1

Topic: Bayi Sering Berkeringat Dingin

moms, kalau bayi sering keringetan gitu, sampe baju + bantalnya basah, normal ga? trus keringatnya keringat dingin, termasuk kalo sedang dalam ruangan ber-AC. mohon batuannya ya para urban mamas, tararatengkyuuuu smile

@marihuanie | On The Record

2

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

hai marihuanie.. sebenernya agak ga ngerti sih keringat dingin pada bayi gmn. cuma kalo anakku, emang sering banget keringetan, apalagi kalo abis nyusu, padahal di ruangan ber-ac. kalo gue tanya mama2 TUM sih katanya gapapa. sorry kalo ga membantu banyak ya..

learning is a never ending process
@rhisuka

3

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

marihuanie keringet dinginnya itu tau dari mana?  apa karena keringetan trus dipegang badannya dingin?  kalo iya, itu sih dinginnya karena suhu di kamar bukan?  bukan karena dia berkeringat dingin? 

*sorry malah balik nanya banyak*

anak bayi sih setau gue emang sering keringetan.  apalagi kalo tidur.  karena mereka itu tumbuh pas lagi tidur.  dan metabolisme mereka itu kan tinggi sekali, jadi gerak dikit aja mereka keringetan. 

anak gue juga gitu.. kalo tidur gak mau pake selimut, tapi tetep keringetan.  padahal kita aja yang tua pada pake selimut.  tapi selama dia ga masalah (gak sakit dll) ya akhirnya kita biarin aja.  abisan capek, tiap diselimutin, selimutnya ditendang ama dia.

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

4

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

iya sama kaya slesta, anak gw juga ga mau diselimutin..pasti keringetan mulu..apalagi kalo abis nenen..kitanya udah kedinginan..dianya keringetan..
nah kalo keringet dingin (kaya sakit bukan?) kayanya harus konsul ke dokter ya..karena yang biasa itu kalo keringetan kepanasan..bukan keringet dingin..*sok tau* tongue

~Aysha's mom~

5

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

hai marihuanie, iya keringat dinginnya bag mana ya? Kalo cleo memang gampang keringetan, mgkin rata2 bayi gt yah, trutama kalo abis nyusu. Tp khusus bag kaki, emg cleo suka keringat dingin. Kadang gak tentu krn apa. Biasanya kalo kakinya lg keringat dingin gt aku pakein kaos kaki. Ntar kalo bbrp wktu aku copot lg kaos kakinya maksudnya biar dia cpt adaptasi jg & ga tbiasa kaos kakian trs.

~Full Time Mom for My Little Cleo~

6

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

marihuanie..
sama kayanya pengalamannya raihan jg suka keringatan ampe biang keringet gitu didahinya apalagi klo malem pas tidur padahal udara bdg lumayan g panas n sm ma slesta emang kbnyakan baby g mao diselimutin y soalnya raihan jg gitu klo diselimutin pasti ditendang2 ato pas bangun selimutnya dah ada dikaki.. byk yg bil sih klo keringet biasa diumpamakan klo baby lg nen tuh sama aja dgn olahraga jd ya keluar keringet selama suhu bandannya normal baby aktif g masalah dech.
klo baju+bantalnya basah cepet diganti aja biar tetep nyaman.

being ftm frm wm is a "dagdigdug" journey big_smile

7

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

marihuanie

sepertinya sama ...
diriku, tanteku, omku, bapakku dan skrg Asa ... semuanya suka keringetan, terutama tangan dan kaki suka basah dan dingin bgt. mau AC gak AC, sama aja.
kadang sampe malu salaman ama orang, cos pasti ditanyain macem2. Lagi nervouz y? bla2...
aku g ngerti ini kenapa. Tapi karna kami merasa cukup sehat sampai skrg, aku anggap ini gak masalah 
klo Asa, kadang suka g tega liatnya, jadi sering dipakein kaos kaki, n baju panjang
CMIIW ya ... mungkin beda sama yg dialami sama baby-mu

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

8

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

hai mama2 semuaa.. makasih yaa infonya. schatzi nya suka keringetan trus pas diraba badannya dingin gitu.. (itu keringat dingin bukan yah?). anaknya sejauh ini sih sehat2 aja, ga ada keluhan apa2. kalo nyusu iya, makin banyak keringatnya, tapi ini wajar kan (kaya' yg mama2 bilang di atas). soalnya pernah baca, kalo anak suka berkeringat dingin + berat badannya susah naik, bisa jadi (walau ga selalu) jadi pertanda ada gangguan paru. jadi takut deh.. hmm mudah2an emang gpp yaa.. amin.

