Baby K’tan: Nyaman tanpa Lilitan

crayola

Kalau jaman ibu nenek kita dulu, menggendong bayi biasanya dibantu dengan kain jarik dengan motif batik atau motif khas daerah masing-masing. Tapi sekarang ini, gendongan bayi sudah banyak sekali jenisnya. Mulai dari sling, hip carrier, ssc sampai wrap.

Untuk sling, hip carrier, dan ssc mungkin memasangnya tidak terlalu sulit. Tapi untuk wrap, kalau untuk saya ini lebih sulit daripada menggunakan jarik.

Waktu hamil anak pertama, saya bercita-cita bisa menggendong dengan wrap ini, karena menurut review menggendong dengan wrap ini baik untuk bonding dengan anak, aman, dan tidak membuat pegal. Saya mendapatkan 2 kado wrap dari teman saya. Sebelum melahirkan, saya sudah pelajari berulang kali untuk cara mengikat dan menggendong bayinya. Tentu bayinya hanya menggunakan boneka, karena belum melahirkan. Praktek menggunakan boneka tentu berbeda dengan bayi asli yah. Ketika sudah melahirkan, akhirnya saya mencoba menggendong bayi dengan wrap ini. Wah, ternyata sulit. Dan anaknya sudah meraung-raung sebelum selesai dimasukkan ke dalam wrap. Akhirnya wrap ini tidak saya gunakan. Dan saya setia menggunakan jarik dan ssc.

Sampai setelah melahirkan anak kedua, sebenernya saya sudah kapok dengan gendongan jenis wrap ini karena menurut saya merepotkan. Lalu seorang teman yang sedang hamil dan mencari gendongan bertanya-tanya pada saya tentang baby k’tan. Saya sendiri pada awalnya berpikir, ah pasti sama saja dengan wrap yang biasa. Produk ini sebeneranya bukan produk baru juga. Namun namanya masih asing didengar oleh saya. Lalu saya berkunjung ke websitenya dan melihat cara pemakaiannya. Wah sepertinya nyaman dan tidak sulit. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba gendongan baby k’tan ini.

Ketika gendongannya datang, yang saya rasakan pertama bahannya. Bahan cotton yang halus, tidak panas dan tidak terlalu stretchy, tapi juga tidak sulit ketika memasukkan bayi kedalamnya. Saya coba untuk menggendong Fiyya (4bln, 6.8 kg). rasanya benar-benar nyaman. Tidak pegal sama sekali. Saya pun bisa beraktivitas dengan dua tangan. Lalu saya mencoba untuk menggendong Aisyah (21bulan, 11 kg) dan tetap nyaman. Si kakak yang biasanya tidak mau digendong dengan menggunakan gendongan pun betah kalau digendong dengan menggunakan baby k’tan.

Gendongan baby k’tan ini bisa dipakai untuk menggendong dengan gaya kangaroo, hug position, adventure position, hip position, explore position.

Kekurangan dari gendongan ini hanya karena ukuran saja. Gendongan ini mempunyai beberapa ukuran seperti layaknya baju. Sehingga jika suami berukuran badan yang jauh dengan kita, jadi tidak bisa sharing pakainya. Selain itu warnanya juga belum terlalu banyak variasinya.

Sekarang saya sudah menemukan gendongan favorit saya. Rasanya senang sekali. Bagaimana dengan urban Mama?

10 Comments

  1. nikenpramusinta
    nikenpramusinta September 11, 2013 at 4:15 pm

    susah gak pakainya? beli dimana?

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw September 11, 2013 at 7:34 pm

    zakia, sama, gw juga pake yang model wrap gitu, enak buat bayi, enak buat mamanya, karena empuk, gak nyakitn pundak dan gak pegel..

  3. ninit
    ninit yunita September 12, 2013 at 6:19 am

    baru denger baby k’tan. memang nyari baby wearing itu cocok2an yaaa…
    bener banget kata zata. pake wrap gini enak banget buat yang gendong. pegel-free ;)

  4. crayola
    zakia nurdini September 12, 2013 at 7:06 am

    mba niken, gampang banget pakenya, lebih mudah dr wrap yg panjang :)
    zata & teh ninit : iya, bener2 pegel free :)

  5. mommyzaquinn
    Aksari Dewi September 12, 2013 at 12:03 pm

    mba, belinya dimana ya? buka webnya ga nemu online store yg di indo… nglihat video cara pakenya jd tertarik hehe… lebih gampang dari babywrap biasa.

  6. Hida
    Hida Purwani September 13, 2013 at 3:32 pm

    Bisa beli di http://www.bayitembem.com sebagai distributor baby k’tan indonesia atau di beberapa reseller online.
    Jika lokasi di jakarta bisa ke toy kingdom gandaria city atau toy kingdom alam sutera. Di mothercare jg ada cm warna warm cocoa aja.

  7. dian iyank
    dian iyank September 16, 2013 at 1:27 pm

    Wah cara make`nya keliatan lebih gampang yah :D
    Soalnya kemaren dapet kado gendongan wrap juga, setelah baca manual book dan liat dvd`nya, akhirnya coba pake, kalo bayi lg diem sih oke oke aja, tapi kalo bayi lagi rewel, aduuuuhh… ampe keringetan make`nya dan akhirnya nyerah, fiuuh :(

  8. qonita
    qonita September 22, 2013 at 8:55 am

    Aq punya tpi ribet bgt makenya…

  9. mitsa
    mitsa September 26, 2013 at 11:10 pm

    kalo aq pake yg nuby…enak juga dipakenya,slain enak dipake kalo jalan ke mall,juga cocok kalo bayi lg rewel,anteng,bayi kayaknya jg berasa nyaman

  10. bundaalifsupriyadi
    bundaalifsupriyadi February 8, 2016 at 8:45 pm

    Mom aku mau tanya usia brp bulan bayi sdh boleh gunakan gendongan k’tan ini ? Anak ku umur nya sdh 4bln apkah sdh boleh?? Terimakasih

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.