Alexander McCall Smith

Lima buah buku cerita anak yang ditulis oleh Alexander McCall Smith ini merupakan buku yang menyenangkan untuk dibaca. Buku ini bisa dibaca mandiri oleh anak yang berusia 7 tahun ke atas dan bisa dibantu dibacakan oleh urban Mama dan Papa untuk umur 5 tahun ke atas. Meski demikian, sebelum tidur saya sering membacakan buku-buku ini untuk anak saya, Aldebaran, yang berusia 4 tahun. Dia sangat menyukai ceritanya.


Kekuatan buku-buku ini adalah pada isi ceritanya yang sangat anak-anak. Daya imajinasi penulis sangat menyenangkan dan seperti sangat mengerti khayalan anak-anak.


Annie Sang Manusia Kalkulator


Annie kurang pandai dalam matematika. Bahkan dia tidak tahu berapa jumlah uang yang dibayarkan ke kasir toko saat berbelanja. Memalukan!


Suatu malam, dia menggunakan kalkulator ayah untuk mengerjakan PR matematika. Dia pun tidur dengan kalkulator di bawah bantalnya. Esok harinya keajaiban terjadi. Annie menjadi jago matematika. Semua orang takjub, termasuk si jenius Profesor Prime yang mendaftarkan Annie dalam kompetisi internasional matematika.


Dapatkah Annie mengalahkan para jenius matematika yang usianya lebih tua darinya? Dan membuktikan dirinya adalah sang manusia kalkulator? Siapkan dirimu untuk sebuah pengalaman seru yang menguji kemampuanmu berhitung!


  


Kalau urban Mama dan Papa familiar dengan buku The No 1 Ladies' Detective Agency, maka urban Mama dan Papa pasti sudah mengenal Alexander McCall Smith, penulis yang lahir di Zimbabwe - Africa.


Saya sendiri sangat menikmati membaca buku-buku ini. Misalnya saat membaca Donat Berantai, cerita dimulai dengan Mobil Mister Pride yang dicuri orang! Padahal dia akan pensiun dari pekerjaannya sebagai petugas kebersihan sekolah. Jim dan teman-temannya berjualan donat untuk membantunya. Donat lezat laris dalam sekejap!


Masalah timbul ketika pembeli menjadi kecewa karena tidak kebagian donat. Jim pun menulis surat kepada beberapa orang agar mereka membantu membuat donat. Paket-paket donat berdatangan. Jim jadi kebingungan, bagaimana caranya mengatasi donat-donat yang mulai membanjiri rumahnya? Padahal semua orang sudah tidak sanggup lagi membantu Jim memakan donat-donat itu. Sementara surat berantai terus tersebar!


 


Bajak Laut Popcorn


Lucy, Hermione, dan Sam belayar mengarungi samudra dengan kapal besar. Petualangan yang menyenangkan sekaligus membahayakan. Karena mereka harus mencegah pencurian berkarung-karung popcorn oleh para bajak laut kejam—yang tidak segan-segan melemparkan orang ke laut sebagai umpan ikan hiu.


Petualangan yang mendebarkan pun dimulai saat para bajak laut yang menyeramkan merapatkan kapal yang mereka tumpangi… Apakah Lucy, Hermione, dan Sam bisa mengalahkan para bajak laut itu?


Meski tidak banyak, ilustrasi yang terdapat dalam buku-buku ini sangat cantik, natural, dan menarik. Rata-rata bukunya tidak tebal sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan.


 





Dapatkan koleksi lengkap buku-buku ini di website Buah Hati.





Bagi urban Mama dan Papa yang mencari bacaan menarik untuk si kecil, saya sangat merekomendasikan buku-buku yang ditulis oleh Alexander McCall Smith ini.


Harga buku Rp 20.000


 

16 Comments

  1. avatar
    Siska Knoch July 30, 2010 11:28 pm

    Bukunya bagus2 ya teh Nit.. tfs. tp samaan ama Rika, Miguel masi 9mos.. kelamaan ga ya nyimpen bukunya kalo beli sekarang :p

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel July 27, 2010 7:01 pm

    wuaah.. menyenangkan nih buku2nyaa.. enzo-dante pasti sukaa :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    tiwtiw July 27, 2010 3:37 pm

    donat berantai, spageti kusut, bajak laut popcorn..mmm,yummy..semua yg berhubungan dengan makanan pasti menarik buat aku..hehehe :p
    Gambar2nya lucu2 ya Teh..
    walopun Amira masi 4bln,tapi aku uda sering bacain buku cerita..entah ya, apakah dia ngerti atau ngga..but i love storytelling..
    Mau beli aaaahh..TFS Teh Ninit..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    musdalifa anas July 27, 2010 2:17 pm

    teh nini, sepertinya bukunya menarik banget, segera meluncur ke web buah hati, Tfs ya teh ninit. Selalu suka dengan thread Book Review di TUM, jadi tau buku yang recommended apa aja. Sayang di Gramed sini (Bogor) koleksi bukunya gak selengkap di Gramed Pim :(

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Astrid Lim July 27, 2010 2:11 pm

    Lidya: sama, gw juga pengen beli buat gw dulu hahaha...suka banget buku anak", esp. road dahl, enid blyton, astrid lindgren..

    1. avatar

      As .