Bekas Jadi Berkah

Sejak tinggal di apartemen, saya jadi punya kebiasaan beres-beres barang secara berkala. Alasannya sih karena keterbatasan tempat, jadi saya tidak mau tempat tinggal saya penuh dengan barang yang sudah tidak terpakai lagi. Sebelum membeli barang baru pasti saya akan memikirkannya matang-matang dan setelah membeli barang baru saya akan menyingkirkan yang lama. Misalnya saja kalau saya membeli tiga baju baru, maka minimal juga harus ada tiga baju lama yang keluar. Awalnya hal ini sulit untuk dilakukan, rasanya sayang untuk menyingkirkan barang yang kelihatannya masih bagus. Namun lama-kelamaan ini menjadi kebiasaan dan saya merasa lega kalau sudah beres-beres.

Satu hal yang menjadi masalah adalah ke mana saya harus menyingkirkan barang-barang bekas yang rata-rata masih bagus ini. Selama ini biasanya saya tawarkan ke teman-teman, melalui media sosial atau di group whatsapp. Baru bingung kalau tidak ada yang tertarik dengan barang yang saya tawarkan. Mau dibuang kok sayang karena masih bagus, mau diberikan kepada orang lain tapi saya bingung siapa orang yang tepat untuk menerimanya.

Beberapa waktu lalu saya membaca tentang program #BekasJadiBerkah dari OLX. Jadi kita bisa memasang iklan barang yang akan kita jual, kemudian hasil penjualannya akan didonasikan. Wah, pas sekali nih, bisa menyingkirkan barang bekas kita yang masih bagus sekaligus beramal. Daripada menumpuk banyak barang yang tidak terpakai di rumah, lebih baik kita jual dan hasilnya didonasikan. Siapa tahu ada orang yang membutuhkan barang yang selama ini hanya teronggok di sudut rumah.

Seperti biasa menjelang bulan Ramadhan tahun ini saya sibuk beres-beres dan menyingkirkan beberapa barang yang sudah tidak terpakai, seperti pakaian, peralatan elektronik, sepatu, dan buku-buku.  Saya juga mengajak anak-anak untuk memilah mainan dan pakaian mereka. Setelah mengunduh aplikasinya, saya langsung memasang iklan, ternyata mudah sekali. Respons yang saya dapatkan juga cukup cepat.

Urban mama punya barang bekas yang menumpuk di rumah? Yuk ikutan program #BekasJadiBerkah dan ikuti kuis fotonya di instagram.

15 Comments

  1. avatar
    Retno Aini July 15, 2015 5:08 pm

    Bagus ya ada program ini dari OLX. Thanks yaa teh Ninit, karena baca ini akhirnya minggu lalu aku bebersih semua isi lemari xD ada kali kekumpul 6 kantong plastik besar. Lega deh lemari isinya nggak uwel-uwelan lagi.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    bunda_rizma July 10, 2015 8:48 am

    wah, dr kapan udh mau rencana 'bersihin' yg ga kepake, cm bingung juga yg masih bagus dijual ke sapa :(
    alhamdulillah ya ternyata OLX ada program begini.
    makasih infonya teh ninit ^^
    kudu siap2 sesi foto2

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Siska Knoch July 7, 2015 10:17 pm

    Terima kasih sudah mengingatkan ya Teh, kemarin udah ada niat beres2 lemari yg udah mulai padat penduduknya, tapi tertunda terus..
    Pas banget baca artikel ini serasa di ingatkan kembali. dan pgn bgt bisa ikut program #bekasjadiberkah
    Semangaaat!!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita July 6, 2015 11:00 am

    @kadek - yaaay! pas banget yaaa kadek. :) yuk ikutan #bekasjadiberkah.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita July 6, 2015 10:59 am

    @yana - iyaaa nih. dulu suka ada perasaan sayang pas mau ngeluarin barang... tapi harus jadi raja tega :D soalnya abis itu biasanya ya ngga dipake lagi kan. ayooo yan ikutan kuisnya tuh. seru! :)

    1. avatar

      As .