Botol Susu Agar Bayi Tidak Bingung Puting

ningnung

Saya memutuskan untuk memberikan ASIP pada Raka melalui botol susu, salah satunya untuk mempermudah ibu saya yang menjaga Raka selama saya bekerja. Karena saya harus kembali bekerja saat Raka baru berusia 1,5 bulan, maka saya sangat berhati-hati dalam memilih botol susu. Salah satu kriteria utamanya adalah botol yang bisa mencegah bayi mengalami bingung puting. Saya sangat takut kalau-kalau Raka bingung puting setelah diperkenalkan dengan botol susu di usia yang sangat dini.

Untuk itu, saya memiliki beberapa kriteria dalam memilih botol susu, inginnya sih ada botol yang bisa menghindari Raka dari bingung puting dan mengurangi risiko kolik. Saya termasuk sangat teliti dalam memilih botol susu, apalagi botol susu zaman sekarang bermacam-macam dan banyak jenisnya. Salah satu botol susu yang menjadi pilihan saya adalah Dr. Brown’s.

Cara kerja botol ini yang unik dan tidak seperti botol biasa pada umumnya. Dr.Brown’s memiliki teknologi “Internal Vent System” yang berfungsi untuk memisahkan UDARA dengan cairan susu/ASI dalam botol, sehingga bayi tidak mengisap UDARA. Alirannya juga sama dengan cara kerja payudara Ibu. Botol Dr. Brown’s ini ternyata diciptakan oleh seorang dokter anak di Amerika yang bernama Dr. Craig Brown.

Fitur Internal Vent System ini bekerja melalui 2 bagian:

  1. Vent Insert berfungsi memisahkan jalur keluarnya cairan dan masuknya udara ke dalam botol. Hasilnya apa? Aliran susu yang mengalir dari botol lebih lancar dan alami, menyerupai aliran dari payudara Ibu. Nah, hal ini juga yang membuat botol susu Dr. Brown’s ini bisa mengurangi risiko bingung puting pada bayi yang menyusu dari botol. Buat saya pribadi, bingung puting itu “hantu terbesar” dalam breastfeeding, jadi kalau ada botol susu yang bisa mengurangi risiko bingung puting, pasti jadi favorit saya.
  2. Vent Reservoir berfungsi menyalurkan udara yang sudah dipisahkan ke bawah botol. Sehingga yang terminum oleh bayi adalah murni cairan susunya, tanpa campuran udara.

Pertama kali saya mencoba memberikan susu pada Raka dengan botol Dr. Brown’s ini ternyata Raka langsung suka. ASIP yang saya berikan langsung habis, berarti Raka cocok dengan botol jenis ini. Ketika saya tawarkan untuk menyusu langsung dari payudara, Raka juga menyambutnya dengan baik, artinya Raka tidak mengalami bingung puting. Saya merasa lega dan lebih tenang saat meninggalkan Raka.

Dari cerita ibu saya yang setiap hari mengasuh Raka, beberapa keunggulan botol susu ini adalah:

  1. Isapannya nyaman. Dengan berbagai fungsi dan keuntungan tambahan, tak mengurangi kenyamanan bayi untuk mengisap.
  2. Dimensi botolnya yang relatif lebih tinggi/panjang dibanding botol susu lain, memudahkan anak untuk memegang botol sendiri.

Ternyata ada lagi keuntungan lain dari botol susu Dr. Brown’s. Ternyata fitur Internal Vent System juga menjaga kadar vitamin dan gizi yang terkandung dalam susu. Wah, kok bisa ya? Karena memisahkan jalur udara dengan jalur cairan dapat mengurangi proses oksidasi di dalam botol, sehingga gizi vitamin C, A, dan E terjaga lebih lama. Menurut saya ini keren sekali. Sangat memikirkan apa yang menjadi kekhawatiran para ibu.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, saya jadi mantap memilih botol susu Dr. Brown’s untuk Raka. Semoga membantu bagi Urban mamas yang sedang bingung mencari botol susu!

