Belajar dan Berpetualang di Rumah

Kira Kara

Hampir semua rumah yang ada anak kecilnya biasanya punya matras warna-warni sebagai alas mainnya. Tapi ternyata selain sebagai alas main, matras juga punya banyak kegunaan lho. Saya punya pengalaman menarik bermain bersama matras warna-warni ini.

Beberapa minggu ini hampir setiap pagi dan sore Surabaya selalu diguyur hujan. Kalau biasanya saya sedikit meluangkan waktu untuk sekedar lari kecil atau berjalan-jalan di luar rumah bersama Kira dan Kara, kegiatan ini makin jarang kami lakukan karena cuaca yang tidak mendukung. Melihat Kira dan Kara hanya berkutat dengan ipad dan tablet, hati saya “cemburu”.  Ingin rasanya main lompat-lompat, lari-lari di luar bersama Kira dan Kara. Hmmm… saya pun mencoba mencari ide agar anak-anak tetap bisa asyik berpetualang meskipun hanya di dalam rumah.

Melihat tumpukan matras warna-warni yang teronggok manis, saya mendadak punya ide. Yuk  kita lihat apa saja yang pernah saya  kerjakan bersama matras ini:

1. Bermain Puzzle
Matras yang dilengkapi dengan gambar warna-warni ini, bisa merangsang anak untuk melatih motoriknya dengan bermain puzzle.

Awalnya ajarkan saja cara melepas semua pernik-pernik gambar, angka dan huruf-hurufnya. Kalau anak masih frustasi tidak bisa memasangnya kembali, ajarkan pelan-pelan. Awalnya saya tempatkan gambar di atas lubang, Kira dan Kara tinggal menepuk-nepuk hingga gambar masuk ke lubangnya. Makin lama mereka mampu menempatkan gambarnya sesuai bentuk lubangnya. Bermain puzzle juga mengajarkan anak untuk bersabar dan teliti. Kita juga harus ingat kalau mengajarkan sabar pada anak itu juga harus dengan sabar. Kalau anak tantrum karena tidak bisa melakukannya sendiri, tidak perlu galau, sedih atau marah.

2. Bermain Lompat Katak

Permainan ini untuk melatih motorik kasar anak. Saya menempatkan matras dengan jarak yang bervariasi, kemudian saya ajak anak melompat dari satu matras ke matras yang lain. Persis seperti main lompat dari satu batu ke batu tapak yang lain yang biasa ditata di taman.

Hanya saja posisi batu digantikan dengan matras. Menyenangkan? Tentu saja… anak-anak berlomba-lomba untuk dapat melompat tanpa kakinya jatuh di lantai. Jangan lupa mengatur jarak sesuai jangkauan anak. Perlahan perlebar jaraknya. Lompatnya pun bisa bervariasi, mulai dari melatih melompat dengan 2 kaki bergantian atau melompat dengan dua kaki sekaligus. Untuk anak 3 tahun ke atas bahkan mulai bisa diajarkan melompat dengan 1 kaki.

3. Bermain Lompat Zig-Zag

Bosan dengan permainan lompat katak yang biasa, mama bisa mengubah aturan permainannya. Atur matras sedemikian rupa yang memungkinkan anak dapat melompat secara zig-zag seperti gambar di atas. Fungsinya? Selain melatih motorik, permainan ini melatih anak untuk berkonsentrasi. Salah melompat, minta dia untuk mengulangi dari awal. Anak harus konsentrasi agar dia bisa cepat finis tanpa harus mengulang lagi.

4.  Bermain tebak Warna
Permainan ini juga tidak kalah serunya. Untuk anak yang sedang belajar warna, bisa dijadikan sebagai alat belajar yang menyenangkan. Caranya pun bervariasi:

  • Cara 1:
    Setelah matras yang berbeda-beda warna diatur sedemikian rupa, mama dapat berteriak menyebutkan satu warna kemudian minta anak berlari ke warna yang diminta.
  • Cara 2
    Atur matras seperti pada permainan lompat katak. Sambil melompat, anak diminta untuk menyebutkan warna matrasnya.
  • Cara 3:
    Setelah lancar, atur matras seperti lompat zig-zag, kemudian minta anak menyebutkan warna seperti sebelumnya. Semakin kompleks peraturan permainan,kemampuan konsentrasi anak akan semakin meningkat. Karena Kira dan kara sudah lancar mengenal warna dalam bahasa Indonesia, saya gunakan permainan ini untuk mengenal warna dalam bahasa Inggris. Berkat permainan ini, sekarang Kira dan Kara mampu mengenal warna dalam bahasa Inggris.

5. Bermain Yoga
Selesai dan capek bermain lompat-lompat dan belajar bersama, sekarang saatnya memanfaatkan matras sebagai alas untuk relaksasi. Banyak sekali tutorial yoga for kids yang bisa diunduh dari internet. Latihan relaksasi ini juga melatih anak untuk tenang dan bersabar.

Seru bukan. Ternyata kita bisa melakukan banyak hal hanya dari satu jenis barang ini.  Yuk mama, share ide bermain yang lain yuk… biar kita bisa menjadikan waktu bersama anak, bukan hanya seru, tapi juga penuh ilmu. Selamat Berpetualang!

images credit: gettyimages.com

10 Comments

  1. Shinta_daniel
    Shinta Daniel July 8, 2013 at 8:21 am

    siiiiippo, thank you idenya bunda wiwit.. seru juga yaa, selama ini cuma buat tidur2an sama alas main aja, ternyata banyak kegunaan lain untuk main..

  2. hestia
    Hestia Amriyani July 8, 2013 at 11:46 am

    Saya sering banget nih main puzzle dan tebak warna sama Safina. Thanks for sharing! :)

  3. mirmayf
    mirmayf July 8, 2013 at 4:39 pm

    wah.. ide nya keren. mau coba sama dinda dech weekend ini ^^

  4. ninit
    ninit yunita July 9, 2013 at 5:53 am

    bener banget yaaa wit… kegunaannya banyak bangeeet! dan seru-seru! suka liat tuh mama pinkgals di instagram suka pake ini buat yoga.

  5. andinigelar
    andini ardani July 9, 2013 at 3:39 pm

    Wow..mau coba yang yoga for kids…!

  6. ZataLigouw
    Zata Ligouw July 9, 2013 at 10:29 pm

    thanks idenya Wit!. yang tebak warna dan lompat zigzag seru kayanya..

  7. Mir
    Marlin July 11, 2013 at 5:54 pm

    wow! creatip bangeed… tsf yaaa :)

  8. gotcini
    gotcini July 12, 2013 at 11:03 am

    Creative way to having fun with kids. Thank you for sharing :)

  9. Kira Kara
    Bunda Wiwit July 12, 2013 at 2:54 pm

    Yippe! Great to know that it’s useful! Just get involve to the game with your kids! Berlomba, berteriak bersama, dan jangan lupa untuk memberikan applause untuk anak dan ibu. Surely it will be great :) Have Fun!

  10. bububaim
    bububaim April 4, 2014 at 2:35 pm

    Bunda Wiwit kreatif bgtsss.. aku lg mati ide ngajak main Baim kl wiken.. main dgn matras ini pasti lgsg dicobain.. thanksss bgtsss ya.. :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.