Baby Swimming = Fun!

tisyonk

Sejak masih single saya memang mempunyai keinginan untuk memperkenalkan olahraga yang saya gemari, berenang dan menyelam, pada anak saya. Dan saya sudah membayangkan bahwa it would be so much fun to swim and dive with my kids. Tapi saya tidak pernah membayangkan bahwa saya akan berenang dan menyelam untuk pertama kalinya dengan anak saya ketika dia berusia 4 bulan. Ya, 4 bulan. Usia di mana ketika gigi belum tampak dan berbicara pun belum bisa.

Saya mengetahui baby swimming untuk kali pertama dari suami saya. Dia mendapat informasi mengenai baby swimming dari teman kantor. Mereka mengatakan bahwa baby swimming bersama keluarga memberikan banyak keuntungan. Selain melatih fisik, terutama motorik dan mental bayi, kegiatan baby swimming juga merupakan family fun moment.

Kebetulan di kota tempat kami tinggal ada kolam renang yang menyediakan kursus baby swimming. Setelah berkonsultasi dengan dokter anak dan tanya kanan kiri, saya dan suami memutuskan untuk mendaftarkan bayi kami, Ib’ham, untuk mengikuti kursus baby swimming ketika dia berusia 4 bulan.

Kursus baby swimming ini terdari dari 2 grup yang dikelompokkan berdasarkan umur, umur 0-4 bulan dan umur 4-6 bulan. Masing-masing bayi juga harus didampingi oleh 2 orang dewasa dan akan lebih baik jika 2 orang dewasa tersebut adalah ayah dan ibunya.

Ib'ham & pelampung katak merah

Pada pertemuan kursus yang pertama, saya celingukan ke sana kemari mencari pelampung bayi neck ring, namun sayangnya saya tidak menemukannya. “Mungkin pelampungnya dikeluarkan setelah instrukturnya datang ketika kursusnya akan dimulai,” batin saya. Setelah sesi perkenalan dengan instruktur, kami bertiga, saya, suami, dan Ib’ham, diminta untuk segera masuk ke kolam renang untuk memulai aktivitas kursus.

“Ohhh…mungkin pelampung bayinya dikeluarkan sebentar lagi,” ujar saya dalam hati.

Dan sampai kursus selesai, pelampung yang saya cari tidak kunjung tampak batang hidungnya! Ternyata pelampung memang bukan bagian dari kursus. Kursus ini mengandalkan kemampuan refleks alami bayi dan ’pengalaman’ bayi ketika masih ’berenang’ di dalam kandungan ibunya. Satu-satunya alat yang berfungsi hampir sama dengan pelampung adalah sebuah busa besar warna warni berbentuk katak yang digunakan dengan cara dipegang di sisi kanan kiri oleh kedua tangan bayi (di Indonesia mirip dengan papan pelampung dewasa). Jadi pelampung ini hanya berfungsi jika bayi menggerakkan kakinya secara aktif seperti berenang.

Sesi Sosialisasi

Kursus ini terdiri dari 10 kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi relaksasi, sesi sosialisasi dan sesi training. Pada sesi relaksasi salah satu dari orang tua memegang bayi dan kami membuat lingkaran besar untuk berputar sambil bernyanyi bersama-sama. Pada sesi sosialisasi bayi dipertemukan dengan bayi lain untuk saling mengenal satu sama lain. Sesi ini merupakan sesi favorit saya, karena Ib’ham selalu menampakkan sifat aslinya yang tidak mau kalah bersaing. Setiap ada bayi yang membuat percikan air dengan tangan, Ib’ham selalu membalasnya dengan membuat percikan yang lebih keras berkali-kali dengan memasang mimik, “Ngapain lo nantang gue?”

Pada sesi training, bayi dan orang tua diberi berbagai macam pelatihan untuk melatih kemampuan bayi.

Amazing! Baby Ib’ham bisa terapung tengkurap hanya dengan bantuan telapak tangan suami saya di perutnya dan bisa terapung telentang hanya dengan cara dipegang dagunya oleh instruktur! Subhanallah! Dan yang paling mempuat saya berdecak kagum adalah dia tidak menangis ketika menyelam di bawah permukaan air selama beberapa detik. Pada pertemuan-pertemuan selanjutnya akan ada sesi menyelam pada kedalaman air yang lebih dalam dan lebih lama. Saya tidak pernah membayangkan bahwa Ib’ham akan seperti bayi-bayi yang pandai melakukan diving seperti para baby swimmer yang saya lihat di YouTube.

