1

Topic: IVF (Bayi Tabung)

moms..

mau naya dong.. maksimal umur untuk bisa ikut program bayi tabung berpa ya??

Makasih..

2

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Dear moms,..
Ada yg pernah nyoba batab di dr.sutomo srby ga yah? Renc mo ambil progrm disana.. Please infonya..maksh ;)

3

Topic: IVF (Bayi Tabung)

saya menjalani batab di siloam hospital surabaya dengan embriologi dr.aucky hinting dan dosg dr. hendro purnomo tahun 2010. menjalani program batab memang harus memerlukan persiapan yang benar2 matang selain finansial, bagi saya mental juga benar benar siap.
sejujurnya saya mengetahui adanya kelainan dituba falopi saya agak terlambat jadi pemeriksaan hsg dilakukan stlh 4 th menikah belum hamil juga, dan itu artinya usia saya udah 30, menurut dokter semakin muda usia kesempatan berhasil juga semakin besar , tapi sebenarnya semua itu tuhan yang punya kehendak kebetulan diangkatan saya ada juga yang usianya 42 th dan berhasil. bahkan ada yang usia nya 45 th.
mental benar2 harus kuat karena kalau kita tegang dan stress juga mempengaruhi keberhasilan batab.
klo biaya relatif ya, semakin bagus kondisi pasangan biaya yang dikeluarkan juga semakin sedikit,dalam kasus saya suami normal, semisal: saya menjalani batab dengan proses long protocol krn kondisi saya yang ada miom dan ada endometriosis, jumlah suntikan superfact juga semakin banyak dan menjelang proses ovarium pick up dan embrio transfer ada pematangan sel telur yang setiap individu juga berbeda, ada yang hanya butuh 1 ampul dan sekali suntik gonal telur udah siap dipanen di opu, klo saya sekali suntik butuh 4 ampul suntikan gonal dimana 1 ampul 600rb dan saya memerlukan 10x suntik gonal, jadi total 24jt untuk suntik gonal sedang proses OPU dan ET antara 13jt smpai 16 juta, 13jt untuk proses IVF aja klo ada sisa embrio untuk disimpan selama 1th biayanya 3 jt. dalam kasus saya saya tidak ada embrio yang disimpan tetapi harus melalui proses ICSI yang berarti harus tambah biaya 3jt menjadi 16 jt.
moms itu biaya2 yang msih saya ingat sebagian, krn msh ada biaya2 suntikan saat persiapan batab ( superfact ) suntik mecah telur suntik penguat embrio dan obat obat yang mesti kita minum.
sebenarnya batab itu relatif murah klo kondisi pasangan bagus dan langsung berhasil :) krn ada juga yang sampai diulang sampai 3x bahkan lebih nah itu yang bikin mahal. oya batab di luar negeri jauh lebih mahal dibanding di indonesia itu yang saya dengar dari pengalaman2 teman yang belum berhasil batab di luar negeri malah berhasil di indonesia, sekali lagi itu kehendak yang Allah swt.
oya dulu saya juga berniat menjalani batab di rsud dr.soetomo dengan dr. samsul hadi, tapi tidak jadi krn saya merasa lebih nyaman dng dr.aucky. dan kmr saya membaca brosur RS.putri surabaya juga ada klinik batab dengan tim prof.dr.samsul hadi. itu sedikit share dari saya HTH :)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

4

Topic: IVF (Bayi Tabung)

?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????? mb' tari..
Makasih banyak ats info'y yg lengkap. Klo boleh tahu apa yg m'buat mb' tari merasa lbh nyaman dng dr aucky ketimbang prof samsul hadi, apakh mslh komunikasi'y? (Maaf mb' soal'y sy blm pernah b'temu dng ke-2nya, jd ktrengn mb' bs buat pertimbngn sy jg u/ akhir' m'mutuskn mau kmana). RS Putri di daerh(jln) mn ya mb'? (Maaf ÿ??ªª mb', sy banyk nanya :))

