1

Topic: Jam Tidur Bayi

jam tidur anakku (2 tahun) udah beda bgd dibanding bbrp bulan lalu,,, dulu tidur siang maksimal bgd jam 12,,,skrg plg lambat jam3 baru tidur,,, dulu jam tidur malamnya jam 7.30 skrg plg sering jam 9 baru teparr,, tp emang bangunnya lebih lama jam 7pagi. tapi emg sengaja sih skrg sy bawa lbh santai jam tidurnya yg penting cukup dan kita menyediakan suasana yg nyaman utk dy  tidur nyenyak.  

mom Febriani Permatasari i feel u bgd,,dulu sy jg suka cemas ttg mslh tidur ini, tp bgtu anakku gedean 18bulanan udah lebih santai nanggepinnya. menurutku selama kita memberikan dia kesempatan utk beristirahat dgn nyaman (tidak bising,dsb) durasi nd usah jd masalah. tiap anak (ternyata ) beda kebutuhan tidurnya, hmmm,,klo menurutku nih tergantung energi yg masuk dalam tubuhnya, makin banyak energi (makan/ cemilan) makin lama dia baru bisa teparr (tidur kembali) tapi bisa juga makanan yg dia dpt membantu dia utk bisa tidur lebih lama (krn kenyang). jadi makanan n aktivitas itu penting bgd utk mengatur tidur si anak.

Deevahawk | triosagittarian

2

Topic: Jam Tidur Bayi

tarilestari iya sih ya, kualitas tidur juga penting..tadinya udah pasrah sih dan ga ngitung bgt2 lg, selama jam tidur rutinnya masih sama..cm  khawatir jg krn makin besar kan jam tidur makin geser ya dan biasanya jam tidurnya pun makin dikit, heuheu..

3

Topic: Jam Tidur Bayi

setuju banget sama mba nurul lestari, dibawa santai aja soal jam tidur bayi ini sambil diusahakan pelan2 agar sesuai dengan ritme kita. Aku pun dulu waktu anak2 masih bayi beda-beda kebutuhan tidurnya. Anak pertama justru lebih sering main, jarang tidur siang lama, sebaliknya anak kedua lebih sering tidur siang dan malam pun nggak masalah dengan jam tidurnya. Yang ketiga mirip anak pertama lagi, tidur siang sebentar2 aja dan tidur malam pun jam 10an, tapi bobonya bablas sampai pagi dan harus dibangunin untuk disusui :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

4

Topic: Jam Tidur Bayi

Halo moms and pops, 
Siapapun yang sekiranya punya tips untuk bantuin aku, baby mysha (3 mos) sempet punya jadwal bobo yg panjang kalo malem dr jam 10 sampe jam 4 subuh, bangun 2 kali untuk mimi, entah kenapa ini sudah hampir 2minggu, mysha ga mau tidur sebelum jam 2 pagi dan kebangun tiap stfh jam atau sejam, itupun jam tidur malem paling cepet, semalem dia ga mau bobo sampe jam 4 baru bisa pules, btw mysha di diagnose punya sensitive airways, saluran pernafasannya gampang berlendir, memang sih sesekali ketika bangun tengah malam dia hidungnya mampet dan berlendirr, tapi anehnya kalo siang dia bobo nyenyak banget bisa  4 jam straight, pleaseee gice me some advises

5

Topic: Jam Tidur Bayi

Udah lama g nongoll...

mom anggiagita coba di eliminasi smw penyebab dy gak nyaman. Saat ini sensitive airway nya udh baikan blm? Klo lagi rewel pas sakit memang biasanya pola tidur berantakan. Gampang kebangun dan efeknya siang nya jadi pules tidur krn kecapean mlm begadang deh.. pelan2 di ubah lg pola tidur nya.
klo emg sensitif, mgkn bs bersihin debu, AC, kasur, pke purifier..

Semoga membantu ya.

6

Topic: Jam Tidur Bayi

Semangat mom anggiagita!

Mungkin karena udara malam hari, makanya sensitive airways mysha jd aktif ya. Mungkin itu yang buat dia ga bisa tidur kalau malam. Sudah perhatikan kondisi kamar? Diusahakan selalu ada sirkulasi udara, biar kamar ga lembab.

Kalau siang mysha bobonya gimana? berapa kali & durasi brp lama?

ainasofia & aisyavira's mommy

7

Topic: Jam Tidur Bayi

Urban Papa wrote:
Banyak dari teman kami mengeluh soal jam tidur anak mereka, terutama 3 s/d 6 bulan pertama. Bagi para mom and dads yang bekerja, pasti amat sangat menyita waktu tidur, apalagi jika weekdays dan besok pagi ngantor.

Alhamdulillah saya dan istri hampir tidak pernah mengalami masalah tersebut. Yang kami lakukan adalah melakukan jam malam pada para bayi kami sejak hari pertama mereka lahir.

