering. Tapi ya tinggi gue segini2 aja. Soalnya ortu gue juga ga tinggi, nyokap setinggi gue n bokap tingginya 165 cm.

Mungkin bisa diimbangi dengan olah raga, katanya kan renang n basket bagus buat nambah tinggi badan. Soalnya kalo makanan penambah tinggi badan, jujur gue ga tau. Tapi olah raga itu sih baru bisa setelah Kenzie agak besar ya...

BTW jadi penasaran, kapan ya kita bisa mulai nentuin "oh ini genetis" n ga terlalu terpaku sama GC lagi? Gue pindah thread dulu deh smile

yang selalu kangen sama si pipi gembil

3

Re: Gizi untuk tinggi badan

nandra nambahin dari otty, aside from genetics issue .. menurut gue sih gak perlu terlalu menjadikan GC sebagai patokan yang mesti diikuti.  itu kan hanya panduan berdasarkan average dan percentage gitu.  kalo si anak gak termasuk disitu bukan berarti dia tidak bakal tinggi, tapi emang belom "tumbuh" aja. 

soalnya pertumbuhan manusia itu kan gak hanya waktu masih kecil, sampe umur 17-18 tahun pun kadang masih bisa tumbuh.  so bisa aja tar dikejarnya pas mulai masuk teenager dan masa2 puber.  gue inget adek gue dulu pas masa itu naiknya banyaakk banget, tiba2 jadi tinggi gitu dan makin terlihat krempeng padahal makannya banyak banget. 

so jangan kuatir dulu yaa..

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

4

Re: Gizi untuk tinggi badan

nandra - stuju ama otty. mungkin genetis?

by the way, mo nambahin aja. dari pengalaman, tinggi aina nambahnya pelan banget sebelum umur 24 bulan. setelah ulang tahun ke 2, dia tiba2 makannya banyaaaaak banget, trus growth spurt gitu. dalam 1-2 bulan berat naik 2-3 kilo dan tingginya naik ampe 3-5 senti... kalo ga salah, naia, anaknya slesta, yang baru aja ultah bulan lalu lagi ngalamin hal yang sama... (eh, ini OOT ga ya?)

jadi, mungkin kenzie bakal gitu juga, tapi blum waktunya aja?

comic and crochet addict
creative director & product development
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Re: Gizi untuk tinggi badan

Yup bener pa yang dibilang Slesta, kita ga bisa begitu aja menentukan anak tinggi atau tidaknya dr GC, kalo emang dah genetis mau dibilang apa?

Jadi inget cerita suami, waktu dia kecil, ada satu orang temennya lebih tinggi dari dia, sampe-sampe tuh ibu temennya selalu ngebandingin anaknya yang lebih tinggi sama suami gw. dibilangnya lah suami gw ga minum vitamin, makanya ga tinggi. tapi pas SMP, tuh temen suami mandeg deh tingginya, lebih tinggi suami gw dan itu ampe sekarang. soalnya turunan temen suami itu bapak dan ibu nya pendek, jadi ga bisa tinggi lagi, hehe

So...ga usah kuatir, nanti pasti akan berkembang.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

6

Re: Gizi untuk tinggi badan

Otty Slesta Thalia agwinadieta  hahahaaaa..iya sih mama papanya ga tinggi, gue cuma 150cm tongue tapi kalo genetis bisa juga "bakat" dari kakek- neneknya kan ya? soalnya sepupu2ku ibu-bpknya ga tinggi2 tapi karena kakekku tinggi menjulang, mereka jadi tinggi2 juga.

huuuu aku terharu mama2 ini menyemangati, iya semoga Kenzie belum sampe tahap growth spurt ya, suamiku juga bilang, yg penting Kenzie sehat, dan Alhamdulillah pertumbuhan motorik dan otaknya baik.