5

Topic: IVF (Bayi Tabung)

ilma saya pernah menjadi pasien prof. samsul hadi sebelum ke dr. aukcy tetapi waktu itu hanya menjalani program konvensional aja jadi usg transvaginal beberapax , dll dan di beri obat, kenapa akhirnya mutusin ke dr aucky sebenarnya juga tidak sengaja dan bahkan saya tidak berniat menjalani batab dan tdk ada pengetahuan sama sekali tentang batab. seorang teman nyaranin konsul ke dr.aucky (bahkan sy tdk tau klo dr.aucky itu bidangnya embriologi) ketika datang pertamax ke dr.aucky saya ceritakan kondisi saya panjang lebar, akhirnya dia hanya bilang hsg segera, sy paling takut HSG akhirnya terjadi juga ;P dan ketika hasilnya sangat tidak bagus anda tidak bisa hamil alami kecuali : .operasi perbaikan tuba dan berusaha hamil alami atau menjalani ivf langsung tanpa operasi tuba . saat itu sy jujur aja sangat down dan dia memberi saya semangat, dr aucky sangat komunikatif dan kita tanya apapun dia jawab dengan sabar, hal itu jujur tdk sy dapat di prof. samsul tapi sekali lagi setiap orang beda ya. teman sy gagal menjalani batab di dr. aucky akhirnya berhasil batab di prof samsul di graha amerta dr.soetomo.
menjalani batab sangat2 lebih baik klo dipersiapkan financial dan mental, jujur waktu itu saya tdk ada persiapan apapun 2xkonsul dr langsung mutusin batab, niatnya klo bisa inseminasi tapi bilau bilang mana bisa inseminasi artinya tetep aja hamil alami klo tuba falopi tersumbat gimana sel telur bisa bertemu dengan sperma. yah akhirnya batab dan alhamdulillah berhasil hamil walupun akhirnya 2 janin saya gugur dan kondisi selama kehamilan yang berat krn PPT akhirnya bayi saya lahir selamat dan sekarang udah 13mo alhamdulilallah sehat :)
kebetulan sy melahirkan di RS.putri dng dr hendro spog ( tim dr.aucky) lokasi daerah jl.arief rahman hakim surabaya, klinik fertilitas disini sepertinya baru saya cuma baca di brosur aja. klo kondisi RSnya sangat2 nyaman menurut saya cuma klo tim fertilitasnya sy kurang tau, yg jelas ada prof samsul hadi juga, dan gabungan dokter2 senior dari RSU dr.soetomo

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

6

Topic: IVF (Bayi Tabung)

waaah subhanallah, hebat syekali perjuangan mbak tari :) panjang dan berliku ya untuk ketemu mas kenzie :*
ternyata gak semahal yg kukira yaa batab itu.. dan emg bener mbak, ada temen kantorku (2org) yg tuba falopii nya tersumbat, satu umur 27th (waktu start treatment) dan sudah menikah 6thn (si A), satu lagi 38-39th(waktu treatment) dan sudah menikah 7thnan ( si B). nah, si A menjalani treatment ditiup, diangetin dan cara alami.. akhirnya hamil di usia 28th dan anaknya sekarang ud hampir 3tahun.
sedangkan si B, dg kasus yg sama, treatment sama, RS sama bahkan sampai tahap operasi setelah ditiup dan diangetin gak berhasil membuka salurannya. masih TTC sampai sekarang. so,I MHO, kalau udah tahu masalahnya adl saluran tersumbat dan gak terbuka setelah ditiup dan diangetin, mending batab aja. operasi juga gak murah lhoo 20jt sekian ternyata.. :'( dan harus ingat umur, I mean, kl udah lewat golden period punya anak scr alami mesti lapang dada utk cari alternatif lain.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