Berenang Terlentang

Can’t wait to see my baby boy diving by the end of the course!

50 Comments

  1. ditut
    Dita W. Ichwandardi April 22, 2010 at 1:02 am

    saya jadi inget, jaman kecil dulu, bule bule ngajarin anaknya berenang dg cara nglemparin anaknya *bener loh nglemparin* ke danau. Dan saya liat dg mata kepala sendiri, bayi2 ini punya refleks untuk mengapung :). TFS ! Saya juga punya cita2 yg sama untuk anak2, pokoknya harus pada bisa berenang ;)

  2. otty
    Pangastuti Sri Handayani April 22, 2010 at 3:53 am

    Seru banget ya! Di Indonesia blom pernah tau ada yang kayak gini, kalo ada dijamin ortu2 super protektif bakal jejeritan :p Pengen banget ikutan nih…

  3. nyanya
    almaviva landjanun April 22, 2010 at 4:05 am

    Whoaa,rada2 horor tp memang metode belajar renangnya kaya gitu kali ya yg efektif..ga pake neck ring. Pgn ikutan juga deh jadinya. Btw, TFS yaa..

  4. thelilsoldier
    inga April 22, 2010 at 6:36 am

    wah asik banget ya. tfs ya… pantesan Raka dilempar-lempar sama guru renangnya. dan mungkin karena Raka udah 4 tahun, dia udah punya rasa takut dan sebel. sekarang dia sebel dengan guru renangnya dan ngga mau lagi belajar renang. haduh!

    wow ternyata bayi punya memori yang kuat ya berenang di dalam rahim. wow.. can’t stop wow-ing.

  5. agis
    agis April 22, 2010 at 6:48 am

    wow..ib’ham hebat ya..ga nangis pula…coba di Indonesia ada kursus kyk gini, pgn ikutan deh jdnya :) btw,tfs

  6. rhisuka
    riska nurmarlia April 22, 2010 at 7:44 am

    seru banget baby swimming-nya ya.. kira2 di indonesia ada ga ya yang kaya gini?

  7. ninit
    ninit yunita April 22, 2010 at 8:07 am

    tisa, TFS yaaa…
    seru banget baca artikelnya… di indo ada ga yah yg kayak gini?
    di singapur ada, namanya marsden. noe-nya rani pernah ikutan.

    ib’ham lucu banget deh tisa… kebayang pasti seneng banget deh ngeliat ib’ham berenang.

  8. Mirza Resita
    April 22, 2010 at 8:08 am

    tisa, TFS yah….
    wow…. ib’ham hebat. pengen deh bawa rasha berenang biar ga kuper kayak ayah-bundanya yang berenangnya cm bisa kciplak kcipluk. terakhir waktu itu di taro di kolam renang baby, rasha nangis pas dicemplungin ke air. huhuhu….. di indonesia ada ga y?

  9. superpippo
    Astrid Lim April 22, 2010 at 8:10 am

    OMG, seru banget, dan baru denger ada kursus berenang bayi kaya gini…semoga aja di indo bakalan ada yah…
    btw, foto yang bayi-bayi pada ngumpul seru bangeet…dan kebayang Ib’ham yang nggak mau kalah gitu..hihi, good boy!
    thanks for sharing ya..

  10. sukie
    Sukma Pertiwi April 22, 2010 at 8:17 am

    Tisaaaaa OMG keren bangettt!
    aku udah tau soal ini sebelum baby-ku lahir, dan ga percaya gitu. hi9..soalnya membayangkan menyelam itu kan sambil minum air…ya Allah, ternyata bisa ya! TFS say!

  11. mommyaira
    jarvi kurnia lestari April 22, 2010 at 8:26 am

    waaaa…kewreeeeennn…aku udah beli neckring dr Aira 7 bulan…blm dicobain mpe sekarang dia udah 9 bulan…hihihi…duuhhh kapan ya sempet ajak dia renang di kolam renang beneran????pengeeeennnn…

  12. nies
    nies April 22, 2010 at 8:28 am

    setuju…baby Ib’ham keren abiiiss…dah bisa nyelam euy…sinih..sinih…pak instrukturnya ke indo ngajarin baby2 nya TUM nyelam…

  13. NanaUlie
    Mashuna Ulie Azmi April 22, 2010 at 8:42 am

    Very interesting, semoga di jakarta akan ada seperti ini.