Trus kalo olah raga nantinya lebih cepat berenang atau basket ya? tongue hihii....kepingin bgt Kenzie tinggi

makasih ya mamas :*

PostModern Mama

7

Re: Gizi untuk tinggi badan

nandra, keira jg 19bln tingginya cmn 80cm ko, dokternya sih blg normal tuh, dan diplot GC jg masih di range 50percentile ko. jd menurutku aside dr genetical issue, kenzie masih ok ko.

btw mau share jg, adik cowo gue ampe smp badannya paling pendek diantara temen2nya. sempet bikin khawatir gue ama nyokap sih, ampe gue marahin segala, soalnya ke sekolah ko buku pelajaran buat seminggu dibawa semua. eh tapi begitu masuk sma langsung deh menjulang tinggi dan skr termasuk lebih jangkung dr temen2 sebayanya. jadi intinya rileks aja, pasti bakal ada masanya ko anak itu tiba2 tumbuhnya cepet smile

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover smile

8

Re: Gizi untuk tinggi badan

nandra, mau nambahi aja pernah ikut seminar tumbuh kembang anak, dan ada rumus pertumbuhan anak. Anaknya laki-laki ya jadi estimasi tinggi anak pada umur 18 tahun : ((tinggi ayah+tinggi ibu +13cm) : 2) + 8,5cm. Tinggi anak emang faktor genetik juga.
Jadi kebayang juga ntar Lana tingginya seperti apa, secara saya dan suami sama-sama imut tongue

addicted to my own daughter

9

Re: Gizi untuk tinggi badan

setuju sama mama yang lain, Nandra jangan panik dulu yah.:)
dan GC bukanlah patokan utama.
dulu aku pas masih sd juga imuutt banget, sampe di bilang kecenthet (kerdil, nakal banget ya temen2 sd ku), trus abis dapet mens growth spurt deh, yang dulu lebih tinggi dari aku kebalap deh.
dan mungkin tiap anak beda2 kapan fase growth spurtnya. CMIIW

10

Re: Gizi untuk tinggi badan

GC itu untuk ngeliat pertumbuhan, bukan untuk kompetisi TB / BB --> selfnote karena gue juga termasuk yang cemas dengan posisi TB/BB anak.

Kalau merasa asupan gizi sudah cukup, bisa tambah olahraga. Kalau udah cukup juga ya tunggu aja tanggal mainnya smile

And thelilsolder is back. Fire!

11

Re: Gizi untuk tinggi badan

Kenzie cowok? Kalo cowok mah nunggu sunatan aja, biasanya langsung tinggi, hehehe..
Biasanya kalau masih toddler cenderung lebih tinggi cewek dibanding cowok. Kalau gizi dan vitamin dan aktif sudah cukup mah seperti kata thelilsoldier diatas tinggal tunggu tanggal main. Asal jangan kayak nenek-nenek jaman dulu ya, biar tinggi bayi ditarik, hahaha...

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

12

Re: Gizi untuk tinggi badan

faktor genetis ngaruh sih emang:P

anakku setelah setahun, cuma memanjang ga melebar (bpknya cungkring, ampir 180 cm tapi langsing). beratnya kadang2 borderline. tapi tingginya mah terus aja, bajunya mulai ngatung2 lagi. makannya masih ta benahin, tapi udah mulai mau banyak sih. kadang pusing juga soal berat malahan, udah ditambahin vitamin juga. semoga lewat dua tahun beratnya bisa lebih.

every kids different yah.

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

13

Re: Gizi untuk tinggi badan

cuman nambahin aja .... kemaren lagi nunguin istri periksa ke dokter, iseng - iseng baca tentang artikel tinggi badan. Ternyata dapat diatur dimulai dari posisi tidur si anak. Jadi posisi tidur anak dibiaskan menggunakan media kasur yang keras, posisi tidur terlentang, jangan dibiaskan menggunakan bantal dan kalau bisa posisi pantat selalu sedikut lebih atas(diganjel). hal diatas dapt merangsang pertumbuhan tulang yang baik...... Nah kemaren juga dapat resep dari dokter , dan dokter ngasih vitamin yang banyak Zinc dan menyarankan jangan terlalu banyak karbohidrat dan diperbanyak protein........

14

Re: Gizi untuk tinggi badan

tfs sismedia24!!

addicted to my own daughter

15

Re: Gizi untuk tinggi badan

nandra,
santai aja kali nan, enzo juga dulu imuuut banget. sekarang lebih tinggi dari sepupunya yg seumuran. tapi gak tau juga ntar gedenya gimana. pengennya sih tinggi badan dan berat badannya serasi gitu, ya bener deh kata mama2 di sini; selain faktor genetis harus diimbangi sama makanan dan pola hidup sehat juga. kalo gw sih karena ibu gw gak tinggi dan bapak gw juga biasa2 aja ya mikirnya gw gak tinggi karena emang genetis (yaay berarti gw emang anak kandungnyaa hehehe...)

otty,
seneng deh dengernya, ternyata aku tak sendiri smile
sekarang sih yang mengganggu adalah tinggi badan gw kayaknya gak match sama berat badan yaa.. kalo dulu sebelum hamil 42-43kg sebelum melahirkan 56-57kg, setelah melahirkan 48kg dan sekarang setelah Dante 9 bulan berat badan gw 'stabil' di 51-52kg
nah itu normal gak sih menurut GC?