7

Topic: IVF (Bayi Tabung)

hai ilma , salam kenal. betul kata mbak tari soal biaya memang relatif, tergantung dari kondisi sel telur calon ibu dan sperma calon ayah.
taun 2011 lalu aq ikut batab di graha amerta-klinik fertilitas RSUD dokter soetomo, tapi bukan dengan prof samsul melainkan dengan dokter relly yanuari. dokter relly orangnya enak kok diajak ngobrol, komunikasinya luwes ga terlalu straight spt prof samsul.

balik lg ke soal biaya batab di graha amerta, aq dulu ga lebih dari 22jt. aq cm disuntik gonal selama 5 kali, sekali suntik cm 1 ampul. 1 ampulnya 600ribu. utk proses OPU dan ET aq dan suami nitip 18jt ke pihak administrasi, itupun ternyata dibalikin 1jt sekian gitu lupa, hehe.
oiya, ada tambahan biaya cek darah sebelum proses ET, tp ga mahal kok, ga sampe 2 jutaan. jd ya itu deh totalnya ga sampe 22jt.
kalo pake ICSI biayanya di atas itu kayaknya.

dari 5 embrio kami yg berkembang, yg ditanam cuma 3 embrio yg kondisinya paling bagus. cumaaaa akhirnya gagal ketiganya, di minggu ke-2 kadar hcg ku drop, ternyata ketiga embrio tsb ga nempel di rahim aq.
sedih sih.... tp wallahualam, setelah mengikhlaskan kepergian embrio2 kami, dua bulan berikutnya malah aq positif hamil. alami tanpa ada terapi dokter. insyaalloh akhir bulan ini due date-ku.

aq kontrol kehamilan rutin sudah tidak lagi ke graha amerta, tp masih sesekali maen kesana ngobrol sama dokter relly n sharing sama ibu2 perawat. kadang bbm-an jg.

semangat ya ilma

8

Topic: IVF (Bayi Tabung)

diny_oktarini selamat ya akhirnya hamil :) eh iya tuh temen aku jg ada yang batab di german ampe ratusan juta plg indo malah hamil alami, emang intinya semua itu bener2 kehendak Allah Swt.
klo kondisi pasangan bagus prosesnya short protocol, kalo byk masalah kayak saya ya long protocol dan itu juga bukan jaminan keberhasilan.

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

9

Topic: IVF (Bayi Tabung)

mummyhilya, alhamdulillah oya dulu 2th setelah menikah emang saya sempat juga di hidrotubasi (ditiup) di prof agus tapi emang setengah dibius sehingga tidak sakit ini beda ama hsg tidak dibius bisa diliat lewat monitor tv saluran tuba falopi dan lainnya, yang setelah dijalani emang suakit heee :)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

10

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Mb' Tari, mb' Diny..
Makasih bnyk bwt infonya. Emang bener, mentalpun harus dipersiapkn mulai dr skrng.
Ikut seneng dng keberhasilan mb'Tari n mb'Diny ;). Smoga nular ke qt semua yg lg TTC dng cara apapun. ????

11

Topic: IVF (Bayi Tabung)

alow mb' Diny

mb'..mau nanya donk, klo mau konsul ma dr relly or prof samsul harus tlp buat janji dulu ga sihh...
jam brapa yah kira2 ke rumkit nya(jam kerja atau malam?)
aduh mb'...koq rasanya deg2an yah
soalnya kmrn di smrng sempet konsul n kata dokter ada adenomiosis hu hu#sedih tp tetep semangat he he

please share ya mb'....

12

Topic: IVF (Bayi Tabung)

saya lagi program bayi tabung di penang ni moms...menurut aku dokter dsini lebih saklek ( jelas ) dan biayanya relatif lbh murah daripada d indo,,,

13

Topic: IVF (Bayi Tabung)

No promotion of business of any kinds in the forum, unless it's approved by the admin.
-mod-

