Botol Susu MAM

Saya langsung jatuh cinta ketika pertama kali melihat botol susu MAM saat belanja keperluan bayi saat hamil tujuh bulan. Bentuknya manis, tidak pasaran dan warna-warnanya lembut sekali. Saat itu saya ditawari oleh SPG untuk beli satu paket berisi 2 botol kecil ukuran 160 ml dan 1 botol besar ukuran 260 ml dengan bonus sebuah empeng berikut gantungannya. Saya langsung beli walaupun sempat terpikir untuk apa ya, empengnya, toh saya juga tidak berniat memberikan empeng kepada anak saya.

Yang membuat saya makin jatuh cinta, botol susu MAM bisa dilepas bagian-bagiannya, mulai dari tutup botol, dot, dudukan dot, botol, karet valve yang menyangga cairan tidak rembes, serta tutup bagian bawah botol. Ini membuat proses pencucian menjadi mudah. Tidak ada susu yang tertinggal di botol, botol jadi bersih dan wangi tanpa harus direndam. Semua bagian-bagian botol tersebut sudah BPA free sehingga bisa disteril.

Kebetulan karena saya bermasalah dengan ASI, Rafisqy harus minum sufor sejak usia 3 minggu. Tadinya saya inginnya Rafisqy minum susu pakai sendok, karena khawatir Rafisqy masih terlalu kecil untuk minum dengan dot. Tapi karena lebih khawatir tersedak dan memang ia cukup "rakus" minum susunya, akhirnya saya coba minumkan susu dengan botol susu MAM. Ternyata langsung lancar... Ternyata botol susu MAM juga didesain antikolik sehingga tidak perlu khawatir jika digunakan oleh bayi baru lahir sekalipun.

Dulu, saya sempat menangis lantaran hasil perahan ASI saya tumpah semua karena saya belum mengerti merakit kembali bagian-bagian botol. Saya lupa memasang karet valve-nya, jadi ASIP merembes semua dari botol. Sedih sekali.... Akhirnya disepakati bersama, bila sudah dicuci dan disteril, botol langsung dirakit dan disimpan, bukan dibiarkan dalam sterilizer seperti sebelumnya.

Waktu awal minum sufor, saya sempat bingung menakar susu Rafisqy karena skala ukuran di botol susu dimulai dari 40ml. Kan Rafisqy minumnya baru sedikit-sedikit jadi susunya juga baru 60 ml saat itu. Ternyata, botol susu MAM ini unik, karena skala 0-40 ml-nya tertera di tutupnya, bukan di botolnya.

Yang saya suka:

1. Bagian-bagiannya bisa dilepas, sehingga mempermudah proses pencucian.

2. Tutupnya kuat, bila ditutup dengan benar, susu tidak akan tumpah walaupun botol terbalik.

2. Bentuknya "tidak biasa", membulat di bagian bawah.

3. Warna-warnanya lembut dan manis.

4. Skala volume-nya unik, 0-40 ml ada di tutupnya, sisanya di badan botol.

5. Sudah BPA free, sehingga semua bagiannya bisa disterilisasi.

6. Dot dan karet valve sudah antikolik.

Yang saya tidak suka:

1. Harga relatif agak mahal.

2. Dijual hanya di toko perlengkapan bayi tertentu (apotek/supermarket tidak jual).

3. Sulit menemukan tempat penyimpanan botol yang pas, karena bentuk botol yang membulat di bagian bawah.

4. Agak memakan waktu untuk merakit kembali botol terlebih jika bayinya sudah kehausan.

16 Comments

  1. avatar
    Maniur October 8, 2014 5:13 pm

    Seneng pake ini,anakku kembar umur 9 bulan skrg dan masih ASI campur sufor,botol MAM sering kupake utk kasih asip n sufor, ga bikin puting, harga mahal tp ga rugiiii

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    anabelle September 16, 2014 10:58 am

    mom nanya yaa.. itu dot MAM bentuk ujungnya gepeng gak yah? karna anakku maunya pakai dot yg bentuk ujungnya gepeng.. thanks yaa

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    gemilang November 23, 2013 3:23 pm

    mom nanya dong, dot MAM bisa di pakai ke botol avent ga ya??

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    marlin August 13, 2013 9:10 am

    mom Nita,

    wah, dah telat jawabnya yah.. :( MAM dijual di toko perlengkapan baby yg rada besar semisal Audrey yang di ITC Cempaka MAs. Kalo di apotik aku lum pernah liat ada dijual. Harganya kalo gak salah yang kecil 85-90 ribu yah...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    nitavichard September 10, 2012 6:49 pm

    ini botol nyari nya dimana ya sist???
    soalnya aku nyari2 ga ada.. terus harganya brpaan....??
    makasi makasih

    1. avatar

      As .