@marihuanie | On The Record

9

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

marihuanie wrote:

bisa jadi (walau ga selalu) jadi pertanda ada gangguan paru. jadi takut deh.. hmm mudah2an emang gpp yaa.. amin.

o y pernh baca artikelnya lupa dimana  katanya sih bs jadi gangguan paru2 basah klo babynya tidur dgn baju yg basah keringet makanya mesti cepat ganti.
CMIIW y...

being ftm frm wm is a "dagdigdug" journey big_smile

10

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

babyku juga suka kringetan banget. klo habis bobo malem bantalnya selalu basah sampe tembus! diselimutin juga ga pernah ga ditendang. apalagi klo ga pake AC bisa netes2 tuh kringetnya (di dahi dan kepala terutama) sampe yg nggendong tangannya ikutan basah... klo uda gitu kubawa ke ruangan AC bentar biar dianya ga kegerahan.

tp klo pake AC juga sering kringetan juga. udah kebal kali ya.. huuhuhuhu...

jadi ga usah kuatir deh sepanjang babynya gak rewel. klo masih kuatir dicek aja suhu badannya pake thermo...

11

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

Kebetulan sekali, mau sharing juga, anak saya Annisa yg berkeringat dingin cuman di kakinya, sekarang umur 5.5 bulan masih di pakaiin kaos kaki sejak dari lahir, pernah di copot pas siang hari bentar eee yg ada dingin sekali kaki nya padahal gak di ruangan ber AC. Kenapa ya? Eyang nya pada bingung karena mau nya kita melatih supaya kaki nya terbiasa dengan udara gitu. Ada yg punya pengalaman spt ini?

12

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

annisa, kebetulan banget yofel juga seperti itu, tapi emang turunan dari gue, dan gue juga turunan dari bokap, jadi kita sekeluarga emang keringetan berat, terutama tangan dan kaki...kalo menurut dokter sih gak papa, selama suhu tubuh normal, dan dia juga nggak ada keluhan apa"..

marihuanie, sepertinya bayi emang sering keringetan yah, dan ada yg emang ngga tahan suhu kamar (even dengan AC), tapi asal baju cepet diganti sih gak kenapa", terutama kalo yg basah bagian depan dan dia tidur tengkurep.

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

13

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

Annisa, superpippo ...

keluargaku semuanya kek gt. malah kaki n tangan. basah dan dingin slalu. saking kebiasaan aku sampai ngerasa aneh klo lg g basah. heboh pake lotion banyak2. klo g gt bs uring2an marah2 sendiri. aneh y ?
gak pernah nanya ahlinya juga si. Asa jg kek gt, cm kadarnya gak separah aku.
setau aku, di keluargaku g ada riwayat sakit aneh2. paru2 or jantung, itu g ada. tp banyakan pada sensitif pencernaannya ...
hmm.. jadi kepikiran .. mesti tanya ke dokter nih ...

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

14

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

Sidta, Superpippo

Iya betull, nanti saya coba tanyakan ama DSA nya, ada plan mau ke dr. Aman Pulungan buat cek motoril dll, karena Annisa juga sering kagetan... tidur bentar denger click something langsung banguuunnn. Nanti kalau udah ada penjelasan aku akan share ya di sini

15

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

Annisa, iya tanyain ya ... kepikiran nih ..

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

16

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

Annisa, ditunggu sharingnya.Sama kaya Sidta..penasaran.Rinjani jg telapak tangannya keringetan mulu.Trus emang turunan dr keluarga suami gt,hampir semuanya keringetan di tangan. Malah kakak ipar kalo nulis,tangannya hrs dialasin saputangan kalo engga bukunya bisa basah.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

17

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

Nyanya, sama banget .. aku klo naruh tangan di meja pasti mejanya basah ... megang kertas, kertasnya hancur sedikit demi sedikit ...
tapi bagusnya, klo lagi anget badannya, suamiku suka pake telapak tanganku sebagai kompres, g ribet sama handuk tongue. Katanya dinginnya pas ..

Mata mamah melihat proses, saat yang lain fokus pada hasil
tristalogi.com

18

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

Iya katanya emang telapak tangan dan kaki suka berkeringat itu turunan. Kebetulan suami dan aq sama2 suka berkeringat telapak tangannya, pdhal kayanya ortu qt masing2 ga ada yg begitu. Makanya kalo nyetir jadi suka licin tuh setir gara2 basah smile. Trus naldi juga begitu, ditambah turunan papanya yg kalo keringeten suka kaya orang mandi krn rambutnya basah semua. Makanya hrs sering ganti baju, biar ga jadi biang keringat. Udah konsul ke DSA katanya gapapa selama tumbuh kembangnya sesuai dgn milestone, kayanya emang turunan yg kelenjar keringatnya banyak.

naldi's mama, abank's wife and an employee

19

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

moms

klo pengalamn gw dulu raihan kurleb 4m pernah dibawa kedoktr bt nanyain knp keringetan mulu krn keringet raihan bnr2 parah mnrt gw krn ampe jd bintik2 biang keringet didahinya  trs doktrnya bil sih itu wajar2 aja slma babynya g rewel ntr jg seiring babynya gedean keringetnya semakin brkurang n emang bnr qo raihan skr 9m dah lumayan jarang keringetan kecuali klo lg gerah..