14

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Dear moms to be,
Feb 2012 gw juga jalanin program IVF di Siloam Surabaya dengan dokter aucky & team-nya. Waktu itu embrio yang ditanam 3, dan puji Tuhan 33nya jadi. Udah siap mental dan siap dana, tetep aja berasa agak berat ngejalaninnya, karena gw di sana sendiri karena suami di Jakarta. Sempet down bbrp kali karena bosan dan ribetnya prosedur yang harus dijalani, seperti suntik gonal F, cek darah, cek uterus, harus bolak balik rumah sakit sendiri (suami cuma sabtu minggu ke Surabaya) belum lagi waktu sudah ditanam, gw ga boleh kemana2, cuma seputaran kos aja, makan harus pesan, sempet catering tapi kurang pas dilidah, hahaha banyak banget kendala yang bisa bikin down. Total proses IVF dari cek sel telur, suntik, tanam dan jadi kurang lebih 2 bulanan. Sempet gemeteran karena excited dan bingung panik karena dokter bilang 3 embrio yang ditanam jadi semua. Belum lagi semasa hamil harus kontrol lebih sering ketimbang moms yang single embrio, kekurangan hemoglobin sampe harus diinfus 5x 1 bulan sebelum caesar, puji Tuhan sekarang twins sudah 6 bulan, 1 bayi meninggal 3 jam sesudah lahir karena paru2nya ga berkembang.
Kalo sekarang ditanya, mau ngulang lagi ga proses IVF? jawaban spontan : Ga mau hahahaha, tapi gw bersyukur semua udah gw lewatin dengan baik.
Buat temen2 yang berencana IVF, bukan maksud mengecilkan niat, tapi betul yang sdh dibilang, harus siap mental dan siap financial seblm ikut IVF, tanya sebanyak2nya informasi soal prosesnya.

15

Topic: IVF (Bayi Tabung)

cuma mau bilang, "SALUT dengan usaha mommies untuk mendapatkan buah hati.

foreson3girls dan mommies lain, congrats dan tetap semangat ya..

16

Topic: IVF (Bayi Tabung)

mom meli..
Makasihhhh, hasilnya worthed sama semua keribetan, tenaga dan sakit yang dijalani ^^

17

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Jadi ingat dengan pengalaman saya ketika BT 3 tahun yang lalu.
Saat itu saya masih terikat kontrak kerja, jadi setelah ET saya tidak mungkin bed rest.
Kalau saya baca forum, smua calon ibu setelah ET, mereka bed rest total di tempat tidur bahkan ada yang pake diapers utk pipis dan buang air besar.
Setelah ET, keesokan harinya saya tetap pergi kerja. Naik angkot dan banyak jalan kaki. Saya cuma bisa berdoa dan beriman pada Tuhan Yesus utk melindungi janin di dalam rahim saya.
Kalau saya baca forum2 bayi tabung, calon ibu tersiksa karena kebosanan diam di rumah setelah ET, saya malah haus akan istirahat dan berbaring dan doing nothing. Pergi pagi kerja, pulang malam jam 18, sampai rumah hanya ingin makan dan tidur.
Saya tidak punya pembantu, tidak punya sanak saudara yg bisa dimintai tolong.
Berkejaran dengan waktu jam kerja ketika mau kontrol ke dokter atau periksa darah atau periksa ini itu ke dokter. Dan tentu saja berkejaran dengan angkot dan bis.
Kenapa saya bekerja? karena saya dan suami masih membutuhkan pemasukan utk membangun keluarga kecil kami.Dan juga biaya BT yg tidak murah.
Tetapi Tuhan memang penuh kasih sayang dan kuasa perlindungan. Janin yg di ET begitu kuat menempel dan berkembang sempurna. Anak saya sekarang sudah 3 tahun. Semoga dia tumbuh menjadi anak yang penuh perjuangan dan kerja keras seperti ketika saya mengandungnya dan memperjuangkannya.
Semangat untuk calon ibu yang masih berusaha melalui BT. Tiap usaha dan doa pasti ada hasilnya, apapun itu.
Salam

18

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Hi Risan,
Setahu saya usia yang disarankan untuk mencoba IVF itu maksimal 40-42 tahun. Tapi banyak juga dokter yang tetap mau membantu untuk pasien diatas usia tersebut, selama pasien menyadari bahwa peluang untuk gagal tetap besar.