  14. nandra
    Nandra Janniata April 22, 2010 at 8:52 am

    ternyata karena bayi dulu berenang dalam rahim pas udh di luar pun langsung refleknya bagus ya saat di air :D Inspiring banget semoga di Indonesia bisa ada yg begini ya, supaya anak-anak Indonesia lebih terampil berenang, jadi badannya bisa tinggi-tinggi :D

  15. mama alesha
    Lila Saputra April 22, 2010 at 8:53 am

    OMG kereeen….ib’ham pinter banget!
    semoga aja di jogya juga ada

  16. mila
    Mila I'anawati April 22, 2010 at 8:58 am

    hebat! dulu pernah liat video bayi renang. kayaknya too good to be true hehe… ternyata emang beneran bisa ya. hebat Ib’ham! berharap di jakarta ada juga kursus renang untuk bayi.

  17. ipeh
    Musdalifa Anas April 22, 2010 at 9:13 am

    Sama obsesi terhadap anak: mesti bisa berenang, soalnya gue juga suka banget berenang.

    Tfs Tisa :)

  18. rainiw
    Aini Hanafiah April 22, 2010 at 9:14 am

    Ahahahaa… kereeen, Tisa ! TFS yaa. Suami gue suka bangeeet pas baca artikel ini & langsung bilang : “Tuh, kubilang juga apa, nggak perlu pake neckring segala… ribet !” :P gara2nya suami pernah lihat teman yg praktekin baby swimming ini brsama anaknya (bermodalkan belajar dari video di youtube pula. Nekad ya’ temennya ituh).
    Silakan deh ntar klo suamiku mau praktekin, asal jangan pas lagi ada nenek-kakeknya aja (ntar beliao2 bisa histeris :P)

  19. suryaningtyas
    Anissa Dewi Suryningtyas April 22, 2010 at 9:26 am

    waah..bisa ya cuma pake pelampung dewasa.. hmm baiklah.. tfs ya Tisa..

  20. NisaNara
    Nisa April 22, 2010 at 9:51 am

    wahh TFS! Jadi pengen bawa anakku berenanng minggu ini hihihi

  21. Riri
    Riri April 22, 2010 at 10:13 am

    Tisa, TFS :)
    Btw, ini harus dimulai dr bayinya kecil bgt ya? Kalo bayinya –let’s say– udah 8 bulan atau lebih, refleksnya masih ada ngga yah?

    @riri

  22. nidya
    Nidya April 22, 2010 at 10:34 am

    amazing.. ib’ham enjoy banget keliatannya, ga nangis dan ga ketakutan.. gud boy :)

    Di indo blm ada ya?

  23. April 22, 2010 at 10:34 am

    waaa, seru banget nih! ib’ham hebat euy bisa nyelam dan berenang2 gitu… tfs ya!

    bener kata ninit, di singapur ada nih, kebetulan deket banget ama rumah gue. tapi gue sendiri ga pernah nyoba. cuma pernah ikutan nonton noe (anaknya rani) berenang2.

    tisa, ib’ham berenangnya berapa kali seminggu?

  24. myson
    myson April 22, 2010 at 10:36 am

    aduh asiknyaa…serasa hari2 saya ama toto sounds so boring! tfs!

  25. April 22, 2010 at 11:24 am

    Tisaaa,
    Tfs! Seru bgt..
    Ib’ham berani dan jagoan yaa :D
    Jd pgn cepet2 bawa el berenang :)

  26. meralda
    meralda April 22, 2010 at 12:09 pm

    swimming is so much fun! ib’ham pinternya dirimu.. calon perenang handal nih!

  27. Medy
    medy April 22, 2010 at 12:52 pm

    TFS Tisa…,keren..d jakarta ada ga ya? Pengen….! Ib’ham pinter deh..

  28. Medy
    medy April 22, 2010 at 12:52 pm

    TFS Tisa…,keren..d jakarta ada ga ya? Pengen….! Ib’ham pinter deh..