16

Re: Gizi untuk tinggi badan

mamas and papa, thx for sharing, lega sekarang rasanya smile tinggal nunggu tanggal main aja deh big_smile

PostModern Mama

17

Re: Gizi untuk tinggi badan

Ikut nambahin y Mom, punya msalah yg sama dg nandra, browsing kiri kanan gmn caranya biar lbh tinggi, penjelasan yg menyakitkan adalah genetik itu secara aku dan suami g tinggi2 bgt.
Pernah juga baca artikel ktnya olahraga yg bagus buat pertumbuhan (nambah tinggi) bukan renang tapi basket, dimana terdapat hentakan pada kaki (ato sendi2, lupa) yg akan merangsang pertumbuhannya.
Kalo dr pengalaman aku kecil, sejak bayi sampe SMP, termasuk golongan org2 bongsor (besar dan tinggi) tapi pas SMA kog udah mandeg, dan temen2 SMP yg dulunya kecil plus ceking kog tiba2 menjulang melebihi aku... hiksss...
So skrg just let flow naturally... drpd bikin aku stress...
Kalo biasanya dilarang, skrg anakku aku suruh aja sering2 lompat di spring bed hihihi...
Tfs ya sismedia24, mo aku praktekin nih...

Mommy H&D
(Pursue a dream to be a working at home Mom)

18

Re: Gizi untuk tinggi badan

Sebenarnya rata-rata anak umur 2 tahunan itu tingginya berapa ya? Kemarin suamiku bawa Albert (26 bln) ke dsa untuk imunisasi hep A sama tifoid, trus kata dokternya, Albert termasuk gizi buruk, karena beratnya cuma 10 kg dan tingginya cuma 84 cm. Padahal makannya banyak dan bervariasi, trus gue merasa sejak ulang tahun kedua, dia tuh pertumbuhannya pesat banget... Piama yang gue beliin masih kegedean pas ultahnya, sekarang udah pada kependekan... Celana2nya yang buat pergi2 udah jadi jauh lebih pendek semua... Dan gue dikasih waktu 2 bulan untuk meningkatkan berat badan dan tinggi badan Albert, kalau dalam 2 bulan gak ada peningkatan, akan diperiksa lebih lanjut, akan ada serangkaian tes yang harus dijalani Albert. Aku rencana pengen cari second opinion juga sih...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

19

Re: Gizi untuk tinggi badan

baru nengok thread ini lagi, thanks sarannya sismedia, smoga bisa bantu naikin TB Cacha (kenaikannya setahun terakhir lebih dikit dibanding sebelumnya, apa emang kalo udah di atas 2 tahun gitu ya).
mama Ella, coba diplot di GC dulu, ga apal soalnya, or ngubek2 di forum kayanya ada kok. diplotnya juga dari data beberapa bulan yang lalu, jadi keliatan pertumbuhan Albert. kalau untuk menaikkan BB dan TB paling mudahnya asupan kalorinya ditambah. dulu pas konsul soal Cacha yang "mungil" juga ama dokternya dibilang "gizinya diperbaiki dulu", hehe. kalau kalorinya ditambah terjadi peningkatan, berarti ga perlu test2an.

bunda cacha dan hafidz

20

Re: Gizi untuk tinggi badan

mbak Ade, mama Ella, mesti nambah kalori, tp gimana caranya ya secara udah maksimal banget kayaknya makan n susunya. klo diakalin di menu-nya disisipi bahan yg kalorinya tinggi (misal keju), tar malah jadi gak mau makan anaknya.
Asa 14 bulan. 8,5kg n tingginya trakir kali ngukur pas 11bulan 78cm, skarang 80an kali ya ...
suka dibilang mungil jg nih ama dokternya. padahal klo lagi dijejerin sama anak2 seumuran kok kayaknya setara2 aja gedenya