Hi Moms,
Saya ikut program IVF di Morula - Jakarta dengan dr. Anggia setelah 2x gagal mencoba IUI. Sekarang masih hamil 25 minggu. Waktu itu saya sudah pasrah apapun hasilnya, karena itu akan menjadi usaha terakhir yang akan ditempuh. Alhamdulllah, mungkin karena santai dan tidak terlalu banyak berharap malah bisa hamil. Semoga lancar terus sampai saatnya melahirkan nanti.

Sebelum mengikuti program, saya memang sudah berhenti kerja selama setahun. Maksudnya untuk membiasakan diri dengan hanya sedikit kesibukan dan sering berdiam di rumah. Setelah transfer embrio, saya memang mengurangi kegiatan dan tidak keluar rumah sama sekali sampai saatnya tes hcg. Karena sudah terbiasa dengan minim kegiatan, saya tetap happy walaupun nggak bisa kemana-mana. Tapi kalau untuk ke kamar mandi, makan di meja makan, nonton tv di ruang keluarga sih masih saya lakukan, jadi nggak bedrest total.

Setuju dengan eveline_rose, harus tetap semangat menjalaninya walaupun masa naik turun itu pasti ada :)

19

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Peluk erat buat semua moms pejuang. Aku BT di Monash IVF Melbourne tahun 2011 kemarin. Pertama kali BT gagal karena stress sambil nulis tesis. Kali kedua memutuskan ET setelah tesis disubmit. Saat itu saya pulang ke Indonesia "gambling" karena sedang masa 2ww. Sekarang Raffa jalan 14 bulan, alhamdulillah sehat.

20

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Postingan pertama di forum..
Sebelumnya mohon maaf, bilamana thread saya menyimpang atau tidak berkenan mohon bisa di hapus atau dipindahkan ke tempat yang seharusnya.

Saya disini sebagai suami, dan ingin berbagi cerita mengenai program kehamilan istri saya.

Kami menikah di tahun 2007, dimana usia istri lebih tua 3 tahun dari saya.

Menikah di usia kepala 30 an, membuat kami ingin cepat diberi momongan.

Tak terasa, waktu berjalan 5 tahun, dan kami belum diberi momongan.

Hingga akhirnya, teman sekantor memberikan informasi, untuk mencoba IVF (Bayi tabung).

Berbagai artikel kami kumpulkan untuk merangkum data. Sebagian besar sudah disebutkan di forum ini.

Akhirnya, di bulan maret tahun 2012, kami memutuskan untuk mencoba di RS. Bunda, dan waktu itu ditangani oleh Dr. Ivan.

Perjalanan minggu demi minggu, sampai akhirnya, istri saya di deteksi hamil dengan 2 kantung rahim.

Betapa bahagianya hati kami saat itu. Pesan dari dokter saat itu adalah, agar istri harus bed rest total, karena kantong rahim nya masih sangat kecil.

Setelah 2 minggu berjalan, kamipun kembali melakukan kontrol dengan menyerahkan hasil lab darah.

Betapa kagetnya kami, setelah melalui USG dan dilihat hasil darahnya, ternyata kantong nya tinggal 1, dan itupun kantong berkembang dengan sangat lamban.

Diberikan obat penguat dan tetap disuruh bedrest total, dan diminta kembali 2 minggu kemudian.

Ternyata, Tuhan memiliki kehendak lain, tepat 1 minggu setelahnya, istri saya merasakan kontraksi hebat di perutnya, tak tahan menahan, sambil menangis, dia akhirnya ke kamar mandi.

Gumpalan darah segar mengalir. Dan, selang hari kemudian, saya mengantar istri kembali ke klinik morulla.

Dr. Ivan mengatakan bahwa kantung nya sudah lepas, dan puji syukur nya adl, keadaan rahim sudah bersih, shg tdk perlu dikuret.