15 Comments

  1. ipeh
    Musdalifa Anas February 11, 2013 at 7:55 am

    Bener ya dilema ibu bekerja itu adalah memilih botol untuk ASIP baby. Milih botol mesti hati-hati ya takut baby malah gak mau minum dari botol. Syukurlah bayi Raka cocok dengan botol Dr. Brown’s. TFS ya mama, dapat menjadi alternatif pilihan buat bayi saya nanti kalau akan ditinggal kerja :)

  2. crey
    Chrisye Wenas February 11, 2013 at 1:20 pm

    Tfs, Mba…
    Dr Brown memang salah satu botol susu yang direkomendasikan oleh sahabatku waktu itu, apalagi keunggulannya yang bisa mencegah bayi dari kolik dan bingung puting :)

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit February 11, 2013 at 2:49 pm

    waaa.. dulu waktu masa cuti mau habis, sempat bingung cari botol susu yang pas buat KI-KA. Dan bener, musti pinter milih yang gak bikin bingung puting agar proses menyusui tetep lancar kalo pas ada mama nya.. Mantap nih rekomendasinya! TFS, ningnung :)

  4. ninit
    ninit yunita February 13, 2013 at 7:01 am

    ada temen yg cerita kalo dia pake botol susu dr brown ini. trus komentar pertama yg saya tanyakan, apa ga bingung puting? ternyata ngga. kalo ada mamanya, yaa maunya langsung. pantes banyak yg rekomendasi ya.

  5. she_selly
    she_selly February 13, 2013 at 10:59 am

    Botol susu dr brown bs dibeli dmn ya moms? Trs hrganya brp ya? Hehehe

  6. mommyrookie
    mommyrookie February 13, 2013 at 3:11 pm

    Kayaknya kalo mengenai bingung puting itu tergantung sensitifitas masing2 bayi dehh. Baby sy jg pake cuma botol dr. brown dan tetap bingung puting. Walopun claimnya “menyerupai aliran susu pada payudara” tetap saja kalau nyusu langsung pertama baby harus “kerja” ngisep dulu buat pancing asi keluar, terus ada LDR yg alirannya lancar (atau deras), dan kemudian alirannya perlahan2 melambat atau stabil. Jadi kayaknya tetap aja kalo mau bener2 hindarin bingung puting pilihannya ttp cup feeder atau pipet or anything else beside dot.
    she_selly botol dr.brown banyak dijual di baby shop kayak di ITC mang2 atau kuningan di ol shop FB jg banyak spt di milkplease dan asibayi.

  7. mamarama
    dyah qonita February 15, 2013 at 5:59 am

    wa..makasi nih buat infonya..
    saya setengah bulan lagi balik kerja, rencana memang mau ASIP..
    Awalnya saya juga kepikiran bagaimana memberikan ASIP ke Rama..pilihan ke cup feeder, tapi setelah dicoba sama Rama dan pengasuhnya, kok kayaknya susah ya..ibu juga menyarankan pakai dot saja..
    Akhirnya dicoba pakai dot, dan Rama langsung mau..saya khawatir Rama bingung puting, ternyata Rama masih mau menyusu sama saya..apa kalo lama-lama pakai dot bisa bingung puting?sedangkan Rama selama beberapa kali belajar pakai dot, tetap mau menyusu sama saya..

  8. ningnung
    Nanieng Rahmawati February 15, 2013 at 1:59 pm

    dyah qonita, saya juga sebelum nyoba dot pernah nyoba berbagai cup feeder, dan bayi saya ga mau, jadi akhirnya pilihan jatuh ke dot. Alhamdulillah sampe sekarang dr brown jadi andalan di rumah. Pemilihan dot yang ga bikin bingung puting juga diimbangi usaha lain Ma, misalnya hypnobreasfeeding, bayinya diajak ngobrol “kalo Mama di rumah nyusunya sama Mama ya”. Dan begitu kita nyampe rumah, bayi langsung nyusunya sama kita. Bayi pinter kok, dia akan belajar kalo yang paling enak nyusu ke Mamanya :)

  9. ririnungu
    Diah Eka Ciptarini February 18, 2013 at 9:49 am

    setuju sama @mommyrookie. masalah bingung puting itu tgt sensitifitas bayinya. waktu itu saya pake dot merk lain memang tp yg embel2nya juga menyerupai PD ibu dan tetap saja bingung puting. tapi ada temen lain yg pake merk itu, bayi nya ga bingung puting. jadi yah tgt bayinya juga sih. best option tetep cup feeder atau suapin pake sendok. paling ga sampe bayi 4 atau 5 bulan.