Annisa Hafizah Yunanta wrote:

karena Annisa juga sering kagetan... tidur bentar denger click something langsung banguuunnn. Nanti kalau udah ada penjelasan aku akan share ya di sini

dicoba tidurnya tengkurep aja hampir smua baby klo tidur pasti kagetan n yg pernah dibil doktr ke gw selain tidur tengkurep babynya jd g kagetan jg melatih paru2 supaya kuat..
raihan jg tidur tengkurep dr 1.5m krn kagetan mulu jd tidurnya g nyenyak trnyata emang brhasil g kagetan lg trs tidurnya lumayan g ke ganggu tp hrs selalu diawasi spy pernapasannya lancar

being ftm frm wm is a "dagdigdug" journey big_smile

20

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

kelly...waaah ketemu disini ya hihihi. Iya sama bgt kayla jg keringetnya banyak bgt, rambutnya selalu basah gt sama keringet, fyuuh lega ternyata ternyata banyak temennya... Slesta Naia sampe skr masih banyak ya keringetnya? trus itu bertahan sampe kapan ya kira2? agak parno aja ntar kalo ud gede trus keringetnya sebanyak itu kasian jg palagi kalo ud gede kan bau kali ya ga kayak waktu bayi? Mana anakku cewek...

mamanya kayla n nayya

21

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

mrs tody halah iya ga sempet copy darat, malah ketemu di TUM hehehe..eh OOT hehehe... Kayanya kalo udah gede semakin berkurang deh, tapi kalo emang dasarnya kelenjar keringatnya besar ya emang tetep lebih banyak berkeringat kaya suamiqu itu. Jadinya kalo di kamar, aq doang yg meringkuk pake selimut, sementara naldi sm papanya ogah bgt pake selimut.
Soal bau badan kayanya gak juga deh, asal mandinya yg bersih dan pake deodorant kali yee, ntar kalo udh gede..hihihihihi

naldi's mama, abank's wife and an employee

22

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

setuju ama mamaRaihan kalo bayi tidurnya kagetan, cobain deh nidurin nya tengkurep.  gue juga dulu gitu ke naia, soalnya anaknya emang kagetan (nurun dari gue yang emang light sleeper). 

mrs. tody udah ga terlalu sih.  kalo emang panas ya dia pasti keringetan, tapi gak berlebihan kok .. udah jauh berkurang dari waktu masih kecilan dulu..

a worker by choice, a mom & wife by nature
business director - theurbanmama.com
owner - slesta.com | @slesta

23

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

Marihuanie,ngomongin soal keringat dingin & BB yg ga naik,trs ada hubungannya dgn penyakit paru(TB),saya pernah baca artikel di kompas,yg nulis DSA-judulnya "salah kaprah ttg TB pd anak"-,nyesel bener artikel sepenting ini lupa disimpan&ga inget tglnya.intinya:

bener kata sLesTa,keringat pada bayi terutama saat dia tidur menandakan bahwa si bayi dlm proses pertumbuhan,jd ga usah tll kuatir,Jibril(19mos jg klo tidur mlm sering keringetan,pdhl cuaca dingin&udh pasang kipas angin jg.Baru mandi aja bisa langsung keringetan cepel gtu,soalnya emang lg masa aktifnya sih kerjaannya lari2an aja.
Pokoknya u/ tahu lbh jelas apakah anak kita kena TB or ga?yg harus dicek sebenrnya dahaknya,& ini emang susah banget,anak kecil mana ngerti cara ngeluarin dahak.Jd jgn langsung diaminin klo anak kita terkena TB,jika cuma krn sering keringetan,BB yg ga naik or bahkan hsl tes mantox.sory klo jd OOT

Sidta & Nyanya,klo itu sih kayanya keturunan yah!soalnya ibu saya kaya gtu,kakak cwo saya jg begitu&bahkan nurunin ke anaknya yg cewek,tp herannya saya gak kya gtu..tp jg ga tll jd masalah kok.

A Mother Always Bring Extra Love...

24

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

Mau nanya... anakku juga sering berkeringat.. tapi... waktu sembuh dari demam tinggi, 2 hari berturut-turut ini keluar keringat dingin.. saat tidur dan maupun tidak. Apakah ini normal?
Dan mungkin karena khawatir, embah nya langsung bawa anakku ke tukang urut bayi..(sebelnya baru bilang belakangan setelah diurut..)
Ngaruh ngga ni masalah urut-mengurut ke keringat dingin? TIA yah mom

Mother of Universe

25

Re: Bayi Sering Berkeringat Dingin

eh..ada trit ini jg ya..
sharing ah,rasya dari bayi smpe sekarang almost 14m keringetan udh jadi barang wajib..klo malem sering banget gw gantiin bajunya krn basah keringet..pas tidur di atas bantal aku alasin kain yg nyerep keringet ntr klo udh basah diganti jg alasnya..semalam bisa 2-4x ganti alas bantalnya..
klo pas panas si jangan ditanya deh keringetnya,bisa netes2 kaya orang abis lari2 gitu..
cmn krn selama ini anaknya tumbuh kembang normal,makannya gampang n gak rewel ya aku anggap normal aja..
trus dari akunya jg orangnya gampang bgt keringetan,baju basket si langganan bgt..*malahcurhat*

koeliz
maap ya gak bisa bntu jawab,gak ngerti jg soalnya sad

"momma rasya.."
@nadiasusanto