Dr. Ivan menyarankan untuk melakukan pemulihan sambil mencoba untuk melakukan kembali program IVF.

Kitapun belum bisa memutuskan dan meminta waktu untuk memikirkan hal ini. Disepanjang perjalanan, kita sepakat untuk tidak terburu2 melakukan kembali IVF.

Perjuangan kami tidak putus, kami kembali mencoba melakukan berbagai alternatif pengobatan, mulai dari sinshe (yang mengatakan bahwa keadaan sperma suami dan ovarium istri krg mendukung untuk punya baby), seorang datuk di KL (yang menyimpulan bahwa karena usia istri saya yang sudah diatas kepala 30+ menyebabkan rahim menjadi dingin), sampai profesor hui (profesor dari negeri china, praktek di sekitar pluit).

Kami yakin dan percaya, bahwa seluruh yang telah kami lakukan ini selalu ada hikmahnya.

Sampai akhirnya, di tahun 2013, kami mendapat referensi dari seorang dokter obgyn, di RSIA Family, yang sekarang menjadi dokter yang merawat istri saya selama proses kehamilan.

Beliau memberikan 2 alternatif pengobatan, bisa dikatakan normal way & fast way.

Normal way adalah pengobatan kepada kami, dan akan direview 3 bulan kedepan.

Fast way adalah IVF di KL.

Kamipun memutuskan untuk mengambil Fast way, yaitu menjalani yang kedua kali progam IVF di negeri tetangga, yaitu Malaysia.

Bulan Juni 2013, kami berangkat ke Malaysia.
Proses untuk program IVF ini +/- sama seperti saat kami melakukan program IVF pertama, walau tidak bisa dipungkiri, bahwa ada beberapa hal yang membedakan, dan ini membuat kami menjadi lebih yakin.

Sekembalinya kami ke Indonesia, untuk melakukan kontrol ke RSIA Family, yaitu di bulan September 2013, ditangani oleh dokter yang mereferensikan kami untuk IVF di KL, beliau mengatakan bahwa istri saya positif hamil.

Dengan sikap was-was, istri saya kembali bedrest total. Obat penguat rahim dan berbagai macam vitamin pun diberikan. Ditambah beberapa suntikan yang diberikan dari Malaysia, bilamana istri saya dinyatakan positif hamil.

Dan, last but not least, kini, istri saya sudah memasuki week 37.

Saya dan istri masih terus berdoa agar disaat melahirkan tidak ada kendala, segala sesuatunya berjalan dengan lancar, ibu dan anaknya sehat.

Demikian cerita saya, sebagai new urban papa.
Thanks mods.

21

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Salut sama perjuangan mommy2 di sini,,

22

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Mas Zilverzboleh tau nggak apa yang membedakan IVF di Morula dengan di Family. Saya sedang mempertimbangkan untuk IVF anak ke-2. Pengalaman saya dengan Morula dulu hanya Inseminasi Buatan. Kalau di Monash IVF yang pasti ada pendampingan dari psikolog dan komunikasi intens hanya dengan bidan, setelah "deal" dengan dokternya. Trus embrio yang direkomendasikan ditanam hanya 1 sel karena kalau 2 sel persentase keberhasilan menurun karena berbagai resiko. Lalu, embrio di transfer di hari ke-5 sehingga ada proses eliminasi/pemilihan embrio yang benar2 potensial di awal.

23

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Hi semua...
Ini ada info untuk temen2 yang mau tau soal bayi tabung di Malay yaa.
Bisa contact ke 0812 8971 0029
Acaranya seru, ada lunch and tanya jawab dengan team dari RS nya
Thanks

24

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Hi semua...
Ini ada info untuk temen2 yang mau tau soal bayi tabung di Malay (KL, Penang) bisa contact ke 0812 8971 0029
Acaranya seru, ada lunch and tanya jawab dengan team dari RS nya
Thanks

25

Topic: IVF (Bayi Tabung)

Hai semua... mw tanya2 ni moms ada yg ivf d rshs ga... sharing pengalaman dong