Banana Foster

ningnung

Saya pertama kali tahu resep ini dari acara televisi yang dipandu oleh Farah Quinn. Dari bahan-bahannya saja sudah terbayang kalau rasanya pasti enak. Cara membuatnya juga tidak sulit. Karena tidak mencatat, saya lupa menu ini disajikan bersama apa. Agar cepat dan praktis, akhirnya banana foster ini saya sajikan bersama resep antigagal: french toast.

Takaran gulanya sengaja saya kurangi agar manisnya pas di lidah saya. Untuk adonan french toast-nya juga saya hilangkan gulanya karena memang selera di rumah kami yang tidak terlalu suka yang manis-manis. Gurih-lembut french toast diguyur manis-legit banana foster, perfect!

Banana Foster

Bahan:

  • 1 sdm butter
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm brown sugar
  • 1 buah jeruk, peras airnya
  • 2 buah pisang, iris melintang
  • sedikit kayumanis bubuk
  • 1 sdm maizena larut

Cara membuat:

Lelehkan butter, masukkan gula pasir dan brown sugar, aduk sampai meleleh. Masukkan air jeruk, pisang, dan kayumanis. Aduk sampai mendidih. Masukkan maizena larut, aduk dan didihkan. Pisang jangan dimasak terlalu lama ya, karena mudah matang dan lembek. Cukup sampai mendidih saja.

 

French Toast

Bahan:

  • 7 lembar roti tawar mini (pas ada di rumah) atau 4 lembar roti tawar biasa
  • 1 butir telur
  • 5 sdm susu UHT
  • sedikit pala bubuk
  • sedikit kayumanis bubuk

Cara membuat:

Aduk rata telur, susu, pala bubuk dan kayu manis bubuk. Celupkan roti selama kurang lebih 5 detik ke campuran ini, panggang di pan dengan sedikit butter. Bolak-balik hingga roti matang.

Sajikan hangat french toast dengan siraman banana foster. Manis-legit-lembut, perfect for snack or breakfast.

 

Selamat mencoba!

12 Comments

  1. ninit
    ninit yunita February 15, 2013 at 5:55 am

    ha! pisaaang!
    pas banget anak kedua suka sama pisang. ini bisa jadi makanan favorit dia deh karena ada pisangnya. yummy!
    siap2 coba hari ini.

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel February 15, 2013 at 7:18 am

    yummie! anak2 juga penyuka pisang, mau coba bikin ah. TFS ningnung!

  3. otty
    Pangastuti Sri Handayani February 15, 2013 at 10:25 am

    Baru tau kalo namanya banana foster, gue juga suka bikin tapi ngasal haha… Emang enak banget!

    Pernah bikin juga dijadiin banana bread pudding, dikasih saus custard lagi trus dipanggang dan dimakan anget2. Mantaaaappp :)

  4. siska.knoch
    Siska Knoch February 15, 2013 at 10:26 am

    anak gue ga suka pisang :( tapi gue dan suami suka banget! :p
    bisa jadi sarapan besok pagi nih *meluncur ke spm terdekat*

  5. Meli
    Meli February 15, 2013 at 12:58 pm

    ngileeerr.. bikin ah, mumpung bahan2nya ada semua di rumah :D
    btw ningnung, ini paling enak pake jenis pisang apa ya?

  6. sLesTa
    shinta lestari February 15, 2013 at 1:31 pm

    yuumm!! jadi kangen bikin2 gue. udah lama ga bikin kue di rumah :P

  7. ningnung
    Nanieng Rahmawati February 15, 2013 at 2:01 pm

    Meli, kemaren sih pake pisang ambon. Pisang raja atau kepok nampaknya enak juga :)

    Yuk, Mamas, mumpung besok weekend pada bikin buat sarapan :))

  8. aya
    aya February 18, 2013 at 2:43 pm

    asiiikkk ….
    buat snack Shoji pasti langsung ludes TFS mom :)

  9. marce febriyanto
    marce febriyanto February 19, 2013 at 3:40 pm

    asyiik,quin py ,menu baru.. TFS mom

  10. sri kusumawati
    sri kusumawati February 19, 2013 at 9:48 pm

    slruupp,..langsung ngecess :D wanna make it for my husband cos he love bananaaa

  11. ningnung
    Nanieng Rahmawati February 20, 2013 at 10:35 am

    kemaren bikin banana fosternya diguyur ke bubur sumsum, buat anak bayi yang lagi GTM :) Alhamdulillah lumayan masuk.

  12. Marully Handri
    Marully Handri August 31, 2016 at 3:43 pm

    tadi pagi beli pisang kepok di pasar kayaknya hari ini pengen cobain resepnya biasa cuma bikin pisang bakar keju ini dapat resep baru :) Terima kasih resepnya.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.