  29. Mirza Resita
    April 22, 2010 at 2:54 pm

    Urban mama,

    Sekedar mau menambahkan info dari Tisa – pacar saya tercinta,
    Suhu kolam renang yg dipakai lebih hangat dari kolam renang biasa, 34 C.

    Kemudian yg paling utama adalah jangan tergesa2 memaksakan anak klo mereka masih takut. Take it slowly ajah, selalu ajak berkomunikasi dan jangan lupa tersenyum selama direnang, selalu jaga kontak mata and don’t make sudden move… karena biasanya mereka akan kaget dan takut…

    Dan tentunya… have fun… ini aktivitas untuk orang tua dan anak… jadi yaa kedua orang tuanya harus nyebur…

    - Ayah Ib’ham
    *yg baru join dan pengen belajar dari TUM

  30. tisyonk
    tisa 'tisyonk' April 22, 2010 at 6:11 pm

    Ealaahhh…kenapa ayah Ib’ham ikutan nongkrong di sini ya????? :D

    Nambahin info dari pacar saya juga. Jangan lupa untuk menyusui bayi dulu & pastikan bayi cukup bobo-nya. Otherwise he will turn to be a cranky baby. Bakalan nangis & ga mau berenang *based on experience*

    Urban Mamas,
    Saya ga tau euy di indo ada atau engga.

    Riri,
    Saya ga tau euy tingkat refleks bayi umur 8 bulan. Tapi setau saya memang kalo uda kegedean kemampuan refleksnya semakin pudar.

    Thalia,
    Ib’ham berenangnya seminggu sekali, setiap Senin sore. Mau janjian renang bareng besok Senin?? *lho??? :P*

  31. thea rizkia
    thea rizkia April 22, 2010 at 8:19 pm

    ada yang tau kolam renang yg recommended buat ajak bayi berenang???

  32. siska.knoch
    Siska Knoch April 22, 2010 at 8:56 pm

    huaaaa…. *terpesona* bacanya! tfs Tisa..

  33. momsiyu
    momsiyu April 22, 2010 at 9:11 pm

    Tisa, TFS yaa.. jadi tambah semangat mo ngajakin Tian (5M 3W) utk rajin berenang. Baru seminggu yg lalu ngajak Tian nyobain Baby Aqua Swim, tapi cuman pake neck ring dan di bak kecil pula, yah itung2 sebagai pengenalan buat Tian, ternyata dia suka! Pengen beliin neck ring (blum pede kalo ga pake apa2 hehe) trus ngajak renang di kolam renang yg ada di kompleks, hmm tapi kawatir juga dg air kolam yg ber-chlorine tinggi, aman gak ya buat kulit baby umur segitu?

  34. eka
    Eka Wulandari Gobel April 22, 2010 at 9:27 pm

    wow.. seru bangett!
    asyik ya kayaknya..
    tfs, tisa! pengen deh ngajakin enzo & dante berenang kayak ib’ham. tapi akunya yg takuut… hihihi…

    baca komennya dita, aku jadi inget dulu waktu kecil.
    aku pernah liburan di rumah oom yg kerja di pt.inco, di pertambangan nickel di sorowako.
    nah, di tengah2 komp perumahan, ada danau matano. saudara sepupuku dan temen2nya beneran pada jago2 renang, beneran jago, kayak atlit tenang gitu (ih lebay) karena dari bayi mereka emang udah biasa dilempar2in ke danau seperti yang dita bilang. dan berenangnya emang ampir tiap sore.
    bagian sepupuku yang liburan ke bandung, aku ajakin berenang ke kolam renang. sepupuku itu protes aja gitu, ngerasa kurang ter-entertain. padahal aku ngajaknya udh ke kolam renang yg di hotel horison itu, kolam renang olimpiade. masih kalah lega dn dalem dibanding danau matano :)

  35. dhira rahman
    dhira rahman April 22, 2010 at 11:07 pm

    Terus terang saya ternganga membacanya sampe selesai dan mengulang 2x!!
    Sudah telat apa belum ya mengajarkan begini buat zua yang hampir 3 tahun?

  36. tisyonk
    tisa 'tisyonk' April 23, 2010 at 1:33 am

    Jeng Dhira,
    Kalo urusan belajar, ga akan pernah ada kata terlambat. Saya juga dulu belajar berenang umur 7 tahun malah :)

  37. UndanyaNaeema
    Dessy Ristianto April 23, 2010 at 6:05 pm

    amazing…unbelievable…luar biasa….fantastik (ala bukan empat mata).