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

21

Re: Gizi untuk tinggi badan

Sidtha, gue sih rencananya sebulan ini mau membuat menu si Albert kaya protein hewani dan lemak... kalo kalori sih kayaknya sehari2 udah full kalori...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

22

Re: Gizi untuk tinggi badan

gabriella wrote:

Sidtha, gue sih rencananya sebulan ini mau membuat menu si Albert kaya protein hewani dan lemak... kalo kalori sih kayaknya sehari2 udah full kalori...


gabriella, ditunggu ceritanya yah, mudah-mudahan berhasil smile

Sharing yah..dulu ilyasaku waktu umur setahun juga BB 10 kg, trus umur 13 bln kena thypus sama diare, trus 15 bulan teething gigi geraham (yang ini sampai radang gusi) jd ga mau makan selama 2 minggu..hasilnya pas ditimbang umur 17 bln BB masih 10 kg, dan dibilang sama susternya kalo BBnya kurang. Padahal anakku makannya gampang lho. Tapi memang dia anaknya aktif sekali dan baik aku dan suamiku termasuk orang yang kurus, jadi jangan2 turunan kurus dari ortunya ya ?.

Umur 18 bulan mulai kutambah UHT selain ASI krn ASIku udah menipis. Awal2 minum UHTnya lumayan lancar (bisa 630 ml sehari). Sebulan kemudian ditimbang naik 1 kg. Trus akhir2 ini minum susu UHTnya susah banget. Aku sempet searching cara2 naikin BB anak, salah satunya dengan memberi dia minuman tinggi kalori, milkshake. Caranya, susu UHT+es krim+buah dicampur gitu. Buahnya bisa alpukat atau mangga Tiap pagi aku rutin kasih ilyasa ini (tapi ngga pake buah sih karena dia ga suka buah), dalam sebulan BBnya naik hampir 1 kg. Tapi memang tiap2 anak beda sih ya. Maaf ya kalau kurang membantu.

23

Re: Gizi untuk tinggi badan

Mamas ini gue copas dari milis tetangga, krn gue juga punya masalah yg sama soal bb anak gue yg irit bgt naeknya

Anak yg BB nya tdk atau sulit naik bisa disebabkan :
- Anaknya aktif sekali, tdk bisa diam.
Jadi butuh kalori ekstra.
- Faktor genetik
- Sulit makan, sehingga energi yg
masuk memang hanya pas2an digunakan utk aktivitas hariannya
- Sistem metabolismenya. Istilah
gampangnya udah makan buanyak tapi koq tetap langsing. Nah, gimana kalo makan
yg pas2an? . Ini berkaitan dgn sistem penyerapan makanan, faktor bawaan
anak.

Untuk membuat saat makan menjadi lebih mudah &
memaksimalkan kemungkinan anak akan mau makan dapat dilakukan hal berikut ini:
- Jangan memaksa anak untuk makan jika
dia menolak. Memaksa anak biasanya akan membuat anak semakin menolak untuk makan
- Susun jadwal untuk makan besar dan
snack, yaitu 3 kali makan besar dan 2-3 snack yang terbuat dari makanan tinggi kalori.
- Ijinkan anak untuk makan sendiri, terutama untuk finger food.
- Berikan minuman, misalnya jus, hanya setelah makan selesai
Ahli gizi anak menganjurkan cara agar anak mendapat lebih banyak
kalori dengan cara memberikan makanan berkalori tinggi yang tinggi protein dan
banyak kandungan nutrisinya.
Hal ini terutama dilakukan untuk anak yang membutuhkan
tambahan kalori untuk mengejar ketertinggalan berat badannya:
- Berikan makanan tinggi kallori (ada
contoh menunya di bawah ini)
- Hindari junk foods, yang mungkin
mengandung kalori tapi biasanya rendah protein
- Buat milkshake sebagai salah satu
snack tinggi kalori, bisa memberikan lebih dari 400 kalori. Oke punya nih kalorinya lebih tinggi dari sepiring nasi.

24

Re: Gizi untuk tinggi badan

wew milkshake ..
Asa belum pernah makan es krim nih. belum dapet ijin Ayahnya. mo nyobain ah, semoga doyan. klo gak y bwt ningkatin gizi mamah-nya aja ... tongue

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

25

Re: Gizi untuk tinggi badan

Sidta mamanya ikutan sehat dong tongue kalo gue sering dikasih cemilan tp tetep aja naeknya irit TB 78cm BB 9kg