  10. LuchiaChendana
    Luchia Chendana February 18, 2013 at 10:50 am

    Setuju sama mommyrookie dan mom Diah Eka Ciptarini, karena pada prinsipnya bayi minum bukan di puting tapi di aerola, dan pada dasarnya bentuk puting masing-masing ibu berbeda, jadi kalo diadulat menyerupai puting ibu, puting ibu mana nih yang diikutin? :)…makanya yang paling aman ya jangan dikenalkan dengan dot, lebih baik menggunakan cup feeder,sloki,botol sendok,sendok,ataupun spuit :)

  11. February 18, 2013 at 10:59 pm

    kalo soal ngasih ASIP, emang caranya cocok2an, jadi susah mo dibilang yang mana yang aman, yang mana yang engga… ada yang gampang2 aja pake botol, ada yang lebih reseptif pake cup feeder… dan pilihan ini bukan cuma tergantung anaknya, tapi tergantung care-takernya juga.

    dulu aina ASIPnya pake botol, tapi cuma mau merek tertentu. merek lain menolak sama sekali. ada temen yang pas dia mulai kerja, pengen anaknya minum ASIP pake cup-feeder utk menghindari bingung puting. tapi care-takernya (neneknya) malah stress karena rasanya minumnya dikit dan ga masuk2. entah anaknya yang ga mau, atau mungkin sang nenek udah keburu nervous, jadi anaknya pick up on the nervousness… cup feeder ga bekerja. dan pake botol susu (merek tertentu juga) baru jalan. dan untungnya ga pake bingung puting segala.

    yah, emang cocok2an… yang penting mama senang, bayi senang, care-taker senang. hehe. kan, “there is always a different story in every parenting style” :)

  12. sLesTa
    shinta lestari February 19, 2013 at 12:51 am

    dari awal punya bayi dan ngasih ASI, gue sering banget denger untuk ngasih bayinya ASIP tidak dengan botol. berhubung gue ngantor ini jadi selalu ada di otak gue waktu mempersiapkan anak gue sebelom gue balik ngantor. takut sama bingung puting, tar ASInya gak lancar. tapi kenyataannya, anak2 gue justru gak pernah dikasih ASIP dengan cara disendokin ato cup feeder, semuanya dikasih pake botol dot aja.

    tapi alhamdulillah ga pernah bingung putih dan baik2 aja, anak pertama malah menyusui sampai 2 tahun. yang kedua sekarang sudah 13bln juga ga pernah bingung puting.

    bahkan, keduanya sama2 stop minum pake dot setelah 1tahun dan langsung pindah sendiri pake straw bottle.

    jadi review mama ningnung ini valid banget karena sesuai dengan pengalamannya. dan tentunya gak berarti bisa didikte sama dengan mama yang lain. let’s face it, tiap anak itu beda2 jadi treatmentnya pun beda2. seperti yang thalia bilang di atas, balik lagi ke tagline TUM :)

  13. ningnung
    Nanieng Rahmawati February 20, 2013 at 10:43 am

    Buat para mamas yang anaknya mau minum dari cup/gelas/feeder/sendok, lucky you, ma :) I’ve been there nyobain segala cara dan setelah 1.5bulan Raka tetep ga mau minum dari media2 itu. Pernah loh sehari saya tinggal 8jam Raka cuma minum 150ml ASIP pake cup feeder. Akhirnya saya memutuskan pake botol dot dengan tetap segala daya upaya dan doa supaya Raka ga bingung puting. Makanya disitu saya tulis “mengurangi resiko bingung puting”, karena resikonya pasti ada karena pake dot, tapi tentunya bisa kita minimalisir, salah satunya yang dengan memilih botol dot yang baik.

    Jadi kalo memang anaknya bisa minum dari selain dot, ya Alhamdulillah, hanya saja memang ga semua bayi bisa begitu ya :))

  14. rahmafirman
    rahmafirman March 6, 2014 at 4:21 pm

    Anak saya 4 bln, asi ekslusif, tapi sdh bingung puting,kira2 gmn ya mom, aku sdh coba pakai mimijumi,tp tidak berhasildan tiap kali dicoba mimik langsung.. muka nya langsung meleng.

  15. Ira Soediantoro
    Ira Soediantoro December 12, 2014 at 3:02 pm

    Setelah membaca semua testi ttg dot dan bingung puting,paling aman bertahan hingga 4bln tanpa dot lalu pemberian dialnjutkan dengan sippy cup non spill? yang ujungnya bukan nipple. But katanya konselor Aimi kalo yang ujungnya meski bukan nipple, kalau masih lembut (silikon),ya tetep beersiko bingung puting. Anakku sekarang 3bulan dan pengasuhnya suka curi-curi ngasih Asip pakai dot dengan alasan anaknya ngamuk-nangis kejer gak mau minum pakai sendok-cup feeder.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.