    Duh jadi pengen ngajak Naeema berenang di kolam umum, bukan hanya di bak mandi pribadi alias kamar mandi sendiri, hehehehe.

  38. Mirza Resita
    April 23, 2010 at 9:08 pm

    Kereeeeeen!!! pengen bgt nyobain…

    Dita & Sri Eka: kita sama2 lulusan Inco, emang anak2 bule dilempar kyk bola masuk ke danau.. Dulu ngeri liatnya.. Skrg ngerti deh :)

  39. titin
    titin April 24, 2010 at 6:15 pm

    Pengen bgt ruiz bisa berenang kaya gini, tapi berenang pake neckring aja dia udah nangis ketakutan.

  40. Mirza Resita
    April 26, 2010 at 10:00 am

    iiih gemesin banget deh liat fotonya! Lucuu!
    Ib’ham terlihat relax ya!
    Anakku baru setahun main di kolam itu juga pake ban hehehe, dulu masih belum tahu ada baby swimming yang beginian, nanti anak kedua ceburin aaah

  41. piw
    yanti widyariny April 27, 2010 at 8:41 am

    loh ada kintha dan keluarga disini…
    tadinya gak ngeh liat foto ayahnya ib’ham…sampe suami gw bilang “itukan kintha piw”…
    ib’ham keren oy…
    coba kalo di jakarta ada ya tempat berenang buat bayi gitu…

  42. marinania
    marina gardenia May 14, 2010 at 12:22 pm

    hai tisa…
    ib’ham dah cepet gede aja ya…
    lagian jagoan ga pake acara nangis :)

    *tisa lupa ya,gw temennya resti, pernah se-kos di karet-sudirman…kiss kiss buat ib’ham ya… :)

  43. Mirza Resita
    May 15, 2010 at 11:28 am

    hiii…lutchu-ltchu…
    bisa yah? kaya dipilem2.. sayang tinggal di pedalaman. kolamnya cuma 1, berkaporit pula. tapi bak kamar mandiku luas. air sumurnya jernih. bisa kali yah dicoba dirumah aja. ga usa pelampung ya??

  44. Mirza Resita
    August 6, 2010 at 9:46 am

    Huwaaa,, kereenn..
    Sempet kaget pas baca kalimat, “Baby Ib’ham bisa terapung tengkurap hanya dengan bantuan telapak tangan suami saya di perutnya”. Dalam hatiku, “Kok tengkurap sih? Telentang kali. Kalo tengkurap mana bisa nafas baby-nya”.
    Dan ternyata aku salah. Bener2 nggak percaya bahwa nggak akan terjadi apa2.
    Wah, kalo di Indonesia, keluarganya udah pada jejeritan tuh kayaknya..
    Anyway, TFS ya mbaak..

  45. Mirza Resita
    November 25, 2010 at 11:09 am

    mauuuuuu, ga sabar pengen ngajak si kecil berenang, thanks sharingnya yaa :)

  46. Mirza Resita
    November 25, 2010 at 11:49 am

    Aduh seru banget! Oh pengen ajak Sigi berenang! Thank you for sharing :)

  47. Mirza Resita
    November 25, 2010 at 12:59 pm

    wuuah, emang keren banget. aku juga udah pernah nyoba bawa ben berenang waktu umur 4 bulan untuk perkenalan kebabynya n bennya seneng2 aja tuh, tapi belum berani kaya yang di you tube. tapi mau nyoba yang kaya tisha deh. thanks sharingnya :)

  48. amelia
    amelia March 13, 2011 at 9:23 pm

    usia berapa, yang tepat untuk bayi yang belajar berenang??..
    aNak saya umurnya 5 bulan dengan tinggi 70cm, sedangkan kolam yg dijual dipasaran tinggi 70cm.. Apakah dengan tingi kolam 70cm bisa bwt bayi saya??.. trims

  49. mamaronald
    Karina Lenzun June 11, 2011 at 12:15 pm

    di indo ada ga sih?? khususnya di batam??
    mau deh daftarin ronald baby swimming..:)

  50. litagunadi
    litagunadi April 22, 2014 at 5:20 pm

    mau donk contant dan alamat tempat kursus renang ini

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.