Sejak mereka lahir, kami meminta kepada suster agar anak kami dibawa masuk ke kamar di malam hari untuk tidur bersama. Tepat jam 8 malam, kami matikan lampu kamar sembari anak menyusui. Lampu baru menyala lagi jam 4-5 pagi saat subuh. Hal ini terus kami praktekkan hingga dirumah. Tiap malam lampu kamar kami mati jam 8 malam.

It works!! Kami praktekkan pada kedua anak kami dan terus bisa. Arkan dan Vira tiap malam tidur jam 8an dan bangun jam 5 pagi hingga kini.

Vira, anak kami yang pertama hanya sedikit minum ASI dan lebih berat pada susu formula, setiap malam sebelum tidur kami berikan minum susu sekitar 90ml (0-3 bln), 120ml (3-6 bln), 160ml (6-9 bln), 180ml(9-12bln) dan 210ml (1 tahun keatas) setiap akan tidur, dan dia tidak akan bangun mintas susu di malam hari.

Arkan, anak kedua kami yang 100% ASI eksklusif harus tidur disamping ibunya di tempat tidur bersama. Semalaman tidak akan bangun asal ibunya dalam posisi siap netek. Tanpa bangun Arkan akan mencari puting dan netek sendiri hingga kini ia berumur 1 tahun lebih.

Well this is our experiment, mungkin ada teman yang mempunyai pengalaman sama atau berbeda mungkin bisa cerita juga. Hope it helps.



Terimakasih share pengalamannya bun jadi tips nih untuk saya 

8

Topic: Jam Tidur Bayi

anak saya ASI, kita juga memulai dengan membiasakan dari bayi tidur jam 9. tapi terkadang anak saya bangun tengah malam. kita pun terpaksa menyalakan lampu.

tetapi semakin besar anak saya belum mau masuk kamar kalau belum jam 10, kalaupun mau masuk kamar, di kamar mau nya main terlebih dahulu.

Sekarang malah kalau lampu nya dimatikan, dia akan nangis karena kepengen main melulu..

bingung juga.. 

9

Topic: Jam Tidur Bayi

Dear Moms

Saya seorang mama pekerja dengan bayi umur 9 bulan, cow. Bayi Saya juga mengalami pola tidur bayi yg tidak teratur. Kemarin2 sich masih bisa ditolerir, rewel paling jam 12 malam trs jam 2 pagi tidur lagi (dengan perjuangan keras mamanya ngegendong dia sampe tidur). 
Bulan Februari ini mulai kumat dan makin kesini makin parah, puncaknya 2 hari ini dia tidur jam 20.00, jam 00.00 bangun sampe pagi. Digendong ngga mau, ditaruh kasur loncat sana sini, dikasi sufor botolnya ditampol, maunya ngajak main tp loncat sana sini, ngejambak, nyakar, kadang naik2 ke badan papa mamanya. pokoknya nyiksa bgt dech model becandanya. 
Kalau ditaruh di play mate yg model pagar (biar mamanya bs jagain sembari tidur) ya itu tadi nyiksa mamanya plus naik2 pagar, kan akunya jd ga tenang mau ninggal tidur.
Minta tlg saran nya donk, sy sudah hoplesss. di kntr ngantuk trs. 

Terimakasih apapun sarannya...big hug (berharap ketemu solusinya)

10

Topic: Jam Tidur Bayi

anak saya dari lahir nggak pernah begadang, katanya ngaruh pas hamil ibunya suka begadang ga.

kebetulan saya nggak,

tapi setiap jam 6 sore udh gelapin lampu kamar buat ngajarin bayi siang dan malem, dan setelah jam 10 malem nggak dbangunin buat nyusu nunggu semintanya aja.

11

Topic: Jam Tidur Bayi

saat anak saya umur 5 tahun, kalau siang susah banget tidur. ada yang pernah ngalami hal seperti ini gak ya? padahal tidur penting banget. ada saran gak ya mom?

12

Topic: Jam Tidur Bayi

halo mama Rosdiana Basri,
anak ku yang pertama juga susah bgt kalo disuruh tidur siang, sampe kadang2 aku paksa dan akhirnya tuh anak nangis grgr dipaksa tidur... aku juga bingung caranya gimana.. katanya bikin anak kenyang dulu biar bisa tidur, udah dilakuin tp tetep aja susah kalo disuruh tidur siang... ayoo mama-mama yang punya pengalaman sama dan punya cara ngatasinnya di share ya mammm

13

Topic: Jam Tidur Bayi

kalau kadang anak rewel banget padahal kayaknya nggak ada apa-apa harus sigap juga mom. siapa tahu sebenernya dia lagi gak nyaman sama tubuhnya.