Alexander McCall Smith

ninit

Lima buah buku cerita anak yang ditulis oleh Alexander McCall Smith ini merupakan buku yang menyenangkan untuk dibaca. Buku ini bisa dibaca mandiri oleh anak yang berusia 7 tahun ke atas dan bisa dibantu dibacakan oleh urban Mama dan Papa untuk umur 5 tahun ke atas. Meski demikian, sebelum tidur saya sering membacakan buku-buku ini untuk anak saya, Aldebaran, yang berusia 4 tahun. Dia sangat menyukai ceritanya.

Kekuatan buku-buku ini adalah pada isi ceritanya yang sangat anak-anak. Daya imajinasi penulis sangat menyenangkan dan seperti sangat mengerti khayalan anak-anak.

Annie Sang Manusia Kalkulator

Annie kurang pandai dalam matematika. Bahkan dia tidak tahu berapa jumlah uang yang dibayarkan ke kasir toko saat berbelanja. Memalukan!

Suatu malam, dia menggunakan kalkulator ayah untuk mengerjakan PR matematika. Dia pun tidur dengan kalkulator di bawah bantalnya. Esok harinya keajaiban terjadi. Annie menjadi jago matematika. Semua orang takjub, termasuk si jenius Profesor Prime yang mendaftarkan Annie dalam kompetisi internasional matematika.

Dapatkah Annie mengalahkan para jenius matematika yang usianya lebih tua darinya? Dan membuktikan dirinya adalah sang manusia kalkulator? Siapkan dirimu untuk sebuah pengalaman seru yang menguji kemampuanmu berhitung!

  

Kalau urban Mama dan Papa familiar dengan buku The No 1 Ladies’ Detective Agency, maka urban Mama dan Papa pasti sudah mengenal Alexander McCall Smith, penulis yang lahir di Zimbabwe – Africa.

Saya sendiri sangat menikmati membaca buku-buku ini. Misalnya saat membaca Donat Berantai, cerita dimulai dengan Mobil Mister Pride yang dicuri orang! Padahal dia akan pensiun dari pekerjaannya sebagai petugas kebersihan sekolah. Jim dan teman-temannya berjualan donat untuk membantunya. Donat lezat laris dalam sekejap!

Masalah timbul ketika pembeli menjadi kecewa karena tidak kebagian donat. Jim pun menulis surat kepada beberapa orang agar mereka membantu membuat donat. Paket-paket donat berdatangan. Jim jadi kebingungan, bagaimana caranya mengatasi donat-donat yang mulai membanjiri rumahnya? Padahal semua orang sudah tidak sanggup lagi membantu Jim memakan donat-donat itu. Sementara surat berantai terus tersebar!

 

Bajak Laut Popcorn

Lucy, Hermione, dan Sam belayar mengarungi samudra dengan kapal besar. Petualangan yang menyenangkan sekaligus membahayakan. Karena mereka harus mencegah pencurian berkarung-karung popcorn oleh para bajak laut kejam—yang tidak segan-segan melemparkan orang ke laut sebagai umpan ikan hiu.

Petualangan yang mendebarkan pun dimulai saat para bajak laut yang menyeramkan merapatkan kapal yang mereka tumpangi… Apakah Lucy, Hermione, dan Sam bisa mengalahkan para bajak laut itu?

Meski tidak banyak, ilustrasi yang terdapat dalam buku-buku ini sangat cantik, natural, dan menarik. Rata-rata bukunya tidak tebal sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan.

 

Dapatkan koleksi lengkap buku-buku ini di website Buah Hati.

Bagi urban Mama dan Papa yang mencari bacaan menarik untuk si kecil, saya sangat merekomendasikan buku-buku yang ditulis oleh Alexander McCall Smith ini.

Harga buku Rp 20.000

 

16 Comments

  1. myson
    myson July 27, 2010 at 12:59 am

    judul2nya menarik banget, mirip2 buku2 roald dahl ya nit? saya jadi pingin baca :) tfs!

  2. Mirza Resita
    July 27, 2010 at 7:52 am

    jadi pengen baca. tapi Nara masih 10 bulan. masih lama baru bisa baca buku2 ini..

  3. Mirza Resita
    July 27, 2010 at 8:51 am

    terjemahan kan, nit?
    bahasanya bagus dan mudah dimengerti nggak?

  4. IntanDian
    Dian Sarwono July 27, 2010 at 9:26 am

    ThankU rekomendasinya Nit…

  5. Mirza Resita
    July 27, 2010 at 9:43 am

    menarik banget,kayanya harus punya nih :) mba ninit,mulai membacakan buku cerita untuk anaknya sejak umur berapa??

  6. July 27, 2010 at 10:28 am

    wah, bukunya lucu2 banget. gambar2nya juga… jadi pengen beli… hehe.

  7. superpippo
    Astrid Lim July 27, 2010 at 10:31 am

    ninit, gw suka sama mccall smith, tapi belum pernah baca buku anaknya..kayanya sama serunya dan judul”nya juga menarik banget yah..ada ilustrasinya juga nggak nit? thx reviewnya yah =)

  8. sLesTa
    shinta lestari July 27, 2010 at 10:51 am

    ahh buku2nya lucu2 banget… kayaknya seru buat jadi cerita anak2 yaa.. tar cari ah!! thanks for the review nit.

  9. Mirza Resita
    July 27, 2010 at 11:33 am

    Bukunya lucu2 banget, tapi naldi baru 1,5 taun, buat emaknya dulu aja deh hehehehe, dianggap sebagai investasi ajah ^_^

  10. Medy
    medy July 27, 2010 at 12:08 pm

    keliatannya seru ya bukunya..syg chaca br 8bl,selain blm ngerti ntar malah digigitin bukunya.. :)

  11. Mirza Resita
    July 27, 2010 at 12:38 pm

    waaah, kayanya malah emaknya nih y mo baca. Bukan anaknya *yg addicted ma buku anak2*. Tfs y teeehhh…
    Wah, mama Toto demen roald dahl juga y? he3

  12. superpippo
    Astrid Lim July 27, 2010 at 2:11 pm

    Lidya: sama, gw juga pengen beli buat gw dulu hahaha…suka banget buku anak”, esp. road dahl, enid blyton, astrid lindgren..

  13. ipeh
    Musdalifa Anas July 27, 2010 at 2:17 pm

    teh nini, sepertinya bukunya menarik banget, segera meluncur ke web buah hati, Tfs ya teh ninit. Selalu suka dengan thread Book Review di TUM, jadi tau buku yang recommended apa aja. Sayang di Gramed sini (Bogor) koleksi bukunya gak selengkap di Gramed Pim :(

  14. Mirza Resita
    July 27, 2010 at 3:37 pm

    donat berantai, spageti kusut, bajak laut popcorn..mmm,yummy..semua yg berhubungan dengan makanan pasti menarik buat aku..hehehe :p
    Gambar2nya lucu2 ya Teh..
    walopun Amira masi 4bln,tapi aku uda sering bacain buku cerita..entah ya, apakah dia ngerti atau ngga..but i love storytelling..
    Mau beli aaaahh..TFS Teh Ninit..

  15. eka
    Eka Wulandari Gobel July 27, 2010 at 7:01 pm

    wuaah.. menyenangkan nih buku2nyaa.. enzo-dante pasti sukaa :)

  16. siska.knoch
    Siska Knoch July 30, 2010 at 11:28 pm

    Bukunya bagus2 ya teh Nit.. tfs. tp samaan ama Rika, Miguel masi 9mos.. kelamaan ga ya nyimpen bukunya kalo beli sekarang :p

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.